Strategi Digital Branding yang Membuat Bisnis Anda Lebih Mudah Diingat

Branding Strategi

Digital branding merupakan kunci kesuksesan berbisnis.

Pada dasarnya digital branding merupakan kunci kesuksesan dalam berbisnis apa saja. Terlebih sekarang ini eranya digital. Sebagian besar orang selalu menggunakan internet untuk berbelanja dan mencari informasi secara khusus.

Itulah kenapa sebagai pelaku usaha tidak boleh ketinggalan zaman begitu saja. Anda harus bisa membangun identitas brand secara online agar produk dan jasanya semakin dikenal luas oleh masyarakat saat ini.

Strategi seperti inilah yang akhirnya disebut dengan digital branding. Karena memanfaatkan media digital seperti internet untuk membangun sebuah brand bisnis tertentu. Hal tersebut perlu dilakukan baik untuk pemula dan profesional.

Membangun sebuah brand itu sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah bisnis tertentu. Semakin serius dalam melakukan strategi tersebut, maka hasilnya akan lebih baik. Salah satunya bisa meningkatkan transaksi bisnis dengan sempurna.

Baca Juga: Ketahui Fungsi, Manfaat Serta Contoh Branding yang Sukses

Digital Branding Vs Digital Marketing

Seiring berjalannya waktu membuat strategi bisnis semakin berubah. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin maju. Banyak orang mulai beralih menerapkan metode bisnis offline ke online langsung.

Sayangnya banyak orang terkadang sulit membedakan antara digital branding dengan marketing. Untuk itu, simak 7 perbedaannya:

  1. Pada dasarnya untuk strategi branding ini bertujuan untuk menciptakan image brand lewat media digital, sedangkan marketing itu lebih fokus untuk mempromosikan produknya secara daring. Jadi dilihat dari fokusnya sudah berbeda.
  2. Tidak hanya itu saja, digital branding itu bertujuan untuk menciptakan ikatan kepada masyarakat menggunakan platform digital, sedangkan marketing itu lebih fokus pada strategi untuk meningkatkan angka penjualan produk secara langsung.
  3. Sesuai namanya, yaitu branding sebagai identitas. Itulah kenapa dilihat contohnya sudah jelas berbeda. Karena branding contohnya membuat situs bisnis user friendly, sedangkan marketing lebih ke mempromosikan produknya menggunakan Facebook Ads.
  4. Pada dasarnya digital branding itu cara paling baik menyampaikan merek dan identitas produk bisnis di era digital, sehingga bisa membangun koneksi dengan konsumen lebih baik. Tidak sama dengan metode marketing.
  5. Dalam metode marketing itu prosesnya lebih cepat karena tanpa harus mengkomunikasikan sebuah brand. Sementara untuk metode satunya lebih fokus untuk menjalin hubungan dengan para konsumen supaya produknya semakin dikenal mereka.
  6. Jadi satunya itu cara menarik perhatian konsumen. Sementara marketing lebih fokus sebagai pendukung untuk membuat calon konsumen merasa tertarik dan di push agar melakukan transaksi pembelian produk. Jadi kombinasi tepat.
  7. Sesuai namanya, brand itu lebih fokus untuk membangun loyalitas pelanggan, sedangkan marketing bertujuan untuk menciptakan respon masyarakat supaya mau melakukan transaksi ketika melihat produknya untuk pertama kali. Jadi sama-sama menguntungkan.

Baca Juga: Slogan Branding Anti Mainstream, Begini Tekniknya!

Strategi Digital Branding

Beberapa pelaku bisnis terkadang masih bingung soal strategi seperti apa yang paling tepat untuk melakukan branding seperti ini. Maka dari itu bila Anda masih bingung dengan caranya, simak panduannya disini:

  1. Buat sebuah logo untuk menunjukkan identitas produk perusahaan secara visual, sehingga logo ini membuat bisnis lebih mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat. Biasanya digunakan untuk identitas pada semua channel marketing.
  2. Siapkan website bisnis untuk melakukan digital branding. Karena platform digital ini bisa dijadikan sebagai etalase produk bisnis. Jadi pelanggan lebih mudah mencari tahu dan mengenal apa saja jasa dan produknya.
  3. Sampaikan pesan kepada calon pelanggan sesuai dengan misi Anda. Selain itu perhatikan kebutuhan serta keinginan konsumen. Anda bisa menyampaikan keunikan dari produk tersebut.
  4. Manfaatkan strategi SEO dengan baik untuk memastikan proses digital branding ini sukses. Karena dengan teknik ini membuat produk dan jasa perusahaan lebih mudah ditemukan mesin pencarian secara daring lewat keyword.
  5. Manfaatkan media sosial. Karena saat ini hampir setiap orang pasti memilikinya. Itulah kenapa sebagai pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk menarik perhatian calon konsumen. 
  6. Tidak ada salahnya melakukan email marketing sebagai langkah menjemput bola kepada calon konsumen. Cara ini sangat efektif menjangkau konsumen yang anti media sosial, scocok sekali diaplikasikan oleh siapa saja.
  7. Cobalah untuk memanfaatkan periklanan online ketika ingin menerapkan strategi digital branding. Saat ini ada banyak media periklanan yang dapat dimanfaatkan dalam dunia maya. Misalnya seperti google adwords, display ads, dll.
  8. Buat content marketing yang terbaik dan profesional. Karena metode ini efektif membangun ikatan antara calon konsumen dengan produk yang dijual, sehingga usaha melakukan branding menjadi lebih hidup di mata mereka.
  9. Bila memiliki dana lebih, Anda bisa bekerja sama dengan para influencer marketing. Caranya pilih influencer yang memiliki misi sesuai bisnis Anda. 

Baca Juga: Tips yang Dapat Anda Lakukan dalam Membangun Branding Produk

Pentingnya  Digital Branding

Berbicara tentang perannya, tentunya sangat penting untuk pelaku usaha saat ini. Untuk itu, Anda harus bisa menerapkan metode digital branding terbaik, sehingga produk akan terlihat lebih unik dan menarik di mata calon konsumen.

Tidak hanya itu saja, strategi ini sangat penting karena sekarang ini jumlah kompetitor semakin banyak dan meningkat drastis. Karena jumlah peluang usaha semakin besar. Berikut penjelasan pentingnya branding  seperti ini:

  1. Efektif bisa menciptakan hubungan interaksi yang baik dengan konsumen. Misalnya dengan membuat gif untuk menunjukkan fitur terpopuler dalam bisnis.
  2. Pada dasarnya teknik digital branding sangat membantu para pelaku usaha agar produknya mudah diingat oleh masyarakat. Dengan manfaatkan semua media sosial saat mempromosikan produk usaha langsung.
  3. Metode ini efektif bisa membuat brand terlihat lebih menonjol dibandingkan yang lain. Itu bisa dijadikan sebagai daya tarik tersendiri yang membuat produk terlihat berbeda dari kompetitor lainnya. 
  4. Hadirnya metode ini membuat jaringan bisnis luas. Karena bisa menggunakan platform online untuk memperluas jaringan bisnis lebih mudah, sehingga bisa bekerja sama dengan perusahaan lain yang punya visi misi sama.
  5. Strategi ini sangat efektif membuat bisnis viral di dunia. Seperti yang terlihat bahwa saat ini ada banyak konten viral di dunia online. Bila beruntung, Anda bisa membuat bisnis cepat viral.

Pada dasarnya sukses menjadi viral produk bisnisnya itu adalah hal yang sangat menguntungkan bagi pelaku usaha. Sayangnya hal tersebut bisa terjadi karena faktor keberuntungan. Anda juga bisa menyajikan konten menarik.

Baca Juga: Susun Strategi Branding Jitu Bersama Brand Agency Jakarta

Jadi memahami strategi di atas sangat penting. Sehingga bisnis semakin populer dan mudah diingat oleh konsumen. Selain itu, masih ada banyak keuntungan lainnya bila mengaplikasikan strategi digital branding dengan baik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.