...

Ketahui 8 Penyebab Umum Server Website Down

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Website down merupakan salah satu masalah terbesar bagi pemilik website.

Ketika website down, maka website tersebut tidak akan bisa digunakan oleh pengguna. Contohnya jika Anda memilih website untuk menjual sebuah produk, ketika website tersebut down, pelanggan tidak akan bisa membeli produk Anda. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap pengalaman para pelanggan.

Baca Juga: Pentingnya Website Developer Jakarta Untuk Mengelola Website Anda

Oleh karena itu masalah website mengalami down sebisa mungkin harus dicegah. Untuk melakukan pencegahan terhadap masalah tersebut, Anda perlu memahami hal-hal yang menyebabkan masalah ini. Dalam artikel ini, kami telah merangkum 8 hal yang biasanya menjadi penyebab website mengalami down. Silahkan pahami penjelasan berikut agar Anda bisa mengambil tindakan pencegahannya.

Website Down Akibat Kualitas Web Hosting Kurang Baik

Web hosting memiliki peranan penting dalam menjamin kualitas sebuah website. Web hosting dengan kualitas yang buruk akan menyebabkan website sering mengalami masalah seperti server down. Sebab agar sebuah website dapat diakses setiap saat, server harus terus bekerja selama 24 jam. Ketika server mati, maka secara otomatis website Anda tidak akan bisa diakses.

Ada beberapa hal yang menyebabkan suatu server dari web hosting mati. Contohnya adalah kualitas hardware yang rendah, teknologi terlampau usang hingga maintenance oleh pemilik server kurang maksimal. Untuk menghindari masalah ini, tentu Anda harus memilih web hosting berkualitas. Pastikan Anda memilih web hosting yang memiliki tingkat uptime tinggi hingga mencapai angka 99,99%.

Website Down Akibat Lonjakan Trafik

Sebagai pemilik website, pasti Anda berharap mendapatkan trafik tinggi. Sebab semakin tinggi trafik menunjukkan semakin banyak orang yang datang dan berkunjung ke dalam website Anda. Namun perlu Anda pahami bahwa lonjakan trafik yang terlalu tinggi dapat menyebabkan server menjadi down. Sebab sebuah server memiliki kapasitas maksimal dalam menangani permintaan dari para pengguna. Jika jumlah pengunjung dalam suatu website lebih besar daripada kapasitas tersebut, maka server tidak akan bisa merespon, sehingga akhirnya website tidak akan bisa digunakan secara optimal. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu menggunakan server dengan kapasitas besar. Setiap layanan web hosting biasanya memiliki beberapa pilihan paket berdasarkan pada besaran kapasitas server.

Website Down Akibat Masalah Pada Domain

Domain merupakan sebuah alamat dari website yang Anda miliki, sehingga para pengguna website cukup mengetikkan domain tersebut untuk bisa datang dan berkunjung ke website Anda. Jika tidak ada domain, maka alamat website Anda akan berbentuk deretan angka. Tentu hal ini akan menyulitkan bagi para pengguna website untuk mengingat nama web Anda.

Selain itu, pengaturan domain juga sangat penting agar browser bisa langsung menuju website Anda. Jika terdapat kesalahan pada pengaturan domain, maka pengguna tidak akan bisa datang ke web Anda. Untuk mencegah hal ini, tentu Anda harus memiliki domain terlebih dahulu. Setelah itu pastikan pengaturan domain pada website Anda sudah tepat agar tidak ada masalah.

Website Down Akibat Gangguan Pada Data Center

Perlu Anda pahami bahwa server yang digunakan untuk menyimpan data sebuah website terletak di sebuah data center. Data center merupakan bangunan yang di dalamnya berisi komputer server untuk berbagai tujuan. Jika data center tersebut mengalami masalah, maka sudah pasti akan mempengaruhi server di dalamnya. Beberapa contoh masalah pada data center seperti pemadaman listrik, bencana alam dan gangguan lainnya.

Tidak banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah masalah pada data center. Sebab biasanya gangguan pada data center bersifat force majeure atau keadaan yang memaksa. Namun Anda bisa memilih data center tier 4 yang memiliki banyak cadangan pada infrastruktur utama dan penunjang, sehingga ketika terjadi masalah, terdapat cadangan yang membuat website Anda tidak down.

Website Down Akibat Masalah Pada CMS

CMS atau content management system merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengelola website, sehingga jika terdapat masalah pada CMS akan berdampak pada website yang Anda miliki. Ada banyak CMS yang biasa digunakan untuk mengelola suatu website. WordPress merupakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan oleh banyak orang untuk melakukan pengelolaan sebuah website.

Masalah pada CMS dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari plugin yang tidak kompatibel, kesalahan URL hingga beberapa permasalahan teknis lainnya. Setiap masalah tersebut biasanya akan memunculkan suatu kode error. Salah satu kode error yang sering ditemui adalah 404. Setiap kode error tersebut memiliki arti tersendiri yang menunjukkan penyebab masalahnya, sehingga Anda dapat memahami arti kode error tersebut untuk menyelesaikannya.

Website Down Akibat Masalah Pada Coding

Selain menggunakan CMS, pembuatan dan pengelolaan website juga dapat dilakukan dengan coding. Yaitu dengan cara menuliskan barisan kode pada file website sehingga bisa menghasilkan suatu website tertentu. Oleh karena itu kesalahan dalam penulisan kode dapat berdampak pada website. Masalah tersebut dapat berupa tampilan website akan berubah atau fungsi website tidak bisa dijalankan.

Untuk mengatasi masalah ini, tentu Anda harus mencari kode yang bermasalah. Entah terdapat kesalahan ketik, karakter yang tidak lengkap, kekeliruan rentetan kode dan berbagai masalah lainnya. Maka untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi, pastikan Anda menggunakan jasa web developer terbaik. Sebab web developer terbaik memiliki kemungkinan yang lebih kecil melakukan kesalahan saat coding.

Website Down Akibat Serangan Hacker

Sebuah website juga dapat mengalami masalah hingga mati akibat serangan hacker. Bahkan serangan hacker merupakan salah satu ancaman yang paling ditakuti oleh para pemilik website. Sebab ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh hacker ketika meretas sebuah website. Bukan hanya bisa membuat website menjadi down, namun hacker juga bisa mencuri data di dalam server. Untuk mencegah hal ini, pastikan website sudah dibangun secara aman. Seperti salah satunya adalah terenkripsi dengan sertifikat SSL yang telah terbukti dalam mengamankan suatu website.

Website Down Akibat Kegiatan Maintenance

Kegiatan maintenance juga bisa menjadi penyebab website mengalami down. Namun jika Anda memilih web hosting berkualitas, terjadinya downtime akibat maintenance bisa hanya beberapa menit dalam satu tahun, sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa maintenance akan merusak kualitas pengalaman pengguna website Anda. Justru dengan maintenance, website bisa menjadi lebih baik secara performa dan kualitas.

Baca Juga: Pelajari Cara Mengatasi 404 Not Found Pada Website Anda

Memiliki website di zaman seperti sekarang merupakan sebuah keharusan. Apalagi jika Anda memiliki bisnis dan ingin menjangkau lebih banyak orang. Adanya website akan membantu mencapai tujuan tersebut. Namun tentunya website tersebut harus dijaga dan dikelola agar tidak mengalami masalah. Sebab masalah seperti website down akan membuat pengalaman pengguna website menjadi tidak menyenangkan.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms