Kenali Berbagai Marketing Tools yang Disediakan oleh Google

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
google-ads-dreambox

Marketing tools merupakan pengetahuan penting bagi pelaku usaha.

Untuk saat ini, alat-alat penjualan yang paling banyak digunakan adalah berbentuk digital, sebagai contoh disediakan oleh Google. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan nama besar satu ini. Penyedia mesin pencari, email, dan berbagai macam kebutuhan pengguna internet lainnya ini sudah dikenal di seluruh dunia. Bahkan dapat dikategorikan sebagai perusahaan digital raksasa.

Saat ini jenis layanannya makin berkembang dan sangat membantu para pelaku bisnis, sebagai contoh berbagai tools yang dapat digunakan untuk marketing. Mau tahu apa saja alat-alat penjualan tersebut dan apa manfaatnya, cek pembahasan berikut.

Baca Juga: Lakukan 7 Tips Digital Marketing untuk Tingkatkan Kesuksesan Bisnis Anda

Manfaat Marketing Tools yang Perlu Diketahui

Saat ini ada banyak sekali istilah dalam pemasaran online yang terdengar asing dan membingungkan. Mungkin salah satunya adalah marketing tools, istilah ini mungkin masih asing terutama bagi pebisnis yang baru menggunakan marketing digital.

Sebagai pengetahuan Anda, ada beberapa manfaat dari penggunaan alat-alat penjualan digital Google, diantaranya sebagai berikut:

  1.     Sebagai langkah promosi sehingga bisnis semakin dikenal, terutama menggunakan berbagai cara modern dengan target pasar jelas.
  2.     Memperluas jaringan bisnis.
  3.     Mengasah kemampuan SDM dalam mengembangkan bisnis.
  4.     Mengenal lebih dekat mengenai pesaing.
  5.     Mampu membuat bisnis berkembang secara maksimal.

Baca Juga: Berbagai Layanan yang Ditawarkan Digital Marketing Services

Google Marketing Tools

Setelah mengetahui mengenai apa saja manfaat dari alat-alat pemasaran tersebut, Anda perlu mengenal dahulu apa saja jenisnya agar bisa menimbang dengan lebih baik apakah memang bermanfaat bagi bisnis atau tidak.

Ada banyak tools yang dapat Anda pilih, baik dipakai sebagai iklan maupun analisis. Berikut adalah 7 alat-alat digital marketing dari Google yang bisa digunakan:

1. Analytics

Marketing tools pertama yang akan kami bahas adalah analytics, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan analisis pemasaran melalui website. Selain itu, manfaatnya juga bisa diberdayakan untuk memantau performa halaman web.

Anda dapat melihat jumlah traffic, data demografi, sumber trafik, konten viral, dan banyak informasi lainnya. Kemudian informasi ini dapat digunakan untuk merancang strategi pemasaran sehingga kinerja website lebih optimal.

2. Adwords

Tools ini juga sering disebut ads yang lebih dikenal dengan sebutan iklan. Ya, alat ini dapat digunakan untuk mengiklankan produk Anda. Bukan sembarangan iklan, tapi iklan yang relevan dengan bisnis Anda.

Jadi, Google akan membantu mengiklankan bisnis maupun produk ke segmen pasar yang sesuai sehingga peluang penjualan semakin tinggi. Harganya juga cukup bersahabat.

3. Tag Manager

Marketing tools berikutnya adalah tag manager yang dapat digunakan untuk mengelola tag di web Anda. Jadi, bisa melihat bagaimana pengunjung website. Keunggulannya lebih user friendly karena tanpa web developer.

4. Trends

Tools ini juga sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis yang hendak melakukan marketing secara daring. Sebab kegunaannya untuk melakukan riset terhadap topik-topik viral sehingga datanya dapat dimanfaatkan menjalankan strategi pemasaran.

Penggunaannya cukup simpel dan bisa dilakukan bahkan oleh orang yang kurang berpengalaman. Hanya perlu membuka laman web, kemudian masukkan kata kunci yang ingin diuji, lalu akan muncul grafik topik trending hari ini.

Nantinya Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan topik trending sehingga lebih mudah menarik perhatian audiens.

5. Search Console

Berikutnya ada search console yang bantu memonitoring kinerja web untuk traffic, performa di perangkat mobile, hingga blacklink. Manfaatnya untuk menemukan keyword paling efektif, sampai menemukan laman terpopuler untuk backlink.

Selain itu, marketing tools ini juga dapat bantu menemukan broken link (link rusak atau bermasalah) di website sehingga kinerja laman dan backlink tetap optimal.

6. Bisnisku

Berikutnya adalah sebuah tools yang sangat populer belakangan ini, yaitu Bisnisku. Dengan bantuan alat digital marketing dari Google ini, Anda bisa dengan mudah menemukan konsumen.

Sebab konsumen akan mendapatkan informasi mengenai bisnis Anda dengan lebih mudah. Bahkan konsumen dapat langsung memberikan review.

Untuk pendaftarannya sangat mudah, cukup masuk ke laman Google Bisnisku, lalu isi semua informasinya dengan benar dan register. Jangan lupa verifikasi akun melalui laman website.

7. Scholar

Disebut juga sebagai Cendekia, marketing tools ini juga banyak bermanfaat karena di dalamnya pengguna dapat mencari materi pembelajaran, baik dalam format teks maupun format lainnya.

Isinya memang bukan alat membuat konten, melakukan analisa, atau membatu optimasi laman website Anda. Namun, keberadaannya sangat membantu apabila Anda ingin belajar, mencari pengetahuan, maupun topik untuk menguji keyword.

Jadi, tidak semua tools bisa langsung dimanfaatkan untuk proses pembuatan konten maupun pemeliharaannya. Ada juga yang membantu Anda menumbuhkan dasar pengetahuan mengenai digital marketing.

Baca Juga: Menentukan Anggaran Serta Digital Marketing Tips untuk Bisnis Anda

Jenis Marketing Tools yang Beragam

Sebelumnya, kami informasikan mengenai tools yang disediakan Google. Ternyata, selain menggunakan 7 pilihan di atas, masih ada pilihan lain yang bisa Anda ambil, yaitu beberapa jenis alat pemasaran berikut ini:

 

1. Website

Di penjelasan pada poin sebelumnya disebutkan mengenai traffic, optimasi, blacklink, dan berbagai hal lainnya yang terhubung dengan website. Ini menandakan bahwa website merupakan marketing tools yang paling utama untuk dimiliki.

Dengan memiliki halaman web Anda dapat melakukan promosi produk setiap saat dan mendapatkan layanan penuh 24 jam. Penjualan dapat dilakukan kapan saja dan setiap detik dapat memberikan keuntungan.

Satu poin penting lagi, yaitu bisnis Anda akan lebih dipercaya karena memiliki laman web resmi. Kepercayaan audiens akan meningkat dan membuat bisnis terlihat lebih profesional.

2. Social Media

Platform sosial media juga dapat dimanfaatkan sebagai marketing tools yang mampu mendongkrak penjualan dengan sangat baik. Namun, Anda tidak perlu selalu memanfaatkan sosial media untuk menjual.

Manfaatkan strategi 80 : 20, yaitu 80% postingan untuk informasi terkait produk atau layanan Anda. Sisanya 20% baru berjualan, dengan begitu audiens tidak akan merasa dipaksa membeli.

Mempunyai akun media sosial resmi akan membuat promosi lebih mudah dan menarik lebih banyak audiens. Bahkan dapat menaikkan traffic website juga. Jadi, sangat layak digunakan, terutama dengan mengandalkan konten-konten informatif.

3. Web Banner

Selanjutnya adalah marketing tools yang mungkin sering Anda temukan ketika mengunjungi sebuah website, yaitu web banner. Yakni iklan atau objek maupun gambar yang ditampilkan pada sebuah halaman website.

Web banner bisa menampilkan berbagai informasi terkait dengan produk maupun bisnis Anda. Keuntungannya tools ini mudah dilihat dan akan muncul setiap kali audiens membuka web sehingga mau tidak mau akan melihatnya.

4. Merchandise

Anda juga bisa mengandalkan pemberian tanda mata atau merchandise pada konsumen. Ini sangat bermanfaat sebagai promosi yang dapat bertahan lama dan juga disukai konsumen.

Sebagai contoh penggunaan marketing tools ini pada produk kopi A. Produsen kopi A memberikan hadiah berupa mug atau gelas kopi setiap pembelian tertentu. Gunanya, ketika konsumen memilikinya dan menggunakannya akan mengingat produk kopi A.

Dengan demikian, ketika hendak membeli kopi lagi pasti akan langsung teringat produk kopi A dan membelinya. Jadi berikan merchandise yang mampu mengingatkan konsumen pada produk Anda.

Mug kopi tadi hanya sebagai contoh, Anda bisa memberikan tanda mata lainnya, seperti gantungan kunci, notes, pulpen atau pensil, dan berbagai pilihan lainnya. Kuncinya adalah merchandise tersebut harus bisa mengingatkan ke produk Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Jasa Digital Marketing Terpercaya?

Dalam aktivitas pemasaran, pemanfaatan tools memang sangat umum dan wajar digunakan. Anda bisa menggunakan beberapa tools sekaligus untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun, pastikan untuk menguasai marketing tools tersebut sebelum menggunakannya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms