Manfaat, Fungsi serta Tujuan Marketing Mix Bagi Bisnis Anda

Digital Marketing

Marketing mix meliputi 4P (product, price, place, promotion)

Marketing mix menjadi perbincangan ramai beberapa waktu ini, terutama di kalangan digital marketer muda. Era digital memang menjadi kesempatan generasi muda menunjukkan kemampuannya, terutama dalam bidang bisnis. Bisnis saat ini bukan hanya dilakukan secara offline, tapi juga online, terutama dalam hal pemasarannya. Satu dekade terakhir digital marketing makin banyak dilakukan, karena pada dasarnya memang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Pemasaran online dilakukan untuk penunjang kemajuan bisnis, tapi juga tetap dibarengi dengan pemasaran konvensional. Kali ini, kami akan membahas mengenai jenis pemasaran efektif yang memanfaatkan banyak strategi bisnis.

Baca Juga: Ketahui Jenis-Jenis Hingga Kelebihan Digital Marketing

Pengertian Marketing Mix

Kami akan memperkenalkan Anda dengan sebuah jenis pemasaran yang sederhana dan simpel, yaitu pemasaran bauran. Pemasaran bauran merupakan sebuah strategi untuk menjual produk maupun jasa dengan menggunakan beberapa unsur terpadu. Disebut juga dengan nama marketing mix, bahkan bisa dikatakan lebih populer dengan istilah ini dibanding istilah berbahasa Indonesia. Dalam strategi bisnis ini diutamakan beberapa variabel utama untuk meraih tujuan, yaitu:

  1. Product (Produk), yaitu produk yang dijual harus memenuhi target pasar.
  2. Price (Harga), harga harus bisa dijangkau oleh calon pembeli.
  3. Place (Tempat), produk harus mudah ditemukan oleh calon pembeli.
  4. Promotion (Promosi), promosi harus dilakukan dengan baik.

Karena menggunakan 4 variabel utama sebagai pertimbangan membuat strategi bisnis, marketing mix juga sering disebut 4P. Namun, banyak juga yang menyebutnya dengan 7P karena adanya penambahan 3 unsur penting dalam penerapannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing Agency untuk Promosi Bisnis

7 Unsur Marketing Mix

Dalam pemasaran bauran terkini, bukan hanya dikenal 4 variabel utama, tapi juga terdapat 3 tambahan variabel lainnya sebagai penyempurna strategi ini. Oleh sebab itu, para marketer muda lebih mengenal 7 unsur berikut ini:

1. Product

Produk merupakan barang yang Anda jual, yaitu barang untuk memenuhi kebutuhan manusia, bisa berbentuk fisik atau jasa, maupun produk virtual. Jadi, harus ada produk yang dijual ke pasaran Produk tersebut merupakan hasil dari riset pasar, dengan melihat keinginan dan kebutuhan masyarakat saat ini. Empat pertanyaan ini dapat jadi patokan dalam menentukan barang yang hendak dijual:

  • Permasalahan apa tengah dihadapi masyarakat terkait suatu barang?
  • Produk apa yang bisa Anda tawarkan sebagai solusi?
  • Bagaimana konsumen akan mendapatkan dan mempergunakan produk tersebut?
  • Apa keunikan atau ciri khas dari produk tersebut?

2. Price

Dalam marketing mix unsur price atau harga, yaitu jumlah uang dari konsumen untuk membeli sebuah produk, juga sangat penting. Apabila terlalu rendah akan membuat bisnis tidak bisa berjalan dengan baik, jika terlalu tinggi akan sepi pembeli. Oleh sebab itu, gunakan rumus berikut: Biaya keseluruhan produk dibuat + biaya pembuatan per unit = harga jual ke konsumen, lalu ditambah besar untung ingin didapat. Dengan demikian, bisa mendapatkan harga adil untuk kedua belah pihak.

3. Place

Umumnya, Anda harus memilih lokasi yang bisa menjangkau target pasar dengan mudah. Bisa juga tempat berupa toko online di internet maupun menggunakan media sosial sebagai tempat berjualan.

4. Promotionmanfaat-fungsi-serta-tujuan-marketing-mix-dreambox

Berikutnya adalah promotion atau promosi, yaitu upaya untuk memasarkan barang hasil produksi. Dalam upaya ini juga termasuk upaya meningkatkan brand awareness, yaitu nilai positif merek Anda di mata konsumen. Promosi merupakan elemen yang sangat penting karena akan mempengaruhi jumlah penjualan. Saat ini promosi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan cara konvensional hingga digital.

5. Physical Evidence

Unsur berikutnya dalam marketing mix adalah physical evidence atau bukti fisik. Ini diwujudkan dalam bentuk logo, brosur, souvenir, atau akses agar bisa berhubungan dengan konsumen. Ini sebagai pembuktian ke konsumen bahwa bisnis yang Anda jalankan memang menyediakan layanan terbaik. Anda bisa juga membuat event tertentu sebagai pembuktian kepada konsumen.

6. People

Unsur ke enam adalah people atau sumber daya manusia dalam menjalankan bisnis, mulai dari staf terbawah hingga direktur. Dalam hal ini Anda harus memilih karyawan dengan benar agar dapat menjadi pendukung perkembangan bisnis. Salah dalam proses rekrutmen karyawan bisa berdampak buru pada bisnis. Oleh sebab itu, proses perekrutan karyawan harus dilakukan dengan baik, juga tetap berikan bimbingan dan suasana kerja nyaman untuk karyawan Anda agar bisa tetap produktif.

7. Process

Unsur terakhir adalah proses, yaitu sebuah prosedur atau mekanisme dari distribusi hingga konsumen bisa menggunakan produk/layanan Anda. Simpelnya proses dari konsumen mengenal, mencari tahu, hingga membeli sebuah produk/layanan.

Contoh Marketing Mix

Menggunakan pemasaran bauran bukan hanya sekadar teori saja, tapi benar-benar dapat digunakan sebagai strategi bisnis. Sebagai contoh kami berikan dalam strategi bisnis produk kue donat:

1. Menentukan Produk

Dalam menentukan produk ingin dijual, Anda perlu melakukan riset pasar yang merupakan bagian dari marketing mix. Sebagai contoh kami membuat penentuan produk/layanan dalam bisnis makanan:

  1. Apa permasalahan konsumen? Orang-orang suka mengonsumsi donat dengan berbagai toping, tapi merek donat dari luar negeri dijual dengan harga terlalu mahal.
  2. Solusi yang dapat diberikan? Anda dapat memberikan solusi menjual donat berbagai toping dengan rasa lezat dan harga terjangkau.
  3. Bagaimana konsumen mendapatkan donat tersebut? Dengan membeli langsung di toko atau menggunakan layanan pesan antar.
  4. Apa keunikan dari donat tersebut? Memiliki berbagai bentuk dengan rasa yang lezat dan pilihan berbagai toping, terutama menawarkan harga lebih murah.

2. Dalam Penetapan Hargamanfaat-fungsi-serta-tujuan-marketing-mix-dreambox

Strategi marketing mix juga bisa membantu Anda dalam penetapan harga. Misalnya biaya keseluruhan adalah Rp200 ribu untuk 100 donat, jadi biaya pembuatan per buahnya adalah Rp2000. Dari nilai ini break even price yang didapatkan adalah Rp200.000/100 + Rp2000 = Rp4000. Jika menjual dengan harga Rp4000 Anda tidak akan untung maupun rugi.

Apabila ingin untung tambahkan presentase keuntungan diinginkan. Contohnya ingin untung 25%, maka dihitung dengan cara Rp4000 x 25% = Rp1000. Harga jual adalah Rp5000 per buah donat.

Baca Juga: Tips Membuat Desain Kemasan Produk Unik untuk Brand Anda

Fungsi Marketing Mix

Anda sudah memiliki produk untuk dipasarkan dengan kualitas bagus dan diperlukan oleh masyarakat. Akan tetapi, hal ini belum cukup untuk bisa mengundang pembeli membeli produk Anda. Dibutuhkan sebuah upaya agar orang-orang mengenal produk tersebut dan manfaatnya. Caranya adalah menggunakan strategi penjualan efektif sehingga meningkatkan penilaian positif terhadap produk tersebut.

Di sinilah marketing mix berperan untuk bantu merumuskan strategi memasarkan produk Anda. Dengan demikian, produk tersebut dapat dikomunikasikan ke target pasar yang tepat dan bisa menghasilkan jumlah penjualan terbaik. Menjual dengan strategi akan jauh lebih baik daripada hanya melakukan penjualan secara asal. Apalagi sudah punya modal produk yang bagus, jadi harus dibarengi dengan cara promosi tepat sasaran.

Tanpa adanya penggunaan strategi marketing mix, risiko produk tidak dapat terjual sangat tinggi. Apabila Anda tidak dapat menjual produk dengan baik, maka biaya-biaya yang dikeluarkan tidak dapat tertutupi. Jangankan mendapatkan untung, justru akan menimbulkan kerugian tidak sedikit. Pada akhirnya bisa menghabiskan modal dan berakhir bangkrut. Tidak sedikit contoh perusahaan yang bangkrut karena tidak bisa menerapkan strategi bisnis dalam usahanya.

Tujuan Marketing Mix

Dalam penerapannya pemasaran bauran berfokus pada produk dan target pasar. Kemudian dibuatlah strategi tepat untuk dapat menjual produk/layanan ke target pasar tersebut. Dilihat dari hal ini dapat disimpulkan bahwa tujuan dari pemasaran bauran adalah untuk mendapatkan jumlah penjualan yang bagus di target pasar tertentu. Jadi, akan memberikan keuntungan maksimal.

Selain itu, tujuan marketing mix lainnya adalah membantu merumuskan analisis anggaran biaya perusahaan, pembagian sumber daya dan membantu menyederhanakan campaign marketing agar tidak mengalami over budget. Dapat dilihat bahwa strategi pemasaran ini juga dapat membantu setiap elemen dalam bisnis Anda sehingga penerapannya sangat baik dilakukan untuk jenis bisnis apa saja. Anda dapat menerapkan marketing 4P atau 7P.

Baca Juga: 4 Tanda Bahwa Bisnis Anda Butuh Bantuan dari Digital Marketing Agency

Berbisnis saat ini tidak bisa dilakukan tanpa strategi, karena persaingan semakin tinggi dan makin banyak pelaku bisnis. Salah satu strategi yang dapat Anda gunakan adalah marketing mix di mana strategi ini fokus pada berbagai unsur bisnis, baik 4P maupun 7P. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.