Yuk Ketahui Alasan Mengapa Strategi Marketing Online Cocok untuk UKM Indonesia

Digital Marketing

Pelaku bisnis di era seperti sekarang tentu familiar dengan yang namanya strategi marketing online.

Yaitu sebuah strategi pemasaran brand atau merek yang dilakukan secara digital, memakai internet dan perangkat yang bisa terhubung ke dalamnya.

Baca Juga: 5 Strategi Bisnis Online Terbaik untuk Memasarkan Produk

Menjalankan pemasaran secara online bisa dilakukan oleh semua pelaku bisnis, tidak peduli skala bisnisnya maupun bidang bisnis yang ditekuni. Tidak terkecuali untuk UKM atau Usaha Kecil Menengah. Justru ada banyak alasan kenapa strategi pemasaran online ini perlu dijalankan oleh UKM.

Alasan Strategi Marketing Online Cocok untuk UKM

Pelaku UKM sebaiknya tidak berpikir dua kali untuk menjalankan strategi marketing online, alasannya adalah sebagai berikut:

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

UKM membutuhkan waktu untuk berkembang lebih lama karena modal terbatas dan target pasarnya bersifat lokal. Alasan inilah yang membuat strategi pemasaran online perlu diterapkan. Sebab bisa membantu UKM untuk menjangkau pasar lebih luas sehingga bisa berkembang dengan cepat.

2. Pengguna Internet Terus Tumbuh

UKM yang mencoba melakukan pemasaran online akan terbantu untuk tidak kehilangan pasar atau pelanggan. Pasalnya pengguna internet dari hari ke hari terus bertambah. Sehingga lewat internet UKM bisa menemukan pelanggan sebanyak mungkin dan secara terus menerus.

3. UKM Bisa Lebih Profesional

Memilih untuk menjalankan strategi marketing online bagi sebuah UKM adalah langkah tepat. Sebab bisa tampil profesional di hadapan target pasar, lewat kepemilikan website dan akun  media sosial profesional.

4. Menghemat Biaya Operasional

Memasarkan produk UKM secara online akan membantu menghemat biaya operasional. Sebab tidak perlu lagi menyediakan lapak fisik, tidak ada biaya listrik, dan sebagainya. Cukup bermodalkan kuota dan perangkat untuk masuk ke internet.

5. Bisa Bersaing dengan Bisnis Besar

Jika menekuni pemasaran konvensional, maka pasar akan bisa membedakan dengan jelas mana UKM dan mana bisnis skala besar. Kecenderungan ini membuat UKM rentan kalah saing. Namun jika menerapkan strategi pemasaran online maka UKM bisa lebih leluasa ikut bersaing, karena bisa melakukan pendekatan langsung ke target pasar.

6. Pertumbuhan Bisnis Lebih Cepat

Pemasaran lewat internet memberikan efek lebih cepat dan besar, sebab informasi dari produk dan jasa yang dipasarkan bisa menyebar dengan luas dalam tempo singkat. Karakter dari pemasaran online ini kemudian mendukung pertumbuhan UKM menjadi lebih cepat dibanding pemasaran secara konvensional.

7. Biaya Pemasaran Bisa Diatur

Semua jenis bisnis memerlukan kegiatan pemasaran hal ini juga dibutuhkan oleh UKM. Hanya saja butuh biaya besar, dan jika terbentur masalah dana maka strategi pemasaran online adalah solusi. Sebab di sini bisa menghemat biaya pemasaran agar sesuai anggaran.

Jenis Strategis yang Bisa Diterapkan

Memahami ada banyak alasan penting yang membuat pemasaran secara digital perlu diterapkan oleh UKM. Maka bisa dimulai sesegera mungkin, adapun jenis strategis pemasaran online tersebut adalah sebagai berikut:

  • Membangun toko virtual, baik itu di website resmi maupun di marketplace dan sosial media.
  • Aktif mengelola sosial media untuk proses branding sekaligus mendekatkan diri dengan target pasar.
  • Mengelola website dengan disiplin dan profesional, yakni dengan memposting konten dengan teknik SEO (Search Engine Optimize).
  • Menjalankan email marketing untuk menginformasikan produk baru maupun promo secara personal kepada pelanggan.
  • Memasang iklan berbayar, baik itu Facebook Ads, Google Ads, maupun yang lainnya.

Sukses merintis dan mengembangkan UKM di era sekarang memang tidak bisa jika tidak terjun ke ranah online. Anda bisa mencoba berbagai strategi marketing online yang disampaikan di atas. Apabila diterapkan dengan tepat dan konsisten maka UKM ini bisa tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu. Sehingga tepat sekali untuk mencoba menerapkannya.

Baca Juga: Minat Konsumen dan Hubungannya Terhadap Produk dan Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia marketing? Kunjungi blog Dreambox Agency di sini.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.