9 Cara Membuat Website Muncul di Halaman Pertama Google

SEO

Bagaimana cara membuat website muncul di halaman pertama Google?

Sebagai pemilih situs bisnis, Anda harus tahu bagaimana cara membuat website muncul di halaman pertama Google. Perlu Anda ketahui, pada kenyataannya menjadikan halaman situs di peringkat teratas tidaklah mudah.

Mendapatkan peringkat teratas di search engine Google memungkinkan visibilitas website bisnis Anda lebih tinggi. Ini dapat meningkatkan traffic kunjungan sehingga tujuan website tercapai. Baik itu untuk branding, marketing, hingga transaksi.

Baca Juga: Ketahui Ciri Artikel SEO Friendly serta Tahapan Membuatnya

Cara Membuat Website Muncul di Halaman Pertama Google

1. Menggunakan Strategi SEO

Langkah pertama untuk muncul di daftar peringkat teratas yaitu menerapkan strategi SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik optimasi untuk meningkatkan traffic kunjungan secara organik. Terdapat dua jenis teknik SEO yang populer diterapkan, yaitu SEO on page dan off page.

  • SEO on page adalah optimasi yang berfokus pada konten. Misalnya mengoptimalkan riset keyword, judul URL, tag, deskripsi, alt text, dan elemen lainnya.
  • SEO off page adalah optimasi website dari luar, misalnya melakukan link building, menempatkan backlink, domain authority, dan lainnya.

Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

2. Menggunakan Google Ads atau SEM

Cara membuat website muncul di halaman pertama Google berikutnya yaitu menggunakan teknik SEM (Serach Engine Marketing). Penerapan SEM bisa menggunakan Google Ads, yaitu fitur iklan berbayar yang muncul pada SERP.

Strategi digital marketing ini memungkinkan halaman Anda ditemukan pada daftar teratas Search Engine Result Page (SERP) dalam waktu singkat. Lain dari SEO, menggunakan Google Ads memberikan hasil cepat sehingga cocok untuk promosi jangka pendek.

Sama halnya seperti teknik SEO, menggunakan Google Ads juga perlu meriset keyword yang relevan berdasarkan pencarian target audiens. Sehingga apabila pengguna memasukkan kata kunci yang dicari, halaman Anda akan muncul pada daftar teratas.

3. Memanfaatkan Fitur Lain dari Google

Cara membuat website muncul di halaman pertama Google juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Google lainnya. Mesin pencari ini menyediakan fitur-fitur bagi penggunanya untuk memaksimalkan performa website.

Sambungkan situs web Anda dengan fitur Google Analytics untuk menganalisis performa tiap konten yang ada. Fitur seperti Google Search Console juga berguna untuk memudahkan konten Anda ditemukan search engine.

4. Mendaftar ke Google My Business

Cara membuat website muncul di halaman pertama Google selanjutnya adalah mendaftarkan ke Google My Business. Fitur ini memungkinkan Anda menampilkan perusahaan di hasil pencarian teratas search engine.

Anda bisa menampilkan informasi lengkap perusahaan kepada pelanggan meliputi alamat, nomor telepon, foto produk, foto perusahaan, hingga ulasan yang diberikan oleh pelanggan lain. Alamat yang ditampilkan akan terintegrasi dengan Google Maps.

5. Memperbaiki Kualitas Tampilan Website

Tampilan situs merupakan salah satu faktor penilaian peringkat SERP. Untuk itu, buatlah tampilan situs web Anda menarik. Algoritma terbaru Google juga memihak kepada pengalaman pengguna (user experience).

Untuk itu, buat tampilan situs semenarik mungkin serta memberikan kemudahan bagi pengunjung. Misalnya menyediakan tombol navigasi secara jelas dan enak dibaca.

Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

6. Pastikan Website Anda Sudah Mobile Friendly

Saat ini jumlah pengguna internet yang mengakses internet melalui smartphone mereka. Hal ini membuat search engine memberikan perhatian tersendiri bagi website yang terintegrasi dengan mobile atau smartphone.

Untuk itu, penting sekali membuat tampilan situs web Anda mobile friendly alias ramah bagi pengguna smartphone. Pengembang web kini menaruh perhatian khusus dalam pembuatan situs web sehingga pengguna smartphone nyaman saat mengakses halamannya.

7. Pastikan Memasang SSL Certificate

Sesuai namanya, SSL berfungsi sebagai sistem keamanan pada saat pengguna mengakses suatu situs sehingga terjadi pertukaran data. Jika tidak memasang SSL certificate, mesin pencari akan memperingatkan pengunjung untuk berhati-hati dengan situs Anda.

Karena situs yang tidak dipasang SSL certificate lebih rawan terjadi pencurian data sehingga membahayakan pengguna. Google lebih merekomendasikan situs dengan SSL certificate dan menempatkannya pada halaman pertama SERP.

8. Membuat Sitemap untuk Meningkatkan Proses Crawling

Sitemap adalah file yang berisi daftar semua halaman pada suatu website. Pembuatan sitemap memungkinkan proses crawling lebih cepat. Sitemap sendiri terdiri dari beberapa jenis, antara lain:

  1. Sitemap XML yaitu peta situs yang paling umum digunakan
  2. Image sitemap yaitu peta situs pada situs web yang memiliki gambar-gambar berkaitan dengan SEO
  3. Video sitemap, mendukung mesin pencari mengetahui konten video di dalam website

9. Menyematkan Internal Link

Internal link adalah tautan mengarah ke konten lain yang ditempatkan di dalam suatu konten tertentu dengan mempertimbangkan relevansi antara keduanya. Internal link sebaiknya ditempatkan pada keyword yang berkaitan.

Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

10. Menambahkan Inbound Link

Mendapatkan peringkat teratas pada SERP juga bisa dilakukan dengan penempatan inbound link. Inbound link adalah tautan yang ditempatkan pada website lain untuk diarahkan ke website Anda. Inbound link juga kerap dikenal dengan sebutan backlink.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Hingga Tips Memilih SEO Agency

Website adalah platform yang membantu Anda mencapai tujuan pembuatannya seperti branding, marketing, hingga transaksi jual beli. Pahami cara membuat website muncul di halaman pertama Google agar performanya pada SERP maksimal.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.