Panduan Endorsement Selebgram untuk Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
endorsement selebgram

Pentingkah melakukan endorsement selebgram?

Pada era digital ini, perkembangan teknik marketing semakin bervariasi, termasuk dalam memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi. Salah satu cara yang terbilang cukup efektif jika dilakukan dengan tepat yaitu dengan endorsement selebgram.

Mempromosikan produk melalui media sosial, termasuk Instagram, sudah umum dilakukan saat ini. Dengan banyaknya pengguna Instagram, maka akan memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang untuk menjadi konsumen.

Namun, hal itu bisa tercapai jika Anda bisa memanfaatkan strategi promosi yang baik, termasuk ketika akan melakukan endorsement.

Apa Itu Endorsement Selebgram?

Jika Anda merupakan pengguna media sosial Instagram, maka mungkin saja pernah melihat seorang artis atau seleb yang mempromosikan sebuah produk. Hal ini memang sudah umum ditemui di berbagai platform media sosial, termasuk Instagram yang menjadi target pemasaran besar bagi berbagai jenis bisnis.

Dalam dunia marketing digital, strategi tersebut umum disebut sebagai endorsement atau endorse. Secara lebih rinci, endorsement dapat diartikan sebagai suatu strategi untuk memberikan suatu jenis produk, baik barang atau jasa, kepada key opinion leader atau KOL.

Selanjutnya, KOL ini dapat membantu dalam mempromosikan produk atau bisnis tersebut melalui akun media sosialnya. Pemilihan KOL tentunya tidak dilakukan secara asal-asalan, karena harapannya adalah dia dapat mempengaruhi audiens untuk menggunakan produk tersebut.

Ketika endorsement dilakukan melalui media sosial Instagram, maka biasanya akan memilih KOL yang memiliki Instagram yang cukup berpengaruh dan memiliki banyak audiens.

Selain artis atau selebriti yang memang sudah terkenal sebelum memiliki Instagram, KOL juga bisa diambil dari seorang selebgram. Bisa jadi KOL tersebut adalah orang yang berpengaruh atau terkenal  karena akun Instagram miliknya, misalnya karena berbagai konten yang dibagikan.

Maka dari itu, endorsement yang dilakukan melalui Instagram sering disebut sebagai endorsement selebgram.

Supaya bisa mendapatkan selebgram yang tepat, maka tentunya Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal, misalnya dari segi kesesuaian produk dengan karakter yang dibawakan oleh selebgram tersebut. Bisa juga, karena dia memiliki hobi yang terkait dengan produk bisnis Anda.

Langkah-langkah untuk Endorsement Selebgram

Supaya tidak salah langkah dalam melakukan endorsement melalui media sosial Instagram, maka berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Tentukan Target

Sebelum memulai strategi, tentu saja hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah menentukan target. Suatu endorsement dapat memiliki berbagai jenis target, misalnya untuk meningkatkan penjualan sampai pada taraf tertentu.

Selain itu, bisa juga suatu bisnis lebih menargetkan untuk melakukan branding, sehingga berbagai produknya lebih dikenal dan berkesan baik di pandangan berbagai kalangan masyarakat.

2. Pilih Selebgram yang Tepat

Seperti yang sudah sedikit disinggung pada bagian sebelumnya, ada hal-hal yang perlu dilakukan ketika akan memilih selebgram untuk diajak bekerjasama.

Seseorang yang memiliki jutaan pengikut, belum tentu akan benar-benar cocok untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda.

Ketika akan memilih, maka penting untuk mempelajari berbagai hal tentang akun Instagram seorang selebgram tersebut. Hal ini bisa dilihat dari jenis konten yang dibagikan, karakteristik pengikutnya, serta berbagai hal lain yang bisa berpengaruh terhadap respons audiens.

Maka dari itu, pastikan bahwa Anda dapat memilih selebgram yang tepat dan sesuai dengan target bisnis. Dengan begitu, konten yang dibagikan dapat lebih optimal untuk tersebar dan menarik perhatian bagi calon konsumen atau pelanggan.

Hal penting lainnya, sebaiknya jangan langsung tergiur dengan angka pengikut, karena bisa jadi angka tersebut tidak benar-benar asli. Pastikan Anda mempelajari akun tersebut, bandingkan dengan jumlah like serta komentar di berbagai postingannya.

Jika dinilai kurang meyakinkan, maka Anda bisa memilih selebgram lainnya yang menurut Anda lebih baik.

3. Hubungi Selebgram

Ketika sudah memilih siapa yang akan diajak kerjasama, maka selanjutnya Anda bisa menghubunginya. Supaya lebih terlihat profesional, maka sebaiknya Anda memakai akun bisnis jika akan menghubunginya langsung melalui Instagram.

Jika merasa tidak segera mendapat balasan, maka Anda bisa menghubunginya melalui kontak yang tertera. Biasanya, selebgram mencantumkan kontak yang bisa dihubungi di bagian biodata akunnya, sehingga Anda bisa menghubunginya dengan mudah.

Anda juga bisa saja langsung menghubungi kontak tersebut tanpa perlu mengirim pesan melalui Instagram. Untuk selebgram yang sudah terkenal, bisa saja Anda hanya dapat menghubunginya melalui manajer.

4. Cari Tahu Engagement Rate dan Rate Card

Ketika akan melakukan endorsement selebgram, maka ada dua indikator penting yang perlu Anda ketahui, yaitu engagement rate dan rate card.

Engagement adalah sebuah indikator tentang tingkat pengaruh dari seorang selebgram terhadap pengikut atau penggemarnya. Dari sini, Anda dapat mengetahui kualitas dari selebgram tersebut, sehingga bisa memprediksi bagaimana pengaruhnya kelak terhadap produk Anda jika melakukan kerjasama.

Selanjutnya, rate card merupakan penjelasan tentang harga yang ditawarkan untuk melakukan endorsement. Hal ini menjadi penting untuk diketahui karena perlu disesuaikan dengan budget yang Anda miliki untuk promosi.

Maka dari itu, setelah sudah bisa menghubungi selebgram yang dipilih, maka selanjutnya Anda bisa tanyakan tentang kedua hal tersebut.

Namun, jika ternyata merasa kurang cocok, sebaiknya jangan langsung pergi begitu saja. Ucapkan terima kasih karena mereka juga sudah meluangkan waktu untuk berbincang.

5. Lakukan Perbandingan

Setelah mendapat informasi yang cukup terkait rate card dan engagement rate, maka sebaiknya Anda melakukan berbagai perbandingan.

Bandingkan dengan selebgram lainnya, supaya bisa mengetahui apakah pilihan Anda sudah tepat atau ternyata ada yang dirasa lebih cocok. Anda bisa melakukan perbandingan dua atau tiga selebgram, sampai nantinya menemukan pilihan terbaik.

Selain membandingkan dua jenis indikator di atas, Anda juga bisa membandingkan dari segi jenis konten atau karakteristik dari beberapa selebgram yang dirasa cukup potensial untuk bekerjasama dengan bisnis Anda.

6. Jika Sudah Yakin, Lakukan Kesepakatan

Ketika sudah memilih satu selebgram dan sudah merasa yakin untuk melakukan kerjasama, maka Anda bisa masuk ke tahap melakukan kesepakatan endorsement selebgram.

Buatlah kontrak perjanjian yang jelas, lalu atur berbagai jadwal yang diperlukan. Supaya dapat menghindari berbagai permasalahan ke depannya, maka pastikan untuk kedua pihak telah menyepakati dan melakukan tanda tangan atas kontrak tersebut.

7. Jelaskan Produk Anda

Ketika akan mempromosikan produk, tentu saja Anda seharusnya sudah paham betul seperti apa produk tersebut. Supaya produk dapat dijelaskan secara rinci kepada selebgram, maka sebaiknya Anda membuat brief produk, yang berisi berbagai detail dari produk tersebut.

Pastikan selebgram yang akan mempromosikan sudah bisa mengerti betul tentang produk tersebut, terlebih untuk berbagai jenis rincian yang nantinya menjadi bahan konten. Jelaskan juga target apa yang Anda inginkan dari endorsement tersebut, sehingga kontennya dapat lebih disesuaikan.

Dengan begitu, maka konten dapat dibuat dengan optimal dan target bisnis dapat lebih mudah untuk terpenuhi.

Itulah berbagai penjelasan tentang cara atau panduan untuk endorse selebgram yang sebaiknya diketahui oleh pebisnis. Ini merupakan salah satu teknik digital marketing yang efektif, selama Anda bisa memilih selebgram dengan tepat serta memakai strategi promosi yang cocok untuk jenis bisnis Anda.

Memahami berbagai hal tentang digital marketing merupakan hal penting untuk melakukan bisnis pada era kini, termasuk endorsement selebgram. 

Jika Anda masih merasa kesulitan atau butuh bantuan dalam hal yang satu ini, maka layanan digital marketing dari Dreambox dapat menjadi solusi yang tepat.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms