Ketahui 8 Kesalahan Umum dalam Menerapkan Strategi Digital Marketing

Blog

Kenali strategi digital marketing untuk penjualan lebih optimal.

Apakah Anda pernah melihat perusahaan yang menerapkan strategi digital marketing? Strategi tersebut berkaitan dengan pemanfaatan media digital dan internet. Misalnya saja sebuah produk yang memakai kampanye online.

Misalnya lagi promosi melalui website dan sosial media khusus milik perusahaan. Konsep promosi seperti ini memang mampu menarik minat konsumen dalam beberapa waktu terakhir.

Penerapan digital marketing mampu meningkatkan penjualan produk dari suatu brand. Maka tidak heran banyak pihak tertarik untuk menggunakan konsep tersebut. Akan tetapi, tidak mudah untuk merancang pemasaran digital.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Digital Marketing Agency Terbaik?

Keuntungan Menggunakan Jasa Digital Marketing

Merancang digital marketing bukan hal mudah apabila Anda belum pernah melakukannya. Oleh karena itu, cara yang lebih disarankan adalah mengandalkan jasa digital marketing. Agensi pemasaran ini sudah ada banyak di tanah air.

Apabila memilih tenaga profesional sejak awal, maka bisa menghemat waktu, tenaga juga pikiran. Sebab, masalah marketing telah diurus dengan baik oleh pihak yang memang kompeten di bidangnya.

Mulai dari memikirkan ide, merancang strategi digital marketing, mengaplikasikan strategi dengan cara yang efektif dan efisien, sehingga mampu menghadirkan kesuksesan dalam promosi. Selain itu, ide yang ditawarkan umumnya lebih kreatif namun sesuai dengan tujuan.

Anda cukup membayar biaya berdasarkan proyek yang dikerjakan. Jadi, anggaran biaya menjadi lebih hemat. Keuntungan besarnya adalah Anda mampu menaikkan laba dan investasi bisnis.

Baca Juga: Kelebihan Digital Marketing, Anda Dapat Beriklan ke Seluruh Indonesia

Ragam Opsi Strategi Digital Marketing

Di zaman modern seperti sekarang, sebuah bisnis akan jauh tertinggal di belakang apabila tidak menerapkan pemasaran digital. Sebab, dengan menerapkannya maka prospek bisnis akan jauh lebih baik.

Ada sejumlah strategi digital marketing yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan. Misalnya apakah ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness atau yang lainnya. Strategi tersebut diantaranya ialah SEO, PPC, content marketing dan lainnya.

1. Search Engine Optimization dengan Singkatan SEO

Strategi pemasaran digital Search Engine Optimization atau SEO ialah upaya dalam mengoptimasi sebuah situs supaya memperoleh peringkat paling atas dalam hasil pencarian. Agar mampu meraih hal tersebut, maka perlu usaha yang tepat.

Tahukah Anda bahwa mesin pencari mempunyai cara kerja khusus? Maksudnya ada sistem khusus bagaimana sebuah situs bisa tampil pada halaman pertama hasil pencarian. Apabila ingin memperoleh hal tersebut sudah tentu perlu mempelajari sistem mesin pencari.

Strategi digital marketing ini terdiri atas dua macam, yakni On Page dan Off Page. On Page akan mengarah pada proses optimasi di halaman website. Sementara Off Page ialah proses optimasi yang mengandalkan peran website lain.

Website lain lebih berperan dalam menaikkan kredibilitas situs. Ketika situs Anda muncul pada halaman pertama mesin pencarian, tentu peluang penjualan jauh lebih besar. Sebab calon konsumen lebih mudah dalam menemukan situs bisnis Anda.

2. Mengenal Strategi Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click atau PPC merupakan strategi digital marketing dalam mengarahkan traffic pengunjung untuk mengakses website Anda dengan bayaran setiap klik. Misalnya saja Google Adwords, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

Sistem kerja dari PPC adalah Anda perlu membayar terlebih dahulu supaya memperoleh posisi paling atas di mesin pencari. Lantas akan dikenakan biaya untuk setiap kliknya. Anda perlu  menyiapkan modal berkaitan dengan PPC ini.

3. Membahas Apa Itu Content Marketing

Strategi digital marketing selanjutnya adalah content marketing. Pada jenis ini perlu merencanakan dan menciptakan konten yang berkaitan dengan produk, sehingga nantinya calon konsumen akan tertarik membaca konten tersebut.

Lantas, mereka akan mengetahui produk atau jasa Anda sehingga tertarik untuk membeli. Konten ini dapat diunggah ke blog, media sosial, artikel, e-book, infografis dan juga brosur online.

4. Memahami Lebih Dalam Native Advertising

Strategi digital marketing berupa konten berbayar yang mempunyai bentuk mirip dengan konten media dan penempatannya. Umumnya tampak dan berfungsi seperti bagian dari media terkait. Misalnya saja Promoted Post dalam Instagram dan Facebook.

5. Mengenai Affiliate Marketing dalam Bisnis

Affiliate program adalah pekerjaan dalam mempromosikan sebuah produk milik perusahaan tertentu. Apabila produk sukses terjual, maka orang yang mempromosikan akan  memperoleh sejumlah komisi dari perusahaan.

Jadi, Anda dapat menerapkan strategi digital marketing ini melalui kerja sama dengan orang yang mau mempromosikan produk. Lantas nantinya perlu membuat kesepakatan mengenai besaran komisinya.

6. Sosial Media Marketing, Opsi Pemasaran Paling Efektif

Promosi dengan mengandalkan situs jejaring sosial merupakan jenis pemasaran yang sangat efektif. Tersedia berbagai platform dengan fitur menarik untuk menjadi media promosi produk.

Sosial media ini misalnya saja Facebook, Whatsapp, Twitter, dan lain sebagainya. Sosial media benar-benar aktif menaikkan brand awareness kepada konsumen. Akan tetapi, jangan langsung memakai semua platform, fokus pada satu jenis sosial media terlebih dahulu.

Apabila mengaplikasikan sosial media marketing, tidak membutuhkan banyak dana. Namun meski begitu, jangkauan konsumen cukup luas. Terutama anak muda yang sehari-hari tidak pernah absen mengakses sosial media.

7. Email Marketing untuk Promosi Produk

Email merupakan salah satu media komunikasi yang dapat digunakan untuk mempromosikan beragam konten mengenai produk. Dapat juga informasi yang berkaitan dengan produk. Anda dapat memanfaatkannya untuk menarik jumlah pengunjung website.

Baca Juga: Ketahui Jenis Digital Campaign yang Cocok untuk Brand Anda

Kesalahan Umum Penerapan Digital Marketing

Digital marketing memang menawarkan banyak sekali keuntungan. Akan tetapi, tidak cukup hanya dengan menerapkan salah satu strategi. Berikut kesalahan yang wajib dihindari ketika mengaplikasikan pemasaran ini.

1. Strategi Digital Marketing Kurang Tepat

Di masa sekarang, keperluan masyarakat semakin beragam sehingga Anda perlu membidik pasar secara tepat. Jangan membuat cakupan yang terlalu luas agar Anda mampu menyusun strategi yang sesuai.

2. Kurang Memahami Konsumen

Tahukah Anda bahwa produk hadir di masyarakat untuk mengatasi masalah yang ada? Namun sayangnya banyak pebisnis hanya mengejar keuntungan sehingga menawarkan produk yang kurang berguna. Cara menghindarinya dengan lebih memahami kebutuhan konsumen Anda.

3. Tidak Mengukur Kinerja

Strategi digital marketing bukan sekedar untuk mempromosikan produk. Namun juga perlu mengamati kinerja pemasaran menggunakan analisis angka. Jadi bisa mengetahui efektif dan tidaknya penerapan pemasaran.

4. Tidak Memakai Story-telling dan Copywriting

Digital marketing umumnya memanfaatkan konten. Konten biasanya memerlukan tulisan sehingga harus menggunakan copywriting yang mampu menyampaikan pesan kepada calon konsumen. Bahkan mampu memberi kesan dan edukasi.

5. Website Tidak dirawat

Anda perlu mengelola website perusahaan secara rapi supaya calon konsumen mendapat kesan positif setelah mengunjunginya. Jangan sampai calon konsumen menjadi curiga sebab tidak ada fitur about us. Juga merasa bingung sebab halamannya tampak berantakan.

6. Iklan dan Landing Page Kurang Tepat

Jangan sampai Anda salah memakai landing page sebab akan menurunkan kepercayaan calon konsumen. Jadi landing page harus benar-benar memuat produk yang Anda jual, jangan keliru dengan produk lain meskipun mirip.

7. Check Out Rumit

Konsumen yang tertarik dengan produk pasti ingin checkout dengan sederhana, sehingga produk juga lebih cepat sampai ke rumah. Oleh sebab itu, jangan sampai membuat proses check out menjadi rumit.

8. Mengabaikan Return of Investment (ROI)

ROI adalah rasio uang yang didapat atau hilang di sebuah investasi. Anda wajib menghitungnya secara benar agar mengetahui seberapa efektif penerapan pemasaran. Pastikan telah memasukkan semua komponen yang diperlukan dalam perhitungan.

Untuk menghindari kesalahan penerapan pemasaran sangat mudah. Cukup memanfaatkan peran digital marketing agency. Hanya perlu menyerahkan semua urusan pemasaran pada agensi.

Baca Juga: 5 Digital Marketing Skill yang Dapat Anda Terapkan Dalam Berbisnis

Digital marketing sangat mempengaruhi hasil penjualan suatu produk. Sebab, mempunyai cakupan luas terhadap pasar apabila dibandingkan dengan konvensional. Strategi digital marketing  juga dapat diaplikasikan dengan mengandalkan agensi. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.