Bagaimana Cara Memilih Digital Marketing Agency Terbaik?

Digital Marketing

Pilihlah Digital marketing agency yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Digital marketing agency ialah agen, baik itu perorangan maupun perusahaan. Merupakan pihak ketiga yang membantu klien dalam menciptakan, merancang dan mengelola aktivitas pemasaran digital.

Biasanya aktivitas tersebut berupa Branding, SEO, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Display Advertising, Content Marketing hingga Social Media Management. Melalui peran agen, promosi akan lebih efektif dan efisien.

Kegiatan pemasaran memang terus diperlukan oleh bisnis atau perusahaan. Baik itu skala kecil atau besar. Sejak dahulu, agen digital marketing telah dipercaya untuk melaksanakan tugas marketing.

Baca Juga: Sadari Pentingnya Menggunakan Digital Agency

Perlunya Perusahaan Bekerja Sama dengan Digital Marketing Agency

Sebelumnya perlu Anda tahu bahwa telah banyak perusahaan besar yang menjalin kerja sama dengan agen digital marketing untuk menghadirkan pemasaran terbaik. Selain itu juga banyak sekali alasan mengapa kerja sama diperlukan.

1. Digital Marketing Agency Memiliki Tim Profesional

Alasan pertama ialah sebab agen digital marketing mempunyai tim profesional. Umumnya, tim tersebut telah mengasah kemampuan dan membangun pengalaman kerja dalam bidang pemasaran, sehingga mampu menghadirkan marketing terbaik.

2. Mengandalkan Pengalaman Tim Agensi

Tim sudah pasti telah menangani banyak klien sepanjang berdirinya agensi. Pengalaman tersebut membuat tim mampu mengatur aktivitas pemasaran digital dengan konsep yang relevan.

Seperti yang Anda tahu, bentuk promosi selalu berkembang dari tahun ke tahun. Berdasarkan pengalaman, tim digital marketing agency akan terus bertumbuh dan mengikuti minat konsumen untuk menghadirkan cara promosi paling tepat.

3. Agensi Menyediakan Sumber Daya Lengkap

Sebuah agensi sudah pasti memiliki sumber daya lengkap berkaitan dengan digital marketing. Jadi, klien dapat meminta jenis promosi yang diinginkan. Lantas, tim akan bekerja berdasarkan permintaan klien.

4. Agensi Bekerja berdasarkan Pesanan

Selanjutnya, tim digital marketing agency akan bekerja berdasarkan permintaan klien secara efektif dan efisien, sehingga perusahaan tidak perlu memikirkan apakah hasilnya akan buruk atau baik, sebab mereka sudah profesional.

Hal ini akan berbeda apabila perusahaan merekrut karyawan khusus di bidang digital marketing. Sebab, jika belum ada pengalaman, kemungkinan hasil kinerjanya kurang memuaskan.

Selain itu, perusahaan harus memikirkan banyak biaya apabila merekrut karyawan. Terutama permasalahan gaji. Sehingga, memang lebih tepat apabila mengandalkan jasa digital marketing agency.

5. Kontrak Berdasarkan Kesepakatan

Ketika agensi dan klien membangun kerja sama, tentu akan memerlukan kontrak, sehingga akan jelas mengenai bagaimana sistem kesepakatannya. Apabila ternyata salah satu pihak menyalahi kontrak, maka dapat dipertimbangan mengenai pemutusan kontrak.

Apabila agensi bekerja dengan baik dan menyajikan pemasaran terbaik, maka klien bisa melanjutkan kontrak secara tenang. Namun, perlu bekerjasama dengan agensi terbaik dan terpercaya agar hal tersebut bisa diraih.

Baca Juga: Kelebihan Digital Marketing, Anda Dapat Beriklan ke Seluruh Indonesia

Peran dari Digital Marketing Agency untuk Perusahaan

Sebuah agensi pemasaran mempunyai sejumlah peranan bagi klien. Peran ini membantu klien dalam melakukan promosi melalui cara online. Berikut ini beberapa perannya kepada klien berkaitan dengan bisnis.

1. Membantu Menciptakan, Merancang dan Mengelola

Peran digital marketing agency yang pertama ialah membantu menciptakan, merancang hingga mengelola konsep media dan pemasaran yang sesuai dengan keperluan klien. Terkadang juga disediakan saran yang efektif dan efisien.

Melalui peran ini, perusahaan klien tidak perlu memikirkan seperti apa bentuk promosi yang menarik dalam dunia digital. Cukup menyerahkan urusan tersebut pada tim profesional dari agensi pemasaran.

2. Mengurus Media Digital

Dalam menerapkan pemasaran digital, maka perusahaan klien wajib mempunyai media digital. Akan tetapi, klien tidak harus mengurusnya secara mandiri, dapat mengandalkan jasa agensi untuk melakukannya.

Mulai dari mengelola website, aplikasi, sampai software. Bahkan, agensi dapat membantu mengurus akun sosial media khusus bisnis misalnya saja Instagram. Sehingga agensi akan membuatkan konten, melakukan update sampai maintenance.

3. Mengatur Perkara Pemasaran Digital

Agensi akan membantu dalam mengatur anggaran iklan website maupun landing page. Termasuk juga Google Ads, Instagram  Ads, influencer dan lain sebagainya. Jadi, digital marketing agency akan membantu mengatur anggaran dana seluruh aktivitas pemasaran.

4. Melakukan Pemasaran Berdasarkan Tujuan Klien

Setiap klien pasti mempunyai tujuan berbeda dalam pemasaran. Oleh karena itu, aktivitas promosi wajib dirancang dengan baik agar mampu mencapai tujuan tersebut. Hal ini merupakan peran penting agensi dalam mewujudkan tujuan klien.

5. Optimasi SEO Lebih dari Satu Kata Kunci

Mungkin, masih banyak orang yang berpikir bahwa pemakaian SEO dalam pemasaran hanya berguna untuk meningkatkan penjualan. Padahal, digital marketing agency akan membantu menyediakan beragam kata kunci untuk membantu meraih tujuan klien.

Jadi, kata kunci bukan sekedar dipakai agar muncul di halaman pertama Google, konsumen tertarik lantas melakukan transaksi. Kata kunci juga berguna dalam membangun branding, meningkatkan brand awareness dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ketahui Jenis Digital Campaign yang Cocok untuk Brand Anda

Bagaimana Menentukan Digital Marketing Agency yang Tepat

Tidak peduli perusahaan kecil maupun besar, sama-sama mempunyai kesempatan untuk bekerja sama dengan agensi pemasaran. Sehingga mampu menjangkau konsumen yang telah ditetapkan. Namun sebelumnya perlu menentukan agen yang tepat.

1. Memahami Keperluan Anda

Langkah awal dalam menentukan digital marketing agency, ialah menentukan terlebih dahulu apa tujuan dari kegiatan pemasaran yang hendak Anda lakukan. Apa tujuan yang hendak dicapai dari usaha bekerja sama dengan agen pemasaran.

Tujuan ini misalnya saja meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic website, dan lain sebagainya. Memang, satu aktivitas pemasaran memungkinkan Anda untuk meraih berbagai hal. Akan tetapi, tetap perlu memikirkan tujuan utamanya.

Ketika telah menetapkan satu tujuan, maka pihak agen akan fokus untuk meraih tujuan tersebut. Apabila tujuan sudah diraih dan ingin membuat tujuan baru, maka bisa kembali merancang promosi yang sesuai.

Jangan lupa untuk menyampaikan keinginan dan tujuan Anda secara jelas kepada pihak digital marketing agency. Dengan begitu, mereka bisa  membuat rencana yang sesuai dan berdiskusi secara profesional bersama Anda.

Jangan sampai Anda baru menjelaskan tujuan pemasaran namun agensi telah menyiapkan rencana matang mengenai promosi. Tentu hal tersebut tidak akan sesuai dengan keinginan Anda.

Anda harus menyampaikan tujuan promosi terlebih dahulu. Lantas, agensi merumuskan rencana yang tepat. Selanjutnya kembali mengadakan diskusi dengan Anda mengenai rencana tersebut, hingga akhirnya tujuan promosi dapat diraih secara efektif dan efisien.

2. Mempunyai Portofolio

Untuk mendapatkan agensi yang tepat, maka perlu menimbang portofolio mereka. Perlu memperhatikan seperti apa kualitas promosi yang sudah dibuat, siapa saja klien sebelumnya, kemudian pernah bekerja sama dengan bisnis apa, dan lain sebagainya.

Dengan memperhatikan portofolio, Anda akan memahami kualitas dari agensi. Lantas dapat mempertimbangkan cara kerja mereka apakah sesuai kehendak Anda. Hal ini menjadi penentu penting apakah perusahaan bisa mempercayai hasil kerja mereka atau tidak.

3. Menawarkan Tenaga Profesional dan Berpengalaman

Anda tentu memerlukan tenaga profesional dan berpengalaman dalam mengurus promosi. Sebuah digital marketing agency yang tepat, tentu akan mempunyai tim dengan kemampuan dan pengalaman tinggi.

Tenaga profesional di bidang ini misalnya spesialis SEO, designer web, content writer, digital marketing strategist dan lain sebagainya. Anda bisa memahami secara garis besar job desk mereka.

Kemudian, ada banyak agensi yang mempunyai fokus tertentu. Misalnya bidang digital marketing, creative digital marketing, hingga social media marketing. Anda bisa menentukan mana yang tepat dengan keperluan bisnis.

Baca Juga: 5 Contoh Digital Marketing yang Sukses dan Dapat Anda Tiru

Banyak hal perlu dipertimbangkan dalam melakukan aktivitas promosi terutama di era teknologi digital sekarang ini. Salah satu cara efektif dan efisien adalah mengandalkan digital marketing agency. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.