Ketahui 7 Tips Ampuh Meningkatkan Traffic Organik Website

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
tips-meningkatkan-traffic-organik-website-anda-dreambox

Dalam dunia SEO dikenal traffic organic, apakah Anda tahu maksudnya?

Istilah traffic organic sangat penting bagi proses penerapan search engine optimization untuk meningkatkan trafik dari website Anda. Selain istilah trafik organik, juga ada istilah lain yaitu paid traffic dan direct traffic. Namun, kali ini kami hanya akan membahas mengenai trafik organik dan bagaimana tips ampuh meningkatkannya di website Anda.

Baca Juga: 4 Keuntungan Masa Depan Menggunakan Jasa SEO Agency

Apa itu Traffic Organic?

Secara sederhana, trafik organik merupakan kunjungan dari pengunjung internet ke situs Anda dengan hasil pencarian sendiri atau organik, bukan dari iklan berbayar. Untuk mendapatkannya adalah dengan cara penerapan SEO.

Strategi SEO menjadi sangat penting untuk meningkatkan kunjungan dengan memanfaatkan algoritma dari mesin pencari. Jadi, dengan penerapan strategi SEO, situs Anda akan dibuat friendly dengan mesin pencari sehingga direkomendasikan pada halaman pertama.

Traffic organic dapat naik signifikan apabila sebuah situs atau konten berada di halaman pertama mesin pencari. Sebab sebagian besar pengunjung internet tidak mau repot mencari referensi di halaman kedua atau ketiga.

Jadi, situs-situs di halaman pertama akan mendapatkan kesempatan kunjungan paling banyak sehingga makin tinggi trafik dari website yang muncul di halaman pertama tersebut. Pada akhirnya, akan memberikan keuntungan bagi pemilik situs tersebut.

Apa yang membedakan traffic organic dengan lainnya, yaitu tidak menggunakan biaya. Anda dapat mendapatkannya secara gratis asalkan menggunakan teknik penerapan SEO yang efektif.

Sedangkan jika menggunakan traffic paid, sudah pasti akan ada biaya dikeluarkan, misalnya melalui iklan. Pastinya jumlah biaya yang dikeluarkan menyesuaikan dengan jenis iklan dan di platform mana Anda memasangnya.

Perbedaan lainnya adalah dari segi waktu, di mana trafik organik membutuhkan waktu panjang sedangkan yang berbayar memberikannya secara instan. Namun, ketika Anda mengakhiri pembayaran, maka ranking akan turun drastis.

Berbeda dengan traffic organic tetap bisa bertahan dalam waktu lama, karena dibangun bertahap dan menggunakan strategi SEO. Jika dilihat dengan saksama, maka trafik organik jelas memberikan keuntungan lebih besar bagi pemilik situs. Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

Baca Juga: Apa Saja Jenis dan Fungsi Kata Kunci dalam SEO

Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Organic?

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kunjungan di situs dengan cara alami, maka paling penting adalah mencintai prosesnya. Karena tidak instan mendapatkan kunjungan konsisten ke situs web Anda. Selain itu, coba terapkan beberapa teknik berikut:

1. Buat Konten untuk Menjawab Kebutuhan User

Ketika Anda memutuskan untuk meningkatkan kunjungan alami, maka yang harus diperhatikan adalah isi konten di website. Isi konten harus bisa menjawab kebutuhan user, maka ketahui dahulu siapa user Anda.

Misalnya, user Anda memiliki segmentasi tertentu, maka buatlah konten sesuai segmentasi tersebut. Buatlah konten yang memuat informasi sebaik mungkin juga nyaman dibaca. Agar traffic organic meningkat buatlah konten untuk user Anda dan pastikan menjawab kebutuhan mereka. Selain itu, optimalkan konten untuk pengunjung, bukan mesin pencari, sebab pengunjunglah kuncinya.

2. Backlink

Trik lain yang bisa dicoba adalah dengan menempatkan backlink. Dengan menempatkan backlink di website berbeda akan meningkatkan kepercayaan pengunjung. Penggunaan backlink harus di follow, relevan, dan sesuai dengan website yang diberi backlink. Cara ini dapat meningkatkan traffic organic dalam waktu lebih singkat dan memberikan efektivitas jangka panjang.

Namun, terpenting adalah menemukan situs yang menyediakan guest post terpercaya dengan pengunjung tinggi. Jadi, impact-nya juga tinggi untuk situs Anda.

Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

3. Web Mobile Friendly

Patut Anda ketahui bahwa sebuah website dengan load halaman lebih dari 3 detik akan ditinggalkan pengunjung. Tidak semua orang punya kesabaran menunggu load dari situs yang lama, apalagi ketika membutuhkan informasi cepat.

Jadi, buatlah tampilan website yang tidak perlu di load lama oleh pengunjung, tapi tetap terlihat bagus di mata pengunjung. Dengan begitu, traffic organic dari pengunjung akan bisa meningkat.

Sebaiknya, buatlah tampilan atau pilih tema website yang ramah pengguna, baik melalui browser komputer atau handphone. Sebab saat ini pengguna internet bukan hanya lewat komputer saja, bahkan lebih banyak menggunakan smartphone.

Dengan menggunakan tampilan ramah pengguna handphone ini, maka pengalaman pengguna di situs Anda akan semakin baik. Dengan demikian, bisa membuat pengguna tersebut datang kembali atau merekomendasikan website tersebut

4. Guest Post

Teknik guest post juga sangat membantu meningkatkan traffic organic situs Anda karena mampu menambah backlink serta brand awareness.

Guest post dilakukan dengan cara menulis konten untuk situs lain dan mendapatkan tautan menuju website Anda. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang suka membuat konten dan pandai melakukannya.

Cobalah cari situs-situs yang memperbolehkan guest post dan lihat konten seperti apa bisa diposting di sana. Tidak hanya di satu situs, Anda bisa mencoba melakukannya di beberapa situs.

Baca Juga: Apa Saja Jenis dan Fungsi Kata Kunci dalam SEO

5. Perbaharui Konten Lama

Sebuah konten tidak selamanya akan berada di halaman utama pencarian mesin pencari. Jika tidak lagi dianggap evergreen oleh Google, maka rangkingnya akan turun.

Agar konten tersebut tetap bisa menghasilkan traffic organic, maka perbaharui. Gunakan Google Analytics untuk melihat konten-konten yang perlu diperbaharui. Kemudian lakukan pembaharuan dengan menambahkan informasi baru, mengubah meta deskripsi, title, dan lain sebagainya.

Konten-konten yang diperbaharui akan menjadi lebih relevan dengan matrix Google sehingga membuat mesin pencari kembali merekomendasikannya. Anda dapat melakukan pengecekan konten-konten ini sebulan atau dua bulan sekali.

Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

6. Pastikan Memilih Judul dan Deskripsi Menarik Bagi Pengunjung

Don’t judge book from the cover, istilah ini tidak bisa dipakai ketika Anda membuat sebuah konten. Karena konten Anda akan dinilai pertama kali melalui judulnya, semakin menarik judul maka akan makin menarik perhatian pengunjung.

Jadi, pastikan judul yang dibuat semenarik mungkin dan relevan dengan isinya. Jangan sampai ketika memilih judul hanya asal-asalan yang penting menarik traffic organic padahal isinya jauh berbeda.

Jika Anda melakukan hal ini, akan menurunkan tingkat kepercayaan dari pengunjung situs. Sekali dua kali masih mungkin datang berkunjung, tapi yang ketiga kali tidak mungkin. Karena pengunjung tahu bahwa tidak akan mendapatkan informasi relevan.

Selain judul Anda juga perlu membuat deskripsi menarik. Tidak perlu panjang, tapi buatlah deskripsi singkat yang menggambarkan isi dari konten tersebut. Semakin relevan deskripsi, judul, dan isi, maka akan semakin bagus.

7. Bagikan di Media Sosial

Nah, yang paling penting dalam hal meningkatkan traffic organic adalah menarik pembaca untuk datang. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan akun sosmed (sosial media).

Saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial sehingga membagikan sesuatu yang menarik akan cepat laku. Jadi, jangan ragu membagikan konten-konten buatan Anda ke media sosial.

Cara membagikannya bukan hanya dengan mengklik “Share” saja, tapi juga bisa berkreasi menggunakan berbagai cara lain. Misalnya, membuat cuplikan atau mengambil beberapa kalimat penting dari konten sehingga menimbulkan penasaran.

Penggunaan media sosial ini sangat efektif dalam peningkatan kunjungan. Jadi, jangan berpikir bahwa punya sedikit follower maka kesempatannya juga kecil. Karena user lain bisa saja membantu membagikan konten Anda.

Bagi para pemilik website terutama yang menggunakannya untuk berbisnis, sangat penting untuk meningkatkan kunjungan ke website. Karena akan sangat berpengaruh pada tingginya trafik kunjungan di situs tersebut.

Baca Juga: Berbagai Keuntungan Menggunakan SEO Marketing yang Baik

Kunjungan yang penting untuk ditingkatkan adalah kunjungan alami, karena memiliki jangka waktu manfaat cukup panjang. Untuk meningkatkan kunjungan alami atau traffic organic Anda bisa menggunakan berbagai trik yang sudah kami bagikan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms