...

Contoh Penggunaan SEO Copywriting dalam Website

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
SEO Copywriting

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan istilah SEO atau yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Namun, apakah Anda sudah mengenal tentang apa itu SEO copywriting?

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang hal tersebut, serta berbagai tips dan contohnya. Jadi, sebaiknya Anda simak selengkapnya dan pastikan Anda telah menulis copywriting secara maksimal untuk brand terbaik Anda!

Mengenal tentang SEO Copywriting

Sebelum masuk lebih lanjut ke pembahasan yang lebih rinci, maka sebaiknya Anda pahami terlebih dulu tentang jenis SEO yang satu ini. Karena istilah ini terdiri dari dua kata, maka ada baiknya Anda pahami tentang apa itu SEO dan Copywriting, lalu mencocokkan keduanya.

Seperti yang sudah dibahas pada awal artikel, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.

Secara umum, dapat diartikan bahwa ini merupakan serangkaian teknik terbaik untuk memaksimalkan konten pada website, supaya dapat mencapai peringkat tinggi di mesin pencari. Dengan begitu, maka jangkauan pengguna untuk bisa melihat website Anda pun dapat meningkat.

Selanjutnya, copywriting dapat diartikan sebagai serangkaian teknik penulisan dalam bentuk teks untuk melakukan promosi atau penjualan produk, baik dalam bentuk barang dan jasa.

Tulisan ini juga dapat ditujukan untuk memberikan inspirasi supaya pembaca dapat melakukan tindakan terhadap produk tersebut, mulai dari mempertimbangkan pembelian, membelinya langsung, bergabung pada komunitas yang disediakan, dan sebagainya.

Jadi, bisa diartikan bahwa SEO copywriting adalah sebuah tulisan untuk mempromosikan produk dengan menerapkan berbagai teknik SEO. Perhatikan juga tentang cara ampuh optimasi SEO yang sebaiknya Anda ketahui.

Maka dari itu, Anda bisa lebih luas menjangkau audiens, karena tulisan akan lebih mudah terbaca dan mendapat peringkat tinggi di mesin pencari.

Tips Mengoptimalkan SEO Copywriting dan Contohnya

Setelah memahami tentang apa yang dimaksud SEO untuk copywriting, maka kini saatnya Anda pahami tentang berbagai tips penting ketika menuliskan copywriting dengan teknik SEO.

Di bawah ini adalah berbagai tips yang bisa dipelajari, beserta contohnya supaya Anda dapat lebih mudah dalam mempraktikkannya.

  • Pahami Kata Kunci dengan Baik

Tips pertama, pastikan bahwa Anda memahami maksud dari sebuah kata kunci dengan baik. Maksudnya, cobalah untuk memikirkan dan memahami hal apa yang ingin dicari pengguna ketika menuliskan sebuah kata kunci.

Secara umum, ada tiga jenis maksud yang dimiliki seseorang ketika mengetikkan kata kunci, yaitu:

  • Maksud komersial, ketika pengguna ingin membeli produk barang maupun jasa. Contohnya, ketika mengetikkan kata kunci ‘beli coklat’ atau ‘beli buket bunga’.
  • Maksud mencari informasi, ketika pengguna ingin mempelajari berbagai hal lebih detail, misalnya untuk kata kunci ‘sejarah hari valentine’ atau ‘mengapa valentine dirayakan’.
  • Maksud navigasi, misalnya ketika pengguna akan mengunjungi halaman atau website tertentu, misalnya ketika mengetikkan kata kunci berupa nama merek coklat atau nama toko bunga.

Ketiga maksud tersebut sebaiknya Anda pahami dengan baik, terlebih ketika akan menuliskan copywriting dengan mengincar kata kunci tertentu. Berikan tulisan terbaik untuk pengguna, lalu arahkan mereka kepada produk Anda.

Sebagai contoh, masukkan kata kunci ‘beli coklat’ untuk mempromosikan produk coklat, buatlah produk Anda menjadi yang teratas ketika mengetikkan kata tersebut.

  • Langsung Bicarakan Intinya

Tips kedua dalam menuliskan SEO copywriting yaitu dengan langsung bicarakan intinya. Copywriting bukanlah jenis konten seperti novel atau makalah panjang, jadi sebaiknya Anda tuliskan berbagai hal yang penting secara padat.

Tentunya, Anda perlu membuat konten yang relevan dengan kata kunci yang akan diincar dan produk yang akan dipromosikan. Jumlah kata dalam satu tulisan juga perlu dipertimbangkan supaya bisa lebih tampak pada mesin pencari.

Sebagai contoh, jika Anda akan menjual coklat, maka Anda bisa langsung gunakan kata kunci terkait lalu promosikan produk Anda. Namun, jangan lupa untuk menambahkan kata-kata yang menarik perhatian, misalnya ‘Valentine udah dekat, nih!’.

  • Pikirkan Judul dengan Matang

Selanjutnya, dalam penulisan SEO copywriting, penting bagi Anda untuk memikirkan judul secara matang. Biasanya, ada banyak penulis yang mendedikasikan banyak waktunya untuk menuliskan sebuah konten, namun hanya memakan beberapa detik ketika memikirkan judulnya.

Padahal, judul yang dipikirkan secara singkat tersebut belum tentu merupakan judul terbaik untuk konten Anda. Meski bukan merupakan judul yang buruk, namun bisa jadi ada berbagai alternatif judul lain yang sebenarnya lebih baik.

Lalu, pastikan juga bahwa Anda memasukkan kata kunci pada judul yang ditulis, sehingga akan lebih mudah terbaca oleh mesin pencari.

Sebagai contoh, ketika akan menjual coklat dan mengincar kata kunci ‘beli coklat’, mungkin saja Anda akan menulis judul “Beli Coklat Seharga 10 Ribu di Sini!”.

Judul tersebut tidaklah salah, namun sebenarnya ada berbagai alternatif judul lainnya yang lebih menarik perhatian, misalnya “Mau Lebih Dekat dengan Gebetan, Yuk Beli Coklat!”.

Selain itu, ada baiknya Anda juga memperhatikan tentang cara optimasi SEO on page untuk meningkatkan ranking website.

  • Sesuaikan Gaya Bahasa dengan Audiens

Ketika menuliskan sesuatu, maka pemilihan gaya bahasa adalah hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Ada baiknya, hal ini disesuaikan dengan audiens yang ditargetkan. Atau jika bicara tentang konten copywriting, maka sebaiknya gaya bahasa ini disesuaikan dengan target pasar yang diharapkan dari suatu brand.

Misalnya, ketika target pasarnya adalah anak muda, maka sebaiknya Anda gunakan bahasa yang lebih santai dan kekinian. Lalu, jika brand mengincar target pasar bisnis, maka gunakan kosakata yang banyak digunakan dalam dunia bisnis.

  • Manfaatkan Kata Kunci Tambahan

Tips berikutnya adalah dengan memanfaatkan kata kunci tambahan, di samping tetap memperhatikan pentingnya kata kunci utama.

Perlu dipahami bahwa satu konten sebenarnya bisa memuat beberapa kata kunci sekaligus dan mesin pencari pun dapat memberi peringkat untuk setiap kata kuncinya. Jadi, ada baiknya hal ini Anda manfaatkan dengan memasukkan kata kunci tambahan.

Misalnya, ketika Anda menargetkan kata kunci ‘beli coklat’, maka Anda juga bisa menambahkan kata kunci lain yang sejenis, misalnya ‘coklat enak’ atau ‘coklat murah terbaik’, sesuai dengan produk yang akan dijual.

  • Optimalkan Meta Tag

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting ketika menulis SEO yaitu tentang meta tag. Untuk bisa mendapatkan peringkat tinggi bagi konten copywriting Anda, maka sebaiknya hal ini diperhatikan.

Misalnya, dengan menambahkan meta judul dan meta deskripsi. Sebagai contoh, tambahkan meta deskripsi yang berisi judul seperti, “Hari valentine sudah dekat, nih! Sudah ada stok coklat buat pacar belum, yuk segera  beli coklat!”.

Itulah berbagai penjelasan yang sebaiknya Anda pahami tentang SEO untuk copywriting. Pada dasarnya, prinsip SEO adalah untuk mencari peringkat tertinggi di mesin pencari, sehingga berbagai perencanaan perlu dipertimbangkan.

Sebelum menulis copywriting, tips di atas bisa menjadi informasi awal untuk Anda. Lalu, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan penulisan, Anda juga bisa memanfaatkan contoh-contoh yang sudah diberikan.

Dengan memaksimalkan SEO, maka target pengunjung akan lebih meningkat dan bisnis dapat berkembang secara lebih luas. Jadi, sebaiknya unsur SEO ini tidak diabaikan dalam website Anda.

Namun, memang benar bawah ada berbagai persiapan untuk menulis SEO copywriting, sehingga mungkin saja tidak semua orang memiliki kemampuan atau waktu yang mumpuni. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan layanan SEO dari Dreambox, mari segera hubungi kami untuk informasi selengkapnya!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms