7 Strategi Seo Link Building (Prediksi) Efektif Di 2024

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
seo-link-building-dreambox

SEO Link Building: Hindari Pelanggaran Google

SEO link building merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk membantu sebuah website bisa muncul di posisi teratas pada hasil pencarian. Dalam hal ini, Anda tidak boleh melakukannya dengan cara yang sembarangan. 

Perlu diketahui bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemilik website agar link building-nya berhasil. Selain itu, ada juga beberapa hal yang perlu dihindari agar tidak terkena pelanggaran dari Google. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini. Ketahui juga 8 Tipe dan Cara Kerja Anchor Text yang Perlu Ketahui untuk memaksimalkan kinerja SEO link building Anda. 

7 SEO Link Building Teknik yang Bisa Diterapkan di 2024

Untuk dapat bersaing di tahun 2024, ada beberapa teknik link building yang bisa diterapkan pada SEO. Beberapa teknik ini mencakup riset kata kunci hingga memanfaatkan sosial media. Berikut beberapa teknik link building 2024 yang bisa dicoba:

1. Mulailah Riset Kata Kunci 

Langkah pertama untuk membangun tautan yang berkualitas adalah dengan melakukan riset kata kunci. Anda perlu mengetahui kata kunci apa yang relevan dengan situs web yang dimiliki dan memiliki potensi untuk meningkatkan trafik.

Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci. Salah satu tools gratis yang populer digunakan adalah Google Keyword Planner. Alat ini dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dengan situs web dan memiliki volume pencarian yang tinggi. Jika Anda memiliki budget pastikan untuk memilih antara Semrush atau Ahrefs. 

Setelah memiliki daftar kata kunci yang relevan, Anda dapat mulai mencari situs web lain yang menargetkan kata kunci tersebut. Pahami juga cara SEO keyword research yang baik untuk hasil yang lebih optimal. 

2. Perbaiki Link yang Rusak

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan tautan adalah dengan memperbaiki link yang rusak di situs web lain. Link yang rusak adalah link yang mengarah ke halaman yang tidak ada lagi.

Anda dapat menggunakan alat seperti Google Search Console untuk menemukan link yang rusak ke situs web Anda. Untuk memperbaiki link yang rusak, Anda dapat menghubungi pemilik situs web dan meminta mereka untuk memperbarui tautan tersebut. Anda juga bisa menggunakan tool SEO audit seperti Screaming Frog untuk menganalisa mana link yang rusak. 

3. Riset SEO Link Building Competitor

Lihatlah bagaimana kompetitor Anda membuat link building. Apa strategi yang mereka gunakan? Dari mana mereka mendapatkan tautan?

Dengan mempelajari strategi pesaing, Anda dapat mendapatkan ide untuk membangun tautan ke situs web Anda sendiri. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan SEO tools untuk melihat tautan yang mengarah ke situs web pesaing. 

4. Gunakan Kata Kunci Pada Anchor Text

Anchor text adalah teks yang digunakan untuk menyematkan link menuju situs web lain. Anchor text yang relevan dengan kata kunci target dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian.

Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan kata kunci di anchor text. Jangan terlalu berlebihan, karena Google dapat menganggapnya sebagai spam.

Misalnya, jika kata kunci target Anda adalah “jasa desain grafis”, Anda dapat menggunakan anchor text seperti “jasa desain grafis terbaik”, “jasa desain grafis profesional”, atau “jasa desain grafis murah”.

5. Coba Gunakan Taktik Reklamasi SEO Link Building

Jika Anda memiliki tautan dari situs web berkualitas yang telah dihapus, Anda dapat mencoba untuk mendapatkan tautan tersebut kembali. Caranya, Anda bisa menghubungi pemilik situs web dan meminta mereka untuk mengembalikan tautan tersebut.

Anda juga dapat mencoba untuk memperbaiki masalah yang menyebabkan tautan tersebut dihapus. Misalnya, jika tautan tersebut dihapus karena halaman yang ditautkan tidak ada lagi, Anda dapat membuat halaman baru dengan konten yang relevan.

6. Tambahkan Infografis dan Tautkan Link

Infografis adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian dan memberikan informasi yang bermanfaat. Anda dapat menambahkan tautan ke situs web di infografis tersebut.

Misalnya, Anda dapat membuat infografis tentang cara menggunakan produk atau layanan. Selanjutnya, Anda dapat membagikan infografis tersebut di situs web atau media sosial.

7. Gunakan Social Media

Social media adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan audiens dan membangun link building. Anda dapat menggunakan social media untuk berbagi konten berkualitas, termasuk tautan ke laman website.

Misalnya, Anda dapat membuat posting di media sosial tentang artikel terbaru yang baru saja di publish di website. Anda juga dapat mengadakan kontes atau giveaway untuk mempromosikan situs website Anda. Penting juga untuk memahami sosial media manajemen agar membantu dalam bisnis Anda.

5 Taktik SEO Link Building yang Perlu Dihindari

Selain beberapa hal di atas, ada juga taktik yang perlu Anda hindari ketika membangun tautan di website. Anda bisa melihatnya di bawah ini:

1. Membeli Tautan Link

Hal pertama yang tidak boleh Anda lakukan yaitu membeli link tautan. Mungkin Anda berpikir bahwa lebih banyak tautan akan berdampak baik pada website. Namun, ketika Anda membeli tautan link dari orang lain bisa mendapat sanksi dari Google.

Tentunya hal ini bisa berimbas pada website yang Anda miliki. Website akan terkena pelanggaran dan bisa saja ditutup oleh Google. Oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk membeli tautan link dalam membangun SEO link building.

2. Menyuap Orang Lain untuk Mendapat Tautan

Salah satu taktik link building yang paling berbahaya adalah menyuap orang lain untuk mendapatkan tautan. Taktik ini dapat dianggap sebagai pelanggaran pedoman Google dan dapat mengakibatkan situs web Anda dihukum.

Google memiliki pedoman yang jelas tentang apa yang dianggap sebagai tautan yang alami dan berkualitas. Tautan yang alami adalah tautan yang diperoleh secara organik, tanpa ada imbalan atau paksaan. Tautan yang berkualitas adalah tautan yang berasal dari situs web yang relevan dan memiliki otoritas tinggi.

Jika Anda menyuap orang lain untuk mendapatkan tautan, Google akan menganggap tautan tersebut sebagai tautan yang tidak alami dan berkualitas rendah. Hal ini dapat mengakibatkan peringkat situs web Anda turun di mesin pencari. Maka dari itu penting untuk mengetahui strategi meningkatkan organik trafik website

3. Spamming Link dalam Kolom Komentar

Taktik link building lainnya yang perlu dihindari adalah spamming link dalam kolom komentar. Spamming link adalah tindakan menautkan situs web Anda secara berlebihan di kolom komentar situs web lain.

Spamming link dapat mengakibatkan situs web Anda diblokir dari situs web lain. Selain itu, spamming link juga dapat dianggap sebagai pelanggaran pedoman Google dan dapat mengakibatkan peringkat situs web Anda turun di mesin pencari.

4. Skema tautan

Praktik ini merupakan strategi link building yang memeliki kesan negatif du pembuatan tautan buatan secara sengaja untuk meningkatkan peringkat situs web. Skema tautan ini biasanya melibatkan pembuatan tautan dari situs web palsu atau situs web yang tidak relevan. Google dapat dengan mudah mendeteksi skema tautan ini, dan situs web Anda akan dihukum jika ketahuan melakukannya.

5. Redirect yang menyesatkan

Redirect yang menyesatkan berati praktik link building yang sepenuhnya melibatkan penggunaan redirect untuk mengarahkan lalu lintas dari situs web lain ke situs web Anda. Strategi link building ini dapat mengganggu user experience dan dapat dianggap sebagai bentuk spam oleh Google.

Penutup

Jika Anda ingin mendapatkan tautan dari situs web lain, sebaiknya lakukan dengan cara yang alami dan berkualitas. Anda dapat menulis artikel berkualitas dan mengirimkannya ke situs web lain yang relevan. Anda juga dapat berpartisipasi dalam forum online dan membagikan tautan situs web secara alami.

Demikian informasi mengenai strategi SEO link building yang bisa Anda lakukan di tahun 2024. Hindari hal-hal yang melanggar pedoman Google agar website yang Anda bangun bisa mendapat kepercayaan lebih dari Google dan direkomendasikan di posisi teratas pada halaman pencarian. 

Temukan informasi menarik lainnya tentang SEO dengan mengakses layanan seo dari Dreambox. Layanan ini dapat membantu meningkatkan kredibilitas website Anda, melalui penyesuaian on-page SEO, off-page SEO, ataupun technical SEO. Anda bisa memesan layanan ini melalui kontak kami.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms