Simak Cara Ampuh Optimasi SEO yang Wajib Anda Tahu

SEO

Selain memilih keyword yang tepat, ini 7 tips lainnya dalam optimasi SEO

Untuk memaksimalkan berbagai konten yang Anda buat, optimasi SEO menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Dengan melakukan optimasi tersebut, maka website atau blog Anda akan menempati peringkat atas di mesin pencarian Google.

Tentunya, hal tersebut akan sangat menguntungkan untuk Anda. Orang yang berkunjung dan membaca tulisan Anda dapat semakin meningkat dan tujuan dari konten Anda akan lebih mudah tercapai.

Apa Itu Optimasi SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik yang dapat digunakan untuk optimasi suatu website, sehingga akan lebih mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari. Website tersebut akan menempati peringkat atas, ketika sebuah kata kunci atau keyword dituliskan di mesin pencarian.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa optimasi SEO ini sangat berfokus pada kata kunci yang dimasukkan ke dalam mesin pencari Google. Dengan menempatkan website atau konten tersebut di peringkat atas, maka potensi untuk dilihat akan menjadi semakin besar.

Pada perkembangan era digital yang serba menggunakan internet, SEO sangat berperan untuk menaikkan peringkat dari konten Anda. Konten yang berkualitas pun bisa saja kalah dari konten lainnya yang lebih menguasai berbagai macam teknik SEO.

Perlu Anda pahami bahwa Google dan berbagai mesin pencari lainnya memiliki sistem algoritma tersendiri dalam proses menyaring berbagai konten yang masuk. Ini merupakan salah satu alasan pentingnya penguasaan SEO yang menjadi tantangan bagi setiap pembuat konten.

Jika Anda menggunakan website sebagai media untuk promosi atau sejenisnya, maka teknik yang satu ini tentunya tidak boleh Anda abaikan. Jangan sampai tulisan yang sudah dibuat sebagus mungkin jadi tidak tersebar secara maksimal.

Cara Optimasi SEO

Karena teknik SEO menjadi penting untuk meningkatkan traffic dari konten dan website, maka sebaiknya Anda memahami berbagai cara optimasinya. Berikut merupakan cara optimasi untuk menerapkan teknik SEO, Anda bisa menerapkannya dalam setiap konten yang dibuat.

1. Manfaatkan Kata Kunci yang Relevan dengan Konten

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO yaitu dengan memanfaatkan kata kunci atau keyword

Anda bisa menggunakan kata kunci yang saat ini sedang populer atau banyak dicari orang. Pastikan juga kata kunci tersebut relevan dengan konten yang akan dibuat.

Dalam penulisan konten, kata kunci tersebut perlu dimasukkan ke dalamnya. Dengan begitu, maka tulisan Anda akan lebih mudah untuk dicari.

Namun, penggunaan kata kunci ini juga perlu diperhatikan dengan benar. Meski kata kunci merupakan aspek penting untuk dimasukkan, namun bukan berarti konten Anda akan otomatis berada di peringkat atas jika memasukkan semakin banyak kata kunci.

Anda harus cermat dalam meletakkan kata kunci, misalnya dengan meletakkannya pada judul dan paragraf awal (1-3 paragraf pertama). Selanjutnya, Anda juga bisa meletakkannya di bagian subheading dan deskripsi gambar.

Untuk menentukan kata kunci, ada berbagai media yang bisa Anda manfaatkan, misalnya Google Keyword Planner, Semrush, dan Ahrefs.

2. Gunakan Subheading

Cara optimasi SEO yang kedua yaitu dengan memakai subheading. Biasanya, mesin pencari tidak menyukai jenis konten yang tidak rapi. Sebagai contoh, artikel yang setiap paragrafnya terlalu panjang, pemakaian kata kunci yang berlebihan, dan tidak ada listicle.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menambahkan subheading dalam setiap artikel yang dibuat. Pakailah struktur yang rapi sehingga mudah untuk dibaca, baik oleh mesin pencari maupun oleh pengunjung website.

Anda juga bisa memakai berbagai poin-poin untuk menjelaskan isi konten, misalnya dengan membuat daftarnya. Ini juga akan membuat artikel lebih rapi dan lebih mudah untuk dibaca.

Selain berdampak pada SEO, hal ini juga bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung ketika membaca. Jika pengunjung sudah nyaman, maka ada kemungkinan mereka akan berkunjung lagi ke artikel yang lainnya.

3. Gunakan Internal Link untuk Mengarahkan

Internal link merupakan sisipan link atau tautan untuk artikel lain yang dituliskan di dalam konten Anda. Link ini masih berada di dalam website yang sama.

Anda bisa memanfaatkan internal link untuk mengarahkan pembaca ke bagian-bagian lain yang relevan dengan pembahasan. Sebagai contoh, mengarahkan ke artikel lain yang terkait, halaman kontak, atau halaman deskripsi produk.

Selain bermanfaat untuk pembaca, penggunaan internal link ini juga disukai oleh mesin pencarian, sehingga bisa meningkatkan peringkat.

4. Perhatikan Penggunaan URL

URL asli dari website biasanya dituliskan dalam bentuk yang cukup panjang. Sebaiknya, pemberian nama URL ini Anda buat sendiri, sehingga lebih memudahkan untuk dibaca.

Anda bisa memakai judul konten sebagai referensinya, supaya isi konten pun lebih mudah dikenali. Selain mempermudah pembaca, penggunaan URL yang jelas dan sederhana juga akan lebih disukai oleh mesin pencarian.

5. Tambahkan Komponen Lain

Selain konten berupa tulisan, Anda juga bisa menambahkan berbagai elemen atau komponen lain yang bisa menarik perhatian pembaca. Sebagai contoh, dengan menambahkan gambar atau video yang relevan.

Dengan tambahan komponen yang menarik, maka bisa meningkatkan kemungkinan para pembaca akan kembali berkunjung di lain waktu.

6. Buatlah Konten yang Berkualitas

Sebagai pembuat konten, sudah pasti tidak boleh mengabaikan tentang kualitas. Buatlah konten yang berbobot dan bermanfaat, sehingga bisa meningkatkan traffic.

Anda bisa membuat konten yang menghibur atau informatif, sehingga pengunjung merasa nyaman ketika membacanya.

Berbagai topik pembahasan yang sedang populer di internet juga bisa diperhatikan. Jika sekiranya relevan dengan pembahasan di website Anda, maka bisa Anda manfaatkan menjadi topik artikel.

Gunakan paragraf yang singkat supaya lebih mudah untuk dibaca. Berbagai gambar terkait juga bisa disisipkan supaya lebih menarik. Ada baiknya, Anda menulis artikel sepanjang 800 sampai 1.000 kata, supaya dapat meningkatkan SEO.

7. Gunakan Berbagai Tools Tambahan

Cara selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan yaitu menggunakan berbagai tools tambahan. Ada berbagai tools atau alat yang bisa memudahkan Anda dalam melihat dan menilai kinerja dari website Anda, termasuk setiap konten yang ada di dalamnya.

Anda bisa memasang plug-in analisis SEO untuk mempermudah Anda dalam mengoptimalkan tekniknya. Ada beberapa jenis plug-in yang bisa dipasang, baik yang bisa dimanfaatkan secara gratis maupun yang berbayar.

Pelajari dan pahami berbagai cara penggunaannya sebelum memilih tools untuk membantu dalam meningkatkan traffic di website Anda. Pilihlah yang menurut Anda paling cocok untuk digunakan.

Selain itu, hubungkan juga Google Analytics dengan website Anda, supaya bisa membantu dalam melakukan berbagai analisis yang diperlukan.

Dari data analisis tersebut, maka Anda bisa melakukan berbagai evaluasi terkait penggunaan SEO. Jika masih dirasa kurang, maka Anda perlu melakukan berbagai optimasi sehingga konten Anda bisa tersebar secara optimal.

Itulah berbagai penjelasan tentang optimasi teknik SEO, mulai dari pengertiannya hingga bagaimana cara penerapannya pada tulisan atau konten yang akan dibuat.

Seiring berjalannya era digital, sudah pasti semakin banyak orang yang mencari berbagai informasi melalui internet. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk meningkatkan branding dan marketing bisnis.

Dengan optimasi SEO, maka website dan konten Anda akan lebih mudah dalam menembus mesin pencarian. Pengunjung dan pembaca pun dapat semakin meningkat dan memberikan berbagai keuntungan bagi Anda. 

Layanan SEO dari Dreambox bisa menjadi pilihan tepat untuk menemani perkembangan website Anda, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.