Bagaimana Cara Membuat Konten Website yang Menarik Perhatian

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-membuat-konten-website-menarik-dreambox

5 Cara ini dapat membuat konten website Anda lebih eyecatching.

Mungkin sebagian dari Anda masih mencari cara, untuk membuat konten website yang menarik. Tentu hal tersebut bisa terasa sulit, apabila pembaca belum menemukan inspirasi yang tepat, maka dari itu kami akan membantu Anda agar dapat menyalurkan ide menarik ke dalam konten.

Dalam membuat suatu konten, kita bisa memulainya dengan membahas topik yang disukai, atau Anda bisa memulainya dengan topik sedang hangat diperbincangkan. Dengan membahas topik beragam, tentu pengunjung website akan merasa lebih tertarik melihat situs Anda.

Mereka tidak akan merasa bosan, karena konten website yang menarik dan menampilkan topik terbaru dan membuat mereka menjadi up to date. Namun sebelum membuat website, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berbagai tahapan perlu pembaca lakukan.

Karena membuat website mengandung topik bermanfaat, tidak hanya penting bagi Anda, namun juga pengunjung yang akan membacanya. Terlebih lagi jika situs tersebut akan dimanfaatkan demi kepentingan bisnis, maka pembaca perlu mengetahui informasi berikut ini.

Baca Juga: Ketahui 8 Penyebab Umum Server Website Down

Button Wajib dalam Website

Ada beberapa button wajib dimiliki pada website Anda, agar mampu memuat berbagai info yang dibutuhkan oleh audiens. Bagi pembaca baru mulai membuat situs, kenali dengan baik button apa saja yang wajib berada didalamnya.

1.  Product Page

Berisi pelayanan atau produk dipasarkan oleh perusahaan, dengan keterangan secara detail serta sesuai dengan fakta. Melalui halaman ini, Anda bisa menjelaskan setiap produk atau jasa yang diperjualbelikan oleh konsumen, agar audiens mendapat informasi secara lengkap.

2.  Home Page

Konten website yang menarik juga membutuhkan button home page, halaman ini akan menjadi penentu apakah konsumen akan melanjutkan ke halaman selanjutnya atau tidak.

3.  About Page

Berisi profil serta sejarah perusahaan, juga persetujuan antara penjual dan konsumen. Disini akan tertulis secara lengkap, bagaimana awal mula perusahaan terbentuk dan partner perusahaan yang bergabung.

4.  Contact Page

Untuk membuat konten website yang menarik, pembaca juga perlu mencantumkan kontak dapat dihubungi, mulai dari email, nomor handphone, alamat perusahaan dan lainnya.

5.  Testimonial Page

Untuk membuat konsumen mengetahui seberapa baik kualitas brand Anda, tentu mereka akan lebih mudah mempercayainya melalui testimoni dari pengguna. Pastikan testimoni diberikan berdasarkan fakta dan tidak dibuat-buat, agar konsumen juga bisa memberikan kepercayaannya.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Website serta Elemen dan Komponen di Dalamnya

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Konten

Agar konten dibuat bisa tampak menarik dan sempurna, maka siapkan beberapa hal berikut ini akan membuat website Anda ramai pengunjung. Sebagai audiens, tentu mereka akan lebih suka apabila melihat informasi disajikan secara menarik dan tidak membosankan.

1.  Tentukan Tujuan Website

Untuk membuat konten website yang menarik, Anda perlu mencari tahu sebetulnya tujuan dibuat website tersebut apa. Apakah untuk memperkenalkan brand dan produk perusahaan, apakah hanya ingin fokus meningkatkan pendapatan dari iklan, atau sekedar berbagi informasi.

Jika Anda sudah menentukan tujuan dari pembuatan situs, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan topik agar diangkat menjadi topik menarik pada situs. Selain itu hal ini akan membuat isi dari situs Anda menjadi terarah, dan membuat audiens juga tertarik berkunjung.

2.  Mengenal Audiens

Hal tidak kalah penting lainnya adalah mengenal audiens, Anda harus mengetahui kriteria seperti apa yang audiens miliki. Akan lebih mudah apabila pembaca mengubah sudut pandang menjadi audiens, seperti bagaimana bisa menemukan website Anda, juga masalah yang dihadapi.

Biasanya audiens akan mencari solusi dari permasalahannya melalui mesin pencarian, maka dari itu pastikan mengangkat tema, berasal dari permasalahan sedang dihadapi oleh kebanyakan orang saat ini, Anda bisa melakukan riset dengan menggunakan Google Analytics.

3.  Riset Konten Pesaing

Konten website yang menarik juga membutuhkan riset, dimana pembaca perlu mereset seperti apa topik menarik ditentukan oleh pesaing. Ketahui topik sedang dicari oleh audiens dari situs pesaing.

Bandingkan dengan situs milik Anda, kenali apa saja perbedaannya. Kemudian pembaca juga bisa mengidentifikasi tren sedang berkembang saat ini, juga bagaimana pesaing bisa mengangkat tren tersebut.

Langkah Membuat Konten Menarik

Jika sudah mempersiapkan beberapa hal di atas, maka ikuti langkah demi langkah telah kami rangkum menjadi informasi berikut ini. Dengan memikirkan topik pada konten secara matang, kami jamin website Anda akan disukai oleh para audiens.

1.  Membuat Konten Berkualitas

Langkah pertama dalam membuat konten website yang menarik, Anda perlu mencari inspirasi dalam membuat topik berkualitas. Tidak hanya mengangkat topik sedang hangat, namun Anda juga perlu membuat konten berkualitas yang sifatnya informatif dan positif.

Memberi pengetahuan dan ide baru kepada audiens, bisa membuat pengunjung website menjadi setiap dan akan terus berkunjung ke situs. Tambahkan beberapa topik sifatnya menghibur, agar audiens tidak hanya mendapat manfaat namun juga hiburan dikala bosan.

2.  Anti Plagiarisme

Hal penting wajib diingat adalah, pastikan Anda tidak mengambil data dari suatu website tanpa mencantumkan sumber referensi. Jika ingin mengambil data dari sumber lain, cantumkan referensinya atau lakukan paraphrase agar tidak ada kesamaan kata atau kalimat.

Untuk memastikan agar tidak ada plagiarisme terjadi, pembaca bisa mengecek isi konten yang dibuat dengan memanfaatkan tools anti plagiarisme.

3.  Memudahkan Pembaca

Dalam membuat konten website yang menarik, Anda juga perlu memikirkan pembaca. Apakah konten dibuat mudah dipahami atau tidak, dalam hal ini pemilihan kata perlu diperhatikan, selain itu letak setiap bagian pada website, seperti judul, subjudul dan numbering harus jelas.

4.  Singkat, Padat dan Jelas

Tidak perlu bertele-tele dalam menggunakan kata di sebuah konten, pembaca hanya perlu fokus pada penggunaan kata benda dan kata kerja. Selain itu perhatikan EYD, sebab salah satu kesalahan paling sering ditemukan adalah EYD Indonesia tidak sesuai.

5.  Menambahkan Gambar atau Video

Tambahan lain dalam membuat konten website yang menarik adalah, Anda bisa menambahkan gambar atau video yang akan membuat audiens lebih mudah membayangkan apa yang sedang Anda jelaskan dalam bentuk tulisan, selain itu visual akan membuat audiens mudah mengingat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat UI UX Website yang Baik

Cara Optimasi Konten

Optimasi konten memang perlu dilakukan, dengan tujuan agar bisa mendapatkan audiens setia. Jangan sampai kehilangan traffic website, dan membuat audiens menjadi berkurang, maka dari itu ikuti cara telah kami berikan, agar website bisa berfungsi secara maksimal.

1.  Manfaatkan Mesin Pencari

Konten website yang menarik juga membutuhkan optimasi, meskipun tujuan dibuatnya website untuk dibaca oleh manusia, tapi Anda juga harus memastikan agar situs pengguna buat bisa audiens temukan dengan mudah, maka perlu menggunakan tools SEO pada mesin pencarian.

Dalam memanfaatkan tools SEO, kata sandi terkandung pada artikel atau konten tersebut akan menjadi pembantu bagi website untuk berada di peringkat pertama pada halaman pertama mesin pencarian, meskipun tidak ada kepastian namun peluangnya lebih besar.

2.  Perbarui Konten secara Rutin

Optimasi konten juga bisa dilakukan dengan memperbarui konten secara rutin. Tentu audiens akan lebih tertarik pada web yang memberikan informasi terbaru dan berbeda.

Selain itu Anda juga perlu mereset, konten seperti apa mampu menarik bagi audiens dan mana yang tidak. Agar kedepannya Anda bisa membuat topik yang mampu disukai banyak audiens, sehingga traffic website akan meningkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Cara Membuat Website Tanpa Coding untuk Bisnis Anda

Dalam mengelola website, ada baiknya Anda memperhatikan pembuatan konten yang berperan penting didalamnya. Pastikan bahwa setiap topik tersebut sesuai dengan audiens yang ingin Anda dapatkan, dan pahami berbagai tips dalam membuat konten website yang menarik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms