...

Mengupas Tuntas seputar Iklan Pay Per Click

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
pay per click dbx

Kembangkan Bisnis Anda dengan Iklan Pay Per Click

Iklan Pay Per Click, atau PPC, menjadi metode pemasaran yang marak digunakan oleh berbagai perusahaan. Sebab, PPC membantu bisnis meningkatkan konversi, menambah traffic, serta menjangkau audiens lebih luas.

Biaya yang harus Anda keluarkan pun lebih terukur sebab dihitung setiap ada yang klik iklan Anda. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin bisnisnya lebih berkembang wajib mengupas tuntas tentang PPC melalui pembahasan yang lengkap, mulai dari pengertian PPC hingga plus minusnya berikut ini. Anda juga bisa mengetahui perbedaan dari iklan PPC dengan PTC

Definisi Pay Per Click

PPC merupakan jenis iklan yang metodenya sesuai dengan namanya, yakni Anda akan membayar per setiap klik dari pengguna. Metode iklan PPC banyak diandalkan oleh perusahaan sebagai cara menambah traffic ke website, serta menjangkau audiens lebih jauh dengan platform seperti Google Ads.

Untuk mencapai tujuan menambah traffic website, PPC umumnya akan dioptimalkan dengan SEO. Anda bisa memilih aspek seperti kata kunci, lokasi, hingga demografi audiens. Itulah mengapa, PPC efektif ketika Anda ingin menargetkan audiens tertentu maupun meningkatkan konversi.

Model Bisnis Pay Per Click

Metode PPC menerapkan model bisnis berupa pemasaran online, dengan bayaran yang dikeluarkan oleh pengiklan dihitung setiap ada pengguna yang klik iklannya. Sebagai pengiklan, Anda berhak memasukkan iklan pada berbagai platform, seperti mesin pencari sampai dengan media sosial.

Model bisnis PPC dirasa efektif ketika Anda ingin memasarkan produk maupun layanan yang spesifik. Sebab, iklan akan ditampilkan hanya pada audiens yang tertarik dan sedang mencari kata kunci atau topik tertentu. Hasil iklan pun lebih terjamin karena mengutamakan unsur spesifik tersebut. Sehingga keuntungan dari pay per click dapat menigkatkan penjualan Anda. 

Cara Kerja Pay Per Click

Untuk memahami bagaimana PPC berjalan, berikut cara kerjanya:

1. Menentukan Kata Kunci 

Anda harus memilih dan menentukan kata kunci yang relevan dan tepat untuk bisnis Anda. Ini ditujukan agar kinerja PPC optimal karena sesuai target marketnya.

2. Menentukan Target Jangkauan

Setelah selesai menentukan kata kunci atau keyword, selanjutnya Anda bisa menentukan audiens yang ingin Anda jangkau melalui iklan PPC. Sesuaikan target dengan kata kunci. 

Lebih jelasnya, sebagai contoh pada keyword telur organik, maka atur agar iklan menjangkau audiens dengan minat sayur dan buah organik. 

3. Menentukan Budget Iklan

Anda perlu mengatur dan menentukan besaran budget agar iklan dapat posisi terbaik dan sering dimunculkan. Jadi, sepakati dengan jelas agar implementasi iklan PPC berjalan dengan lancar.

4. Memproduksi Iklan yang Menarik

Langkah ini merupakan hasil dari penentuan model iklan dan besaran budget sebelumnya. Sebagai contoh, Anda bisa membuat iklan PPC full screen pada media sosial, dengan iklan berbentuk video singkat di mesin pencari.

Jenis-Jenis Iklan PPC

Umumnya, jenis iklan Pay Per Click berikut ini cukup sering digunakan di kalangan pebisnis.

1. Search Ads

Jenis pertama adalah Search Ads, yang akan Anda temukan pada mesin pencari seperti di Google hingga Bing. 

Visual iklan jenis ini hanya beberapa paragraf teks dengan simbol ‘Ad’, yang berarti Ads atau Advertisement. Membuat iklan PPC jenis ini tidak sulit, Anda harus siap punya 3 kata kunci atau lebih, melakukan penawaran harga untuk posisi iklan, hingga akhirnya iklan siap tampil.

2. Display Ads

Jenis ini akan menampilkan iklan pada website atau platform lain, contohnya aplikasi mobile. Bentuk iklan dapat berupa banner, atau terlihat seperti video atau gambar.

3. Social Ads

Jenis terakhir adalah social ads, yakni iklan PPC yang penempatannya pada media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, hingga Twitter. Iklan akan ditargetkan pada audiens sesuai minat, demografi, hingga lokasi.

Bentuk social ads dapat berupa foto, video, maupun kombinasi foto dan video.

Manfaat PPC

Apabila Anda menggunakan metode iklan PPC, berikut manfaat yang akan Anda dapatkan dan tujuan menggunakan iklan PPC:

1. Traffic Naik dengan Cepat

Anda bisa mengalami kenaikan traffic yang cenderung lebih cepat, karena pengguna mesin pencari selalu melakukan pencarian informasi setiap hari. 

2.  Menjangkau Audiens yang Tepat

Selanjutnya, PPC dapat membantu Anda menjangkau target audiens yang tepat dan sesuai keinginan. Iklan dapat diatur secara spesifik untuk mengoptimalkan efektivitas iklan sesuai kebutuhan.

3. Tidak Dipengaruhi Algoritma

Satu lagi manfaat PPC yang menguntungkan Anda, yakni iklan tidak terdampak akan algoritma mesin pencari yang dinamis dan berubah-ubah. Jadi, iklan Anda pasti selalu sampai ke target audiens. 

Cara Pembuatan PPC

Untuk membuat iklan PPC, berikut langkah-langkahnya:

1. Memilih Keyword

Pilihlah keyword yang relevan dengan bisnis Anda, lalu masukkan Ad Groups sehingga iklan akan muncul ketika pengguna mencari istilah yang serupa di mesin pencari.

2. Menentukan Budget

Anda bisa menentukan total budget per bulan untuk iklan PPC. Apabila budget lancar, maka iklan akan lebih mudah menyesuaikan dengan target audiens dan menambah traffic website.

3. Memproduksi Konten

Konten iklan perlu berisi keyword, nilai unik bisnis Anda, serta CTA (Call To Action) agar audiens mengunjungi website Anda. 

4. Membuat Landing Page

Setelah klik iklan, pengguna akan sampai ke landing page. Maka dari itu, buatlah landing page dengan menarik dan sesuai iklannya. Ada banyak jasa membuat landing page yang bisa anda manfaatkan, namun anda juga bisa mencoba membuat landing page sendiri dengan mudah.

Tips Pengelolaan PPC

Anda bisa menerapkan tips di bawah ini agar PPC lebih maksimal:

1. Update Landing Page dengan Rutin

Anda perlu update landing page secara berkala setiap ada informasi baru terkait bisnis yang dipromosikan. Jadi, iklan tidak out of date dan Anda selalu tahu perkembangan hasil campaign.

2. Latihan Strategi Pemasaran

Analisa pengunjung website dengan terus latihan tentang strategi marketing. Jangan lupa coba strategi berbeda hingga akhirnya menemukan yang cocok dengan bisnis Anda.

Tips Optimasi PPC

Optimalkan iklan Pay Per Click Anda dengan tips berikut ini:

  • Riset mendalam keyword yang agar menemukan yang terbaik untuk digunakan dalam iklan
  • Sesuaikan konten iklan dengan target audiens, seperti misalnya video singkat di Tiktok untuk anak muda
  • Optimalkan landing page dengan desain UI/UX yang menarik
  • Pantau dan ukur performa iklan PPC secara berkala agar tahu apakah Anda untung atau rugi

Plus dan Minus PPC

Jika Anda tertarik untuk beriklan dengan PPC, berikut kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

1. Kelebihan Iklan PPC

  • Bisa menjangkau target audiens yang sesuai dan tepat
  • Memberikan informasi performa iklan yang lengkap dan akurat
  • Bisa lebih fleksibel dalam urusan budget iklan
  • Hasil iklan terukur dan relatif cepat capaian targetnya
  • Analisa performa dan hasil iklan mudah dianalisa untuk modal iklan selanjutnya yang lebih optimal
  • Membantu SEO dan marketing di media sosial lebih efektif serta efisien

2. Kekurangan Iklan PPC

  • Keyword yang kompetitif butuh biaya yang tinggi
  • Persaingan iklan cukup ketat, khususnya bila budget terbatas
  • Bisa menjadi tantangan untuk bisnis kecil yang terbatas sumber dayanya
  • Iklan bisa diblokir audiens
  • Cukup butuh waktu agar iklan berhasil

Semoga setelah memahami tentang iklan Pay Per Click, Anda bisa mengalokasikan budget untuk PPC agar menambah traffic. Anda pun bisa bekerja sama dengan Dreambox, yang menyediakan Layanan Digital Marketing.

Iklan PPC bisnis Anda akan dikelola secara komprehensif oleh tim marketing yang handal. Untuk konsultasi lebih lanjut, hubungi kami agar traffic Anda melejit lewat PPC yang efektif!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms