User Interface Adalah? Berikut Pengertian serta 8 Karakteristiknya

Digital Marketing

User interface adalah salah satu kunci mendapatkan kepercayaan pelanggan

Karena User interface adalah salah satu kunci mendapatkan kepercayaan pelanggan, makan pengalaman berkunjung ke website maupun aplikasi tersebut tentu menjadi sangat berkesan. Hana saja berkesan dalam aspek negatif, sebab penampilan website dan aplikasi yang kurang menarik bisa mengurangi kenyamanan saat mengakses fitur maupun layanan di dalamnya.  Jika pernah memiliki pengalaman demikian, maka bisa dikatakan dalam menggunakan aplikasi maupun mengakses website mengutamakan aspek User Interface atau UI. Perlu diakui bahwa User Interface adalah suatu aspek penting yang harus diperhatikan oleh pengembang aplikasi maupun website, sehingga bisa meningkatkan pengalaman pengguna dan mendapatkan kepercayaan mereka. 

Baca Juga: Apa Itu User Experience? Ini Penjelasan dan Tips Penggunaannya

User Interface Adalah?

Bagi siapa saja yang perna atau masih berkutat dengan kegiatan membangun website dan aplikasi. Dijamin istilah User Interface ini tidak asing lagi di telinga. Namun, bagi mereka yang tidak berkecimpung di dunia pengembang (developer) tentunya akan bertanya-tanya mengenai apa itu UI. Jadi, User Interface adalah bagian visual atau penampakan (penampilan) fisik dari sebuah website, aplikasi, software, dan juga hardware yang kemudian menentukan bagaimana pengguna bisa berinteraksi dengan produk tersebut. Semakin bagus dalam mengerjakan UI maka semakin besar pula rasa nyaman yang dirasakan oleh pengguna. 

Melalui definisi tersebut, maka sebuah User Interface atau UI ini mampu menggabungkan tiga aspek sekaligus dalam mengembangkan suatu produk digital. Mulai dari aspek desain visual, desain interaksi, dan juga aspek infrastruktur informasi, sehingga UI tidak hanya berkaitan dengan tampilan sebuah website atau produk digital lain yang sudah disebutkan tadi. Melainkan juga berkaitan dengan seberapa mudah menggunakan produk digital tersebut. Sebagai contoh dalam memahami pentingnya User Interface adalah dari penggunaan sebuah aplikasi. Katakanlah aplikasi ini punya tampilan desain yang bagus dan sedap dipandang mata. 

Kepuasan pengguna kemudian hancur karena aplikasi tersebut memiliki fitur yang terbatas atau fitur-fiturnya susah untuk diakses. Hal ini menunjukan bahwa UI yang diterapkan oleh pegembang belum maksimal. Ada baiknya UI ini dioptimalkan dulu, dilakukan uji coba di kalangan sendiri, dan setelah dirasa sempurna baru dirilis untuk digunakan masyarakat luas. 

Mengenal Pentingnya User Interface

Meskipun bagi sebagian orang User Interface adalah sesuatu yang tidak begitu penting, karena lebih berhubungan dengan kualitas pelayanan bukan pada produk yang disediakan. Namun, sebagian besar orang justru berpikir sebaliknya dan tentunya menciptakan kondisi dimana UI memiliki peran sangat penting. Terutama untuk pengembangan website, aplikasi, software, dan produk digital lain yang ditujukan untuk keperluan bisnis. Misalnya saja website untuk bisnis yang dibangun oleh sebuah perusahaan untuk tujuan tertentu. Maka tampil memukau dan profesional lewat UI yang optimal menjadi hal krusial. 

Desain aplikasi dan website yang menggunakan UI terbaik akan memberi banyak keuntungan. Sebab UI sendiri pada dasarnya punya banyak fungsi, diantaranya adalah: 

  • Meningkatkan jumlah pengguna, sebab dengan website atau aplikasi yang mudah digunakan maka akan banyak direkomendasikan oleh penggunanya. 
  • Meningkatkan penjualan, jika dimanfaatkan untuk bisnis maka UI yang baik bisa membantu meningkatkan penjualan karena jumlah pengguna terus bertambah. 
  • Memaksimalkan proses branding produk, sebab UI bisa meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbelanja maupun menggunakan produknya sehingga bisa memperkuat branding. 

Karakteristik User Interface yang Terbilang Baik

Saat mempelajari pembuatan UI yang baik untuk membangun sebuah website maupun aplikasi. Dijamin akan menemukan banyak anjuran untuk mengatur tata letak menu-menu di dalam website dan aplikasi tersebut. Mengikuti saran tersebut secara keseluruhan tentu akan menghasilkan produk dengan UI yang baik dan fungsi-fungsi UI di atas berjalan optimal. Hanya saja, tidak semua orang bisa dengan mudah membangun website dengan UI yang sempurna tanpa cacat. Maka penting untuk menggunakan karakter UI yang baik sebagai patokan dalam membangun produk digital tersebut, sehingga, meskipun belum sempurna tetap akan menghasilkan produk yang mampu menggaet kepercayaan pengguna. 

Adapun karakter yang baik dari sebuah User Interface adalah sebagai berikut: 

1. Desain Harus Jelas

Karakter UI yang baik adalah yang desainnya jelas, sehingga sekali diakses pengguna. Maka pengguna tersebut langsung paham harus masuk ke menu mana untuk mencapai tujuannya dalam menggunakan produk tersebut. Jika tidak jelas, maka pengguna akan langsung menutup website atau aplikasi tersebut. 

2. Singkat

Karakter yang kedua adalah singkat, yakni berhubungan dengan penggunaan teks atau tulisan di dalam website. Terlalu banyak tulisan justru membuat pengguna bingung, maka perlu menggunakan kalimat singkat. Bahkan hanya terdiri dari satu atau dua kata dirasa sudah lebih dari cukup. 

3. Familiar

Berikutnya adalah familiar, yang artinya tata letak menu maupun tombol di dalam website mudah dipahami. Atau mirip dengan website lain sehingga pengguna bisa mengakses fitur dan menu yang dibutuhkan tanpa perlu berpikir panjang. 

4. Responsif

UI yang baik juga merupakan UI yang responsif atau dapat bekerja dengan cepat. Saat pengguna memilih tombol dan menu tertentu maka bisa langsung diproses. Jangan sampai UI bekerja lamban yang nantinya membuat pengguna emosi. 

5. Konsisten

UI yang baik juga idealnya bisa konsisten, yakni dalam hal mengatur penempatan menu dan berbagai tombol di dalam website, sehingga pengguna bisa hafal tata letaknya dan bisa menggunakannya bahkan sambil menutup mata. 

6. Efisien

UI juga sebaiknya efisien, yakni hanya menyediakan pilihan fitur, tombol, maupun menu yang dibutuhkan pengguna, sehingga tidak ada fitur yang sia-sia dan tidak diminati sama sekali oleh pengguna manapun.

7. Forgiving

Selanjutnya adalah forgiving, artinya UI mampu memberi rasa aman dan bebas dari rasa takut kepada pengguna untuk menggunakan produk tersebut. Misalnya saja ada menu undo atau cancel untuk membatalkan proses yang sebelumnya dilakukan. 

8. Menarik

UI yang baik adalah UI yang menarik, yakni dari segi tampilan maupun fungsi dari fitur-fitur di dalamnya, sehingga dalam membangun website perlu memperhatikan UI agar bisa menjaga kepuasan penggunanya. 

Baca Juga: 6 Ide Konten Instagram Menarik untuk Bisnis Anda

Melalui penjelasan tentang UI di atas, apakah sudah menentukan tampilan seperti apa yang cocok untuk website yang dibangun? Bisa jadi memilih membuat website yang kaya warna atau mungkin malah dibuat simpel. Selama paham betul User Interface adalah aspek dalam hal penampilan, navigasi, dan interaksi. Maka dijamin, desain website maupun aplikasi yang dibuat akan mampu memuaskan penggunanya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.