...

Jasa SEO Jakarta, Tingkatkan Ranking Universitas Webometrics

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
jasa-seo-jakarta-dreambox

Ranking situs resmi universitas bisa ditingkatkan secara digital.

Saat ini calon mahasiswa, orang tua, juga guru tidak hanya mendapatkan referensi kampus berdasarkan brosur, informasi guru BK, atau juga datang ke kampus.

Untuk lebih mudah, calon mahasiswa khususnya akan memeriksa situs resmi kampus dan melihat jurusan apa yang sesuai dengan passion mereka. Semakin tinggi ranking situs universitasnya, semakin teratas posisi pada mesin pencari Google di halaman pertama.

Apa Itu Webometrics?

Istilah webometrics untuk pertama kali muncul pada tahun 1997 dan dicetuskan oleh Ingwersen serta Almind. Webometrics digunakan untuk memeringkatkan kampus di dunia, khususnya dalam hal ini urutan peringkat perguruan tinggi Indonesia dari lalu lintas situs.

Ada juga yang mengartikan bahwa webometrics adalah studi konten dengan basis web menggunakan metode kuantitatif. Tujuan studi biasanya untuk kepentingan penelitian sosial dan tidak terpaku pada satu bidang khusus atau tertentu saja.

Untuk menempati posisi ranking teratas versi webometrics, Anda membutuhkan jasa SEO Jakarta agar konten bisa terdorong ke peringkat nomor satu. Melalui webometrics, Anda dapat mengetahui kampus mana yang posisinya paling atas setiap waktu.

Kaitan Webometrics dengan Ranking Universitas

Indonesia memiliki BAN-PT, badan akreditasi nasional yang dibuat untuk memeringkatkan kampus-kampus di Indonesia dari teratas sampai terbawah. Ruang lingkup BAN-PT ini hanya untuk semua kampus Indonesia.

Sementara jika Anda mencari peringkat kampus sedunia maka sasarannya ke webometrics. Jadi, dari webometrics ini Anda bisa tahu ada di peringkat ke berapa kampus yang unggul dan nomor satu versi Indonesia jika disejajarkan dengan kampus-kampus sedunia.

Hadir sejak tahun 2004, sampai saat ini webometrics diakui keabsahan penilaiannya dan kerap dijadikan patokan penilaian terhadap akreditasi kampus di berbagai negara. Semakin tinggi peringkat kampus, semakin menjulang juga reputasi kampus tersebut.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kredibilitas kampus adalah dengan memaksimalkan situsnya melalui jasa SEO Jakarta. Layanan ini tidak sekadar memposting konten, namun membuat strategi agar lebih banyak pengunjung datang ke situs.

Baca Juga: SEO Agency Jakarta Dapat Mengoptimasi Website Anda Secara Optimal

3 Indikator Penilaian

Untuk menentukan peringkat teratas dan terbawah dari berbagai kampus di Indonesia bahkan dunia, ada penilaian khusus. Update indikator penilaian dilakukan setiap tahun dan terakhir indikator penilaian tahun 2021 meliputi 3 hal berikut ini:

  1. Indikator visibility menilai dampak yang diberikan ketika orang membaca informasi dari situs. Adapun indikator visibility memanfaatkan data sumber dari Ahrefs serta Majestic dengan bobot sebesar 50%.
  2. Dengan bobot sebanyak 10%, indikator transparency atau openness memberikan penilaian terhadap sejumlah sitasi. Untuk data sumbernya sendiri berasal dari Google Scholar Profiles.
  3. Indikator scholar atau excellence menetapkan bobot sebesar 40% dan merupakan penilaian atas bobot karya tulis yang melalui sitasi. Untuk datanya sendiri bersumber dari Scimago.

Ketiga indikator di atas adalah makanan sehari-hari tim di jasa SEO Jakarta terbaik. Bukan hanya mengulang kata kunci tertentu, namun juga memiliki goal untuk menciptakan konten secara berkualitas serta dapat dipertanggungjawabkan isinya.

Peningkatan rank kampus bisa diupayakan melalui bagian dalam konten atau bagian luar konten. Jika ingin memaksimalkan bagian dalam konten maka ketiga indikator harus diperhatikan betul. Sementara itu lain lagi jika meningkatkan dari luar konten.

Untuk memaksimalkan rank dari luar konten, terhitung dari seberapa banyak orang klik link yang diarahkan ke situs Anda. Dalam istilah SEO dinamakan sebagai off page. Semua tim di jasa SEO Jakarta terpercaya pasti sudah khatam dengan istilah satu ini.

Baca Juga: Apa Pentingnya SEO Agency? Bagaimana Cara Memilihnya?

Cara Meningkatkan Nilai Openness

Untuk meningkatkan ranking di webometrics dari masa ke masa mengalami perubahan. Jika dulu lebih mudah karena saingannya sedikit, maka saat ini lebih sulit karena banyak PTN maupun PTS yang berlomba mendapatkan peringkat teratas versi webometrics.

Openness atau transparency merupakan salah satu indikator penilaian yang harus ditingkatkan dengan strategi tertentu. Untuk menilai keterbukaan sebuah situs, ada tool khusus yang digunakan, yakni Google Scholar Profiles. Untuk meningkatkan openness atau transparency, perhatikan beberapa ketentuan berikut ini:

  1. Pengambilan data untuk penilaian openness dilakukan tiap Januari atau juga Juni
  2. Pemeringkatan akan diumumkan pada Februari atau Juli
  3. Pastikan Anda ingin menggunakan jasa SEO Jakarta untuk website yang mana karena jika ada lebih dari satu alamat web, hanya salah satu saja yang dinilai
  4. Pendaftaran Google Scholar oleh dosen wajib menggunakan alamat email dengan identitas nama kampusnya karena mempermudah petugas menyortir berdasarkan nama kampusnya
  5. Sebanyak 210 kutipan publik teratas dari setiap perguruan tinggi akan diurutkan secara vertikal untuk melihat kampus mana yang lebih unggul
  6. Jika ada profil non individu, seperti departemen, grup, dan jurnal akan kena penalti
  7. Institusi akan dikecualikan dari penilaian jika terbukti memasukkan nama individu yang bukan instansi

Berdasarkan ketujuh ketentuan di atas, Anda dapat menentukan langkah-langkah tepat meningkatkan nilai openness pada situs. Selain menggunakan jasa SEO Jakarta, pemahaman akan prinsip openness dan indikator penilaiannya juga wajib diketahui.

Baca Juga: Manfaat Jasa SEO Terbaik di Indonesia Terhadap Penjualan Produk Anda

Cara Meningkatkan Nilai Visibility (in Impact)

Selain meningkatkan nilai openness, lainnya yang mesti dimaksimalkan dalam mendorong situs menjadi peringkat teratas adalah nilai in impact atau visibility. Diantara dua penilaian lainnya, visibility diklaim paling mudah dimaksimalkan untuk mendorong web ranking 1. Adapun beberapa cara meningkatkan nilai in impact adalah:

  1. Meningkatkan kecepatan situs dengan memilih partner pembuatan situs terpercaya. Di sini Anda harus teliti dalam mengkombinasikan semua elemen, seperti animasi, gambar, video, dsb bisa memberatkan, tetapi jika tidak ada tidak menarik.
  2. Manfaatkan SSL atau secure socket layer yang berperan sebagai fitur keamanan situs. Nantinya, peranan jasa SEO Jakarta akan semakin maksimal jika situsnya aman. Tanda situs aman akan muncul tampilan https alih-alih http saja.
  3. Meningkatkan nilai domain yang didasarkan pada penilaian oleh Ahrefs.com
  4. Meningkatkan nilai citation flow dan juga trust flow

Nantinya dari meningkatnya nilai in impact maka akan berpengaruh terhadap seluruh indikator penilaian terhadap situs. Salah satu yang terkena dampak adalah nilai openness sebagai sarana untuk menarik pembaca secara tetap pada situs kampus yang dikelola.

Sekarang ini sudah banyak konsultan untuk menaikkan ranking situs perguruan tinggi maupun situs lainnya. Menjawab tantangan zaman, menggunakan sarana digital untuk branding atau juga publikasi adalah hal yang tidak bisa dihindari di era modern.

Baik perguruan tinggi negeri terkenal sekalipun membutuhkan jasa SEO di Jakarta untuk memberikan informasi terbaru kepada khalayak. Semakin berhasil informasi tersebar maka semakin banyak orang tahu dan terlibat dalam dampak pemberian informasi tersebut.

Baca Juga: Jasa SEO dan Website Profesional Dapat Menghemat Budget Anda

Peranan Jasa SEO Jakarta

Pada intinya ketiga penilaian terhadap kualitas situs universitas di atas didasarkan pada beberapa hal penting. Ketiga hal yang sudah kami sebutkan sebelumnya dapat dicapai dengan mudah asalkan dikelola oleh profesional langsung.

Karena untuk menarik pembaca atau pengunjung ke sebuah situs, menciptakan konten yang menarik saja tidak cukup. Lebih dari itu, agar banyak orang tahu dan sadar akan keberadaan situs.

Sekarang Anda tidak perlu bingung memikirkan bagaimana strategi untuk meningkatkan ranking. Anda bisa meningkatkan daya tarik melalui jasa SEO Jakarta terpercaya dari Dreambox. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms