Tingkatkan Income Bisnis Anda dengan Teknik STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Kenali teknik STP secara mendalam.

Teknik atau strategi STP alias Segmenting, Targeting, Positioning merupakan salah satu model pemasaran yang populer serta memberikan hasil secara efektif. Pada suatu bisnis, pemasaran menjadi kegiatan yang harus direncanakan. 

Ketika berhasil menggunakan strategi marketing untuk bisnis Anda, potensi keuntungan menjadi lebih besar. Maka dari itu, menyusun strategi untuk mencapai keberhasilan pemasaran sangat penting dilakukan.

Lantas, apa itu strategi Segmenting, Targeting, Positioning dalam kegiatan marketing? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan jawaban lengkapnya!

Baca Juga: Ketahui Manfaat Segmentasi Pasar Sebelum Melakukan Branding

Mengenal Apa Itu STP Marketing

Segmenting, Targeting, Positioning adalah strategi marketing yang diterapkan dengan tujuan menentukan pada area mana suatu bisnis dijalankan. Pada dasarnya teknik ini memposisikan suatu merek terhadap konsumen.

Penerapan teknik pemasaran ini dilakukan melalui tiga langkah. Ketiganya antara lain mengidentifikasi segmen pembeli, menganalisis target market, dan juga menentukan posisi yang tepat untuk mengoperasikan bisnis.

Penerapan strategi STP bukan hanya baik untuk menentukan arah marketing bisnis. Akan tetapi juga menjadi langkah tepat dalam menciptakan citra merek (brand image), membangun kredibilitas bisnis, dan juga menentukan perencanaan pemasaran.

Untuk mencapai keberhasilan marketing, strategi ini harus dijalankan berdasarkan rencana yang matang, sehingga, ini akan bermuara pada suksesnya bisnis yang Anda jalankan dengan menjadikan pertumbuhan keuntungan dari penjualan sebagai tolok ukurnya.

Pada dasarnya, teknik marketing ini dijalankan berdasarkan target pasar, bukan berorientasi pada produk. Untuk memahami bagaimana penerapan strategi marketing STP secara tepat, Anda harus mengetahui penjelasan mengenai segmenting, targeting, dan positioning.

Memahami Penerapan Segmenting Dalam Membantu Perusahaan

Mengetahui segmentasi akan membantu perusahaan dalam mengalokasikan sumber daya secara lebih fokus sehingga capaian pemasaran yang dihasilkan lebih optimal. Memahami segmentasi juga memudahkan Anda memperoleh gambaran tentang persaingan pasar.

Perusahaan perlu mengetahui segmentasi pasar untuk menyusun langkah pemasaran lebih lanjut. Melalui tahap segmenting ini, Anda akan menentukan segmen konsumen yang ditargetkan untuk memasarkan produk maupun jasa.

Pada implementasi teknik STP, terdapat 4 kategori yang dapat Anda jadikan sebagai tolok ukur untuk membantu menentukan segmentasi. Berikut penjelasannya:

1. Demografis

Kategori demografis artinya Anda memilih target pasar berdasarkan kategori usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pekerjaan, pendapatan, hingga status pernikahan. Pemilahan ini akan memudahkan perusahaan dalam menentukan kelompok pelanggan.

2. Psikografis

Psikografis adalah tahapan segmenting dalam STP marketing yaitu memilih target konsumen berdasarkan faktor psikologis. Misalnya mengenal seputar kebiasaan serta kecenderungan target audiens saat melakukan pembelian.

Anda perlu mengenali seperti apa gaya hidup, hobi, kelas sosial, kepribadian, hingga ketertarikan calon konsumen terhadap suatu tren tertentu. Data-data berkaitan dengan psikografis bisa diperoleh melalui survei, wawancara, atau mengumpulkan data pelanggan.

3. Geografis

Kategori geografis dalam segmenting STP adalah membagi target market berdasarkan letak geografisnya alias domisilinya. Mulai dari negara, provinsi, kota, desa, bahkan hingga komplek perumahan di mana mereka tinggal.

4. Perilaku

Pada segmentasi ini, langkah yang dilakukan ialah membagi target audiens berdasarkan behaviour (perilaku) ketika membeli suatu produk. Misalnya bagaimana loyalitas konsumen terhadap suatu produk, manfaat apa yang dicari, dan sebagainya.

Memahami Penerapan Targeting Dalam Strategi Marketing

Langkah selanjutnya dalam strategi marketing STP adalah targeting. Yaitu menentukan target pasar terbaik untuk menjalankan bisnis Anda dari salah satu hasil pemilihan segmenting. Dalam melakukan targeting, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor antara lain:

1. Profitabilitas

Profit alias keuntungan adalah hal utama yang perlu dipikirkan secara matang ketika menentukan target market. Karenanya, pastikan memilih segmen yang tepat sesuai target profit perusahaan.

2. Pertumbuhan

Sebagai pelaku pasar, Anda juga harus mengetahui bagaimana potensi pertumbuhan bisnis yang dijalankan. Dengan begitu, dapat dilakukan proyeksi rencana pengembangan perusahaan kedepannya.

3. Kemudahan Akses (Aksesibilitas)

Selanjutnya, pertimbangkan juga bagaimana produk yang Anda pasarkan dapat diakses oleh pembeli dengan mudah. Misalnya dalam hal pengiriman barang. Selain itu, pelajari juga apa saja hambatan akses ke pasar agar bisa mencari solusi penyelesaiannya.

Memahami Penerapan Positioning Secara Efektif

Tahapan implementasi strategi STP marketing berikutnya yaitu positioning. Positioning adalah cara atau strategi menempatkan promosi maupun iklan produk serta brand ke segmentasi yang telah ditargetkan.

Langkah ini memudahkan Anda dalam menentukan metode paling tepat serta efektif dan efisien dalam memasarkan produk hingga membangun brand pada target pasar. Untuk melakukan positioning, perhatikan tips berikut:

1. Tawarkan Solusi

Menentukan target berdasarkan segmentasi membuat Anda bisa melihat atau mengidentifikasi berbagai masalah yang mereka hadapi. Kini saatnya memberikan solusi untuk menjawab permasalahan mereka. Tawarkan solusi melalui pesan di marketing plan.

2. Unique Selling Point

Bukan hanya menawarkan solusi untuk menjawab permasalahan konsumen. Anda juga perlu menemukan keunikan dan keunggulan tersendiri di antara kompetitor lainnya. Keunikan ini akan membedakan produk Anda dari para pesaing.

3. Membuat Kampanye yang Disukai

Mengenali target konsumen dengan baik memungkinkan Anda untuk dapat menyusun strategi kampanye sesuai apa yang mereka sukai. Sekarang saatnya membuat campaign menarik untuk menjangkau pasar tertarget.

Baca Juga: Mengenal Brand Positioning dan Penerapannya dalam Strategi Branding

Memasarkan barang adalah kegiatan penting dalam bisnis yang perlu direncanakan secara matang. Strategi STP marketing secara tepat dapat Anda implementasikan untuk meningkatkan income bisnis. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms