...

Ampuh! Tips Sukses Melakukan Teknik SEO On Page dan Off Page

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
teknik-seo-dreambox

Teknik SEO on page dapat maningkatkan brand awareness 

Jika Anda kerap beraktivitas di dunia maya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan teknik SEO yang umum digunakan dalam mengoptimalkan situs. Maksud dari optimal ialah seberapa mudah website Anda muncul di halaman pertama pencarian. Contohnya, jika pengguna internet menuliskan suatu kata kunci di Google, maka website yang mempunyai SEO optimal akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian.

Munculnya di halaman pertama menunjukkan bahwa website mempunyai peringkat tinggi. Nantinya, traffic pengunjung akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan website berperingkat rendah. Namun, sudahkah Anda tahu apa bedanya SEO On page dengan Off Page?

Perbedaan Teknik SEO On Page dengan Off Page

Terdapat dua teknik yang bisa dilakukan dalam mengoptimasi SEO, yakni On Page dan Off Page. Akan lebih baik jika menjalankan keduanya untuk memperoleh hasil maksimal. Mari menyimak perbedaannya dalam penjelasan berikut ini.

1. SEO On Page

Teknik SEO On Page ialah strategi meningkatkan rating yang dijalankan di dalam situs terkait. Strategi ini memerlukan perhatian tinggi karena hasilnya benar-benar mampu membantu mengoptimalkan Search Engine Optimization.

Ketika cara ini diterapkan secara maksimal, mesin pencari akan mengetahui apakah situs Anda sudah relevan atau sesuai dengan apa yang dicari pengguna internet. Kemudian, mesin pencari juga mampu menentukan tingkat kualitasnya.

Jadi, strategi ini akan memberikan manfaat bagi pengunjung karena kontennya lebih sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Bahkan, mereka bisa saja merasa puas dan tertarik untuk menjelajah konten lainnya dalam situs Anda.

Bukan hanya pengunjung website, mesin pencari juga membenci konten yang tidak berbobot dan tidak menghadirkan nilai tambah bagi pengunjung website. Jadi, kepuasan pengunjung juga menjadi pertimbangan bagi mesin pencari.

Apa saja yang perlu diatur dalam strategi ini? Hal ini meliputi permalink, judul konten, pemakaian heading relevan, sampai menjadikan situs mempunyai respons cepat. Jadi, ada banyak hal perlu dimaksimalkan dalam teknik ini.

2. SEO Off Page

Berbeda dengan teknik sebelumnya, teknik SEO Off Page lebih fokus pada penanganan dari luar situs. Contohnya saja ialah mencari backlink atau mempromosikan website di media sosial.

Lantas, bagaimana cara menjalankan keduanya? Pertama-tama dimulai dari dalam situs, yakni dengan SEO On Page. Baru setelah itu, bisa menjalankan SEO Off Page untuk mengoptimalkan dari luar situs.

Manfaat Teknik SEO On Page

SEO ini akan membantu pengunjung dalam menemukan website Anda dan menikmati isinya, mulai dari tampilan, konten, dan hal lainnya. Memang, ada banyak sekali manfaat menjalankan strategi ini seperti penjelasan berikut.

1. Memudahkan Marketing

Manfaat pertama yang dapat diperoleh ialah mampu memudahkan marketing. Karena adanya konten dan materi marketing di dalam situs, pengunjung akan mudah menemukan serta mengenali bisnis Anda.

Jadi, akan lebih mudah bagi Anda dalam menjalankan proses marketing bisnis. Cukup mengandalkan apa yang sudah tersedia di dalam situs. Anda tidak harus merancang strategi marketing lainnya.

2. Menaikkan Brand Awareness 

Manfaat teknik SEO ini lainnya ialah membantu menaikkan brand awareness bisnis Anda. Brand awareness bisa diperoleh melalui judul konten yang unik dan menarik hingga melalui media sharing.

Brand awareness dalam suatu bisnis memang merupakan hal penting. Jika masyarakat tidak mempunyai brand awareness terhadap bisnis Anda, tentu sulit bagi bisnis untuk memperoleh banyak pelanggan.

3. Fokus ke Tampilan Situs

Tampilan website bisa lebih menarik dan mudah digunakan oleh pengunjung karena Anda mengatur berbagai komponen di dalamnya melalui strategi Search Engine Optimization. Contohnya, mulai dari konten menarik sampai landing page.

Tampilan situs mempunyai peran penting dalam mendukung tingkat kenyamanan pengunjung website. Jika tampilannya tidak menarik atau menunya membingungkan, tentu pengguna internet akan mencari alternatif website lainnya.

4. Menaikkan Kecepatan Website

Strategi ini juga membantu dalam meningkatkan kecepatan situs sehingga mampu meraih peringkat tinggi di mesin pencari. Ketika kecepatannya tinggi, maka semakin mudah untuk meraih posisi bagus.

Manfaat Teknik SEO Off Page

Search Engine Optimization ini juga mempunyai manfaat besar untuk Anda. Oleh sebab itu, jangan hanya fokus pada teknik On Page. Berikut ini sejumlah manfaat yang akan diperoleh.

1. Menaikkan SERP

Sudahkah Anda tahu mengenai SERP? SERP (Search Engine Result Pages) ialah halaman hasil mesin pencari. Melalui SERP, halaman situs Anda akan diketahui mengenai peringkatnya pada hasil pencarian Search Engine.

Selain itu, ketika SERP tinggi, maka website mempunyai kesempatan besar untuk tampil di halaman pertama hasil pencarian. Tentu, situs yang muncul di posisi paling atas akan lebih mudah diklik oleh pengguna internet.

Jika situs berhasil menduduki peringkat atas, sudah tentu traffik website lebih besar. Coba bedakan saja dengan situs lain yang peringkatnya rendah. Tentu, tidak banyak pengguna internet yang akan mengunjunginya.

2. Menaikkan Page Rank

Manfaat teknik SEO Off Page selanjutnya ialah menaikkan Page Rank. Page Rank ialah ukuran numerik yang diberikan oleh Google untuk setiap halaman situs. Hal ini didasarkan pada jumlah dan kualitas tautan ke setiap laman.

Ukuran numeriknya sendiri dimulai dari angka 0 sampai 10. Strategi ini mampu menaikkan Page Rank melalui beragam cara. Contohnya adalah dengan link building atau backlink.

3. Situs Menjadi dikenal Banyak Orang

Tentu impian setiap pemilik blog atau website ialah situsnya dikenal oleh banyak orang. Jika hanya sedikit orang yang mengunjunginya tentu terasa kurang memuaskan, terutama ketika berkaitan dengan bisnis.

Lantas, bagaimana cara website bisa dikenal oleh banyak orang? Contohnya saja dengan Anda mempromosikan situs ke media sosial atau forum, meninggalkan komentar di website lain, hingga mengandalkan social bookmark.

Tips Strategi Sukses Melakukan SEO

Setelah mengetahui perbedaan teknik SEO On Page dan Off Page, lantas bagaimana cara menerapkan keduanya? Mari simak tips SEO On Page berikut supaya Anda dapat melakukannya secara maksimal.

1. Heading Tag dan Title Tag

Mengapa keduanya perlu diperhatikan? Keduanya menjadi kata pertama dalam hasil pencarian Google. Oleh sebab itu, maksimalkan pada bagian heading tag dan title tag.

2. Meta Description

Tatkala membuat meta description, Anda perlu menuliskan kalimat dengan panjang maksimal 160 karakter. Jangan sampai mengulang kata sampai lebih dari dua kali dan jangan lupa menempatkan kata kunci ke dalamnya.

3. Emphasize

Emphasize ialah memberikan keterangan bold, italic, maupun underline pada kata-kata penting. Jangan sampai terlalu banyak memberi keterangan untuk kata kurang penting.

4. Image-Alt

Image-Alt maksudnya ialah setiap gambar perlu diberi kata kunci sehingga gambar pada situs mampu terbaca sebagai kata kunci oleh mesin pencari. Hal ini membantu memaksimalkan penggunaan keyword.

5. Outbond Link

Outbond Link dilaksanakan dengan memasukkan link website lain ke dalam website Anda. Hal ini akan ikut membantu mengoptimalkan Search Engine Optimization yang Anda lakukan.

Lantas, bagaimana dengan pengoptimalan teknik SEO Off Page? Anda dapat mempromosikannya melalui backlink dan sosial media. Ketika berkaitan dengan backlink, cukup terapkan anchor text yang memuat kalimat langsung mengarah ke website Anda.

Sementara ketika ingin promosi melalui sosial media, cukup masukkan fitur media sosial ke dalam website Anda.  Seluruh strategi ini tidak dilakukan satu kali namun secara rutin.

Menjalankan optimasi website dapat melalui dua strategi, yakni SEO On Page dan Off Page. Kedua teknik SEO ini akan membantu meningkatkan traffik jika diterapkan dengan tepat.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms