Ketahui Manfaat serta Cara Membuat Slug SEO Friendly

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
manfaat-slug-dreambox

Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan slug dalam optimasi SEO?

Slug dalam optimasi SEO merupakan salah satu elemen penting yang harus ada dalam upaya optimasi search engine optimization guna meningkatkan traffic sebuah situs di internet.

Mungkin bagi pemilik website yang kurang mengerti SEO atau baru mempelajarinya penggunaan elemen satu ini jarang diperhatikan dan digunakan. Namun, bagi pengembang konten website sangat diperhatikan dan tidak boleh terlewatkan.

Bagi Anda yang tengah mengembangkan website dan hendak menjaring lebih banyak trafik natural, maka sebaiknya perhatikan elemen satu ini dan pastikan pembuatannya SEO-friendly. Mau tahu bagaimana caranya? Simak paparan berikut ini.

Baca Juga: Begini Cara SEO Mempromosikan Bisnis Anda!

Apa itu Slug?

Secara singkat penjelasannya merupakan sebuah bagian dari URL/permalink website Anda yang merujuk pada sebuah konten secara spesifik. Penempatannya pada bagian belakang permalink, tepat setelah nama domain.

Sebagai contoh https://dreambox.id/blog/seo/tips-memaksimalkan-seo-versi-jasa-seo-profesional/ bagian yang ditebalkan merupakan elemen yang dimaksud. Penulisannya menggunakan huruf kecil dan menggunakan tanda penghubung untuk memisahkan setiap kata.

Penulisan ini merupakan aturan baku dan tidak bisa diganggu gugat. Apabila Anda menuliskan menggunakan huruf besar dan spasi, maka secara otomatis diganti sesuai aturan berarti. Jadi, keberadaannya harus serta pasti, bahkan secara otomatis diberikan pada tiap konten.

Tanpa Anda membuat slug sendiri pada tiap konten, secara otomatis akan dibuat oleh platform website, misalnya WordPress. Dengan demikian, semua postingan, page di website Anda akan memilikinya, kecuali homepage.

Anda bisa mengeceknya di Dashboard -> Settings -> Permalinks. Di halaman tersebut akan muncul sesuai pengaturan permalink yang Anda gunakan pada situs tersebut.

Penggunaan elemen ini menjadi hal penting karena akan berperan dalam membantu pengunjung internet menemukan situs Anda di mesin pencari.

Sebagai contoh seorang pengunjung mengetikkan kata kunci “cara memasak ikan gabus” di mesin pencari. Kemudian hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari adalah semua situs dengan slug tersebut.

Jadi, apabila penggunaannya tepat akan lebih mudah bagi pengunjung menemukan situs Anda. Dengan demikian, meningkatkan kemungkinan dikunjungi.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan SEO Versi Jasa SEO Profesional

Cara Membuat Slug

Patut dipahami untuk memasukkan elemen penting ini harus sesuai dengan penggunaannya. Biasanya pengaturannya diset secara default atau by system bagi pengguna baru.

Namun, Anda juga dapat melakukan penyettingan sendiri agar dapat membuatnya SEO-friendly. Untuk memastikan pembuatannya SEO-friendly di WordPress bisa lakukan langkah berikut:

1. Pembuatan Post WordPress

Jika Anda ingin mengatur penempatan dan penulisannya pada postingan baru, bisa menggunakan langkah berikut:

– Buat post baru atau Add New di WordPress, tulis judul dan simpan sebagai draft awal. Akan muncul tampilan permalink untuk artikel tersebut yang lengkap dengan slugpostnya.

– Pilih Edit untuk mengganti atau melakukan perubahan, setelahnya klik save.

Secara otomatis postingan tersebut sudah memiliki slugnya sendiri, bahkan sebelum Anda melakukan publikasi.

2. Page di WordPress

Anda juga dapat memasukkan elemen penting ini pada page atau halaman website. Caranya cukup simpel hanya perlu masuk ke Menu Dashboard, kemudian pilih Pages dan pada bagian permalink, klik judul. Lanjutkan dengan mengeditnya.

Jika sudah selesai mengedit tinggal simpan, maka pada bagian page sudah terdapat elemen sesuai keinginan Anda.

3. Kategori di WordPress

Sebenarnya, penggunaan slug default pada website Anda tidak disarankan, karena pengaturannya akan disesuaikan oleh sistem sehingga bisa saja tidak akan memberikan hasil sesuai keinginan.

Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan perubahan dan penyesuaian pada masing-masing postingan. Sebagai contoh pengubahan kategori dan tag. Untuk melakukan perubahan bisa masuk ke menu Dashboard, kemudian Post.

Pada sub menu Post terdapat pilihan Categories. Di bagian ini bisa tambahkan kategori baru, silakan isi nama dan slugnya. Anda juga bisa melakukan perubahan pada elemen yang sudah ada.

Apabila telah menyelesaikan perubahan silakan klik update. Mau cara lebih simpel bisa manfaatkan Quick Ediit, lakukan perubahan, dan klik update category. Maka selesai sudah perubahan atau pembuatan kategori baru.

Untuk perubahan tag tinggal klik bagian Tag dan lakukan perubahan dengan mengklik Edit. Selanjutnya, tinggal klik Update untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.

4. Author di WordPress

Elemen ini diperlukan apabila dalam sebuah situs terdapat lebih dari satu penulis atau author. Setiap author memerlukan identitasnya masing-masing. Untuk penamaannya akan diatur default by system sehingga dibuat berdasarkan username author.

Apabila ingin melakukan perubahan, maka perlu menggunakan plugin tambahan bernama Edit Author Slug. Unduh pluginnya di WordPress Plugin Directory, lalu cari Edit Author Slug di kolom pencarian, instal dan activate plugin.

Selanjutnya tinggal menggunakannya melalui Menu Dashboard -> Users -> All Users. Silakan lakukan perubahan, kemudian update user untuk menyimpan hasil editing tersebut.

Untuk membuat elemen ini menjadi SEO-Friendly, sebaiknya lakukan hal berikut:

– Gunakan yang singkat dan padat, sebagai contoh apabila judul artikelnya panjang, maka persingkat dengan memastikan keywordnya masuk ke dalam slugnya.

– Kata kunci tidak boleh tertinggal karena akan menjadi kunci pencarian. Pastikan untuk memilih kata kunci tepat dan jumlah katanya tidak terlalu banyak.

– Gunakan kata penting saja. Pilih kata yang memang sering dicari dan hapus kata-kata kurang penting sehingga bisa membuatnya singkat serta padat.

– Hindari menggunakan tahun, walaupun dalam judul Anda menggunakan tahun. Sebab akan lebih ramah dengan algoritma mesin pencari.

– Lakukan pengeditan dengan benar.

Baca Juga: 7 Manfaat Jasa SEO Berkualitas bagi Industri Pariwisata

Manfaat Slug

Sudah tahu cara penggunaan dan pengertiannya, lalu harus tahu juga apa manfaatnya bagi website sehingga keberadaannya menjadi sangat penting. Manfaat dari penggunaan elemen ini dalam optimasi SEO adalah mempermudah pengunjung mengidentifikasi situs Anda.

Bukan hanya pengunjung, tapi lebih utama agar mesin pencari bisa mengidentifikasi detail konten yang Anda posting di halaman website. Karena apabila telah menggunakan slug, maka sebuah konten memiliki ciri khas tersendiri sehingga mudah dikenali.

Sebuah ilustrasi simpel yang akan membantu Anda lebih memahami apa manfaat dari elemen pada permalink ini adalah: Anda memiliki dua file di komputer, misalnya file dokumen. Dokumen satu bernama Surat Kuasa Pengurusan BPKB a.n Marsya, dan satu lagi bernama Surat Kuasa.

Dari kedua jenis file tersebut, mana yang memiliki informasi lebih jelas? Tentu saja, dokumen satu, karena jelas Surat Kuasa apa dan atas nama siapa. Sedangkan satunya tidak jelas sehingga membuat orang bingung, bahkan yang menyimpannya juga bisa bingung karena tidak dapat menerka isinya dari nama.

Begitu juga dengan konten di website, apabila sudah jelas dan sesuai, maka akan lebih mudah teridentifikasi sehingga mendapatkan rekomendasi mesin pencari. Kemudian mendatangkan traffic ke postingan tersebut.

Penggunaan slug juga sangat bermanfaat ketika Anda menggunakan judul artikel panjang. Karena di dalamnya sudah terkandung kata kunci dari artikel tersebut sehingga dapat diidentifikasi oleh mesin pencari.

Dalam hal ini, semakin jelas dan transparan, maka peluang diklik oleh pengunjung akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, penggunaannya tidak boleh ditinggalkan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bagi para pemilik situs di internet mulai sekarang tidak hanya asal membuat konten dan postingan, tapi perlu memerhatikan penerapan SEO-friendly apabila ingin peringkat situsnya naik.

Baca Juga: Jasa SEO Indonesia, Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya

Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik pemberian slug yang membantu situs Anda lebih mudah teridentifikasi oleh mesin pencari juga pengunjung.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms