...

10 Jurus Jitu Optimasi Local SEO ala Dreambox

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Local-seo-dreambox

Kompetisi bisnis di lingkup digital saat ini berjalan semakin ketat. Tentunya dibutuhkan strategi yang tepat agar potensi bisnis terus meningkat. Salah satunya lewat optimasi local SEO untuk menjangkau target lokal.

Dalam persaingan digital ini, penting sekali untuk memastikan bisnis Anda selalu muncul pada halaman pertama search engine. Tidak hanya lewat optimasi SEO dengan cakupan luas, namun Anda juga bisa fokus pada target lokal. 

Apa Itu Local SEO?

Ini merupakan sebuah teknik optimasi SEO yang dipakai untuk meningkatkan visibilitas sebuah bisnis lokal. Cara ini akan membantu bisnis Anda masuk ke halaman pertama pada mesin pencarian pengguna berdasarkan lokasi. 

Sebagai pengguna search engine, Anda pasti pernah melakukan pencarian sebuah bisnis berdasarkan lokasi. Misalnya saja ‘salon kuku Surabaya’. Kata kunci seperti ini dipakai untuk mencari lokasi bisnis lokal di lokasi tertentu. 

Melalui SEO lokal ini, algoritma Google akan menampilkan data pencairan sesuai area atau lokasi. Metode optimasi SEO dalam lingkup lokal ini ternyata bisa memberikan dampak begitu besar pada visibilitas sebuah bisnis. Terlebih lagi jika Anda menambahkan Strategi Seo Link Building, pasti akan lebih efektif di 2024. 

Jurus Jitu Menerapkan Local SEO

Di zaman digital ini, mayoritas orang akan melakukan pencarian lewat Google terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. Hal ini dilakukan terutama ketika mereka ingin membeli sesuatu atau ingin berkunjung ke suatu tempat. 

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa teknik SEO lokal akan sangat dibutuhkan. Berikut adalah 10 jurus jitu penerapan SEO lokal ala Dreambox yang bisa memberikan banyak manfaat bagi bisnis di era digital. 

1. Manfaatkan Google My Business

Pertama-tama, pastikan bisnis Anda memanfaatkan Google My Business. Jika bisnis Anda belum menggunakan fitur ini maka segera buat akun dan selesaikan verifikasi secepatnya. 

Namun bagi Anda yang sudah memakai Google My Business, silakan periksa kembali kelengkapan profil. Pastikan profil bisnis sudah lengkap dan menampilkan informasi yang memadai bagi pengguna internet. 

Jika bisnis Anda memiliki data atau informasi yang lengkap di Google My Business, maka akan lebih mudah untuk dideteksi oleh Google. Bisnis Anda juga lebih mudah muncul di Google Maps atau Google Search sehingga visibilitasnya juga meningkat. Tak perlu bingung untuk membuat bisnis Anda berada di Google My Business, pelajari bersama Dreambox terkait Tutorial Google Bisnisku dan 3 Manfaat Utamanya.

2. Dapatkan Local Citations yang Relevan

Pastikan bisnis Anda memperoleh lebih banyak local citations yang relevan. Secara mudah, ini merupakan intensitas penyebutan bisnis Anda di platform lain. Misalnya saja di website atau media sosial milik bisnis lokal yang lain. 

Dalam hal ini, informasi yang disampaikan mengenai bisnis Anda seharusnya cukup detail. Mulai dari nama bisnis, alamat, hingga nomor telepon bisnis yang bisa dihubungi.  Hal in tentunya dapat meningkatkan organic traffic website.

Namun perlu diketahui bahwa Google akan memberi penilaian lebih jika bisnis Anda disebutkan oleh sumber-sumber yang tepercaya. Oleh sebab itu pastikan untuk mendapatkan local citations yang relevan dan benar-benar kredibel. 

3. Kelola Ulasan Online dari Pelanggan

Trik jitu lainnya yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan local SEO pada bisnis Anda adalah kelola ulasan online sebaik mungkin. Review atau ulasan dari pelanggan merupakan faktor penting yang akan membentuk kepercayaan atau kredibilitas bisnis. 

Jika bisnis Anda sudah menggunakan Google My Business dan sudah mendapatkan banyak review, maka kelola sebaik mungkin. Berikan respon kepada konsumen yang memberi review agar terbentuk kredibilitas yang lebih kuat. Hal tersebut membantu Anda mendapatkan brand loyalty untuk produk bisnis milik Anda.

4. Ciptakan Konten-konten Lokal

Anda juga bisa menciptakan konten-konten lokal yang menarik dan berhubungan erat dengan bisnis Anda. Misalnya saja Anda menjalankan bisnis kuliner di sebuah daerah maka Anda bisa mencoba membuat konten yang berkaitan dengan budaya di daerah tersebut. 

Konten yang relevan akan sangat efektif dipakai untuk mengoptimalkan performa sebuah bisnis di platform digital. Cobalah untuk mencari tren apa yang sedang berlangsung di masyarakat di lokasi Anda berada dan angkat menjadi konten. Untuk membuat kontel lokal yang terstruktur, Anda bisa memperlajari Content Pillar Semua Social Media.

5. Terapkan NAP yang Konsisten

Mungkin terdengar sepele, namun penerapan NAP yang konsisten sangatlah penting. NAP itu sendiri terdiri dari nama, alamat, serta nomor telepon bisnis. Informasi bisnis yang konsisten akan meningkatkan performa pencarian lokal di search engine. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar bisa memenangkan algoritma Google. 

Terapkan NAP secara konsisten di beragam jenis platform. Informasi yang ada di Google My Business juga harus sama pada platform digital lain. Termasuk pada berbagai jenis media sosial yang dipakai oleh bisnis Anda. 

6. Targetkan Keyword Lokal

Cobalah untuk menargetkan keyword lokal agar bisa mengoptimalkan local SEO. Pemakaian keyword memiliki peran penting dalam meningkatkan peringkat sebuah bisnis di search engine. Jadi Anda tetap harus melakukan riset dan lebih fokus pada jenis keyword lokal. 

Dalam hal ini Anda bisa memakai Google Keyword Planner yang menargetkan local keywords secara spesifik. Lakukan riset secara cermat dan gunakan juga Google Trends untuk mengecek apakah keyword tersebut masih cukup banyak dicari atau tidak. 

7. Gunakan Website yang Mobile-Friendly

Penting sekali untuk memberi kemudahan kepada pengguna internet agar bisa mengakses website bisnis Anda. Itulah mengapa sangat direkomendasikan untuk memakai website yang mobile-friendly

Artinya, website bisnis Anda lebih adaptif untuk beragam jenis ukuran layar termasuk perangkat mobile seperti smartphone. Tidak hanya mempermudah pengguna internet, hal semacam ini juga lebih disukai oleh mesin pencarian Google. 

8. Prioritaskan Backlink Lokal

Backlink juga menjadi faktor penting yang akan membantu meningkatkan performa website bisnis Anda di mesin pencari. Backlink ini merupakan link dari website lain ke website bisnis Anda. Pastikan link tersebut berasal dari website yang tepercaya dan cobalah untuk mengutamakan backlink lokal. 

9. Lakukan Optimasi On-page SEO

Dalam strategi local SEO ini Anda tetap harus melakukan optimasi on-page SEO. Tujuannya yaitu untuk mempermudah mesin pencari dalam mengidentifikasi dan menilai konten serta relevansi website dengan keyword yang ada.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Mulai dari pemakaian judul yang menarik, penggunaan heading dan subheading pada konten, serta penambahan meta tags. Dalam hal ini Anda bisa memakai Google Webmaster Tools untuk memeriksa apakah website bisnis Anda sudah diindeks dengan benar atau belum. 

10. Lakukan Audit Performa Website

Jurus terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mengaudit performa website. SEO merupakan sebuah teknik yang sifatnya berkelanjutan. Jadi tidak bisa dilakukan dalam satu waktu saja dan Anda perlu melakukan evaluasi atau audit secara berkala. 

Itulah mengapa penting sekali untuk memeriksa performa website Anda. Cari tahu apakah informasi pada Google My Business sudah akurat atau belum. Lihat peringkat website untuk melihat on-page sudah optimal atau belum. 

Optimasi local SEO ini jika dilakukan dengan tepat bisa meningkatkan minat pelanggan lokal dan mengoptimalkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan layanan SEO dari Dreambox agar strategi optimasi bisa memberi hasil maksimal. Langsung saja klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim Dreambox!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms