04 May 2020

Untuk mengembangkan sebuah bisnis, ada faktor-faktor tertentu yang harus dipenuhi.

Salah satunya adalah pembuatan brand yang mana sebagai identitas untuk membedakan produk milikmu dengan produk lain yang sejenis. Sementara itu, definisi dari branding sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan agar produk yang kamu punya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tagline yang Kuat dan Menarik untuk Bisnis

Terdapat beberapa unsur yang dapat mempengaruhi proses branding, seperti di antaranya ada logo, nama brand, tampilan visual, slogan, dan sebagainya. Apalagi di era modern ini, semuanya harus dikemas dengan sedemikian rupa agar orang-orang melirik produk yang kamu miliki. Di sinilah, peran desainer grafis sangat diperlukan.

Apa Saja Peran Desainer Grafis?

Desainer grafis sendiri merupakan suatu profesi yang mana selalu berhubungan dengan tipografi, ilustrasi, fotografi dan semacamnya. Ia memiliki tugas untuk menciptakan desain-desain yang menarik baik untuk media cetak maupun elektronik, penerbit, atau perusahaan. Dalam kegiatan branding, perancang grafis mempunyai beberapa peran penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Adapun peran yang dimaksud di antaranya adalah:

1. Bertugas Menciptakan Konten yang Efektif dan Juga Efisien

Ada banyak informasi atau data yang harus dijelaskan kepada masyarakat mengenai sebuah produk. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan jika kamu memakai konten yang hanya memperlihatkan teks semata. Konten visual bisa dibilang lebih efisien dan juga efektif serta lebih mudah dicerna oleh masyarakat.

Maka, di sinilah desainer grafis harus memutar otak untuk menyajikan data tersebut dengan benar. Tentu, yang dimaksud menyajikan dengan benar di sini adalah merangkum data atau informasi yang ada dengan cermat dan sekompleks mungkin. Kemudian menyajikannya kepada masyarakat dengan semenarik mungkin.

2. Berperan Dalam Membuat Visual yang Kreatif

Seorang desainer grafis memang selalu dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Hal itu karena dalam konten visual akan selalu berhubungan dengan berbagai elemen desain seperti gambar, teks, warna, garis dan semacamnya. Peran desainer di sini adalah untuk menyatukan elemen tersebut hingga menjadi sesuatu yang pas.

Paling penting, pesan yang akan disampaikan haruslah sesuai dengan kebutuhan dan tentunya tanpa harus meninggalkan adanya nilai-nilai estetika. Cukup sulit melakukan hal ini, karena para perancang desain harus memikirkan semuanya dengan baik dan teliti agar tak ada kesalahan yang dilakukan.

3. Membantu Menentukan Desain Branding yang Berbeda

Untuk membuat konten, logo, simbol atau apapun itu yang digunakan dalam kegiatan branding tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Karena hasilnya sudah tentu tidak akan memuaskan. Berbeda halnya jika kamu memakai jasa desain grafis yang profesional, maka kamu akan bisa menghemat waktu dan beralih mengerjakan hal lain yang sama pentingnya untuk kegiatan branding.

Selain itu, peran perancang grafis adalah untuk membantumu dalam menentukan desain yang tepat dan mencerminkan produk atau perusahaan yang kamu miliki. Sehingga desain tersebut bisa terlihat berbeda dari yang lainnya dan dapat menonjolkan ciri khas yang perusahaanmu miliki.

Bisa dibilang, peran dari desainer grafis memang sepenting itu jika ingin brand-mu terlihat memiliki keunikan tersendiri. Karena seorang perancang desain sudah dibekali dengan pengetahuan yang cukup agar bisa bekerja dalam bidang ini. Mereka tidak akan asal-asalan dalam mengerjakan sebuah desain dan harus memikirkannya dengan baik.

Maka karena pentingnya peran desainer inilah yang akhirnya membuat sebagian orang memilih untuk terjun dalam dunia desain dan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang tersebut. Sebab, di era digital sekarang ini banyak hal yang bisa dilakukan meski hanya duduk di dalam rumah saja. Termasuk bekerja menjadi seorang perancang grafis yang profesional.

Baca Juga: Penjelasan Seputar Branding Kit, dan Kegunaannya untuk Pelaksanaan Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.