...

Cara Membuat Headline Artikel yang Lebih Menarik Pembaca

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-membuat-headline-dreambox

Untuk menarik minat baca para audiens, maka perlu memahami cara membuat headline yang menarik.

Pada umumnya, headline diterapkan pada konten tulisan seperti berita, kolom majalah, artikel, dan sebagainya.

Headline mudah ditemukan saat membeli koran, yaitu bagian judul di halaman depannya ditulis menggunakan ukuran besar. Atau saat membaca novel, buku, maupun konten di platform digital.

Pembahasan kali ini akan menjelaskan pengertian headline dalam artikel. Selain itu kami juga memberikan tips membuat headline yang menarik beserta contoh – contohnya.

Baca Juga: Ketahui Jenis, Fungsi dan Tips Mencari Keyword SEO

Mengulas Lebih Jauh tentang Headline

Headline adalah judul utama suatu karya tulis, baik itu berita, iklan, artikel, kolom majalah, dan konten tertulis lainnya. Peletakan headline terletak di bagian awal atau sampul konten agar menarik minat pembaca.

Kemampuan cara membuat headline yang menarik harus terus diasah oleh seorang penulis, karena headline merupakan jiwa dari setiap karya. Dengan penggunaan headline yang menarik, maka dapat memancing rasa ingin tahu pembaca. Dikutip dari buku Periklanan Karya Sandra Moriarty, dkk bahwa fungsi headline dapat tercapai apabila:

  1.     Memiliki target khusus atau sasaran pembaca tertentu
  2.     Menggambarkan keseluruhan isi konten secara general
  3.     Diselingi oleh kombinasi gambar untuk meningkatkan perhatian pembaca
  4.     Dari segi kepenulisan menggunakan pilihan kata yang baik serta menarik, sehingga frasa yang tepat dapat memancing pembaca untuk mencari lebih jauh karya penulis yang lainnya.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO On Page dan Bedanya dengan SEO Off Page

Cara Membuat Headline Agar Menarik Minat Pembaca

Oleh sebab itu, dibutuhkan kreativitas saat ingin menghadirkan headline yang dapat memancing minat baca para pengunjung website. Anda dapat menulis headline dengan mengikuti tips berikut ini.

1. Mengintegrasikan Angka dan Data

Menyisipkan angka atau data ke dalam headline dapat meningkatkan ketertarikan minat baca pengunjung. Angka seolah – olah menarik minat pembaca agar ketagihan mengulik lebih jauh mengenai isi tulisannya.

2. Menggunakan Alasan Kuat Mengapa Harus Dibaca

Cara membuat headline yang menarik adalah memberikan alasan kuat mengapa tulisan tersebut harus dibaca. Dengan begitu, pengunjung tidak akan membuang waktu hanya untuk membaca konten.

3. Ungkapkan Kalimat Urgensi

Agar fungsi headline lebih efektif, maka ungkapkan karya tulis Anda melalui judul. Misalnya berkaitan dengan informasi kesehatan atau penjualan barang.

4. Mencantumkan Sesuatu yang Bermanfaat

Masih berkaitan dengan kalimat urgensi sebelumnya, maka cantumkan juga sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca. Pastikan bahwa isi konten mampu menjadi solusi dari persoalan para pembaca.

5. Menggunakan Pilihan Kata yang Menarik

Karena headline merupakan judul, maka cara membuat headline yang menarik adalah menggunakan pilihan kata menarik. Penggunaan kata yang mengandung emosi dapat memancing audiens agar merasa terlibat di dalamnya.

6. Merepresentasikan Isi Karya

Curahkan keseluruhan isi pokok suatu karya ke dalam headline. Teknik ini digunakan sebagai identitas untuk menonjolkan seluruh isi tulisan dan membedakannya dengan karya orang lain.

Baca Juga: 8 Indikator SEO yang digunakan oleh SEO Agency

Contoh Headline Menarik yang Dapat Anda Terapkan

Penggunaan copy headline yang memikat dapat meningkatkan minat pembaca untuk mengunjungi suatu website. Setelah memahami cara membuat headline yang menarik, Anda dapat mencoba menerapkan contoh headline berikut ini.

1. Personal Headline

Personal headline memberikan kesan lebih personal bagi pembacanya. Misalnya menggunakan kata ganti Anda, aku, kamu, atau kita dengan tujuan membangun hubungan akrab pada pembaca.

Contohnya “Bangun Branding dan Digital Marketing Berkualitas Bersama Dreambox Sekarang!”

2. Urgent Headline

Cara membuat headline yang menarik dapat menggunakan jenis urgent headline. Urgent headline mengandung FOMO (Fear of Missing Out) atau rasa takut ketinggalan jika tidak segera dibaca atau ditonton.

Contohnya adalah “Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Dia Promo Penerbangan Selama Bulan Juni 2022”

3. List Headline

List headline berguna untuk menguraikan jumlah item dalam artikel. Misalnya Anda membahas tentang tips mendekorasi kamar, maka dapat dibuat poin – poin saat menyusun tips triknya.

Contoh: “10 Tips Berikut Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Mendekorasi Kamar Tidur”

4. Selective Headline

Selective headline lebih fokus kepada target pasar tertentu dengan menambahkan imbuhan spesifik. Cara membuat headline yang menarik menggunakan selective headline adalah selalu menyebutkan target audiens secara rinci.

Contoh: “Dapatkan Diskon 50% Saat Memesan Kopi Soe Khusus Perempuan di Hari Kartini”

5. Curiosity Headline

Saat membuat curiosity headline, maka harus ada knowledge gap atau celah pengetahuan kepada pembaca. Sembunyikan sebagian detail agar memancing minat pengunjung untuk mencari tahu lebih lanjut tentang informasi itu.

Contohnya seperti “Cari Tahu Pentingnya Kaos Kaki Saat Memakai Sepatu”

6. Question Headline

Cara membuat headline yang menarik adalah dengan menggunakan pertanyaan agar memicu setiap orang menjawabnya. Cara ini dapat dilakukan jika Anda menerapkan question headline. Pastikan pertanyaan yang diajukan fokus pada kebutuhan pelanggan.

Contohnya “Apa Jenis Kulit Kamu? Berikut Jenis Moisturizer yang Cocok Dipakai”

7. Benefit Headline

Jenis benefit headline lebih menonjolkan keuntungan atau manfaat jika pengunjung membaca artikel Anda. Sebelum membuatnya, pahami dahulu apa keinginan pelanggan.

Contohnya “Lebih Hemat! Nikmati Diskon 80% Belanja Kebutuhan Rumah Tangga di Transmart”

8. News Headline

News headline lebih cocok diterapkan saat meluncurkan produk ataupun fitur terbaru suatu bisnis. Cara membuat headline yang menarik tipe news headline adalah tidak bertele – tele serta menggunakan kalimat to the point.

Contohnya “Fitur Baru iOS ini Membantumu Menjaga Privasi!”

9. Gimmic Headline

Gimmic headline memanfaatkan gaya bahasa, pengulangan kata, permainan bunyi agar lebih nyaman saat dibaca. Diperlukan teknik yang tepat serta berpengaruh saat membuatnya, sehingga sering digunakan pada tagline atau slogan suatu brand.

Contoh “Pesan Kopi di Sini Bisa Bikin Hari Jadi Happy”

10. Inspirational Headline

Inspirational quote menggunakan kutipan atau quote sebagai judulnya, bisa diambil dari tokoh ternama atau peribahasa. Pastikan bahwa penggunaan kutipan tersebut relevan dengan isi konten yang dipakai.

Contoh: “Bak Tong Kosong Nyaring Bunyinya, Hindari 7 Hal Berikut Kalau Kamu Tidak Ingin Dianggap Omong Kosong!”

11. Command Headline

Command headline menggunakan kalimat perintah serta mendefinisikan apa yang harus dilakukan oleh pembacanya. Umumnya ditemukan pada print ads maupun iklan digital.

Contohnya seperti “Makin Hemat & Praktis dengan Aplikasi McDonald’s, Download Sekarang di App Store atau Play Store!”

12. Claim Headline

Cara membuat headline yang menarik dapat menggunakan jenis claim headline. Jenis judul ini memberikan klaim terhadap brand yang ditawarkan. Jangan melebih – lebihkan, melainkan tetap fokus pada keunggulan brand Anda.

Misalnya “Berpengalaman Sejak 2012, Dreambox Siap Jadi Partner Solusi Marketing Anda”

13. Versus Headline

Sesuai namanya, versus headline mengacu pada perbandingan 2 hal karena kemiripannya. Umumnya digunakan pada artikel yang menguraikan perbandingan dari kedua subjek.

Misalnya “Original Traffic vs Paid Traffic, Mana yang Lebih Efektif?”

14. Testimonial Headline

Jenis judul berikutnya menggunakan kutipan testimoni pelanggan untuk mengarahkan pengunjung lainnya agar membaca konten Anda. Biasanya testimonial headline dapat ditemui pada iklan atau landing page.

15. Statistic Headline

Jika ingin menekankan poin yang kuat, menggunakan angka atau data statistik ke dalam judul. Teknik ini disebut sebagai statistic headline, gunakan data yang berdampak signifikan serta mendukung keseluruhan isi konten Anda.

Contohnya “4 Negara. 20+ layanan. 3 Super App. Kenalin, Gojek Si Pembawa Perubahan.”

Baca Juga: Ketahui Cara Meningkatkan Organic Traffic SEO Website

15 contoh jenis headline di atas dapat Anda terapkan saat akan membuat konten. Lakukan cara membuat headline yang menarik agar memancing pengunjung untuk membaca keseluruhan isi konten Anda.” Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms