Tutorial Google Bisnisku dan 3 Manfaat Utamanya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Google-Bisnisku-dreambox

Dalam era digital yang semakin berkembang, keberadaan bisnis online menjadi kunci kesuksesan. Salah satu alat yang sangat berguna dalam meningkatkan visibilitas bisnis secara lokal adalah Google Bisnisku. 

Platform ini sangat populer di kalangan pebisnis lokal. Untuk itu, pada artikel akan dijelaskan langkah-langkah dalam menggunakannya, serta mengidentifikasi tiga manfaat utamanya bagi pemilik bisnis. Gabungkan Google bisnisku dengan Iklan Pay Per Click agar pemasaran Anda lebih maksimal.

Mengenal Google Bisnisku

Google Profil Bisnis adalah platform yang dikeluarkan oleh Google untuk membantu pemilik bisnis mengelola dan meningkatkan kehadiran online mereka. Dengan platform Google ini, bisnis dapat menampilkan informasi terkini mereka di Google Search dan Google Maps, membantu pelanggan potensial menemukan mereka dengan lebih mudah. 

Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk iklan. Sebab, akses Google ini gratis. Meskipun, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan supaya halaman bisnis Anda dapat tampil di pencarian pertama.

Persiapan Sebelum Membuat Google Bisnisku

Sebelum membuat akun Google Profil Bisnis, Anda harus menyiapkan beberapa hal. Supaya ketika mendaftar, Anda tinggal memasukkan kelengkapan tersebut. Berikut ini persiapannya:

1. Pahami Kebijakan dan Pedoman

Sebelum membuat akun, luangkan waktu untuk membaca dan memahami kebijakan dan pedoman yang berlaku. Ini termasuk aturan terkait konten yang diizinkan, frekuensi pembaruan, dan praktik-praktik terbaik. Memahami hal ini akan membantu Anda menjaga konsistensi dan kualitas informasi bisnis di Google.

2. Kumpulkan Informasi Bisnis Anda

Sebelum memulai proses pendaftaran, pastikan Anda memiliki informasi bisnis yang lengkap. Ini mencakup nama bisnis, alamat lengkap, nomor telepon, jam operasional, dan deskripsi singkat tentang bisnis Anda. Pastikan informasi ini akurat dan terkini, karena akan muncul di hasil pencarian Google. Pahami juga SEO Service untuk memunculkan bisnis Anda di halaman utama Google. 

3. Pastikan Nama dan Lokasi Tidak Ganda

Anda juga harus memastikan jika identitas bisnis Anda tidak ganda di Google. Sebab, beberapa bisnis biasanya telah terdaftar, meski Anda tidak merasa mendaftarkannya. Bisa karena didaftarkan orang lain, atau hanya kesamaan nama saja dengan profil bisnis lain.

4. Persiapkan Foto Bisnis Berkualitas Tinggi

Foto bisnis yang menarik dan berkualitas tinggi dapat memberikan kesan positif kepada calon pelanggan. Sertakan beberapa foto yang mencerminkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Misalnya, foto dari luar dan dalam toko, produk unggulan, atau tim Anda. Pentingnya Elemen Visual dalam bisnis Anda, akan membantu memaksimalkan kampanye pemasaran bisnis Anda. 

5. Siapkan Informasi Verifikasi

Google Profile Bisnis memerlukan verifikasi untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik atau perwakilan sah bisnis tersebut. Persiapkan dokumen atau informasi yang mungkin diperlukan untuk proses verifikasi, seperti dokumen kepemilikan bisnis atau nomor telepon yang dapat dihubungi.

Langkah-langkah dalam Menggunakan Google Bisnisku

Setelah melengkapi persiapan, berikut ini langkah dalam membuat akun Google Profil Bisnis. Berikut selengkapnya:

1. Buat Akun Google Profile Bisnis

login-gmb

Kunjungi situs web Google Profil Bisnis dan klik tombol “Coba Gratis” atau “Daftar Sekarang.” Ikuti proses pendaftaran dengan memasukkan informasi bisnis Anda, termasuk nama bisnis dan alamat email.

Apabila Anda belum memiliki alamat email, sebaiknya buat terlebih dahulu. Catat dengan baik terkait password dan lain sebagainya supaya tidak lupa.

Apabila nama bisnis telah tersedia, Anda dapat meminta kepemilikan Profil Bisnis kepada orang yang menggunakannya. Hal ini bisa Anda lakukan sesuai prosedur, dengan dilengkapi dokumen kepemilikan Anda.

2. Atur Profil Bisnis

atur-profil-google-bisnis

Setelah membuat akun, masuk ke dashboard Google Profil Bisnis. Lengkapi profil bisnis Anda dengan informasi yang relevan, seperti alamat, nomor telepon, jam operasional, dan deskripsi singkat tentang bisnis Anda.

Apabila Anda memiliki bisnis offline dengan staf, maka cantumkan lokasi fisik dan posisikan pada peta. Namun jika tidak, Anda dapat klik tidak.

3. Tentukan Jenis Bisnis Anda

Pilih-jenis-bisnis-google

Anda dapat mendaftar ke Profil Bisnis Google selama Anda menjual langsung ke pelanggan secara online, memiliki lokasi fisik, atau menyediakan layanan secara langsung kepada pelanggan. Anda dapat memilih semua opsi yang berlaku untuk Anda.

3. Verifikasi Bisnis Anda

Verifikasi-google bisnis

Setelah semuanya telah terisi, maka Anda dapat klik Selesai. Google memerlukan verifikasi untuk memastikan keabsahan informasi bisnis. Pilih metode verifikasi yang paling sesuai dengan Anda. Seperti melalui surat pos atau panggilan telepon.

Apabila Anda akan melakukan verifikasi langsung, maka temukan banner yang ada pada kolom, dan klik Verifikasi Sekarang. Namun jika Anda masih akan melakukan verifikasi nanti, maka klik Nanti.

4. Kelola Ulasan dan Penilaian

Apabila proses verifikasi telah rampung, gunakan fitur ulasan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Arahkan pelanggan untuk memberikan penilaian terhadap akun bisnis Anda. Berikan tanggapan positif atau selesaikan masalah jika ada keluhan dari pelanggan.

Semakin banyak ulasan dan penilaian, atau interaksi melalui akun bisnis Anda, maka semakin tinggi peluang profil bisnis Anda sering muncul di Google. Untuk itu, usahakan pengelolaannya semaksimal mungkin. 

5. Posting Berita atau Penawaran

Gunakan fitur posting untuk membagikan berita terkini, penawaran, atau acara bisnis. Ini membantu menjaga interaktivitas dan minat pelanggan terhadap bisnis Anda. Sebaiknya lakukan hal ini secara berkala.

Manfaat Utama Google Bisnisku

Sementara itu, ada tiga manfaat utama dari Google Profil Bisnis. Antara lain:

1. Peningkatan Visibilitas Lokal

Google Profil Bisnis memungkinkan bisnis Anda muncul di hasil pencarian lokal dan Google Maps. Ini memberikan pelanggan potensial akses yang lebih mudah untuk menemukan dan menghubungi bisnis Anda.

Anda dapat mengurangi cost marketing melalui platform ini. Sebab hanya dengan melakukan pencarian di Google, calon pelanggan potensial sudah bisa menemukan bisnis Anda. Anda bisa melihat 5 Strategi dan 5 Contoh Brand Awareness yang Tepat sebagai referensi Anda.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan penjualan. Meski tidak signifikan, tapi kemudahan pencarian bisnis Anda di internet membuka peluang penjualan. Setidaknya ada kemungkinan hingga 50% pelanggan melakukan pembelian dengan melihat Google Bisnisku.

2. Interaksi Lebih Baik dengan Pelanggan

Fitur ulasan dan posting memungkinkan pemilik bisnis berinteraksi langsung dengan pelanggan. Respon terhadap ulasan dan berbagi konten terkini membantu membangun hubungan positif dengan pelanggan.

Namun patut diingat, Anda harus aktif memberikan balasan terhadap pelanggan yang memberikan ulasan. Baik ulasan positif maupun ulasan negatif.

Keberadaan Google Profil Bisnis membantu Anda meningkatkan kepercayaan pelanggan. Apalagi di tengah banyaknya penipuan yang berkedok bisnis. Maka kepercayaan pelanggan jadi hal yang besar untuk bisnis Anda.

Penyebabnya karena cara buat Google Profil Bisnis juga tidak mudah. Ada proses verifikasi yang membutuhkan dokumen bisnis untuk meyakinkan platform. Jika bisnis tersebut benar atau hanya penipuan saja.

3. Pemantauan Kinerja yang Lebih Baik

Analisis kinerja Google Profil Bisnis memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana bisnis Anda tampil di internet. Statistik kunjungan, ulasan, dan interaksi pelanggan membantu Anda memahami efektivitas strategi pemasaran Anda.

Anda tidak perlu melakukan pemantauan secara manual apabila memiliki tools ini. Apalagi jika Anda telah aktif melakukan pengelolaan akun. Maka analitik pada Google Profil Bisnis jadi semakin terlihat jelas.

Dreambox: Solusi Digital Marketing untuk Maksimalkan Bisnis Anda

Google Profile Bisnis adalah alat yang sangat berguna bagi pemilik bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas secara online. Dengan langkah-langkah yang mudah diikuti dan fitur-fitur yang intuitif, platform ini membantu menciptakan koneksi yang lebih kuat antara bisnis dan pelanggan. 

Tingkatkan visibilitas online dan jangkau lebih banyak pelanggan dengan Google Bisnisku. Dreambox hadir membantu Anda mengelola dan mengoptimalkan profil Google Bisnisku dengan layanan digital marketing yang terdepan. Mulai tingkatkan bisnis Anda dengan Google Bisnisku dan Dreambox! Hubungi kami untuk mendapatkan detail lebih lanjut tentang layanan kami.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms