10 January 2020

Saat ini, persaingan untuk menambah minat konsumen dalam bidang industri sangatlah ketat.

Banyak bermunculan perusahaan-perusahaan baru yang menunjukkan minat konsumen yang tinggi di bidang ekonomi dan industri itu sendiri. Pemilik sektor industri seakan berbondong-bondong menunjukkan sisi eksistensinya agar tetap bertahan dan berhasil merebut hati para konsumen dan klien di pasar industri global.

Banyak cara dilakukan. Selain membuat produk dengan kualitas terbaik guna menambah minat konsumen yang sudah mempercayai, para pemilik sektor industri juga harus siap memberikan tambahan-tambahan khusus pada produk agar produk yang akan dipasarkan punya ciri khas tersendiri serta mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Baca Juga: Memanfaatkan Meme Sebagai Ide Pemasaran Terbaru

Desain kemasan yang unik, pembahasan yang menarik, tambahan hadiah seperti kupon atau undian, hingga diskon harga sangat sering dilakukan. Namun yang paling penting dan harus diperhatikan adalah brand dari produk itu sendiri.

Pentingnya Brand untuk Produk

Brand atau merk sebenarnya mempunyai arti yang sama, yakni nama dari produk yang akan dipasarkan. Namun kata “Brand” punya cakupan yang lebih luas lagi, yakni pengalaman yang didapatkan oleh konsumen setelah menggunakan suatu produk dan dapat membedakan produk dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya dalam satu produk yang sama. Dapat diartikan bahwa brand adalah tipe produk yang dikeluarkan oleh perusahaan itu.

Saat ini, penggunaan brand merupakan fokus utama yang harus dipikirkan matang-matang oleh para pemilik sektor industri untuk bersaing dengan perusahaan lainnya. Produk yang dihasilkan juga harus sinkron dengan brand yang dimiliki perusahaan. Ibaratnya tubuh, brand merupakan jiwa dari tubuh itu, yang mana apabila tidak sejalan dengan produk yang dihasilkan, maka akan mengurangi tingkat ketertarikan orang lain pada produk itu, bahkan dapat menurunkan sisi kualitas dari produk itu di mata masyarakat.

Brand yang menunjukkan identitas perusahaan haruslah sinkron dengan produk yang dihasilkan, begitupun sebaliknya. Berikut merupakan fungsi brand bagi produk dan alasan mengapa produk harus selaras dengan brand:

1. Brand Membantu Mempromosikan Produk

Secara tidak langsung, brand mempromosikan produk yang akan dipasarkan. Jika suatu perusahaan memiliki brand yang banyak diminati masyarakat, untuk kedepannya tidak akan sulit mendapatkan jumlah peminat yang sama pada produk yang berbeda, bahkan bisa lebih banyak lagi. Tentunya tetap memprioritaskan kualitas dari produk itu sendiri.

2. Brand Merupakan Pondasi Awal Sebuah Perusahaan

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, brand merupakan jiwa dari sebuah produk dan perusahaan itu. Brand akan menjadi pondasi dan modal awal perusahaan untuk berjalan di pasar global. Maka dari itu, brand yang baik adalah yang bisa diingat dan melekat selalu di hati dan pikiran para konsumen.

Ketika kualitas produk yang dihasilkan banyak diminati, konsumen akan mengingat brand perusahaan itu dan akan menunggu produk baru kedepannya. Sungguh hal itu merupakan impian bagi banyak perusahaan.

3. Brand Membedakan Produk Perusahaan dengan Produk Lainnya

Seiring bermunculannya perusahaan baru yang memasarkan produk dengan berbagai kualitas, brand akan menjadi salah satu hal yang akan menjadi pembeda. Brand akan memberikan ciri khusus produk pada satu perusahaan dan akan membedakannya dengan produk pada perusahaan yang lain, walaupun dalam jenis yang sama.

Brand secara tidak langsung sebagai identitas dari perusahaan dan produk yang dimilikinya. Untuk itulah, akan menjadi sangat mudah juga bagi para konsumen untuk bisa membedakan produk satu dengan lainnya dan memilih produk yang mereka inginkan.

4. Brand Akan Membawakan Konsumen Baru

Produk dengan kualitas yang bagus akan menambah minat konsumen. Secara tidak langsung, konsumen setia juga akan membantu perusahaan dalam menarik konsumen-konsumen baru dengan brand yang sudah diingat baik oleh konsumen tersebut.

Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan. Selain terbantu karena bertambahnya konsumen, reputasi perusahaan dan produk yang dipasarkan akan semakin baik di mata masyarakat.

Baca Juga: Citra dan Pengaruh Media Sosial Dapat Mempengaruhi Branding

Brand dan produk merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari perusahaan yang sedang bersaing di sektor industri. Brand yang bagus adalah yang berawal dari kualitas perusahaan yang bagus serta komitmen perusahaan tersebut untuk terus maju memuaskan keinginan setiap konsumen. Ingin mendapatkan lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.