...

Gunakan Pagespeed Insight untuk Mengoptimasi Website Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
pagespeed-dreambox

Ingin mengotimasi website Anda? Pagespeed insight solusinya!

Google PageSpeed insight merupakan salah satu tools yang membantu pengecekan kecepatan website. Di samping tools satu ini biasa digunakan juga Pingdom, Greek Flare, GTMetrix dan WebPageTest.

Tools satu ini gratis, tidak berbayar sama sekali dan menyediakan laporan paling akurat dibanding lain. PSI adalah alat yang resmi dirilis oleh Google sehingga indikator penilaian sesuai dengan standar Google.

Google PSI secara resmi menggunakan teknologi Lighthouse yang sebelumnya merupakan tool terpisah. Digunakan untuk memeriksa performa website dalam bentuk extension di aplikasi browser Google Chrome.

Lighthouse sebagai mesin analisis utama, memberikan analisis lebih lengkap dan akurat. Hanya membuka halaman website Google PageSpeed Insight atau PSI, Anda sudah bisa melakukan pengecekan performa website dengan mudah.

Baca Juga: Contoh Coding HTML Sederhana untuk Website Anda

Apa Itu Pagespeed Insight?

Page speed bisa diartikan kecepatan halaman, mengacu pada waktu yang diperlukan untuk membuat halaman situs web. Waktu buka halaman diukur dengan jumlah waktu yang diperlukan sampai konten terlihat.

Cara lain melihat kecepatan buka halaman adalah dengan mempertimbangkan “pertama kali byte”. Mengacu pada durasi browser menerima byte pertama informasi yang dikirim dari server web. Sehingga disitulah nanti kecepatannya dihitung.

PageSpeed Insight ini penting bagi pemilik bisnis online. Sebab perusahaan mengandalkan strategi SEO untuk mendapatkan pendapatan besar. Secara spesifik, berikut perannya dalam SEO.

1. Bounce rate

Rata-rata pengguna internet menginginkan kecepatan muat halaman antara 1 sampai 2 detik. Apabila lebih dari itu maka maka akan meningkatkan bounce rate. Yaitu tingkat pantulan, atau tingkat pengguna meninggalkan situs.

Setiap pemilik situs pasti mengupayakan kecepatan muat halaman. Sebab ini akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Meningkatkan jumlah visitor setiap harinya.

2. Peringkat mesin pencari

Peringkat pencarian dengan algoritma tertinggi menentukan peringkat suatu situs web. Salah satu faktor dari algoritma adalah kecepatan halaman. Situs dengan kecepatan halaman rendah memiliki peringkat lebih rendah di SERP.

Apabila bisnis Anda tidak muncul di 10 besar hasil SERP pertama, bisa dikatakan bahwa lalu lintas kurang secara substansial. Sedikit sekali orang yang mencari berdasarkan kata kunci mengarah pada situs Anda.

3. Pengalaman pengguna

Pengalaman ini berkaitan dengan kepuasan. Apakah info yang didapat akurat? Topiknya relevan dan sebagainya. Jika pengalaman baik yang didapat maka visitor akan tinggal lebih lama untuk mengeksplor halaman dan membeli barang Anda.

4. Reputasi dan kredibilitas

Ketika situs memiliki pageSpeed insight rendah, pengguna tidak hanya malas menggunakan tapi juga meragukan kredibilitas situs. Sebaliknya pengguna merasa nyaman dengan situs yang selalu memperbarui konten mereka dan memelihara situs yang aman.

5. Tingkat konversi

Konversi dari audiens menjadi pembelai jadi lebih mudah. Begitu juga dengan konversi dari pembeli menjadi pelanggan. Ini penting jika Anda fokus mengelola toko atau bisnis online.

Cara Menggunakan Pagespeed Insight

Rata-rata pengguna internet aktif akan segera meninggalkan situs yang loadingnya lebih dari 3 detik. Jika terjadi pada situs Anda, dipastikan visitor berkurang dan sulit menjual secara online. Untuk itu perlu menggunakan PSI, berikut caranya.

  1. Buka Website PageSpeed Google
  2. Ketik Alamat Website
  3. Dapatkan Analisis

Google akan menilai kecepatan loading website dalam prosentase. Nilai 0% sampai 49% berarti lambat. Nilai 50% sampai 89% persen menunjukkan rata-rata. Kemudian 90% sampai 100% termasuk kategori cepat.

Baca Juga: Menggunakan Jasa Buat Website untuk Perkembangan Bisnis

Cara Membaca Analisis PageSpeed Google

Dalam membaca analisis PageSpeed Insight, terdapat 6 bagian. Terdiri atas origin summary, Field Data, opportunities, Lab Data, Diagnostics, serta Passed Audits. Berikut penjelasannya.

  • Field Data dan Origin Summary

Nilai kecepatan loading berdasarkan First Contentful Paint dan First Input Delay. First Contentful Paint merupakan waktu gambar atau teks pertama muncul. First Input Delay merupakan jeda antara interaksi pertama pengunjung dan respon pertama browser.

Kecepatan web dianggap cepat bila nilai FCP dan FID tersebut keduanya sama-sama tinggi. Jika salah satu, FCP atau FID rendah, website termasuk lambat.

  • Lab Data, terdiri dari First Contentful Paint, waktu gambar atau teks pertama muncul. Speed Index, kecepatan isi halaman terlihat jelas di mana semakin rendah nilainya semakin bagus. Time to Interactive, waktu pertama yang menunjukkan sebuah halaman dianggap interaktif.

Kemudian First Meaningful Paint mengukur kapan konten utama dari web muncul. First CPU Idle menandakan waktu pertama halaman pengunjung melakukan input. Estimated Input Latency, lama yang dibutuhkan website untuk merespon input masukan dari pengguna.

  • Opportunities, menunjukkan semua langkah optimasi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.
  • Diagnostics. Merupakan detail kinerja website yang belum disebutkan di analisis-analisis sebelumnya.
  • Passed Audits, berisi laporan langkah optimasi apa saja yang berhasil.

Baca Juga: Cara Menjadikan Website SEO-Friendly, Simak Selengkapnya

Tips Membaca Data Pagespeed Insight

Cara membaca kecepatan halaman perlu dipelajari supaya bisa menilai sejauh apa performanya. Dengan begitu hasil pengujiannya bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Berikut beberapa cara yang dapat diikuti, yaitu:

1. Pastikan konfigurasinya tepat

Pastikan jaringan pengiriman konten atau content delivery network (CDN) dan cache Anda telah dikonfigurasi dengan benar sebelum pengujian dilakukan. Lalu memastikannya berfungsi dengan baik di website Anda.

2. Uji PageSpeed Insight dari dua lokasi

Melakukan uji teknologi dari 2 lokasi berbeda untuk mereplikasi berbagai pengalaman akan sangat membantu. Jalankan pengujian dekat pusat data, lalu jalankan pengujian dari lokasi yang lebih jauh.

Jika tidak dapat melakukan perpindahan lokasi saat pengujian, nonaktifkan CDN untuk sementara. Kemudian ulangi proses pengujiannya sehingga mendapatkan perbandingan dan hasil serupa.

3. Lakukan tes lebih dari sekali

Semakin banyak pengujian, semakin banyak hasil didapat. Ini akan jadi bahan evaluasi apakah data berubah atau tidak. Sehingga data yang didapat lebih valid terkait performa website ini.

Baca Juga: Ketahui Syarat dan Kriteria dalam Membuat Website

Tips Mendapatkan Skor Tinggi dalam Pagespeed Insight

Performa website dinilai dengan skala 0 sampai 100. Skor tinggi menunjukkan website Anda sudah berjalan sesuai standar yang ditetapkan Google, jadi targetnya adalah 90-100%. Bagaimana cara mendapatkannya, berikut tipsnya.

1. Optimasi Gambar

Buat konten bervariasi menggunakan gambar, bukan hanya teks. Namun perlu diingat bahwa gambar resolusinya lebih tinggi dibanding teks dan berpotensi menurunkan kecepatan loading. Maka lakukan compressed supaya lebih ringan.

2. Gunakan Browser Caching

Cache adalah proses penyimpanan sementara untuk mengurangi penggunaan bandwidth dan loading server. Sistem browser caching akan menyimpan data-data halaman yang dibuka pengunjung sebelumnya sehingga tidak diperlukan request lagi dalam menampilkan data serupa.

3. Minify HTML, CSS, dan JavaScript

Kode HTML, CSS, dan JavaScript perlu dikompres untuk mengoptimasi kecepatan website melalui minify. Yaitu proses pengurangan data berulang atau tidak penting di HTML, CSS, dan JavaScript tanpa mengurangi kualitas tampilan.

4. Optimasi Website versi Mobile

Masyarakat lebih suka mengakses web melalui smartphone. Maka penting untuk mengoptimasi ke dalam versi mobile, supaya bisa dinikmati para pengguna gadget portable tersebut.

Pentingnya mengoptimasi website untuk keperluan bisnis semakin perlu menjadi perhatian. Jika tidak ingin tenggelam karena persaingan dengan website lain, Anda harus menerapkan penggunaan PageSpeed Insight secara optimal. 

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms