...

Ketahui Platform hingga Strategi Social Media Marketing

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
ketahui-platform-strategi-social-media-marketing-dreambox

Sudahkan Anda menerapkan strategi social media marketing?

Social media marketing menjadi salah satu pemasaran online yang sangat powerful di era digital.  Hal ini karena hampir semua pengguna internet memiliki social media di mana mereka beraktivitas setiap hari di sana.

Menurut laporan Smart Insights, pada Januari 2022 sebanyak 4,62 miliar orang kini menggunakan media sosial dengan 424 juta pengguna baru dalam 12 bulan. Sementara rata-rata waktu akses media sosial adalah 2 jam 27 menit per hari.

Dengan statistik tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa platform ini merupakan channel yang sangat potensial untuk kemajuan bisnis Anda. Pada artikel ini, kami akan mengulas pentingnya pemasaran media sosial serta strategi menjalankannya.

Baca Juga: Menentukan Anggaran Serta Digital Marketing Tips untuk Bisnis Anda

Pengertian Social Media

Sebelum membahas lebih lanjut tentang social media marketing, tidak ada salahnya Anda memahami apa itu social media sendiri. Social media adalah platform digital yang memungkinkan penggunanya saling berinteraksi secara online.

Di sini, pengguna dapat membagikan berbagai konten mulai dari teks, foto, dan video setiap hari selama 24 jam. Pengguna dapat saling terhubung satu sama lain tanpa mengenal batas waktu maupun wilayah.

Sedangan social media marketing (SMM) adalah metode pemasaran yang memanfaatkan beragam platform sosmed dengan tujuan menjangkau audiens sebanyak-banyaknya. Sehingga dapat membangun brand awareness serta meningkatkan konversi.

Tiap sosmed memiliki fitur dan layanan berbeda dengan karakteristik pengguna yang berbeda-beda juga. Untuk menjalankan SMM secara efektif, Anda harus mampu menyesuaikan konten pemasaran sesuai karakteristik tiap-tiap sosmed.

Alasan Social Media Marketing Diperlukan

Sosmed memungkinkan Anda terhubung dengan konsumen setiap saat kapanpun dan dimanapun mereka berada. Metode pemasaran digital ini memberikan dampak krusial terhadap bisnis Anda karena alasan-alasan berikut.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness (kesadaran merek) adalah aspek penting yang harus hadir pada bisnis Anda. Melalui unggahan konten menarik yang beragam di platform-platform sosmed, audiens semakin mengenal brand Anda.

Dengan konten kreatif dan atraktif, audiens akan memberikan perhatian lebih terhadap unggahan tersebut. Jika terus-menerus dilakukan, mereka memiliki kesan dan ingatan lebih kuat bahkan tertarik membeli produk Anda.

2. Mendapatkan Feedback dari Audiens

Alasan berikutnya mengapa social media marketing sangat penting adalah platform ini memberikan ruang lebih luas bagi perusahaan untuk berinteraksi langsung serta mendapatkan feedback dari audiens.

Setelah keberadaannya semakin dikenal, suatu brand akan menjadi topik pembicaraan. Inilah saatnya membangun komunikasi dan melihat bagaimana audiens maupun konsumen berinteraksi dengan bisnis Anda melalui like, comment, hingga follow akun bisnis.

Kualitas maupun kuantitas feedback yang diterima dapat dijadikan bahan evaluasi untuk mengukur sejauh mana pencapaian strategi pemasaran. Selain itu, feedback juga memungkinkan perusahaan mengetahui kelebihan serta kekurangan produknya.

Untuk memperoleh feedback positif, buatlah konten beragam dan bermanfaat bagi audiens. Selain penawaran produk atau promosi menarik, berikan juga konten yang mengandung informasi, edukasi, hingga hiburan agar semakin banyak audiens yang terlibat.

3. Mempelajari Kompetitor

Social media marketing memudahkan suatu bisnis dalam mengetahui serta mengenal kompetitornya. Anda dapat mengamati akun kompetitor dan mempelajari strategi yang mereka terapkan.

4. Hemat Biaya

Beragam platform sosmed dapat diakses secara gratis. Anda bisa mengelola akun-akun tanpa harus berlangganan seperti layaknya membeli domain untuk membuat website perusahaan. Dengan demikian, Anda bisa fokus membuat konten.

Tidak ada salahnya berinvestasi membuat konten dengan iklan berbayar. Tidak perlu khawatir karena biaya promosi di sosmed relatif rendah.

5.  Cocok untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Di era digital, siapapun bisa menjalankan bisnisnya sendiri. Dengan social media marketing, bisnis skala kecil dan menengah juga bisa bersaing di tengah ketatnya kompetisi global.

Siapapun dapat mulai mempromosikan produk maupun jasanya melalui berbagai platform secara gratis. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, YouTube, hingga TikTok. Dengan demikian, Anda tidak perlu berkecil hati untuk memulai usaha dari sekarang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Digital Marketing Agency Terbaik?

Platform Social Media yang Bisa Dimanfaatkan

Adapun platform sosmed yang dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan pemasaran digital antara lain sebagai berikut:

 1. Facebook

Hingga saat in, Facebook masih menjadi platform sosmed terbesar dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Data Reporter melaporkan, jumlah pengguna aktif bulanan Facebook mencapai 2,9 miliar per April 2022.

Ini berarti social media marketing melalui Facebook menyajikan pasar yang sangat luas. Jangkau jutaan orang di seluruh dunia lewat unggahan teks, video, dan foto menarik. Kini telah hadir fitur reels di mana Anda dapat memposting video pendek.

2. Instagram

Jika target market Anda adalah pengguna internet dari kalangan anak muda, maka Instagram adalah lahan yang wajib digarap. Berdasarkan catatan Data Reportal, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram mencapai 1,4 miliar.

Melalui Instagram, Anda bisa membuat konten gambar, infografis, maupun video menarik. Manfaatkan fitur-fitur lain seperti Instagram story, reels, hingga highlight agar performa pemasaran semakin maksimal.

3. YouTube

Data Reportal menyatakan, pada Januari 2022 jumlah pengguna aktif bulanan YouTube mencapai 2,5 miliar orang di seluruh dunia. Untuk menjalankan social media marketing melalui YouTube, buatkan video-video menarik.

Konten video yang dibuat tentunya memiliki relevansi dengan bisnis Anda. Tidak melulu konten penawaran, Anda bisa memproduksi konten informatif seperti tips dan trik, konten hiburan seperti sketsa, atau lainnya.

4. TikTok

Meskipun terbilang baru, namun platform satu ini adalah lahan basah yang sangat potensial. Data Reportal menyatakan sebanyak 1 miliar orang menjadi pengguna aktif bulanan TikTok.

Popularitas TikTok di Indonesia juga semakin tinggi sehingga sangat layak dijadikan platform untuk menjangkau audiens seluas-luasnya. Terutama jika target market Anda adalah kalangan anak-anak muda.

Baca Juga: Berbagai Layanan yang Ditawarkan Digital Marketing Services

Strategi Social Media Marketing

Lantas bagaimana strategi yang efektif untuk menjalankan pemasaran digital melalui platform media sosial? Berikut ini jawabannya.

1. Pelajari Target Konsumen

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempelajari konsumen yang ditargetkan. Anda dapat melakukan riset tentang bagaimana perilaku, kebiasaan, dan selera mereka. Dengan mengetahuinya, Anda bisa menentukan konten seperti apa yang paling efektif.

Kecocokan konten dengan selera target konsumen akan menentukan bagaimana kualitas engagement. Jika konten yang disajikan disukai oleh target konsumen, maka dapat membuat engagement lebih tinggi.

2. Tentukan Platform

Strategi social media marketing selanjutnya adalah menentukan platform mana yang akan disasar. Setelah mempelajari target konsumen, Anda bisa menentukan platform mana yang paling efektif untuk menjalankan digital marketing via sosmed.

Anda juga perlu mengenal berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing platform sehingga bisa memanfaatkannya secara optimal. Kemudian, lakukan evaluasi untuk mengetahui platform mana yang memberikan hasil terbaik.

3. Sajikan Konten Menarik

Di social media, konten adalah raja. Tanpa konten menarik, sulit rasanya menjangkau audiens dan membuat mereka tertarik dengan suatu bisnis. Tingkatkan keterlibatan audiens melalui unggahan bervariasi selain penawaran, yaitu post informatif, edukatif, dan menghibur.

4.  Jadwalkan Unggahan

Salah satu strategi penting dalam SMM adalah menjadwalkan postingan secara tepat. Unggah konten menarik pada prime time, yaitu ketika orang-orang aktif mengakses sosmed mereka. Usahakan memposting pada pagi, siang, dan malam hari.

Baca Juga: Menentukan Anggaran Serta Digital Marketing Tips untuk Bisnis Anda

Produk maupun jasa dengan kualitas terbaik sekalipun akan sulit berkembang jika tidak disertai pemasaran yang efektif. Dengan layanan Dreambox, Anda dapat mencapai tujuan social media marketing secara efektif. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms