Ketahui Kelebihan, Jenis, dan Tips Menggunakan Facebook Ads

Digital Marketing

Ketahui Jenis Facebook Ads tebaik untuk bisnis Anda.

Walaupun popularitas Facebook tampak disusul oleh platform media sosial lain belakangan ini, nyatanya survei menunjukkan bahwa Facebook masih menempati peringkat pertama sebagai platform media sosial yang paling sering digunakan per Januari 2022. 

Maka dari itu, Facebook Ads tetap memegang peranan penting dalam digital marketing. Facebook Ads sendiri merujuk kepada iklan yang ditampilkan di timeline Facebook pengguna saat sedang berselancar. Apa manfaatnya bagi bisnis dan bagaimana cara iklan di Facebook?

Jenis-jenis Facebook Ads

Facebook Ads mendukung beraneka ragam iklan untuk mengoptimalkan upaya digital marketing Anda. Temukan jenis-jenis iklan yang bisa Anda pasang di Facebook di bawah ini.

1. Iklan gambar

Ini adalah ragam Facebook Ads yang paling mendasar dan salah satu yang paling sering ditemukan. Umumnya, iklan gambar terdiri dari sebuah foto dan caption yang mengiringinya. 

Pada bagian bawah foto juga terdapat banner serta tombol CTA (call-to-action) yang bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Jenis iklan ini sangat disarankan untuk pebisnis baru karena tidak membutuhkan terlalu banyak biaya dan waktu untuk membuatnya.

2. Iklan video

Secara konsep, iklan video pada Facebook Ads tidak berbeda jauh dengan iklan gambar. Bedanya, Anda dapat mengunggah animasi atau film dengan aktor untuk mempromosikan bisnis. Anda juga bisa mengatur sendiri aspek rasio dan ukuran video. 

Dibandingkan dengan iklan gambar, video dinilai lebih efektif dalam meningkatkan engagement dengan pengguna. Akan tetapi, video membutuhkan biaya dan waktu produksi yang lebih tinggi.

3. Iklan polling

Jika Anda menginginkan opsi yang lebih terjangkau untuk mendorong interaksi dengan pengguna Facebook, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang iklan polling. Dengan iklan polling, audiens Anda akan dihadapkan pada sebuah pertanyaan dan opsi jawaban. 

Karena formatnya, fitur ini sangat cocok untuk membangun diskusi dan meningkatkan brand awareness calon pembeli Anda. Selain itu, format iklan polling juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan riset pasar dan meminta feedback dari pelanggan.

4. Iklan carousel

Kini, Anda bisa mengunggah 2 hingga 10 gambar dalam satu post Facebook Ads. Caranya dengan memilih iklan carousel. Dengan format iklan ini, pengguna Facebook yang menemukan iklan Anda akan melihat lebih dari satu foto dalam bentuk slideshow

Anda juga dapat menambahkan link yang berbeda pada masing-masing gambar untuk meningkatkan trafik pengunjung. Karena itu, iklan carousel adalah pilihan yang cocok untuk promosi katalog produk.

5. Iklan lead

Apabila Anda ingin menarik lebih banyak pelanggan baru dan membangun database kontak mereka, Anda bisa mempertimbangkan format iklan lead

Iklan ini terdiri dari sebuah foto, caption singkat, dan tombol CTA yang akan mengarahkan pelanggan Anda ke sebuah formulir online. Praktisnya, mereka juga tidak perlu mengisi kolom kontak secara manual karena bagian tersebut akan terisi secara otomatis berdasarkan info profil mereka.

6. Iklan Messenger

Timeline Facebook bukanlah satu-satunya lokasi untuk menayangkan iklan. Anda juga dapat menjangkau lebih banyak pembeli dengan memasang Facebook Ads di aplikasi Messenger. 

Iklan ini berupa sebuah kolom kecil dengan teks singkat, logo bisnis, dan jika ada, sebuah gambar pelengkap. Saat pengguna Messenger mengeklik iklan tersebut, mereka akan diantarkan ke website, aplikasi, atau jendela private chat dengan akun bisnis Anda.

7. Iklan dinamis

Umumnya, iklan dinamis tidak berbeda jauh dengan iklan carousel karena format tampilannya sangat mirip. Namun, pembeda kedua jenis iklan ini terdapat pada sistem kerjanya. Sebagai contoh, konten iklan untuk pengguna yang belum pernah membeli apa pun akan berbeda dengan orang yang sudah pernah berbelanja di toko Anda.

Kelebihan Menggunakan Facebook Ads

Memadukan kapabilitas Facebook Ads dengan strategi pemasaran yang matang akan memberi Anda sejumlah keuntungan. Berikut beberapa manfaat Facebook Ads bagi bisnis.

1. Target lebih tepat sasaran

Facebook Ads hadir dengan fitur untuk menyasar berbagai kalangan dengan lebih spesifik. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir iklan bisnis Anda akan ditampilkan kepada target demografi yang salah. 

Selain domisili dan bahasa calon pembeli, Anda dapat memasang filter target pasar berdasarkan ketertarikan, jenis kelamin, dan usia pengguna. Kemudian, algoritma Facebook akan bekerja dengan otomatis untuk menampilkan iklan Anda sesuai pengaturan yang dipilih.

2. Meningkatkan brand awareness

Banyaknya pengguna aktif di Facebook tidak bisa diremehkan. Situs media sosial yang telah lama berdiri ini berperan sebagai platform bagi berbagai kalangan dan hobi. Selain warga negara Indonesia, Anda juga dapat menyasar warga negara asing dengan lebih mudah di Facebook. Oleh sebab itu, memasang Facebook Ads adalah langkah yang bijak jika Anda ingin memperkenalkan usaha (meningkatkan brand awareness) Anda kepada lebih banyak orang atau menaikkan angka penjualan. 

3. Budget bisa disesuaikan

Sistem biaya Facebook Ads ditentukan oleh jumlah reach, impression, dan engagement yang Anda inginkan. Dengan kata lain, Anda hanya perlu membayar berdasarkan jumlah klik atau kunjungan yang diperoleh. 

Karena itu, Anda dapat memasang budget tertentu sesuai dengan kemampuan finansial bisnis saat ini. Namun, jika Anda menginginkan tingkat konversi dan jangkauan yang lebih tinggi, tentunya Anda harus menyiapkan lebih banyak uang.

4. Format iklan lebih beragam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Facebook Ads mendukung berbagai jenis iklan, mulai dari gambar sederhana hingga animasi yang lebih menuntut kemampuan produksi. 

Anda dapat berkreasi sesuka hati saat merancang strategi konten digital marketing yang sesuai dengan identitas brand. Singkatnya, Anda tidak perlu membatasi diri pada satu format iklan saja jika ada ragam lain yang lebih cocok dan juga didukung oleh Facebook Ads.

Tips Menggunakan Facebook Ads

Apakah Anda sudah memiliki gambaran konsep Facebook Ads untuk dicoba? Supaya iklan Anda lebih efektif, terapkan kiat-kiat berikut saat mengikuti cara iklan di Facebook.

1. Tetapkan tujuan iklan dan target audiens

Sebelum mengiklankan produk dan jasa Anda di Facebook, Anda wajib menentukan tujuan yang ingin diraih. Hal ini penting untuk dilakukan agar iklan Anda tidak salah sasaran. Sebab, menetapkan tujuan di awal akan mempermudah Anda dalam membuat iklannya nanti.

Setelah menetapkan tujuan pemasangan iklan, pilih target demografi yang ingin Anda jangkau. Jangan berhenti pada lokasi umum saja. Anda dapat memperkaya rancangan persona audiens dengan mempertimbangkan usia, jenis kelamin, latar sosio-ekonomi, hobi, kebiasaan browsing, dan sebagainya.

2. Buat konten iklan yang menarik

Untuk menciptakan iklan yang menarik, kunci pertama adalah desain visual. Gunakan ilustrasi dan warna yang terang. Perhatikan harmoni warna dan kesesuaiannya dengan identitas brand saat memilih skema warna untuk desain konten.

Kunci selanjutnya adalah membuat headline dan caption yang menjawab masalah pembeli. Apa pun image perusahaan Anda, pastikan bahasa yang Anda gunakan untuk Facebook Ads langsung menyasar ke intinya.

3. Manfaatkan fitur Facebook Ads dengan baik

Kelengkapan fitur yang ada di Facebook Ads akan sangat membantu Anda dalam merancang konten iklan maupun menganalisis performanya. 

Selain memilih target audiens berdasarkan beberapa kriteria, Anda juga dapat memonitor aktivitas pengguna dengan iklan Anda atau di website Anda. Fitur-fitur praktis ini akan memberikan wawasan mengenai jenis promosi yang efektif sebagai batu loncatan strategi Anda.

4. Pilih format iklan yang tepat

Setiap tujuan dalam digital marketing, baik itu mendorong engagement maupun menjaring lebih banyak pembeli baru, membutuhkan pendekatan yang berbeda. Pendekatan ini berhubungan sangat erat dengan format iklan untuk Facebook.

Anda harus memilih ragam iklan yang paling cocok dengan apa yang ingin Anda capai. Sebagai contoh, apabila Anda ingin meningkatkan penjualan, iklan carousel dan dynamic sangat disarankan untuk menyoroti produk. Sementara itu, untuk engagement rate, iklan video dan polling akan memenuhi kebutuhan Anda.

Selaku pemilik usaha, tentunya ada banyak hal penting yang harus Anda lakukan untuk menghasilkan keuntungan. Mempelajari cara iklan di Facebook mungkin menjadi salah satunya. Akibatnya, bisa jadi Anda tidak memiliki cukup waktu untuk merancang strategi yang efektif bagi perusahaan Anda. Agar fokus Anda lebih terjaga, Dreambox akan membantu Anda.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Digital Marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.