...

Begini Cara SEO Mempromosikan Bisnis Anda!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-seo-dreambox

Bagaimana cara kerja SEO?

Cara SEO bisa digunakan untuk mempromosikan berbagai hal termasuk brand atau perusahaan melalui sebuah situs website. Dengan adanya teknik pemasaran untuk mempromosikan bisnis tersebut pemilik usaha kecil tidak perlu khawatir.

Berbagai jenis bisnis bisa mendapatkan manfaat dari pengoptimalan mesin telusur (SEO) yang akhirnya menghasilkan sedikit investasi. Investasi tersebut berupa pelanggan secara global yang berhasil mengetahui adanya bisnis atau perusahaan Anda.

Mulai dari tahun ini, kebutuhan mengenai jasa SEO akan naik ke titik tertingginya. Apalagi, konsumen telah beralih massal ke online, bahkan usaha tradisional menyadari bahwa sudah seharusnya mempercepat peralihan digital.

Baca Juga: 8 Indikator SEO yang digunakan oleh SEO Agency

Berinvestasi dalam SEO

Memiliki halaman website yang kebanjiran pengunjung tentu merupakan mimpi banyak orang. Kondisi tersebut dinamakan sebagai passive traffic atau pengunjung yang selalu datang tanpa kenal waktu dan tempat.

Cara SEO merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mendapatkan passive traffic. Itulah alasan mengapa seorang perlu menerapkan teknik tersebut, terutama jika Anda memiliki website.

Jika Anda belum memiliki waktu untuk mempelajari teknik tersebut, yang terpenting adalah mengetahui dasar-dasar tekniknya terlebih dahulu. Karena teknik tersebut memang benar-benar penting untuk diketahui sehingga memajukan website Anda.

Terutama jika Anda memiliki website bisnis, punya keinginan untuk memaksimalkan potensi digital, pemilik toko online, serta meningkatkan brand. Seperti yang sudah dikatakan jika teknik ini merupakan bentuk investasi jangka panjang.

Cara SEO menjadi investasi jangka panjang sendiri karena akan mendatangkan berbagai hal menjanjikan dalam dunia bisnis. Terutama karena kedepannya akan semakin banyak orang yang menggunakan internet.

Penggunaan teknik tersebut cukup fleksibel pada berbagai tampilan website baik perangkat desktop maupun smartphone. Ditambah lagi, pemilik situs bisa menambahkan berbagai layout tampilan sehingga akan semakin menarik pengunjung.

Anda bisa mempelajarinya sendiri atau menggunakan jasa para professional di luar sana. Yang terpenting adalah, seorang tersebut benar-benar menguasai cara SEO dengan baik dan tepat.

Hal terpenting dari investasi teknik tersebut adalah, semakin cepat menggunakannya, Anda bisa memenangkan pangsa pasar. Optimasi website tentu akan memunculkan audiens sesuai target dan Anda akan menjadi prioritas di pencariannya.

Melalui SEO, Anda bisa membuat konten marketing yang efektif sehingga pengguna internet mudah menemukan produk. Sebab itu, search engine optimization dianggap sebagai investasi berjangka panjang, terutama bagi para pemilik usaha.

Baca Juga: 7 Manfaat Jasa SEO Berkualitas bagi Industri Pariwisata

Bagaimana Cara SEO Mempromosikan Bisnis atau Brand Anda?

Untuk memahami bagaimana cara kerja dari search engine optimization sangat sulit, apalagi jika Anda orang awam. Tidak semua orang bisa memahaminya, bahkan orang-orang dengan pengalaman saja belum tentu mampu memahaminya.

Dengan mempelajarinya sendiri, atau menggunakan jasa profesional yang benar-benar berpengalaman, Anda bisa memahami cara kerja mesin pencarian. Sebab itu, Kami berikan beberapa penjelasan mengenai cara kerja dari teknik marketing SEO.

1. Rank

Cara SEO paling mudah dimengerti adalah peringkat, bahwa artinya website terbaik akan muncul di bagian pertama mesin pencari. Tentunya tidak masuk dengan asal, terdapat berbagai syarat yang harus dipenuhi agar ranking.

Saat pengguna internet mengetik keyword dalam mesin pencari dan melakukan pencarian, algoritma akan bekerja. Algoritma mesin pencari akan mengumpulkan berbagai informasi mengenai isi berbagai situs.

Dari proses, mesin pencarian mengumpulkan beberapa situs website sesuai di halaman depan. Peringkat tinggi pada mesin pencari menunjukkan otoritas konten yang sangat tinggi berkaitan dengan informasi crawling.

Peringkat tinggi di SERP juga akan meningkatkan lalu lintas ke seluruh situs website Anda. Hal ini berguna untuk kampanye atau pemasaran serta implementasi SEO pada website pribadi dan bisnis Anda.

2. Indeks

Mesin pencari menemukan situs web serta memesan url sesuai relevansinya, hal ini bisa didapat dengan cara SEO. Misalnya pengguna mencari rekomendasi makanan, nantinya muncul penelusuran kueri sesuai.

Indeks atau indexing merupakan proses di mana mesin Google mulai mempelajari struktur situs website seorang. Penilaian paling awal adalah kualitas konten dari situs tersebut serta relevansinya terhadap kebutuhan dari audiens.

Mesin pencarian akan memberikan peringkat mulai dari tertinggi hingga terendah pada situs website Anda. Proses tersebut disebut sebagai pengindeksan atau menelusuri daftar kata yang tepat.

Konten relevan memberikan peringkat yang bisa mempengaruhi ranking situs. Peringkat situs menunjukkan traffic pengunjung dikarenakan lokasi halaman situs Anda muncul, apakah di bawah atau atas.

3. Crawl

Crawling merupakan proses di mana mesin pencari mengirim robot bernama crawler, mirip spider. Robot tersebut ditugaskan untuk mencari konten lama maupun baru sesuai kebutuhan pengguna.

Cara SEO menggunakan sistem crawling atau perayapan di mana sistem akan merayap ke berbagai situs yang ada. Hal ini menghasilkan informasi isi sesuai dari berbagai artikel untuk ditampilkan pengguna internet.

Ada banyak sekali contoh dari web crawl atau spider ini, contohnya saja googlebot, bingbot, yandexbot, baiduspider, dan lainnya. Karena jumlah situs setiap harinya bertambah, maka web crawl juga harus ditambah.

Mesin pencari perlu melakukan crawling untuk mencari halaman situs baru sehingga bisa ditambahkan ke daftar yang dikenal. Situs-situs yang telah dir crawling sebelumnya juga akan di crawl kembali nantinya.

Baca Juga: Jasa SEO Indonesia, Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya

Gunakan Agency untuk Hasil Optimal

Saat memiliki bisnis, atau website yang sepi pengunjung dan transaksi. Di saat itulah Anda membutuhkan agency untuk mengoptimalkan bisnis serta situs website agar kebanjiran pengunjung.

Mungkin Anda bisa mempelajarinya sendiri, tapi membutuhkan waktu lama dan juga sulit dimengerti. Daripada harus melakukan semuanya sendiri, akan lebih baik kegiatan tersebut dilakukan oleh seorang profesional yang telah berpengalaman.

Menggunakan agency tidak memakan biaya mahal, bahkan bisa dibilang lebih hemat. Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan berbagai layanan lainnya seperti ads, cara SEO terbilang murah.

Saat ini sudah banyak jasa agency yang siap membantu menyempurnakan website Anda sehingga kebanjiran pengunjung. Bukan hanya kebanjiran, tapi beberapa agency juga berhasil membuat pengunjung bertransaksi melalui situs website Anda.

Namun, saat memilihnya, Anda harus memperhatikan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana penyedia jasa memberikan pelayanannya kepada para pelanggan apakah baik atau kurang profesional.

Saat menggunakan agency, Anda juga harus perhatikan, pastikan penyedia jasa tidak memberikan janji-janji berlebihan dan terkesan tidak mungkin. Jangan sampai Anda termakan dan tidak melihat kualitas cara SEO agency tersebut.

Karena sudah banyak kasus seorang klien termakan janji manis dari sebuah agency. Hal itu tentu membuat klien bersangkutan dirugikan, bukan hanya uangnya, tapi mungkin keamanan situsnya karena sudah diketahui agency.

Agency professional pasti memiliki website resmi untuk menggambarkan berbagai layanan, serta testimoni pelanggan guna meyakinkan calon pelanggannya. Perhatikan halaman situsnya karena website merupakan wajah utama suatu bisnis.

Pastikan situs resmi sebuah agency tidak dipenuhi oleh iklan mengganggu serta terlihat professional. Selain itu, interface juga mudah dibaca sehingga pelanggan tidak kesulitan dalam menggunakannya.

Search engine optimization merupakan sebuah cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai keuntungan di masa depan. Sebab itu, sangat direkomendasikan bagi pemilik bisnis maupun website untuk menggunakan cara SEO.

Baca Juga: Pelajari Penjelasan Lengkap dan Contoh SEO

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms