...

Tips serta Cara Membuat Instagram Ads Lebih Efektif

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
tips-serta-cara-membuat-instagram-ads-dreambox

Bagaimana cara membuat instagram ads?

Jika target audiens bisnis Anda kebanyakan berada di Instagram, maka Anda harus mengetahui cara membuat Instagram Ads. Ini merupakan salah satu fitur yang membuat campaign menjangkau lebih banyak audiens. Instagram sebagai salah satu platform sosial media dengan pengguna terbanyak adalah lahan basah yang perlu digarap secara serius oleh pemilik bisnis. Bagaimana tidak, tidak kurang dari 99,1 juta orang Indonesia aktif menjadi pengguna Instagram (Ig).

Artinya, potensi pasar yang begitu besar ada di platform ini karena setiap harinya jutaan orang mengakses Ig dan beraktivitas di sana. Melalui Ig, Anda dapat berinteraksi dengan audiens, membangun brand awareness, hingga menciptakan konversi.

Baca Juga: Ketahui Platform hingga Strategi Social Media Marketing

Pengertian Instagram Ads

Ig ads merupakan layanan iklan di media sosial Instagram yang memungkinkan pengguna menampilkan kontennya dengan membayar sejumlah biaya untuk penayangannya. Iklan tersebut dapat muncul melalui feed serta fitur stories.

Cara membuat Instagram Ads pada dasarnya tidak jauh berbeda dari Facebook Ads. Jika Anda sudah familiar dengan layanan iklan di Facebook, maka pembuatan iklan melalui Ig Ads akan lebih mudah. Ini karena Instagram sudah diambil alih perusahaan induk Facebook dan berada di bawah naungan Facebook Inc. yang kini berganti nama menjadi Meta sejak tahun 2012.

Sehingga pengelolaan iklan keduanya sama-sama di bawah naungan Facebook Ads Manager. Namun tidak perlu khawatir jika Anda belum familiar dengan Facebook Ads sekalipun. Pada pembahasan selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana beriklan di Ig Ads.

Baca Juga: Menentukan Anggaran Serta Digital Marketing Tips untuk Bisnis Anda

Keuntungan Membuat Instagram Ads

Instagram Ads adalah layanan yang disediakan bagi pengguna platform sosmed tersebut untuk menjangkau audiens sebanyak-banyaknya melalui konten menarik yang dibuat. Dengan cara membuat Instagram Ads, Anda bisa memperoleh beberapa keuntungan berikut.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness dapat didefinisikan sebagai kemampuan konsumen atau audiens untuk mengenali serta mengingat suatu brand dengan melihat identitas brand tersebut. Baik itu berupa logo, gambar, warna, atau citra lainnya.

Dengan brand yang sudah melekat di ingatan konsumen, Anda bisa lebih mudah memasarkan produk usaha. Manfaatkan Instagram Ads untuk membangun brand awareness secara efektif sehingga audiens semakin mengenal merek Anda.

2. Memaksimalkan Jangkauan

Cara membuat Instagram Ads memungkinkan konten Anda menjangkau target audiens yang lebih besar. Sebanyak lebih dari 90% pengguna platform sosmed ini berpotensi terpapar konten bersponsor.

Inilah mengapa layanan iklan tersebut memberikan peluang pasar potensial untuk mempromosikan produk. Instagram Ads menyediakan fitur yang memungkinkan Anda mengatur sasaran audiens secara spesifik.

Mulai dari usia, hobi, ketertarikan (interest), hingga perilakunya. Dengan sasaran yang spesifik, konten Anda bukan hanya menjangkau audiens secara luas tetapi juga tertarget. Sehingga pemasaran akan lebih efektif.

3. Hemat Budget

Tenang, cara membuat Instagram Ads tidak memerlukan biaya mahal. Untuk itu, ini adalah strategi pemasaran yang cukup menjanjikan bagi pengusaha kecil menengah sekalipun.

Dengan alokasi budget mulai Rp 20.000 hingga Rp 10.000.000 per hari, pengusaha bisa menayangkan konten bersponsor melalui feed ataupun stories. Untuk itu, rancang strategi beriklan sebaik-baiknya sesuai anggaran yang tersedia.

4. Tingkatkan Penjualan dengan Insight Baru

Anda dapat memanfaatkan fitur laporan yang tersedia untuk melihat bagaimana kinerja ads. Dari laporan tersebut, pengiklan dapat memperoleh insight baru untuk meningkatkan performa iklan dan memperbaikinya agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Membuat Instagram Ads

Untuk memperoleh jangkauan luas, meningkatkan engagement, hingga mengkonversikannya menjadi transaksi, buat iklan Instagram dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Facebook Ads Manager melalui akun Facebook Anda
  2. Klik menu ‘Kampanye’ lalu pilih ‘Pembuatan Iklan Terpandu’ untuk memaksimalkan performa iklan
  3. Selanjutnya, tentukan tujuan pembuatan iklan antara lain Kesadaran (meningkatkan brand awareness dan jangkauan), Pertimbangan (meningkatkan trafik dan interaksi), dan Konversi (meningkatkan konversi).
  4. Cara membuat Instagram Ads selanjutnya klik tujuan yang ingin dicapai.
  5. Tentukan jenis iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Bagi pemula, sebaiknya memilih iklan Pengoptimalan Anggaran agar dapat menyesuaikan biaya.
  6. Masukkan nama iklan serta tujuan trafik apakah ke website, aplikasi, WhatsApp, atau messenger
  7. Aktifkan Promo jika ingin mengiklankan program promo
  8. Tentukan target audiens berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, serta penargetan khusus
  9. Tentukan penempatan, apakah ingin menampilkannya di Instagram saja atau ke Facebook dan semua aplikasi yang bekerja sama
  10. Buat jadwal penayangan iklan
  11. Hubungkan dengan akun Ig Anda
  12. Tentukan format iklan, antara lain carousel, gambar tunggal, video tunggal, slide show, atau koleksi
  13. Masukkan deskripsi iklan
  14. Masukkan judul iklan, gambar, serta link
  15. Lakukan pembayaran via kartu kredit atau kartu debit

Baca Juga: Lakukan 7 Tips Digital Marketing untuk Tingkatkan Kesuksesan Bisnis Anda

Tips Beriklan di Instagram Ads

Cara membuat Instagram Ads yang efektif perlu memperhatikan beberapa hal. Untuk memaksimalkan performa iklan Anda, terapkan tips berikut.

1. Maksimalkan Fitur Stories

Stories adalah fitur yang menampilkan konten dalam 24 jam saja. Meskipun durasi penayangannya singkat, namun ini menjadi kekuatan tersendiri untuk kampanye iklan Anda.

Hal tersebut karena sebanyak 52% pengguna Instagram mengaku tertarik dengan brand-brand yang mereka lihat lewat stories. Menariknya konten stories secara otomatis ditayangkan secara beruntun.

Untuk itu, pertimbangkan cara membuat Instagram Ads di stories karena mampu memberikan trafik berkualitas bagi brand Anda.

2. Perhatikan Kualitas Visual

Platform Instagram diperuntukkan bagi mereka yang menyukai konten gambar dan video. Maka dari itu, pengiklan wajib menyajikan visualisasi yang indah dan menarik untuk membuat audiens terkesan.

3. Buat Iklan Natural

Tips cara membuat Instagram Ads yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana selera target audiens. Dengan begitu, Anda bisa membuat konten berdasarkan ketertarikan mereka sehingga iklan terlihat lebih smooth, natural, dan mudah disukai.

4. Perhatikan Ukuran Gambar

Sebelum menayangkan iklan Instagram, Anda perlu membuat konten dengan ukuran yang sesuai. Sehingga audiens dapat menikmatinya dengan baik. Berikut adalah ukuran gambar untuk Ig Ads.

  • Single Image

– Ukuran : 1200×628 pixels

– Stories : 1080×1920 pixels

– Rasio : 9:16 to 16:9

  • Carousel

– Ukuran : 1080×1080 pixels (maksimal 30MB)

– Rasio : 1:1

  • Slideshow

– Ukuran : 1280×720

– Rasio : 16:9, 1:1, 2:3

– Format : .mov atau .mp4

  • Single Video

– Ukuran : Minimal 600 pixels (maksimal 4GB)

– Rasio : 9:16 to 16:9

– Durasi : 1-60 detik

– Format : .mov, .mp4, atau .gif

Baca Juga: Berbagai Layanan yang Ditawarkan Digital Marketing Services

Biaya Iklan Instagram Ads

Anda perlu mengalokasikan sejumlah biaya untuk cara membuat Instagram Ads. Biaya Ig Ads relatif terjangkau yakni mulai Rp 25.000 per hari. Pengiklan juga bisa mengalokasikan dana untuk periode penayangan iklan tertentu.

Sebagai contoh, Anda dapat menganggarkan dana Rp 1 juta untuk beriklan selama seminggu. Semakin besar budget yang Anda anggarkan, semakin luas juga jangkauan audiens yang akan dihasilkan.

Mengalokasikan dana untuk mengiklankan konten adalah investasi bagi kemajuan bisnis Anda. Terapkan tips-tips cara membuat Instagram Ads di atas agar performa iklan Anda lebih powerful. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms