...

Bagaimana Cara SEO Keyword Research?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
seo-keyword-research-dreambox

Memilih SEO keyword dengan tepat dapat meningkatkan traffic website Anda.

SEO keyword merupakan hal yang wajib dipelajari tatkala ingin menaikkan peringkat website di mesin pencari seperti Google. Akan lebih baik jika mempelajari seluruhnya, mulai dari pengertian hingga tips mencarinya.

Membuat konten di website sendiri memang sangat berbeda dengan menulis artikel biasa. Adanya keyword mungkin terkesan sepele bagi sebagian orang. Namun, hal tersebut sangat menentukan popularitas suatu situs.

Jika mengamati situs populer, Anda pasti akan menemukan adanya keyword pada kontennya. Kata kuncinya sendiri juga cukup populer sehingga membuat situs mampu meraih posisi tinggi dalam SERP.

Baca Juga: Begini Cara SEO Mempromosikan Bisnis Anda!

Apa Itu Keyword SEO?

Ketika ingin belajar mengenai Search Engine Optimization, maka kenali dahulu apa itu SEO keyword. Karena hal ini mempunyai peran yang begitu penting, jangan sampai mengabaikan penggunaannya.

Anda wajib tahu, jika Search Engine Optimization tidak akan optimal tanpa penggunaan kata kunci. Jadi, mari memulainya dengan mempelajari definisi terlebih dahulu.

Keyword atau kata kunci ialah ide dan topik yang mendefinisikan suatu konten. Biasanya berupa kata atau kalimat yang digunakan oleh para pengguna internet untuk mencari informasi di Google atau Search Engine lainnya.

Terkadang, SEO keyword juga disebut dengan “search query”. Namun, mungkin Anda jarang menemukan istilah tersebut. Jadi, tidak wajib menghapalkan istilah “search query” ini.

Tatkala Anda menciptakan konten di mana memuat keyword yang cocok dengan pencarian pada pengguna internet. Maka konten akan mempunyai kesempatan meraih posisi tinggi dalam Search Engine Result Page atau SERP.

Jadi, ketika membuat konten tidak bisa langsung memutuskan kata kunci secara sembarangan. Perlu melakukan penelitian mengenai kata kunci yang populer digunakan oleh para pengguna internet.

Search Engine Optimization sendiri sangat umum dipilih sebagai strategi pemasaran online di zaman digital seperti sekarang. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis, maka sangat tepat untuk mempelajari SEO keyword.

Penerapan kata kunci yang tepat akan meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan website. Hal ini akan membantu meningkatkan peluang penjualan produk atau jasa pada suatu bisnis. 

Apa Saja Fungsi Keyword?

SEO keyword mempunyai beragam fungsi dalam pembuatan konten. Anda bisa menyimak beberapa fungsinya di bawah ini. Jadi, akan lebih yakin untuk memasukkan kata kunci yang tepat ketika membuat konten.

1. Tampil di Halaman Pertama SERP

Salah satu penggunaan kata kunci ialah menjadikan konten tampil di halaman pertama hasil pencarian search engine. Tentu setiap pemilik website ingin posisinya berada di halaman pertama, bukan halaman selanjutnya apalagi halaman paling akhir.

2. Meningkatkan Traffic

Fungsi lainnya mampu meningkatkan traffic ke konten yang Anda buat. Tentu setiap pembuat konten ingin traffic yang tinggi. Jadi, wajib memperhatikan kata kunci yang dipakai.

3. Menghubungkan Konten dengan Audiens

Anda perlu menyediakan konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Penggunaan kata kunci bisa menjadi penghubung antara konten Anda dengan audiens. Mereka dapat menemukan informasi yang diperlukan dalam situs Anda.

4. Memudahkan dalam Menemukan Konten

Tatkala tidak menerapkan SEO keyword, konten akan sulit dikenali oleh search engine. Sehingga perluang untuk muncul pada halaman pertama hasil pencarian sangat sedikit. Sehingga sulit pula bagi audiens untuk menemukan konten Anda.

Berbeda halnya jika menerapkan kata kunci. Search engine bisa mendeteksi konten Anda. Lantas memunculkan pada halaman hasil pencarian. Audiens menjadi mudah dalam menemukan kontennya. 

5. Mengidentifikasi Trend

Kata kunci juga mampu menunjukkan trend yang sedang berkembang di masyarakat. Anda pasti juga tahu jika trend selalu berubah dari waktu ke waktu. Anda bisa mengamati perubahannya melalui kata kunci yang banyak diketikkan oleh pengguna internet.

6. Menunjukkan Bahasa yang dipakai dalam Pencarian

Kata kunci mampu menunjukkan jenis bahasa yang dipakai audiens ketika mencari informasi tertentu di internet. Meskipun masyarakat Indonesia yang mencarinya, bukan berarti selalu memakai Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Ketahui Manfaat serta Cara Membuat Slug SEO Friendly

Pentingnya Keyword untuk SEO

Mengingat fungsi SEO keyword di atas, sudah tampak betapa pentingnya penggunaan kata kunci pada konten. Terutama menjadikan situs menempati ranking tinggi pada halaman hasil pencarian search engine seperti Google.

Search engine tentu menawarkan konten yang paling relevan dengan pengguna internet. Sehingga, konten yang memuat kata kunci menunjukkan kualitas tinggi, relevan dan bermanfaat bagi audiens.

Begitu konten Anda dipublikasikan, search engine akan memecah artikel menjadi sejumlah kata dan frasa di mana digunakan sebagai istilah pencarian individu. Search engine lantas mengindeks artikel.

Ketika pengguna internet mencari informasi di search engine, akan tampak indeks halaman web dan mengidentifikasi halaman web paling relevan. Maka, tidak heran jika perlu menerapkan SEO keyword pada artikel.

Jika tidak menerapkan kata kunci yang tepat, search engine akan kesulitan dalam menemukan artikel Anda. Sehingga menimbulkan sedikit lalu lintas pengunjung pada situs.

Sementara jika menerapkan kata kunci tepat, maka situs dapat tampil di halaman pertama hasil pencarian. Selanjutnya, akan ada banyak pengguna internet yang menekan tombol klik dan membaca artikel Anda.

Selanjutnya akan membantu dalam meningkatkan traffic website Anda. Keunggulannya ialah peningkatan traffic terjadi secara organik. Bukan dilakukan secara curang atau menggunakan bantuan pihak ketiga.

Meskipun kata kunci merupakan salah satu faktor kesuksesan dalam SEO, perannya begitu besar. Jadi, kembangkan kemampuan dalam menyematkan keyword secara tepat pada artikel.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan SEO Versi Jasa SEO Profesional

Bagaimana Cara Riset Keyword?

Sebagian orang masih belum mengetahui bagaimana cara riset SEO keyword secara tepat. Padahal, aktivitas riset ini begitu penting untuk menunjang Search Engine Optimization. Jadi, mari simak caranya di bawah ini.

1. Mempelajari Niche

Pertama-tama, pelajari secara mendalam mengenai niche dan topik dalam website Anda sendiri. Sehingga mampu memikirkan beragam ide segar ketika melakukan riset kata kunci.

Anda boleh membangun komunikasi dengan pengunjung. Misalnya bertanya mengenai istilah apa yang dipakai ketika mencari informasi di dalam website Anda. Silahkan mencoba berpikir dari perspektif pengunjung.

2. Memilih Kata Kunci Relevan

Ketika sudah mempelajari niche, selanjutnya buat daftar kata kunci yang relevan. Jangan hanya memikirkan satu pilihan. Buat beberapa pilihan. Bahkan boleh menambahkan domisili pada keyword.

3. Merancang Daftar Seed Keyword

Jika sudah mendapatkan daftar SEO keyword relevan, selanjutnya buat seed keyword. Yakni benih kata kunci atau kata fokus yang menunjukkan keyword unggulan dari daftar.

Seed ini mempunyai peran penting sebab menjadi dasar riset. Karena istilah tersebut mempunyai volume pencarian besar di dalam search engine. Anda juga dapat menemukan kompetitor dari seed keyword.

4. Memakai Tools

Anda bisa memanfaatkan beragam tools untuk membantu riset. Banyak tools yang bisa diandalkan, seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest, Google Keyword Planner dan lain sebagainya.

Silahkan memilih tools mana yang terasa nyaman digunakan. Sehingga mampu memperoleh informasi mengenai volume pencarian kata kunci di internet dan tingkat kesulitannya. Bahkan bisa mendapat informasi tentang kompetitor.

5. Mempelajari Kompetitor

Jangan hanya fokus pada konten Anda sendiri. Anda juga perlu mempelajari kompetitor untuk bersaing menempati peringkat atas pada halaman pertama search engine. Temukan celah atau kelemahan kompetitor agar lebih unggul.

Halaman website yang tampil pada halaman pertama hasil pencarian search engine akan menarik perhatian pengguna internet. Dalam bisnis, hal ini dapat meningkatkan peluang penjualan produk atau jasa. Namun perlu menjalankan strategi SEO keyword terlebih dahulu.

Baca Juga: Jasa SEO Indonesia, Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms