Contoh Coding HTML Sederhana untuk Website Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
contoh-coding-html-dreambox

Seperti apa contoh coding HTML website?

Website adalah media online penting saat ini. Bisa digunakan untuk promosi produk dengan leluasa. Bisa juga diisi dengan profile perusahaan guna mendukung branding.

Begitu penting perannya bagi perusahaan besar maupun instansi pemerintahan, tidak heran jika makin banyak orang tertarik menekuni profesi sebagai programmer. Salah satu yang perlu dikuasai adalah coding.

Bagi pemula bisa saja belajar dari mulai paling sederhana terlebih dahulu. Anda bisa mempelajarinya secara otodidak memanfaatkan berbagai info dari internet. Seperti yang akan sampaikan pada ulasan berikut ini.

Baca Juga: Ketahui Syarat dan Kriteria dalam Membuat Website

Apa Itu HTML?

Sebelum mempelajari contoh coding HTML website terlebih dahulu perlu dimengerti apa itu HTML. Ini adalah bahasa yang dipakai dalam pembuatan halaman web, kependekan dari Hypertext Markup Language.

Bagi programmer handal istilah satu ini sudah jadi makanan sehari-hari. Namun bagi orang awam yang baru belajar tentu sedikit sulit mencerna maksudnya. Sebab di dalamnya terdapat kode-kode tersusun dengan maksud tertentu.

Kode tersebut gunanya untuk memastikan format teks dan gambar yang tepat untuk browser Internet. Tanpanya browser tidak akan tahu bagaimana menampilkan teks sebagai elemen atau memuat gambar atau elemen lain.

Baca Juga: Cara Menjadikan Website SEO-Friendly, Simak Selengkapnya

Contoh coding HTML website merupakan bahasa standar pemrograman untuk membuat halaman website, yang diakses melalui internet. Hypertext disini mengacu pada hyperlink yang mungkin terdapat pada halaman HTML.

Bahasa markup ini mengacu pada cara tag untuk menentukan tata letak halaman dan elemen di dalam halaman. HTML tersusun atas kode serta simbol, dimasukkan dalam sebuah file atau dokumen. Sehingga bisa ditampilkan pada layar komputer dan dipahami pengguna internet.

Memahami semua text kata yang terkandung dalam konten, hypertext dimaksudkan sebagai cara untuk pindah laman web ke laman lain. Setelah klik tulisan atau simbol yang muncul di halaman website.

Sementara markup adalah suatu hal yang dilakukan tag contoh coding HTML website terhadap teks didalamnya. Contoh saat mengetik teks dengan tanda tag, maka akan muncul dengan huruf tebal atau bold di laman web.

Baca Juga: Menggunakan Jasa Buat Website untuk Perkembangan Bisnis

Kegunaan HTML

Dari contoh coding HTML website diketahui bahwa fungsinya adalah digunakan untuk membuat dokumen elektronik (disebut halaman) yang kemudian ditampilkan di World Wide Web (www).

Setiap halaman berisi satu rangkaian koneksi ke halaman lain yang disebut dengan hyperlink. Setiap halaman web yang di Internet tertulis menggunakan satu versi kode HTML atau yang lain.

Tanpa kode HTML, browser tidak akan tahu bagaimana menampilkan teks sebagai elemen atau memuat gambar atau elemen lainnya. Kode ini juga menyediakan struktur dasar halaman, dimana Cascading Style Sheets dihamparkan untuk mengubah tampilan.

Hypertext Markup Language berfungsi sebagai tulang atau struktur sebuah halaman web, dan CSS sebagai kulitnya atau tampilan. Sementara kegunaannya sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Membuat suatu halaman web bisa dibaca dan dipahami dengan lebih mudah. Seluruh halaman website yang ada di internet, dibuat dengan kode ini dan tak ada pengecualian. Jadi tanpa contoh coding HTML website pengguna internet tidak dapat membaca tampilannya.
  2. Menandai teks suatu laman. Kode ditulis pada suatu halaman dokumen dengan tag atau simbol khusus. Simbol dan tag tersebut membuat tampilan teks menjadi tebal, miring, bergaris tebal dan sebagainya.
  3. Sebagai dasar website, yang tentu memiliki beberapa fitur. Dalam prosesnya menggunakan java script untuk mengatur perilaku web, implementasi bahasa program server PHP, serta desain web menggunakan CSS.
  4. Menampilkan tabel, gambar, video dan konten lainnya. Umumnya contoh coding HTML website di halaman website atau blog tidak bisa langsung meletakkan tabel, gambar maupun video. Sehingga butuh komponen pada web menggunakan bahasa HTML.
  5. Menandai elemen serta membuat online form. Kode ini juga berfungsi sebagai penanda bagian-bagian dalam website diantaranya header, footer, main, navigation. Selain itu juga digunakan sebagai bahasa dalam membuat formulir digital atau online form.

Di bawah ini adalah contoh coding HTML website dasar yang ditulis dengan deskripsi setiap bagian dan fungsinya. Sebagai materi utama untuk halaman web dasar. Setiap baris dijelaskan di bawah secara rinci.

  1. Baris DOCTYPE menjelaskan versi yang digunakan. Halaman ditulis sehingga browser Internet dapat menafsirkan teks yang mengikuti.
  2. Tag pembuka agar browser mengetahui bahwa saat ini sedang membaca kode contoh coding HTML website.
  3. Bagian berisi informasi mengenai halaman, seperti judul, tag meta, dan di mana bisa menemukan file CSS.
  4. Bagian berisi semua isi di browser. Contoh semua teks yang terlihat disini terkandung dalam tag badan.
  5. Tag , adalah judul halaman yang dapat dilihat.
  6. Tag , adalah paragraf teks. Rata-rata halaman web yang ada saat ini memiliki beberapa tag paragraf.
  7. Dalam paragraf terdapat tag , yang menghasilkan tulisan kata jadi tebal, contoh kata dalam paragraf.
  8. Terakhir, tag penutup membungkus setiap tag diatas. Sehingga jadi satu kesatuan utuh contoh coding HTML.

Baca Juga: Website Agency, 3 Karakteristik Desain Website yang Baik

Lebih mudah lagi bagi Anda yang ingin belajar pemrograman atau coding bisa langsung praktek. Selain mengikuti ulasan diatas, Anda juga bisa mempelajari contoh coding HTML website dari berbagai tutorial online.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms