...

Bagaimana Cara Membuat Judul Clickbait dalam SEO?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
judul-clickbait-dreambox

Judul clickbait bisa jadi salah satu jalan untuk meningkatkan jumlah audiens Anda.

Penggunaan clickbait harus menggunakan strategi yang tepaat, sehingga peletakannya tidak bisa asal-asalan. Jika Anda menggunakannya secara berlebihan, clickbait justru tidak efektif dan bisa merusak reputasi yang sudah dibangun.

Tidak hanya untuk penulisan artikel clickbait dipakai digunakan juga dalam video YouTube. Penggunaannya bertujuan untuk memancing orang melakukan klik terhadap konten tersebut, karena sengaja mengundang rasa penasaran.

Upaya untuk menarik klik sebanyak mungkin ke website atau platform lain adalah prinsip dari penggunaan judul unik yang melawan pakem tersebut. Dimana sebuah judul mampu melibatkan emosi pembaca.

Pengertian Clickbait atau Umpan Baik

Judul clickbait atau umpan klik merupakan gaya membuat judul menarik perhatian pembaca untuk membukanya. Penggunaannya semakin meningkat karena ternyata cukup efektif menarik perhatian audiens.

Bila jumlah audiens yang datang membaca artikel ada banyak, maka hal tersebut membuat trafik web otomatis akan naik dengan sendirinya. Umpan balik tidak hanya dalam bentuk judul tetapi juga bisa gambar.

Selain itu, juga bisa menjadi kombinasi keduanya. Jika keduanya dikombinasikan, lebih efektif lagi menarik minat pembaca. Maka dari itu perlu digabungkan dengan baik agar hasilnya sempurna.

Inilah yang menyebabkan judul clickbait jadi salah satu gaya jurnalistik paling populer. Meski penggunaannya masih menjadi kontroversi sebab tidak jarang menyebabkan kesalahpahaman para pembaca.

Namun ada juga yang kemudian jadi antipati terhadap umpan balik. Dari awal seperti memberikan pertanyaan, dimana pembaca memprediksi akan mendapatkan jawaban didalamnya. Tapi ternyata sama sekali tidak relevan.

Maka dari itu dalam penggunaannya tidak boleh berlebihan. Sekali dua kali mungkin menarik audiens dan meningkatkan traffic. Namun bisa jadi akan menurunkan traffic secara signifikan lebih cepat di kemudian hari.

Hal ini perlu diperhatikan mengingat tujuan pembuatan konten adalah menyajikan informasi bermanfaat dan menjawab pertanyaan pembaca. Dan bukan hanya diperlukan untuk sekali berkunjung ke website saja. Diharapkan dapat terjadi engagement positif.

Sehingga yang semua pembaca atau visitor bisa dikonversi jadi konsumen. Dari konsumen bisa ditingkatkan menjadi pelanggan tetap. Ini juga yang menjadi tujuan strategi optimasi SEO.

Kelebihan dan Kekurangan Clickbait

Menjadi salah satu faktor berpengaruh terhadap sebuah iklan, judul clickbait memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari keduanya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan. Berikut poin-poin kelebihannya.

  1. Secara signifikan menarik perhatian banyak orang untuk mengklik konten dan mengunjungi website. Praktik ini juga sekaligus meningkatkan Click Through Rate (CTR). Hasilnya, Google akan memberikan posisi terbaik sebagai related search.
  2. Meningkatkan pageviews. Rasa penasaran akan membuat audiens tertarik membaca atau menonton konten. Jumlah pageviews atau total halaman yang dilihat oleh audiens, akan meningkat. Search Engine Result Page direkomendasikan oleh mesin pencari.
  3. Artikel Anda akan menjadi lebih sering dibagikan di media sosial (social share) karena judulnya menarik. Inilah yang kemudian akan meningkatkan brand awareness.
  4. Meningkatkan traffic karena banyaknya orang membuka judul clickbait.

Sisi lain dari 4 kelebihan diatas perlu diperhatikan jika Anda tidak ingin rugi kemudian. Kekurangan dari penggunaannya bisa menyebabkan website Anda justru ditinggalkan oleh visitor atau bahkan follower. Berikut diantaranya.

1. Traffic Tidak Sesuai

Karena mengundang rasa penasaran, bisa jadi audiens yang melakukan klik ke konten bukan target. Sehingga meski sudah masuk, kemudian langsung menutup halaman dan keluar. Sebab merasa tidak lagi tertarik dengan isi sebenarnya.

2. Judul clickbait Bounce Rate Meningkat

Website dengan bounce rate tinggi terindikasi memiliki konten tidak relevan dengan pencarian pengguna. Maka otomatis Google tidak akan merekomendasikannya ke pengguna internet sehingga posisi di hasil pencarian tidak akan bagus.

3. Merusak Brand Image

Merusak reputasi brand sebab audiens akan merasa tertipu dengan konten sebenarnya. Ini sering terjadi. Misalnya promo jam import murah, ternyata promo hanya berlaku untuk pembelian melalui aplikasi tertentu.

Cara Membuat Judul Clickbait yang menarik

Setelah mengetahui fungsi, kelebihan serta kekurangannya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuatnya. Ini bisa jadi pengalaman menarik untuk menguji seberapa efektifkah jika diterapkan pada website Anda. Caranya sebagai berikut.

1. Gunakan Bagian Paling Menarik

Baca keseluruhan konten Anda sampai selesai, kemudian tentukan bagian mana paling menarik. Ini bisa dijadikan sebagai judul meski bukan merupakan inti dari tulisan. Anda bisa menggunakan angka supaya dari tulisannya lebih menarik.

Contoh: Investasi paling menguntungkan persiapan 8 bulan menuju resesi global. Ini cukup menarik, karena penyertaan angka yaitu 8 bulan. Orang akan penasaran dan langsung tertarik membacanya.

2. Memberikan Teka-teki

Contoh “Promosi cuma Rp200rb per hari, murah atau mahal?” Ini efektif] menarik perhatian para pembaca. Dimana mahal dan murah sendiri merupakan hal berkaitan dengan uang yang paling mudah menarik perhatian.

3. Pendekatan Emosi Pembaca

Buat kata-kata yang mampu memainkan perasaan atau emosi pembaca. Misalnya, “Alasan paling utama IRT masih saja bekerja membanting tulang, no 3 sedih”. Ini cukup efektif menarik minat audiens yang relevan dengan target.

4. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Buat judul clickbait seolah-olah orang lain terlibat dan membutuhkan informasi yang tertulis dalam konten. Contoh: “Ingin punya tabungan dalam 2 tahun? Yuk ikuti langkah ini!”. Audiens langsung merasa dirinya ada dalam tulisan itu.

5. Gunakan Teknik Copywriting

Prinsip copywriting adalah concise, relevant, unique dan useful. Singkat, relevan, unik dan bermanfaat. Buat sekreatif mungkin tidak sama dengan yang sudah ada. Contoh: “Mau makan yang enak-enak? Coba nasi padang via Gojekin aja!”

Contoh Clickbait untuk Menginspirasi Anda

Jika sudah paham seperti apa prinsipnya, jadi lebih mudah dalam menyusun setiap kata. Supaya lebih mudah lagi dalam memahami serta membuatnya, berikut adalah beberapa contoh yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Zoey Maklon Kosmetik

Perusahaan ini bergerak dalam bidang maklon kosmetik dan skincare. Dimana usahanya adalah membuatkan brand sesuai pesanan. Dalam promosinya menggunakan kalimat menggelitik “Bikin brand skincare sendiri hanya dalam 5 menit”.

Kesannya sangat hiperbolis, tapi ini akan sangat menarik bagaimana bisa memiliki sebuah brand dalam waktu sangat singkat. Namun justru ini yang akan dijelaskan dalam konten selengkapnya.

2. Adev perfume

Ini juga merupakan perusahaan maklon untuk produk parfume. Menawarkan kerjasama kepada klien umum untuk membangun bisnis di bidang fragrance. Judul clickbait yang digunakan adalah “Miliki bisnis parfum sendiri dengan 1 juta saja”.

Siapa yang tidak tertarik menjadi produsen parfume hanya dengan modal 1 juta. Modal yang sangat terjangkau dengan potensi penghasilan bulanan dan tentu saja gengsi sebagai pemilik sebuah perusahaan sendiri.

3. Bisnis basreng

Basreng atau baso goreng merupakan jenis cemilan biasa dan bisa didapat dimana saja. tapi jadi lebih menarik dengan bahasa judul clickbait yang unik. Misalnya: “Bikin lidah bergoyang, cobain aja basreng kang Joni”.

Orang akan langsung membayangkan bahwa produk tersebut pedas. Tapi belum tentu demikian kenyataannya. Bisa saja ternyata terdapat banyak varian yang belum pernah ada sebelumnya.

Untuk penulisan artikel yang lebih panjang bisa juga diterapkan. Bisa menambahkan video, atau murni hanya berupa text, selama menarik dan menggelitik dari judul clickbait tetap efektif menarik perhatian.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms