Ingin Meningkatkan Penjualan Ketahui Dahulu Jenis-Jenis Marketing Berikut

Digital Marketing

Menggunakan berbagai jenis jenis marketing dapat mendatangkan banyak traffic.

Dalam dunia bisnis ada berbagai jenis-Jenis marketing yang dapat dipelajari, dimana masing-masing teknik mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mempelajari semuanya secara detail. Dengan begini, Anda bisa menentukan sendiri mau pilih mana. karena, ada beberapa produk ternyata lebih cocok menggunakan teknik seperti ini dibandingkan dengan sistem lain, berikut penjelasan singkatnya.

Baca Juga: 9 Tips Ampuh Dalam Meningkatkan Tiktok Viewer

Jenis-Jenis Marketing Berupa Pemasaran Media

Pertama yang dapat dipilih adalah pemasaran berupa media atau disebut juga dengan outbond. Dimana, sistem yang dilakukan melalui televisi, menggunakan email, atau bekerja sama dengan operator seluler. Teknik ini memang sudah lama dikenal oleh kalangan pengusaha, bisa dikatakan tradisional hanya saja secara efektivitas cukup bagus dalam meningkatkan penjualan. Karena, konsumen dapat melihatnya secara langsung. Bagaimana bentuknya cara menggunakannya, kalau masalah hasil memang selalu bagus, hanya saja beberapa ada yang memberikan hasil nyata. Semuanya, kembali kepada Anda sendiri apakah semua petunjuknya sudah dikerjakan atau belum. Menariknya lagi, teknik ini mudah sekali diingat, cenderung viral dan mampu bertahan dalam beberapa waktu. Sayangnya, bagi pengusaha yang ingin menjalankan metode tersebut perlu diketahui dulu kelemahannya seperti apa. Dimana dalam pembuatan iklan membutuhkan biaya cukup tinggi. Apalagi, kalau sudah masuk televisi di jam prime time, harga per detiknya sudah cukup mahal. Selain itu, target dituju kurang jelas.

Jenis-Jenis Marketing Berupa Kuesioner Konsumen

Langkah selanjutnya dinamakan inbound marketing, berkebalikan dari outbound. Dimana perusahaan akan melakukan kuisioner kepada seluruh konsumennya. Mengetahui secara langsung bagaimana minat dan keinginan mereka seputar sebuah produk. Jadi, petugas akan memberikan mereka sejumlah pertanyaan kemudian, menawarkan produk secara langsung. Terkadang beberapa petugas sedikit membandingkan dengan kompetitor, sehingga mempengaruhi minat mereka untuk beralih sekaligus membeli. Biasanya, ada yang membawa sampel produk hingga bisa mencobanya di tempat. 

Pada dasarnya, cara ini masih digunakan oleh beberapa perusahaan terutama minuman, karena biayanya terjangkau dan target yang dituju jelas. Misalnya saja, Anda mempunyai produk baru mengenai kopi susu. Pangsa pasarnya pasti usia remaja sampai dewasa kurang lebih 50 tahun. Jika berada di pusat perbelanjaan, petugas bisa langsung mengunjungi mereka. Selanjutnya, memberikan berbagai pertanyaan dan menawarkan produknya. Poin penting dalam menjalankan marketing seperti ini adalah petugas di lapangan. Mereka harus kreatif serta pandai berkomunikasi.

Jenis-Jenis Marketing Memanfaatkan Media Digital

Berikutnya adalah Digital marketing, pada dasarnya hampir sama dengan outbond hanya saja lebih modern dan terkonsep dengan baik. Dimana spesifikasi pembeli sudah disusun sejak awal jadi lebih efisien. Iklan dibuat juga disesuaikan, dengan begini tingkat ketertarikan untuk membeli bisa naik 10%.  Selain itu, biaya yang dibutuhkan juga lebih terjangkau karena, perantaranya tidak harus televisi. Bisa menggunakan media sosial sampai memanfaatkan website dan menjaring apa sebenarnya dibutuhkan oleh pembeli. Pada dasarnya, bisnis zaman milenial ini penentu segalanya adalah pasar, mereka suka atau tidak. Bagus dan canggih tetapi, kalau kurang diminati hasilnya juga sama saja. Hanya saja, dalam menerapkannya sebagai metode pemasaran harus mereka yang berpengalaman setidaknya 1 tahun agar hasilnya bisa dilihat nyata. Hanya saja, saat ini sudah banyak jasa, jadi masalah demikian dapat teratasi. Apalagi untuk biaya pembuatannya bisa tergolong terjangkau. Jadi, tidak ada alasan lagi perusahaan menolak menggunakan teknik ini.

Jenis-Jenis Marketing Memanfaatkan Mesin Pencari

Sebenarnya, teknik ini masih berkisar pada pemasaran digital. Hanya saja lebih spesifik karena, ranahnya hanya mesin pencari saja. Oleh karena itu, salah satu langkah tepat agar target terwujud adalah SEO. Anda harus menguasainya bagaimana algoritma yang setiap tahun bisa berubah. Inilah tantangan yang harus dihadapi oleh masing-masing perusahaan. Hanya saja, ketika semuanya sudah memahami bagaimana tekniknya akan berjalan mudah. Hal ini juga dialami oleh berbagai website besar di berbagai bidang. Keunggulan lain menggunakan pemasaran mesin pencarian adalah target konsumen tercapai, untuk memahaminya coba simak ilustrasi di bawah ini.

Ketika seorang penderita penyakit jantung, mencari kata kunci apa yang dirasakannya maka dalam mesin memberikan berbagai kemungkinan artikel. Tinggal pilih salah satu kemudian, mencari obatnya. Jika, ada penawaran biasanya langsung membelinya tanpa berpikir panjang karena, mereka tidak mau mencari lagi. Terlebih, beberapa testimoni yang diberikan sudah cukup menguatkan pilihannya untuk membelinya, bagaimana mudah dan cepat bukan?

Jenis-Jenis Marketing Memanfaatkan Berbagai Konten

Selanjutnya ada pemasaran melalui konten, dimana mereka bertindak sebagai pelanggan membutuhkan sesuatu. Sebagai contoh, ada seseorang ingin membeli makanan dan minuman, kemudian masuk ke sebuah toko kelontong. Mereka membeli dengan berbagai pelayanan serta kemudahan hingga jaminan harga murah. Hal seperti ini terus dimanfaatkan, berharap apa yang disajikan itu viral hingga banyak orang mengenalnya. Dengan metode ini, traffic website tetap terjaga. Bila bingung, maka diibaratkan traffic tersebut adalah pengunjung mall. Harapannya, konsumen tetap banyak sehingga kemungkinan membeli ini dan itu tinggi. Selain itu metode konten juga berguna untuk meningkatkan branding. Agar konsumen lainnya percaya serta nyaman untuk membeli hingga menggunakan produk Anda. Apalagi, biaya yang dibutuhkan melakukan metode ini terjangkau.

Jenis-Jenis Marketing Memanfaatkan Media Sosial

Berikutnya adalah pemasaran menggunakan media sosial, saat ini sudah banyak perusahaan melakukan demikian. Harus diakui, memang mampu menarik banyak pembeli karena, hampir semua menghabiskan waktu disana. Tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai 2 jam hanya untuk melintas di Instagram atau Twitter. Kondisi tersebut harus dimanfaatkan betul, karena mangsa sudah ada di depan mata, tinggal bagaimana Anda melakukan pancingannya. Satu poin penting perlu diketahui, menggunakan medsos harus mengerti soal content. Bagaimana menghasilkan foto yang baik, caption, hashtag, dan lain sebagainya. Agar proses pemasarannya bisa berjalan maksimal Selanjutnya, harus tahu juga kapan jam prime time, sehingga memungkinkan orang untuk melihat sangat tinggi. Terakhir, jangan lupa mengikuti atau menciptakan tren di semua media sosial.

Baca Juga: Kenali Strategi dan Cara Kerja Digital Marketing

Jenis-Jenis Marketing dengan Suara dan Gambar

Terakhir adalah teknik pemasaran dengan pembuatan video serta audio. Bisa berupa iklan ke televisi, atau cukup memanfaatkan platform youtube saja. Selain itu, pembuatan durasi pendek untuk reels sampai tiktok. Hanya saja dalam pembuatannya Ada harus tahu terlebih dulu apa tujuannya dan pangsa pasarnya. Jangan dipukul rata agar konsumen tidak salah dalam menangkap pesannya. Keunggulan menggunakan teknik ini cukup banyak. Salah satunya adalah Anda dapat menganalisa berapa nilai kenaikan penjualan atau efektivitas dari tayangan tersebut. Biasanya, dalam video sudah diberikan langsung link untuk memesannya, jadi konsumen bisa langsung memesan.

Zaman sudah berkembang pesat, walau berbagai teknik hampir sama tetapi, cara dan tujuan akhirnya yang berbeda. Kalau Anda diantara jenis-jenis marketing di atas, mau pilih yang mana? Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.