Pentingnya Website Developer Jakarta Untuk Mengelola Website Anda

Website

Website developer Jakarta, solusi branding website perusahaan.

Dengan kehadiran website developer Jakarta, banyak bisnis yang tidak perlu lagi repot melakukan pengelolaan terhadap website mereka, sehingga kemungkinan terjadinya masalah terhadap website menjadi lebih kecil. Pada era digital seperti sekarang, memiliki sebuah website bagi sebuah bisnis seakan menjadi sebuah kewajiban.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Instagram Shopping?

Tanpa website, bisnis akan sulit untuk bisa menjangkau calon pelanggan lebih banyak. Bahkan beberapa bisnis sudah memanfaatkan website sebagai toko online, sehingga calon pelanggan menjadi lebih mudah dalam melakukan pembelian produk. Tentunya hal ini juga membuat penjualan produk menjadi lebih tinggi. Agar website bisa berjalan dengan baik, tentu harus dibuat dan dikelola secara baik juga. Proses pembuatan dan pengelolaan website tersebut dapat diserahkan kepada website developer.

Memahami Pengertian Website Developer Jakarta

Mungkin masih banyak orang yang belum paham tentang pengertian dari website developer. Sebab memang profesi ini baru muncul dalam beberapa tahun terakhir mengikuti perkembangan internet. Secara sederhana, web developer adalah sebuah profesi yang bekerja untuk membangun sebuah web. Jika web diibaratkan sebagai bangunan, maka web developer adalah pihak yang membuat bangunan tersebut.

Selain membangun web, web developer juga bertugas untuk merawat dan mengelola web, sehingga web dapat berjalan secara optimal dan tidak terjadi masalah ketika digunakan oleh para pengguna. Pembuatan website sendiri membutuhkan keahlian yang sangat dalam. Mulai dari memahami bahasa pemrograman, UI/UX, maintenance dan berbagai hal lain yang dibutuhkan. Karena itu kehadiran website developer Jakarta sangat penting.

Setidaknya proses pembangunan web akan meliputi dua hal, yaitu front end dan juga back end. Front end adalah pengembangan website pada bagian depan atau juga yang lebih sering disebut antarmuka. Hal-hal yang harus dipikirkan oleh seorang front-end developer adalah bagaimana pengalaman pengguna ketika memakai website, tampilan website dan sebagainya. Tentu hal ini berbeda dengan bagian back-end.

Sebab bagian back-end akan lebih banyak mengurusi hal-hal yang tidak terlihat oleh pengguna web. Contohnya seperti perihal server, penerimaan data dan berbagai hal lain dari bagian belakang sebuah website. Kedua bagian ini sama-sama penting agar website dapat berjalan secara optimal. Sebab tampilan website yang bagus akan sia-sia jika back-end bermasalah dan begitu juga sebaliknya.

Memahami Tugas Website Developer Jakarta

Kami telah sedikit menyinggung tugas yang dimiliki oleh seorang web developer. Namun secara rinci, Anda dapat memahami pekerjaan yang dilakukan oleh web developer sebagai berikut.

1. Melakukan Perencanaan

Selayaknya membangun rumah atau gedung, membangun sebuah website juga memerlukan perencanaan. Sebuah web yang dibuat secara asal dan tanpa perencanaan matang pasti akan berkualitas rendah. Proses perencanaan sebuah website meliputi desain tampilan, fungsi website, dan berbagai hal lainnya. Dengan begitu kehadiran website akan benar-benar dapat membantu menunjang pengembangan bisnis Anda.

2. Membuat Website

Setelah proses perencanaan selesai, maka web developer akan mulai untuk membangun website tersebut. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, pembuatan website ini akan meliputi front-end dan back-end. Proses pembangunan website ini dilakukan dengan cara menuliskan baris-baris kode sehingga bisa menghasilkan website yang direncanakan. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat web.

3. Uji Coba

Setelah web selesai dibuat, website developer Jakarta juga akan melakukan uji coba terhadap web tersebut. Sehingga ketika website sudah live, potensi terjadinya masalah menjadi lebih kecil.

4. Maintenance

Website developer juga bertugas untuk melakukan maintenance agar memastikan website tidak mengalami masalah saat digunakan. Sebab tanpa maintenance, web bisa saja bermasalah dan merugikan bisnis. Proses maintenance juga dilakukan agar website bisa mengikuti perkembangan zaman. Bahkan terkadang diperlukan penulisan kode baru untuk membuat website tetap update dengan perkembangan zaman.

Pentingnya Menggunakan Website Developer Jakarta Profesional

Saat ini Anda telah memahami pengertian dan tugas dari seorang web developer. Secara umum, web developer adalah pihak yang akan membuatkan dan merawat website agar bisa dipakai secara optimal. Pertanyaan selanjutnya adalah mengenai nilai penting dari penggunaan web developer. Berikut adalah beberapa hal yang membuat Anda perlu menggunakan jasa web developer profesional untuk mengelola website.

1. Website Merupakan Bagian Dari Branding

Kehadiran sebuah website bagi bisnis sudah menjadi seperti wajah dari bisnis itu sendiri, sehingga baik atau buruknya penilaian calon pelanggan terhadap bisnis Anda, bisa ditentukan dari kualitas website. Oleh karena itu Anda harus memastikan bahwa website yang dimiliki terkesan profesional dan meyakinkan calon pelanggan. Hal ini bisa dilakukan jika Anda menggunakan jasa web developer profesional.

2. Proses Pembuatan Web Tidak Mudah

Hadirnya website developer Jakarta disebabkan adanya kebutuhan terhadap website namun tidak semua orang bisa membuatnya. Karena memang untuk membangun website yang baik, tidak bisa dilakukan secara mudah. Anda telah melihat bagaimana tugas dari seorang web developer yang meliputi perencanaan, pembuatan hingga maintenance. Tentunya setiap kegiatan ini memerlukan keahlian yang dalam sehingga harus dilakukan oleh profesional.

Cara Menentukan Website Developer Profesional

Saat ini ada banyak web developer yang bisa Anda pilih untuk dipercayakan mengelola website Anda. Untuk mendapatkan website developer Jakarta terbaik, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Pengalaman

Tentu web developer terbaik bisa Anda lihat dari pengalaman yang dimiliki. Semakin berpengalaman sebuah web developer akan menunjukkan bahwa keahlian dalam membuat dan mengelola web semakin tinggi. Sebab bahasa pemrograman dan pembuatan web terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Dengan pengalaman yang banyak membuat web developer tersebut lebih paham tentang dunia pembuatan website.

2. Review Client

Anda juga dapat mengetahui kualitas dari suatu web developer dengan melihat review client. Semakin baik review yang diberikan oleh client, maka semakin berkualitas juga jasa pembuatan dan pengelolaan website tersebut.

3. Portfolio

Melihat portfolio juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengetahui kualitas website developer Jakarta. Sebab Anda langsung bisa melihat hasil website yang telah mereka buat. Anda bisa melihat pada klien-klien yang websitenya ditangani oleh web developer tersebut. Lalu Anda perhatikan dan nilai apakah Anda ingin website bisnis Anda dibuat seperti itu. Dengan berkembangnya internet dalam beberapa tahun belakangan telah mengubah banyak hal, termasuk pada dunia bisnis. Kini proses pengembangan bisnis bisa dilakukan di dunia digital dengan menggunakan website.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Branding Website Terbaik

Tentu website tersebut harus dibuat dan dikelola secara profesional. Oleh karena itu pastikan Anda menggunakan website developer Jakarta terbaik yang bisa memberikan pelayanan profesional dalam pembuatan dan pengelolaan website.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.