Menentukan Anggaran Digital Marketing Tips untuk Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
menentukan-anggaran-serta-digital-marketing-tips-untuk-bisnis-anda-dreambox

SEO, salah satu digital marketing tips terbaik yang dapat Anda gunakan.

Sebuah perusahaan memerlukan digital marketing tips untuk mengembangkan bisnis. Namun bukan berarti wajib melakukan sesuatu yang kompleks dan rumit. Cukup banyak tips sederhana bisa diaplikasikan.

Digital marketing sendiri merupakan ragam pemasaran yang mempromosikan, menjual produk dan layanan dengan mengandalkan media digital. Media tersebut berupa media sosial, Google dan email.

Keuntungan dari menerapkan marketing ini ialah mampu menjangkau audiens lebih banyak. Sebab, sekarang sudah banyak masyarakat yang memakai gadget dan jaringan internet. Sehingga menciptakan peluang untuk pemasaran jenis ini.

Baca Juga: Strategi Digital Branding yang Membuat Bisnis Anda Lebih Mudah Diingat

Digital Marketing Tips untuk Bisnis Anda

Digital marketing mampu menarik audiens melalui beragam jenis cara. Sehingga perusahaan yang menerapkannya dapat berkembang dengan baik. Untuk lebih memaksimalkan penerapannya, bisa memanfaatkan tips berikut.

1. Mengandalkan SEO

Mengandalkan SEO merupakan salah satu digital marketing tips yang dipakai dalam menjadikan sebuah situs berada di posisi pertama mesin pencari. Contoh mengenai mesin pencari ini ialah Google.

Menerapkan tips ini akan membuat lalu lintas website menjadi lebih tinggi. Untuk bisa mengaplikasikannya, Anda membutuhkan pemilihan keyword tepat berkaitan dengan produk atau jasa yang dijual.

Temukan keyword paling banyak dicari oleh pengguna internet. Kemudian meletakkannya pada konten di website atau blog perusahaan. Hal ini akan sangat membantu website tampil di halaman pertama mesin pencari.

Selain itu, Anda juga dapat menyematkan link lain pada suatu halaman website. Bisa juga menyematkan link website Anda pada website lainnya. Untuk menganalisis traffic bisa memanfaatkan Google Analytics dan Google Search Console.

2. Menerapkan Pay Per Click Advertising

Digital marketing tips ini mewajibkan perusahaan untuk membayar dana setiap kali iklan diklik oleh pengguna internet. Umumnya pembuatan iklan jenis ini mengandalkan layanan Google Ads.

Cara ini diterapkan untuk menjangkau lebih banyak audiens yang melakukan pencarian melalui Google. Pencarian tersebut dilakukan dengan mengetikkan keyword. Apabila keyword berkaitan dengan bisnis Anda, maka iklannya akan tampil pada hasil pencarian.

Apabila mengaplikasikan tips ini, maka Google akan menempatkan iklan Anda di halaman mesin pencarian. Sementara apabila memilih SEO maka perlu berusaha keras supaya konten dapat muncul di halaman pertama mesin pencari.

3. Content Marketing

Digital marketing tips ini mengandalkan konten untuk mampu menjangkau, melibatkan dan terhubung dengan konsumen. Hal itu membantu dalam menaikkan brand awareness. Kontennya bisa berupa video, artikel, infografis dan lain sebagainya.

Contohnya saja ketika mempunyai bisnis berupa perlengkapan mendaki gunung. Maka dapat menciptakan konten mengenai perlengkapan apa saja yang wajib dibawa oleh perempuan saat mendaki gunung.

Selain itu bisa juga menciptakan konten video mengenai rekomendasi gunung terbaik yang perlu didaki. Konten ini dapat digabungkan dengan strategi SEO. Jadi bukan sekedar membuat konten namun juga menyisipkan keyword di dalamnya.

Meski begitu pembuatan konten tidak boleh hanya fokus pada tujuan bisnis perusahaan. Namun juga menyediakan informasi menarik bagi konsumen. Dengan begitu maka kepercayaan konsumen terhadap perusahaan akan naik.

4. Social Media Marketing

Digital marketing tips ini mengandalkan platform media sosial agar terhubung dengan audiens. Melalui cara tersebut, perusahaan bisa membangun brand, menaikkan angka penjualan sampai menaikkan lalu lintas website.

Anda perlu tahu bahwa banyak sekali konsumen mendapat pengalaman bagus tentang merek melalui media sosial. Umumnya mereka akan dengan senang hati merekomendasikan merek terkait kepada orang-orang terdekat.

Hal ini menunjukkan pentingnya menerapkan digital marketing tips mengandalkan media sosial. Anda bisa memilih beragam media sosial, misalnya Facebook, Instagram, TikTok dan lain sebagainya.

Melalui media sosial, perusahaan bisa membangun hubungan lebih kuat dengan konsumen. Bukan sekedar menyediakan konten bagi konsumen. Misalnya dengan membalas komentar mereka pada postingan perusahaan.

Anda juga bisa mengamati metode marketing yang dilakukan kompetitor. Misalnya kompetitor menggunakan konten berupa infografis di Instagram. Anda bisa membuat konten serupa atau bentuk lain misalnya memakai fitur Ask Me Question di Instagram.

Baca Juga: Ketahui 8 Kesalahan Umum dalam Menerapkan Strategi Digital Marketing

Merencanakan Budget yang dibutuhkan Digital Marketing

Kesuksesan sebuah perusahaan dalam menjalankan digital marketing tips bukan hanya dinilai dari naiknya penjualan. Melainkan juga dari pengelolaan keuangan yang stabil dan tidak boros.

Memang, beberapa strategi digital marketing memerlukan sejumlah dana untuk merealisasikannya. Namun perusahaan perlu mengatur keuangan agar pengeluaran tidak lebih banyak daripada pendapatan. Dengan begitu strategi akan menguntungkan.

Bayangkan saja apabila perusahaan tidak merencanakan anggaran terlebih dahulu. Lantas, ketika menerapkan strategi, ternyata perlu mengeluarkan biaya jauh lebih besar daripada perkiraan pendapatan. Oleh sebab itu, perlu menerapkan perencanaan seperti berikut.

1. Merumuskan Tujuan Marketing

Meskipun beberapa perusahaan menerapkan digital marketing tips sama, tujuan mereka bisa saja berbeda. Oleh sebab itu, Anda perlu merumuskan satu tujuan sebelum melaksanakan strategi digital marketing.

Tujuan tersebut akan sangat berpengaruh pada anggaran keuangan perusahaan. Tujuannya sendiri bisa berupa menaikkan brand awareness, memelihara loyalitas pelanggan, menaikkan penjualan produk dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih tujuan yang paling mudah diraih oleh perusahaan terlebih dahulu. Lantas merumuskan tujuan lebih besar di kemudian hari. Misalnya saja ketika perusahaan Anda masih baru berdiri.

Daripada memilih tujuan untuk memelihara loyalitas pelanggan, akan lebih baik untuk menetapkan tujuan menaikkan penjualan produk. Setelah mendapat cukup banyak pelanggan baru bisa memilih tujuan memelihara loyalitas mereka.

2. Memperhatikan Kembali Strategi yang telah diterapkan

Bisnis akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Ketika pernah menggunakan strategi tertentu dan mendapat sukses besar, maka Anda perlu melihat kembali strategi terkait.

Menganalisa strategi yang pernah diterapkan ialah digital marketing tips cukup efektif. Jika cara marketing tersebut sukses, maka cukup melakukan peningkatan. Sementara jika gagal, bisa melakukan evaluasi dan menerapkannya lagi dengan cara lebih baik.

Baca Juga: Berbagai Layanan yang Ditawarkan Digital Marketing Services

3. Memilih Media Pemasaran

Setelah melakukan analisa, Anda bisa memilih media promosi yang tepat. Sebab, ada banyak sekali media yang bisa digunakan, ada yang berbayar dan gratis. Tentukan mana yang akan memberikan hasil lebih baik.

Selain itu, Anda juga bisa memakai beberapa media sekaligus. Misalnya saja membuat konten di Instagram dan Youtube. Sebab, banyak orang yang mencari informasi melalui beragam media sebelum membeli produk atau jasa tertentu.

4. Merumuskan Anggaran Dana

Anggaran dana berkaitan dengan pengelolaan media promosi sangat diperlukan. Anggaran ini meliputi biaya untuk iklan dan tenaga kerja. Tenaga kerjanya bisa Anda dapatkan dari tim marketing perusahaan atau mengandalkan jasa digital marketing.

Untuk merumuskan anggaran, paling tidak buat 3% dari perkiraan pendapatan. Contohnya ketika menetapkan target pendapatan sampai Rp 1 juta maka paling tidak memerlukan anggaran dana sebesar Rp 30 ribu.

5. Menganalisis Kesuksesan Promosi

Menganalisis kesuksesan promosi merupakan digital marketing tips yang tidak boleh dilewatkan. Anda perlu melakukan evaluasi mengenai aktivitas promosi yang telah dilakukan. Apabila hasilnya bagus, Anda dapat meningkatkannya dan meraih tujuan yang lebih besar.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Digital Marketing Agency Terbaik?

Jika ingin merencanakan budget yang diperlukan secara lebih mudah dan praktis, cukup serahkan saja pada digital marketing Dreambox. Anda akan lebih terbantu dalam mengatur keuangan. Melakukan usaha pemasaran bisnis memang bukan hal mudah. Terutama di zaman modern yang memerlukan banyak upaya digital. Supaya pemasaran menjadi lebih terarah, penting untuk menerapkan digital marketing tips. . Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms