...

Cara Menjadikan Website SEO-Friendly, Simak Selengkapnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
website-seo-dreambox

Bagaimana cara menjadikan website Anda SEO friendly?

Mengejar peringkat teratas di mesin pencari dapat dilakukan dengan mudah apabila Anda menerapkan website SEO. Sangat sering dibahas bahwa agar mendapatkan peringkat di mesin pencari selain menggunakan iklan hanya bisa dilakukan dengan SEO.

Namun, apa sih SEO itu? SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization yaitu sebuah teknik digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website agar mendapatkan peringkat di mesin pencari menggunakan teknik penempatan keyword.

Dengan menerapkan Search Engine Optimization sebuah web sepi pengunjung bisa mendapatkan banyak pengunjung. Meskipun tidak langsung terjadi dalam waktu singkat, tapi sifatnya permanen dan bertahan dalam waktu lama. Untuk Anda yang penasaran tentang SEO dan tertarik menerapkannya, informasi berikut mungkin akan bermanfaat.

Baca Juga: 7 Manfaat Jasa SEO Berkualitas bagi Industri Pariwisata

Kenapa Harus SEO-Friendly?

Mendapatkan sesuatu secara instan memang menyenangkan karena tidak membutuhkan waktu tunggu, tapi apakah sifatnya akan permanen atau bertahan lama? Tentu saja tidak. Sesuatu instan biasanya akan bertahan dalam waktu singkat.

Seperti traffic kunjungan didapatkan sebuah website dengan iklan, maka setelah iklannya kadaluarsa akan menghilang. Berbeda dengan website SEO merupakan investasi jangka panjang.

Sebab hasilnya akan bertahan lama, bukan hanya sehari dua tapi mampu bertahan hingga bertahun-tahun. Inilah yang membuat Anda harus memastikan konten dibuat secara SEO-friendly sehingga mampu mempertahankan kunjungan ke konten tersebut.

  1. Website akan menjadi user-friendly sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengunjung dan membuat pengunjung datang merasa senang serta betah.
  2. Bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan karena lebih menonjol dibandingkan competitor sehingga basis pelanggan akan meningkat. Ketika Anda menawarkan hal yang lebih baik, maka pengunjung akan lebih tertarik untuk datang.
  3. Conversation rate yang lebih baik karena cenderung mendatangkan pengunjung setia sehingga akan datang lagi dan lagi. Karena pengunjung merasa bahwa konten di situs web tersebut bermanfaat.
  4. Bangun brand awareness masyarakat dunia maya terhadap brand Anda.
  5. Terdepan dari kompetitor.

3 Elemen Inti Website SEO Friendly

Digital marketing yang memanfaatkan website SEO merupakan kunci dalam menarik perhatian pengguna internet. Dalam hal ini, untuk menghasilkan sebuah website yang SEO Friendly dibutuhkan 3 elemen berikut:

1. Desain Website

Agar bisa membuat sebuah website yang sesuai dengan pengoptimalan Search Engine Optimization pastikan Anda berkunjung dahulu ke beberapa situs popular untuk melihat struktur dan layoutnya.

Mengapa demikian? Sebab dapat meniru desain mereka untuk diterapkan pada situs Anda. SEO-friendly adalah konsep yang membuat pengunjung nyaman. Salah satu caranya adalah dengan memberi kenyamanan dari segi tampilan.

Desain website yang mudah diakses, punya struktur baik, warna nyaman dilihat, punya navigasi, serta ada alur informasinya akan membuat pengunjung datang sehingga bersedia berkunjung kembali.

2. Konten

Setelah punya konsep website SEO yang tepat, selanjutnya adalah keberadaan konten. Konten merupakan bagian penting dari sebuah website karena tanpanya website tidak akan dikunjungi.

Anda perlu membuat konten sesuai kaidah SEO dan algoritma mesin pencari agar bisa menempati urutan teratas. Selain itu, juga harus dipromosikan melalui akun media social sehingga lebih banyak orang yang datang.

3. Kompetitor

Penting untuk melakukan analisa kompetitor, caranya dengan mengunjungi web kompetitor dan mengecek perkiraan jumlah trafficnya. Cari apa yang merupakan keunggulan dari lawan Anda dan jadikan sebagai contoh untuk diterapkan.

Bukan meniru secara penuh, tapi mengembangkannya dan membuat inovasi barus sehingga tidak akan kalah saing dengan pesaing.

Baca Juga: Rumah Sakit Memerlukan Jasa SEO Terbaik, Ini 5 Alasannya!

Cara Menjadikan Website SEO-Friendly

Sebenarnya, ada banyak teknik SEO yang dapat Anda gunakan. Saking banyaknya pilihan biasanya orang baru akan kesulitan dalam memilih. Agar Anda bisa lebih fokus, bisa coba gunakan beberapa cara berikut:

1. Gunakan WordPress

Langkah pertama adalah sebaiknya Anda menggunakan WordPress. Ini merupakan salah satu platform pembuatan website yang bisa digunakan gratis maupun berbayar.

Keunggulannya adalah memiliki banyak plugin yang mampu bantu pemilik website mengoptimalkan situs. Salah satu plugin yang sangat bermanfaat adalah plugin Yoast SEO. Ada berbagai fitur di dalamnya untuk meningkatkan kualitas website SEO.

Seperti fitur mengubah title tag, meta deskripsi, submit XML, sitemap, dan masih banyak lagi. Salah satu yang paling bagus adalah fitur analisis konten.

2. Aplikasikan Keyword yang Tepat

Selanjutnya adalah memastikan bahwa Anda menggunakan keyword yang tepat di dalam konten. Buatlah konten padu dengan keywordnya, jangan asal pilih karena akan membuat pengunjung kecewa.

Selain itu, Google memiliki algoritmanya tersendiri sehingga mampu melakukan pengecekan pengaplikasian keyword. Jadi, harus pilih yang tepat dan bisa bermanfaat bagi bisnis Anda.

3. Konten Relevan dan Menarik

Website SEO harus bersi konten yang relevan dengan konsep situsnya. Misalnya, Anda merupakan penjual pakaian, maka buatlah konten terkait pakaian, kain atau fashion. Karena konten-konten seperti ini relevan dengan konsep bisnis Anda.

Selain itu, pastikan kontennya menarik sehingga tidak membuat pengunjung jenuh. Berikan informasi menarik dan update, sertakan juga gambar dan pastikan gaya penulisannya membuat pembaca nyaman.

4. Update Konten Secara Berkala

Jangan lupa untuk selalu memastikan mengisi website dengan konten-konten menarik dalam jadwal waktu tertentu. Misalnya, sehari satu konten atau seminggu 3 konten.

Jika Anda konsisten update secara berkala, maka akan terlihat lebih profesional serta bertanggung jawab. Pengunjung bahkan mungkin akan menanti konten apalagi akan Anda publish.

5. Optimalkan Kecepatan Website

Selain itu, hal yang juga penting diperhatikan untuk membuat website SEO adalah kecepatannya. Kecepatan load atau pembuka situs juga sangat berpengaruh pada kenyamanan pengunjung.

Sebagian besar pengguna internet tidak suka menunggu lama untuk membuka sebuah situs. Apabila tidak terbuka lebih dari 30 detik, maka akan ditinggalkan. Apalagi jika memerlukan waktu bermenit-menit sudah pasti tidak user friendly.

Agar kecepatannya bagus, Anda bisa memilih desain minimalis saja karena tidak akan memerlukan banyak waktu serta lebih hemat data saat membukanya.

Baca Juga: Jasa SEO Indonesia, Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya

Gunakan Jasa Website SEO

Search Engine Optimization merupakan hal penting bagi pelaku bisnis era modern digital. Karena media pemasaran terbaik saat ini adalah menggunakan pemasaran digital. Anda bisa memasarkan produk melalui media social maupun website.

Namun, apapun media yang dipilih pastikan perusahaan atau bisnis punya website resmi. Karena adanya situs resmi ini akan membuat konsumen lebih percaya dan meningkatkan brand awareness.

Seperti yang dikatakan di atas bahwa situsnya juga tidak boleh sembarangan, tapi harus website SEO-friendly karena akan memudahkan pengunjung untuk datang dan menemukan situs Anda.

Apabila Anda tidak ahli dalam membuat situs web dan kesulitan melakukannya sendiri, maka sebaiknya gunakan jasa dari penyedia layanan SEO. Karena akan lebih praktis dan menghemat waktu pengerjaan.

Salah satunya adalah Dreambox yang menawarkan fasilitas pembuatan website, pemeliharaan, serta pengoptimalan SEO. Jadi, pemilik tidak perlu repot lagi sebab semua sudah dikerjakan pihak profesional.

Dengan memanfaatkan jasa profesional, Anda bisa menghemat waktu serta biaya. Waktu yang digunakan untuk belajar membuat situs, merawat, serta membuat konten, bisa digunakan mengerjakan hal-hal penting lainnya.

Sebuah situs web merupakan kebutuhan bagi pelaku usaha, terutama jika ingin merambah ke pemasaran online. Oleh sebab itu, wajib bagi pelaku usaha untuk membangun situs bisnisnya.

Bukan hanya sebuah situs web yang dibuat asal jadi, tapi situs yang memang benar-benar dibuat khusus menggunakan konsep website SEO, karena situs seperti inilah dibutuhkan konsumen dan membuat traffic kunjungan meningkat.

Baca Juga: Pelajari Penjelasan Lengkap dan Contoh SEO

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms