...

2 Metode Cepat untuk Posting Instagram Ads bagi Pemula

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Instagram Ads

Ada banyak strategi digital marketing yang bisa membantu meningkatkan penjualan produk dan salah satunya adalah Instagram Ads. Ini merupakan teknik beriklan yang dilakukan melalui media sosial Instagram. Tujuannya tentu untuk menjangkau pasar yang luas dan meningkatkan angka penjualan produk. 

Instagram itu sendiri adalah platform media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat. Jumlah pengguna Instagram begitu besar dan berasal dari berbagai kalangan usia maupun latar belakang sosial. Mari cari tahu seperti apa sebenarnya cara membuat Instagram Ads itu dan berapa biaya yang dibutuhkan. 

Mengapa Anda Memerlukan Instagram Ads?

Dari sekian banyak teknik pemasaran digital yang bisa Anda gunakan, mengapa perlu memanfaatkan Instagram? Sebelum mulai beriklan, entu Anda harus tahu mengapa Instagram dipilih sebagai media iklan yang tepat. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu memanfaatkan fitur ads dari Instagram. 

1. Pengguna Instagram Sangat Banyak dan Bervariasi

Instagram itu sendiri merupakan media sosial yang sangat populer. Melalui Instagram Anda bisa menjangkau target pasar yang sangat luas dari berbagai usia dan latar belakang sosial. Anda bisa mengatur target pemasaran secara fleksibel sesuai pasar yang memang ingin dijangkau. 

Bisa dilihat sendiri bahwa saat ini hampir semua orang dari beragam kalangan mengakses Instagram. Tidak hanya bervariasi dan banyak jumlahnya, pengguna Instagram juga cukup interaktif. Mereka aktif menggunakan platform untuk saling berbagi komentar dan reaksi melalui konten-konten yang beragam.  

2. Memiliki Fokus Konten Visual yang menarik

Instagram merupakan media sosial yang punya fokus konten visual. Jika dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan, tentu konten visual dengan gambar dan video jauh lebih menarik. Jenis konten visual ini juga sangat cocok untuk keperluan iklan. 

Melalui Instagram, Anda bisa membuat konten iklan yang tidak hanya informatif namun juga menarik. Tentu dalam hal ini Anda perlu merencanakan beragam konten iklan yang kreatif agar bisa menarik perhatian banyak pengguna Instagram. 

3. Terintegrasi dengan Facebook Ads

Alasan lain mengapa Anda perlu memanfaatkan Instagram Ads yaitu karena sudah terintegrasi dengan Facebook Ads. Instagram itu sendiri masih ada di bawah naungan Meta, Inc yang juga diketahui menaungi Facebook. Jadi kedua platform media sosial ini akan terintegrasi dengan baik saat Anda beriklan. 

Efektivitas iklan Anda bisa lebih optimal jika menggunakan 2 platform tadi untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Pengaturan dan pengelolaannya pun terbilang mudah karena keduanya sudah terintegrasi. 

4. Format Iklan Sangat Beragam dan Mudah Dieksplorasi

Instagram adalah platform media sosial yang memiliki format iklan beragam. Bisa dilihat sendiri bahwa Instagram menyediakan beragam jenis fitur untuk mengunggah konten. Mulai dari foto, video reels, Instagram Story, dan ada pula IGTV yang juga bisa dipakai untuk mengunggah konten iklan. 

Banyaknya pilihan fitur untuk mengunggah konten ini akan menguntungkan Anda. Anda bisa membuat format iklan yang lebih beragam. Hal ini juga mempermudah Anda untuk mengeksplorasi format iklan beserta kontennya demi bisa menjangkau target pasar yang diinginkan. 

Jelas sudah bahwa Instagram bisa jadi pilihan platform media sosial yang tepat untuk beriklan. Platform ini memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak dan menawarkan beragam fitur menarik untuk beriklan. Mari cari tahu lebih banyak lagi seperti apa cara iklan di Instagram Ads agar hasilnya bisa lebih efektif. 

2 Cara Cepat untuk Posting Instagram Ads

Jika memang ingin menggunakan fitur ads dari Instagram maka ada 2 cara cepat yang bisa Anda lakukan. Pada dasarnya cara posting iklan di Instagram sangatlah mudah bahkan bisa cepat dikuasai oleh pemula. Berikut ini akan dibahas 2 cara cepat untuk posting ads melalui media sosial Instagram. 

1. Gunakan Meta Ads Manager

Pemakaian Instagram Ads ini akan melibatkan platform lain yaitu Ads Manager dari Meta. Melalui Ads Manager ini nanti Anda dapat mengatur iklan dan memasang materi iklan sesuai keinginan lewat 2 platform yaitu Instagram dan Facebook. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Buat Kampanye Iklan Instagram Baru

Langsung saja masuk ke laman Meta Business Manager kemudian pilih opsi untuk membuat iklan Instagram baru. 

  1. Pilih Tujuan Anda

Tentukan tujuan Anda mulai dari traffic, engagement, leads, app promotion, awareness, dan sales

  1. Beri Nama Kampanye Anda

Tentukan nama kampanye untuk membuatnya terlihat lebih menarik bagi audiens. 

  1. Pilih Anggaran dan Jadwal Anda

Selanjutnya Anda bisa memilih anggaran iklan serta jadwal untuk beriklan sesuai kebutuhan. 

  1. Identifikasi Audiens Anda

Tentunya Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu siapa saja audiens yang ingin dijadikan target untuk iklan tersebut. 

  1. Pilih Penempatan Iklan Instagram Anda

Segera pilih penempatan iklan Instagram Anda agar bisa tampil di tempat yang tepat sesuai target pasar. 

  1. Buat Iklan Instagram Baru

Selanjutnya tinggal buat iklan Instagram baru dan pastikan untuk menyusun konten iklan yang menarik. 

  1. Publikasikan Iklan Instagram Anda

Segera publikasikan iklan Instagram Anda agar bisa dilihat oleh banyak orang sesuai target pasar. 

2. Gunakan Fitur Instagram Boost

Cara kedua yang perlu Anda lakukan adalah memakai fitur Instagram Boost. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Ubah Akun Anda Menjadi Profil Bisnis

Pastikan dulu akun yang Anda pakai sudah diubah menjadi akun dengan profil bisnis. 

  1. Posting Iklan Anda

Unggah iklan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. 

  1. Klik Fitur Boost pada Postingan Anda

Langsung saja klik fitur Boost yang sudah tersedia di postingan Anda. 

  1. Pilih Tujuan Instagram Boost Anda

Tentukan tujuan Instagram Boost tadi untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. 

  1. Tentukan Target Audience yang Dituju

Jangan lupa tentukan target audiens yang ingin dituju lewat boost iklan tadi. 

  1. Pilih Anggaran Harian dan Durasi Boost

Tentukan juga anggaran harian serta durasi boost konten marketing tadi agar sesuai dengan kebutuhan. 

Biaya Ads Instagram yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum menggunakan Instagram sebagai media iklan tentu Anda harus tahu dulu biaya ads Instagram yang harus dikeluarkan. Besarnya biaya ini bisa berbeda-beda tergantung target audiens, metric yang digunakan, durasi iklan, dan lain sebagainya. 

Rata-rata biaya harian minimal mulai dari Rp16.000,00. Sementara itu untuk boosting konten-konten marketing organik biaya hariannya mulai dari Rp20.000,00. Biaya ini terhitung jauh lebih terjangkau dibandingkan beragam platform media sosial lain dan efektivitasnya juga cukup tinggi. 

Ubah Instagram Ads Menjadi Ladang Profit Bisnis Anda

Instagram akan menjadi pilihan platform media sosial yang tepat untuk memasang iklan bisnis dan produk Anda. Jika dimanfaatkan dengan benar, maka fitur ini bisa menjadi ladang profit bisnis yang menjanjikan. Anda bisa mempelajari cara pemakaian ads di Instagram lebih detail lagi di sini

Layanan digital marketing dari Dreambox juga bisa jadi pilihan tepat untuk membantu Anda memakai Instagram Ads agar pemasaran jadi lebih efektif. Hubungi tim Dreambox untuk mendapatkan informasi dan arahan yang lebih lengkap!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms