...

Seputar On Page SEO: Komponen, Cara Optimasi, hingga Contoh

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
seo on page

Pentingnya SEO On Page untuk Memaksimalkan Website Bisnis

Dalam pengelolaan berbagai jenis website, on page SEO merupakan salah satu aspek penting yang sebaiknya sangat diperhatikan. Hal tersebut berlaku untuk berbagai jenis website, termasuk website bisnis atau website yang bertujuan untuk melakukan pemasaran digital.

Sebenarnya, apa maksud dari jenis SEO yang satu ini? Simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel ini, ketahui juga berbagai komponen, cara optimasi, manfaat, serta contoh penerapannya.

Konsep dan Komponen On Page SEO

SEO on page sering dikenal juga dengan sebutan on-site SEO. Ini merupakan salah satu praktik dan metode untuk mengoptimalkan sebuah website, supaya dapat mencapai peringkat yang tinggi pada mesin pencarian, serta dapat meningkatkan lalu lintas pengunjungnya.

Ketika seseorang mengetik sebuah kata kunci di mesin pencari internet, maka ada berbagai konten yang sesuai. Mesin pencari, dengan berbagai sistemnya, akan memutuskan halaman apa saja yang memiliki konten sesuai dengan kata kunci tersebut.

Penyebutan ‘on page’ digunakan karena berbagai bagian atau komponen yang di dalamnya dapat Anda ubah secara internal.

SEO on page menjadi salah satu cara dalam upaya meningkatkan peringkat sebuah halaman supaya bisa lebih terlihat di mesin pencari. Pada praktiknya, ada berbagai komponen yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut.

1. Title Tag

Komponen pertama yang menjadi perhatian utama dalam sebuah konten yaitu title tag, atau judul yang akan muncul pada pencarian. Pada halaman pencarian, posisinya terletak di bawah link dari halaman tersebut.

Biasanya, judul tersebut dibuat semenarik mungkin, menyesuaikan merek atau hal yang ingin disorot dalam konten tersebut. Supaya dapat mengoptimalkan SEO, maka sebaiknya Anda masukkan kata kunci di judul tersebut.

2. Headings

Komponen penting kedua dari on page SEO yaitu headings atau bisa disebut juga sebagai subjudul. Fungsi dari headings adalah untuk mempermudah pembaca ketika akan memahami berbagai bagian pada artikel tersebut.

Hal ini juga dapat menjadi pembatas, ketika pembaca tidak memiliki waktu yang memadai untuk membaca keseluruhan artikel dalam satu waktu. Selanjutnya, headings juga dapat membantu mesin pencari untuk membaca isi dari teks tersebut.

3. Kelengkapan Konten

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan jika ingin membuat konten artikel SEO, tidak hanya sebatas memasukkan kata kunci sebanyak-banyaknya.

Artikel SEO perlu memuat konten yang lengkap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi dari pengunjung atau pembaca. Semakin lengkap dan informatif, maka artikel tersebut dapat menjadi semakin kredibel.

4. Internal Links

Selanjutnya, ada internal links atau tautan internal, yaitu tautan untuk menuju sebuah halaman yang masih berada dalam satu domain dengan artikel tersebut.

Internal links menjadi komponen yang penting dan perlu diperhatikan karena dapat berpengaruh terhadap peringkat dari artikel tersebut di mesin pencari. Melalui tautan tersebut, pembaca akan lebih mudah untuk memahami isi teks dan mengunjungi halaman lain yang terkait.

5. EAT

EAT merupakan singkatan dari expertise, authority, serta trustworthiness. Ini merupakan salah satu cara dari mesin pencari Google untuk mengukur dan menilai konten dari sebuah website. Dasar dari penilaian ini yaitu efektivitas dan kualitas dari hasil pencarian.

6. Image Alt-text

Image alt-text atau teks alternatif merupakan serangkaian deskripsi tertulis yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah gambar yang ditampilkan.

7. Schema Markup

Schema markup merupakan rangkaian kode yang dapat membantu mesin pencari dalam memahami isi konten, sehingga nantinya dapat ditampilkan dengan lebih maksimal di mesin pencari.

Langkah Optimasi On Page SEO

Supaya dapat menerapkan berbagai konsep dan komponen dari SEO on page, maka ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Buat Konten yang Berkualitas

Langkah pertama yang penting untuk dilakukan yaitu membuat konten yang berkualitas serta terpercaya. Melalui metode EAT yang tadi sudah dibahas, Google akan melakukan penilaian terhadap kualitas konten.

2. Buat Judul Menarik

Langkah kedua, buatlah judul yang menarik perhatian, namun tetap sesuai dengan isi konten yang disampaikan. Judul menjadi hal yang mencolok dan dapat menarik perhatian orang, sehingga perlu diperhatikan.

3. Tambahkan Meta Deskripsi

Meta deskripsi merupakan sebuah tag meta yang berisi deskripsi terkait isi konten dari halaman tersebut. Aspek yang satu ini juga menjadi penting jika ingin melakukan optimasi SEO,

4. Tambahkan Heading dan Subheading

Anda juga sebaiknya menerapkan tag headings untuk mengoptimalkan teknik SEO pada halaman tersebut. Penggunaan heading menjadi penting karena merupakan salah satu komponen SEO on page.

5. Perhatikan Penulisan SEO

Untuk dapat menerapkan prinsip SEO, tentu saja tidak bisa mengabaikan konsep dan strategi dalam penulisan SEO. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan berbagai hal, misalnya kata kunci yang dipakai.

Kualitas dan relevansi dari konten tersebut pun perlu diperhatikan. Konten yang memiliki kualitas tinggi akan lebih mudah untuk menempati peringkat tinggi di mesin pencarian.

5. Tambahkan Gambar

Selanjutnya, Anda juga sebaiknya menambahkan gambar, sesuai dengan konten yang disajikan. Adanya gambar atau berbagai media lain yang terkait, dapat membuat halaman website Anda terlihat semakin menarik.

Melakukan optimasi gambar dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda, misalnya memaksimalkan berbagai aset SEO yang dimiliki dan membuat gambar tersebut terbaca oleh pencarian gambar di.

Namun, memasukkan gambar pun perlu memperhatikan berbagai aspek, misalnya terkait dimensi dan ukuran gambar. Beberapa jenis gambar dapat membuat halaman menjadi sulit untuk dibuka.

Alasan Mengapa Optimasi On Page SEO Penting

Melakukan optimasi SEO menjadi hal penting yang perlu dilakukan, berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh.

1. Meningkatkan Peringkat SEO

Dengan berbagai langkah optimasi yang dilakukan, maka Anda dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

2. Meningkatkan Traffic atau Lalu Lintas Pengunjung

Dengan memperbaiki berbagai komponen pada SEO on page, maka Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung, sehingga lalu lintasnya pun meningkat.

3. Membuat Berbagai Konten yang sesuai Target Pengunjung

Jika website Anda memiliki target atau segmentasi tertentu, maka Anda dapat membuat jenis konten yang sesuai target. Dengan mengatur berbagai komponen dalam SEO on page, maka target tersebut akan lebih mudah ditarik.

4. Membuat Bisnis Lebih Berkembang

Dengan menaikkan peringkat di mesin pencari, maka Anda dapat membuat bisnis, brand, atau merek menjadi lebih berkembang.

Contoh On Page SEO yang Tepat

Sebelumnya, telah dijelaskan berbagai hal tentang SEO on page, termasuk konsep, komponen, dan berbagai cara optimasinya. Berikut adalah sebuah contoh dari penerapan SEO yang tepat.

Kata kunci tersebut juga diletakkan di bagian judul, serta di beberapa bagian lainnya dalam artikel. Selanjutnya, internal links juga dimasukkan supaya dapat memudahkan pembaca untuk mengunjungi halaman yang terkait pembahasan.

Itulah contoh dari penerapan SEO on page, sesuai dengan berbagai penjelasan sebelumnya. Sebenarnya, SEO yang satu ini mudah untuk dipelajari dan dioptimasi. Namun, bagi sebagian pengelola website, mungkin saja tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya secara maksimal.

Maka dari itu, layanan SEO dari Dreambox dapat menjadi solusi tepat untuk Anda. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, maka website Anda akan lebih mudah untuk menetapkan konsep dan komponen on page SEO, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms