Bagaimana Cara Membuat Instagram Shopping?

Digital Marketing

Masih banyak orang yang belum tahu cara membuat Instagram shopping.

Padahal dengan mengetahui cara membuat instagram shopping sangat bermanfaat bagi akun bisnis. Instagram shopping dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan setiap produk. Oleh karena itu jika Anda memiliki akun bisnis di Instagram, wajib memahami hal ini. Sebab sebenarnya cara untuk melakukannya tidak terlalu sulit apabila dilakukan dengan benar. Tidak perlu khawatir jika Anda belum memahami cara mengaktifkan fitur Instagram shopping. Sebab kami telah merangkum informasi mengenai fitur Instagram Shopping tersebut agar bisa lebih mudah untuk Anda pahami.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Instagram Shopping?

Pentingnya Penggunaan Fitur Instagram Shopping

Sebelum kami menjelaskan tentang cara membuat Instagram shopping, kami akan memberi tahu tentang nilai penting dari fitur ini, sehingga Anda dapat memahami manfaat dari fitur yang disediakan oleh Instagram ini. Keberadaan fitur Instagram Shopping tentu dihadirkan bukan hanya sebatas memenuhi ruang pada aplikasi Instagram. Namun ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari fitur ini yaitu sebagai berikut.

1. Peningkatan Penjualan

Pada dasarnya fitur Instagram Shopping dihadirkan untuk meningkatkan penjualan pemilik bisnis. Sebab saat ini perilaku berbelanja secara daring memang sangat masif dilakukan oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Anda dapat melihat bagaimana marketplace dan e-commerce terus tumbuh dan berkembang dalam beberapa tahun belakangan. Oleh karena itu fitur Instagram Shopping dihadirkan sebagai respon terhadap pertumbuhan tersebut.

2. Mempermudah Pelanggan

Dengan memahami cara membuat Instagram shopping akan mempermudah pelanggan yang tertarik membeli produk Anda. Sebab fitur ini bisa membuat pelanggan langsung menuju website untuk melakukan pembelian produk, sehingga pelanggan tidak harus keluar dari aplikasi Instagram dan mengetik website Anda di kolom pencarian Google. Tentunya dengan meningkatnya kemudahan tersebut akan semakin mendorong terjadinya pembelian.

3. Integrasi Konten dengan Katalog

Penggunaan fitur Instagram shopping juga membuat Anda bisa mengintegrasikan konten dengan katalog produk secara cepat, sehingga informasi seputar produk bisa segera dipahami oleh calon pelanggan. Dengan begitu Anda tidak perlu menjelaskan kembali mengenai harga ataupun rincian produk di kolom komentar atau DM. Pelanggan juga menjadi lebih cepat dalam mengetahui informasi produk sehingga mendorong perilaku pembelian.

Persyaratan untuk Membuat Instagram Shopping

Dalam cara membuat Instagram shopping, ada syarat-syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Sebab tidak sembarangan akun bisnis dapat membuat Instagram shopping pada akun mereka. Setidaknya terdapat empat syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa menggunakan fitur ini. Berikut adalah keempat syarat yang Anda perlukan untuk bisa menggunakan fitur Instagram shopping.

1. Lokasi

Syarat pertama yang diperlukan untuk menggunakan fitur Instagram shopping adalah lokasi. Sebab Instagram memang tidak secara langsung mengaktifkan seluruh fitur untuk setiap lokasi di dunia. Untungnya fitur Instagram shopping sudah bisa digunakan oleh para pengguna di Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak akan bisa memenuhi syarat yang diberikan ini.

2. Produk

Fitur Instagram shopping juga tidak bisa digunakan jika Anda menjual produk yang tidak sesuai ketentuan. Anda bisa melihat secara detail mengenai ketentuan ini di term policies Instagram.

3. Mematuhi Perjanjian Pelapak & Kebijakan Perdagangan

Salah satu cara membuat Instagram shopping mematuhi perjanjian dan kebijakan yang dibuat oleh Instagram. Perjanjian dan kebijakan ini akan muncul pada saat awal kali Anda ingin mengaktifkan fitur ini. Jika di kemudian hari ditemukan Anda melanggar perjanjian dan kebijakan, maka fitur tersebut akan dinonaktifkan oleh Instagram. Bahkan lebih parah lagi akun bisnis Anda bisa terkena hukuman berupa banned.

4. Memiliki Website

Salah satu syarat penting dalam menggunakan fitur Instagram Shopping adalah memiliki website. Sebab website tersebut yang akan diintegrasikan dengan katalog produk di dalam Instagram shopping.

Cara Membuat Instagram Shopping Secara Mudah

Jika Anda merasa telah memenuhi seluruh syarat di atas, maka Anda bisa memulai mengaktifkan fitur Instagram Shopping. Ikuti langkah berikut agar fitur Instagram shopping bisa Anda aktifkan.

  1. Ubah akun Instagram menjadi akun bisnis atau kreator
  2. Masuk ke settings, lalu pilih menu business
  3. Setelah itu pilih Set up Instagram Shopping
  4. Anda juga bisa melakukannya dari feed dengan klik menu Add Shop
  5. Klik pada tombol Get started
  6. Setelah itu Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram dengan Facebook
  7. Setelah menautkan akun Instagram dengan Facebook, selanjutnya tautkan katalog
  8. Jika Anda telah memiliki katalog di akun Facebook, Anda bisa memilihnya
  9. Jika belum, Anda bisa klik pada New Catalog
  10. Anda juga bisa menggunakan pihak ketiga seperti Shopify dan BigCommerce untuk menautkan catalog
  11. Setelah memilih catalog, klik pada tombol Next
  12. Setelah itu tautkan website Anda
  13. Pihak Instagram akan melakukan review terhadap produk yang Anda miliki di website tersebut
  14. Setelah lolos review, maka Instagram shopping telah selesai Anda buat

Menambahkan Produk di Katalog pada Postingan

Setelah memahami cara membuat Instagram shopping, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui memanfaatkan fitur tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengintegrasikan katalog produk dengan postingan di dalam feed. Dengan begitu calon pelanggan dapat langsung klik dan menuju pada rincian produk Anda. Berikut adalah cara untuk membuat postingan yang terintegrasi dengan katalog pada Instagram shopping.

  1. Klik tanda + lalu pilih post
  2. Pilih konten yang hendak Anda unggah ke dalam feed
  3. Klik pada menu tag products
  4. Klik pada bagian foto yang hendak ditandai
  5. Pilih produk dari katalog sesuai dengan yang hendak ditandai di foto
  6. Tambahkan caption pada postingan
  7. Sesuaikan menu lainnya berdasarkan kebutuhan Anda
  8. Klik share
  9. Selesai

Sekarang Anda bisa melihat sebuah tag pada konten yang baru diposting tersebut. Jika tag tersebut di klik, maka akan langsung mengarah pada katalog produk Anda di Instagram shopping. Selanjutnya calon pelanggan bisa melakukan klik untuk menuju website Anda, sehingga mereka bisa melakukan pembelian produk dari website tersebut. Tentunya mereka juga dapat mengeksplorasi web Anda untuk mencari produk lainnya.

Sekarang dapat Anda pahami bahwa mengaktifkan fitur Instagram shopping sangatlah mudah. Hal yang Anda butuhkan hanyalah website dan katalog produk. Bahkan Anda bisa menggunakan katalog produk dari akun Facebook. Maka tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mengaktifkan fitur Instagram shopping. Terlebih dengan melihat pengaruhnya yang mampu meningkatkan penjualan produk menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Trend Content Marketing Terbaik Tahun 2021

Sebab memang Facebook dan Instagram selalu berusaha menghadirkan fitur yang memudahkan para pelaku bisnis di dalam platform mereka, sehingga pastikan Anda memahami cara membuat Instagram shopping untuk mengoptimalkan fitur tersebut.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.