SEO Writer: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Perlu Dimiliki

SEO

Pada era yang serba digital ini, website menjadi hal penting dalam berbagai keperluan, mulai dari penyebaran informasi hingga bisnis. Namun, untuk dapat menyebarkan konten secara optimal, maka para pemilik website berusaha supaya tulisannya muncul di halaman atas. Maka dari itu, keberadaan SEO writer atau penulis SEO menjadi sangat penting.

Sebenarnya, apa maksud dari pekerjaan yang satu ini? Lalu, apa saja tugas serta kemampuan yang perlu dimiliki? Simak penjelasan ini hingga akhir dan temukan berbagai informasi tentang penulis SEO!

Apa Itu SEO Writer?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan rangkaian strategi untuk meningkatkan peringkat dari sebuah konten, sehingga dapat berada di bagian atas dari mesin pencarian. 

Jika sudah berada di posisi atas dan cenderung terlihat, maka konten tersebut dapat lebih mudah untuk menarik pengunjung. Tentunya, SEO sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan kata kunci atau keyword dalam membuat konten. Sehingga tulisan yang akan diunggah harus mempertimbangkan analisis dan penerapan dari hal ini.

Selanjutnya, yang dimaksud dengan SEO writer atau penulis SEO yaitu seorang penulis yang memiliki tanggung jawab untuk memaksimalkan strategi SEO dalam berbagai kontennya.

Tujuan penting yang perlu dicapai yaitu menempatkan konten tersebut hingga mencapai peringkat tinggi di mesin pencarian, namun tetap tidak mengabaikan kualitas tulisan. Maka dari itu, dibutuhkan berbagai jenis keterampilan atau kemampuan untuk mendukungnya.

Tugas SEO Writer

Tugas utama dari seorang penulis SEO yaitu membuat tulisan yang mudah ditemukan melalui mesin pencari, sehingga meningkatkan potensi untuk dikunjungi lebih banyak orang.

Untuk dapat mencapai hal tersebut, ada berbagai tugas penting yang perlu dilakukan oleh penulis SEO, yaitu sebagai berikut:

1. Analisis Kata Kunci

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, hal penting yang perlu diperhatikan dalam menerapkan strategi SEO yaitu keyword atau kata kunci.

Maka dari itu,  penulis SEO perlu memiliki kemampuan analisis kata kunci. Penulis harus mengetahui jenis kata kunci apa yang berpotensi untuk dicari banyak orang serta relevan dengan topik yang akan ditulis.

Dengan begitu, maka penulis dapat memanfaatkan kata kunci tersebut dalam isi konten. Dengan menerapkan kata kunci yang baik, konten akan lebih mudah untuk mencapai peringkat tinggi di mesin pencarian.

2. Menulis Konten Berkualitas dan Informatif

Karena bertugas sebagai penulis, maka tentu saja kemampuan untuk menulis menjadi kunci penting yang tidak bisa diabaikan. Penulis SEO harus bisa menyajikan tulisan atau konten yang berkualitas dan informatif, sesuai dengan topik yang sedang dibawakan.

Dengan begitu, maka pembaca akan mudah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Lalu, jika mereka suka membaca tulisan tersebut, maka akan dapat membuat mereka membaca lebih banyak lagi konten di website tersebut.

3. Optimalisasi Penggunaan Kata Kunci

Jika kembali bicara soal kata kunci, maka hal penting selanjutnya yang perlu dilakukan penulis SEO yaitu mengoptimalisasi penggunaan kata kunci.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jangan sampai hal ini justru menurunkan kualitas dari tulisan tersebut. Pastikan untuk melakukan optimalisasi, namun tetap menjaga standar kualitasnya.

4. Menjaga Keseimbangan dari Kata Kunci

Masih bicara soal kata kunci, SEO writer perlu memperhatikan tentang keseimbangan dari penempatan kata kunci.

Hindari penggunaan kata kunci yang berlebihan, karena hal tersebut dapat membuat tulisan menjadi membingungkan atau sulit terbaca dengan optimal.

Selain itu, perlu dipahami berbagai strategi penempatan kata kunci yang dapat membuat tulisan mencapai peringkat tinggi. 

Kemampuan ini menjadi penting bagi penulis SEO, sehingga kata kunci tidak digunakan secara asal-asalan dan mengganggu tulisan.

5. Memanfaatkan Penggunaan Tautan

Jika Anda ingin meningkatkan lalu lintas organik pengunjung serta otoritas dari domain website, maka penggunaan tautan dalam berbagai konten menjadi hal yang penting.

Penulis SEO perlu memiliki kemampuan untuk memanfaatkan berbagai jenis tautan untuk mendukung kontennya, baik tautan internal maupun eksternal.

6. Melakukan Pemantauan terhadap Konten

Selain membuat konten, tugas lain yang tidak kalah penting dari penulis SEO yaitu melakukan pemantauan atas konten yang sudah dibuat. Mereka harus mengetahui seberapa baik kinerja dari konten tersebut untuk memaksimalkan SEO.

Hal ini dapat dilihat dari peringkat konten tersebut di mesin pencarian, apakah sudah cukup tinggi atau belum.

Kemampuan yang Diperlukan untuk Menjadi SEO Writer

Setiap bidang kerja, tentu saja membutuhkan jenis kemampuan yang berbeda-beda. Untuk dapat menjadi penulis SEO, maka berikut adalah berbagai kemampuan yang diperlukan:

1. Kemampuan Menulis

Karena bekerja sebagai penulis, tentu saja kemampuan utama yang diperlukan yaitu menulis. Seorang penulis SEO tentunya membutuhkan berbagai kemampuan terkait kepenulisan, mulai dari aturan penulisan hingga kemampuan untuk menyusun naskah yang utuh.

2. Memiliki Pengetahuan SEO

Selain menulis, hal penting selanjutnya tentu saja tentang pengetahuan SEO. Ada berbagai teknik dalam SEO yang perlu dipahami dan dikuasai, misalnya optimasi dan penempatan kata kunci, optimasi off-page dan on-page, serta penggunaan tautan.

3. Memahami tentang Search Intent

Hal selanjutnya yang penting yaitu memahami tentang search intent, yaitu alasan mengapa orang-orang melakukan pencarian di internet. 

Seseorang dapat melakukan pencarian ketika membutuhkan informasi tertentu, mencari referensi tempat atau produk, dan sebagainya.

Dengan mengetahui alasan tersebut, maka Anda bisa mengetahui kebanyakan orang menginginkan apa ketika mengetik kata kunci tertentu. Anda pun dapat menyesuaikan konten yang dibuat berdasarkan alasan tersebut.

4. Menguasai Berbagai Gaya Bahasa

Jika bekerja sebagai penulis SEO yang perlu menulis untuk berbagai kalangan target pembaca, misalnya penulis di sebuah agensi, maka salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki yaitu menggunakan berbagai gaya bahasa.

Gaya penulisan SEO dapat disesuaikan dengan jenis konten yang disampaikan dan target pembaca yang diharapkan, sehingga seorang penulis perlu memiliki kemampuan untuk menyesuaikannya.

5. Kreativitas

Karena kepenulisan merupakan salah satu bidang kerja yang membutuhkan berbagai jenis kreativitas, maka penulis SEO pun membutuhkan kemampuan yang satu ini.

Dengan kreativitas, maka penulis dapat membuat konten yang unik serta menarik bagi pembaca. Berbagai ide kreatif juga dapat dituangkan supaya tulisan tersebut tidak membosankan dan informasinya dapat tersampaikan dengan optimal.

6. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan penting selanjutnya yaitu tentang komunikasi, baik kepada klien maupun rekan kerja. Untuk dapat menjadi penulis yang baik, maka perlu memiliki komunikasi yang baik pula, sehingga berbagai konten yang dihasilkan dapat maksimal sesuai dengan harapan.

7. Multitasking

Karena perlu melakukan berbagai kegiatan menulis serta pemantauan konten, maka kemampuan multitasking diperlukan dalam pekerjaan ini. Dengan begitu, maka produktivitasnya tetap terjaga dengan baik, serta tidak mengabaikan kualitas dari konten yang dihasilkan.

Itulah berbagai penjelasan tentang penulis SEO, mulai dari pengertian, tugas, hingga berbagai kemampuan yang sebaiknya dimiliki jika ingin menekuni bidang yang satu ini. 

Tentu saja, menulis berdasarkan strategi SEO tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan supaya dapat membuat tulisan yang optimal.

Strategi SEO menjadi hal penting jika ingin tulisan Anda menjangkau semakin banyak orang. Maka dari itu, keberadaan SEO writer menjadi penting untuk berbagai keperluan website, misalnya dalam hal bisnis atau branding

Namun tenang saja, jika Anda membutuhkan bantuan terkait penulisan ini, maka layanan SEO dari Dreambox siap membantu! Pastikan Anda mendapat pelayanan dan informasi lebih lengkap dengan menghubungi kami.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.