...

Strategi Optimasi, Manfaat dan Fungsi Fitur “People also ask”

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
People Also Ask

People also ask” (PAA) atau “Orang lain juga bertanya” merupakan salah satu fitur SERP yang disediakan oleh Google. Fitur ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan optimasi SEO pada konten yang Anda buat. Biasanya, fitur ini ditemukan pada sebuah kotak di halaman pencarian ketika Anda mencari topik tertentu. 

Konten yang tampil pada PAA merupakan hasil pemilihan langsung dari Google. Agar suatu konten bisa tampil di sana, tentunya ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Untuk mengetahui informasinya lebih dalam, mari ikuti informasi di bawah ini!

Fungsi dan Manfaat Fitur “People also ask

Kehadiran fitur PAA pada mesin pencari Google tentunya memiliki fungsi dan manfaat, baik bagi pengguna ataupun pembuat konten. Pengguna akan mendapatkan jawaban singkat dan relevan dari kata kunci yang mereka masukkan pada mesin pencari. Tidak hanya itu, ada manfaat lainnya yang didapatkan oleh pengguna, yaitu:

1. Membantu Pengguna Memahami Kata Kunci Pencarian

Fungsi pertama dari kotak “People also ask” yaitu membantu pengguna untuk memahami kata kunci yang dicari sudah sesuai atau belum. Pengguna dapat memperhatikan jawaban dan pertanyaan yang muncul pada kotak PAA, sudah sesuai dengan maksud pencarian atau belum. 

Bila konten yang muncul pada PAA belum sesuai, artinya kata kunci yang dimasukkan masih belum tepat untuk mendapatkan informasi yang dituju. Bila hal ini terjadi, pengguna bisa melakukan pencarian ulang menggunakan kata kunci yang lebih spesifik.

2. Mengundang Trafik Organik

Seperti yang diketahui, kotak PAA tidak hanya memberikan keuntungan bagi pengguna saja, tetapi juga bagi para pemilik website. Berkat fitur ini, situs website memiliki peluang besar untuk mendapatkan trafik organik dari suatu kata kunci. 

Pasalnya, pada kotak tersebut Google akan mencantumkan jawaban lengkap dengan situs web yang memuat jawaban alternatif. Hal ini memungkinkan audiens mencari lebih jauh dan mengunjungi situs tercantum. Selain itu, Anda bisa memadukannya dengan Cara Optimasi SEO On Page untuk Meningkatkan Ranking Website

3. Sumber Ide Baru

Bagi pemilik situs web, fitur PAA juga dapat dimanfaatkan untuk mendapat ide baru dari konten yang akan dibuat. Topik dan pertanyaan yang muncul pada PAA juga dapat menghasilkan konten yang lebih relevan sesuai kebutuhan audiens. Selain itu, konten pada PPA juga dapat digunakan sebagai subheading dalam sebuah konten.

Strategi Optimasi SEO Menggunakan Fitur “People also ask

Seperti yang sudah diketahui, fitur PAA pada SERP Google memiliki sejumlah manfaat dan fungsi. Untuk mengoptimalkan SEO menggunakan fitur PAA, berikut strategi yang dapat digunakan:

1. Gunakan Alat SEO yang Tepat 

Langkah pertama untuk mengoptimalkan fitur PAA yaitu dengan mengandalkan SEO tools yang tepat. Alat ini bisa digunakan untuk menganalisis kata kunci yang digunakan. Contoh SEO tools yang dapat digunakan yaitu Answer the Public atau Keyword Generator. 

Dua tools tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang sedang populer pada bidang yang ditekuni. Misalnya, Anda bisa mengetik kata kunci “toko sepatu” atau “jasa fotografer”. Selanjutnya, perhatikan apa yang muncul pada kotak PAA. 

Sementara itu, bila menggunakan WordPress, Anda bisa mengandalkan AIOSEO. Plugin ini memiliki banyak fitur canggih yang bisa membantu optimasi SEO melalui fitur PAA. Beberapa fitur yang ditawarkan yaitu statistik pencarian, AI title, link assistant, next-gen schema generator, dan masih banyak lagi.

2. Riset Kata Kunci

Riset kata kunci bisa dikatakan sebagai dasar dalam strategi SEO, termasuk optimasi PAA. Dalam hal ini, Anda bisa mengandalkan content marketing tools seperti Ahrefs, SEMrush, dan Google Keyword Planner.

Setelah Anda berhasil menemukan kata kunci yang relevan, temukan varian dari kata kunci tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah bila Anda menggunakan content marketing tools. 

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menemukan pertanyaan dan menentukan ranking di mesin pencari yaitu dengan mencari fokus kata kunci di Google lalu memeriksa PAA. 

Selain itu, cek juga saran pencarian yang ditampilkan oleh Google. Gabungkan pertanyaan dari PAA dan saran Google pada konten Anda untuk menghasilkan konten yang bernilai.

3. Buat Konten Berkualitas sesuai Target Audiens

Setelah berhasil menemukan kata kunci dan beberapa pertanyaan yang akan dijawab pada konten, Anda bisa langsung membuat konten. Buatlah konten yang unik dan dapat memberikan nilai bagi audiens. Hal ini dapat membantu meningkatkan rangking di mesin pencari. 

Untuk menentukan peringkat pada “People also ask” Anda perlu membuat konten yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang ada di kotak tersebut. Selain itu, pastikan jawaban yang diberikan singkat dan tepat sasaran. Hindari jawaban yang langsung fokus pada promosi atau penjualan. 

Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan Cara Optimasi SEO On Page untuk Meningkatkan Ranking Website. Cara tersebut juga bisa membantu meningkatkan kualitas konten yang dibuat.

4. Manfaatkan Skema FAQ

FAQ merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan SEO pada konten Anda. Skema ini juga memungkinkan konten Anda dapat tampil di kotak PAA. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyertakan FAQ pada konten yang dibuat. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat markup skema FAQ pada FAQ tersebut. Markup skema merupakan salah satu jenis bahasa data yang terstruktur dan biasa digunakan oleh mesin pencari untuk memahami konten pada halaman situs web

Hal ini memberikan cara standar agar bisa memberikan anotasi dan menandai elemen tertentu pada situs web. Misalnya, produk, acara, organisasi, ulasan, orang, dan masih banyak lagi.

Dalam hal rangking pada “People also ask”, Anda bisa memanfaatkan skema ini untuk menunjukkan pada mesin pencari bahwa konten yang Anda miliki mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pengguna. Hasilnya, Anda berpeluang lebih besar untuk tampil di kotak PAA.

5. Analisis Kompetitor

Hal yang tidak kalah penting dilakukan yaitu menganalisis kompetitor yang muncul di PAA. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk menemukan jenis konten yang akan dibuat. Anda bisa menemukan format konten, tema, hingga pertanyaan yang ada di kotak PAA. 

Untuk menganalisis kompetitor, Anda bisa mulai dari menulis kata kunci, lalu kunjungi salah satu konten yang muncul di PAA. Pelajari sebanyak-banyaknya pertanyaan dan jawaban yang muncul di PAA dengan memperhatikan dua poin, yaitu bagaimana pertanyaan disusun dan bagaimana jawabannya disusun. 

Anda juga bisa menganalisis konten kompetitor dengan cara mengelompokkan konten peringkat teratas lalu rekayasa. Periksalah kata kunci yang digunakan oleh pesaing dan gunakan kata kunci tersebut bila masih belum menemukan kata kunci yang dituju.

Demikian informasi lengkap mengenai fitur “People also ask” yang perlu Anda pahami untuk mengoptimasi SEO konten. Mulai dari fungsi dan manfaat hingga cara optimasi yang bisa dilakukan.

Namun, membaca informasi di atas saja tidak cukup untuk membuat strategi SEO Anda high performance. Anda bisa mengandalkan layanan SEO dari Dreambox untuk mengoptimalkan performa website. Temukan layanan lainnya yang cocok untuk website Anda dengan menghubungi kontak ini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms