7 Trend Content Marketing Terbaik Tahun 2021

SEO

Content marketing dapat membantu pembentukan citra merek.

Content marketing dapat dianggap juga sebagai metode pemasaran secara online, memang lebih mudah dalam penerapannya juga lebih hemat dari segi biaya. Sudah banyak perusahaan menerapkan strategi ini, ketimbang harus memasarkan produk atau jasa secara offline. Ketika perkembangan internet semakin meningkat, diikuti pula dengan peningkatan dari para penggunanya, tentu saja para pebisnis akan berpikir, akankah lebih baik jika memasarkan produk secara online, karena bisa dilihat sekaligus oleh orang banyak dengan jangkauan luas.

Baca Juga: Ketahui Ciri Artikel SEO Friendly serta Tahapan Membuatnya

Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan setiap tahunnya tentu tidak sedikit, untuk bisa memasarkan produk melalui billboard, reklame, iklan televisi atau menggunakan media cetak. Dapat dikatakan bahwa biaya pemasaran online lebih hemat, dengan dampak begitu besar. Namun hal tersebut hanya berlaku, jika Anda tau bagaimana menerapkan pemasaran secara online dengan maksimal. Ada berbagai trend marketing yang sedang booming tahun 2021, dan barangkali Anda bisa mengaplikasikannya pada perusahaan pebisnis.

7 Trend Content Marketing Terbaik Tahun 2021

Setiap tahunnya pemasaran konten selalu memiliki trennya sendiri, tentu saja trend tersebut dilihat berdasarkan pilihan dari audiens, konten seperti apa yang memiliki tingkat engange tertinggi terhadap suatu brand atau bisnisnya.

1. Personalisasi Konten

Konten personalisasi menjadi salah satu konten yang tetap relevan hingga sekarang, pebisnis bisa mengumpulkan data-data dari kebiasaan user atau pengunjung website. Personalisasi konten tidak hanya menyapa konsumen melalui email, namun berkat kehadiran kecerdasan buatan yang sudah dirancang bertahun-tahun, memungkinkan pebisnis untuk melakukan hiper-personalisasi.

2. Video Content

Membuat konten dalam bentuk video memang masih menjadi strategi jitu bagi beberapa pelaku usaha, karena sebelum membeli suatu produk, biasanya konsumen akan mencari tau kelebihan atau kekurangan produk tersebut.

3. Live Video

Konsumen akan selalu mengedukasi dirinya, dengan memanfaatkan content marketing dalam bentuk live video. Pihak pebisnis dengan konsumen bisa berinteraksi secara langsung, dengan mengadakan webinar atau live video, dimana Anda bisa saling bertanya atau menjawab.

4. Podcast

Podcast dinilai sebagai salah satu tren yang cukup populer, dimana audiens bisa mendengarkan podcast ketika melakukan kegiatan lain, sehingga memungkinkan brand untuk berbagi kisah kapan saja kepada klien, serta membangun otoritas brand dalam bentuk brand voice atau image.

5. User-Generated Content

Menurut penelitian, UGC mempengaruhi sekitar 90% keputusan pembeli. UGC merupakan konten yang dibuat secara mandiri, oleh konsumen atau follower dari brand tersebut, yang membuat calon konsumen lain akan mudah percaya karena tidak ada campur tangan dari brand.

6. Daur Ulang Konten

Trend content marketing berikutnya adalah daur ulang, maksudnya adalah mengambil salah satu aset brand atau bisnis anda, kemudian menggunakannya kembali pada platform lain. Dengan mengubah tujuan konten yang digunakan di blog, lalu diubah menjadi webinar atau live video.

7. Augmented Reality

Teknologi augmented reality, memungkinkan Anda untuk memandu konsumen dengan berkunjung ke toko Anda secara online. Tentu saja ini menjadi salah satu pengalaman menyenangkan, yang bisa calon konsumen rasakan dan cukup menarik untuk dicoba.

Membangun Strategi Content Marketing pada Bisnis

Setiap pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan, tentunya menggunakan strategi masing-masing. Strategi tersebut juga harus disesuaikan dengan tujuan perusahaan, agar bisnis bisa mendapatkan hasil maksimal.

1. Menentukan Tujuan Pemasaran

Anda harus tahu apa tujuan dari pemasaran konten tersebut, namun sebelum itu Anda harus mengetahui konten seperti apa yang hendak dibuat. Ketahui bentuk, tujuan serta sasaran konten, kemudian buatlah rencana secara rinci, bagaimana merealisasikannya. Memproduksi konten berkualitas haruslah menjadi fokus utama, setiap konsumen tentunya membutuhkan sebuah konten bermanfaat, namun juga ringan untuk dibaca.

2. Fokus pada Target Pelanggan

Strategi content marketing berikutnya adalah, fokus pada target pasar dan mengenalnya. Jika perusahaan sudah berjalan dan memiliki beberapa konsumen, maka Anda perlu fokus pada satu segmen pelanggan terbaik, kemudian menyesuaikan dengan upaya pemasaran. Ketika Anda mulai mengenal bagaimana karakteristik pelanggan terbaik, maka ketahui sebenarnya apa yang diinginkan oleh setiap pelanggan. Cobalah untuk melihat masalah, motivasi atau kegelisahan yang konsumen rasakan.

3. Membuat Konten yang Mewakili Tujuan Perusahaan

Pebisnis juga harus memperkuat kualitas konten, caranya dengan membangun kesadaran dari produk bisnis. Hasilkan konten menarik dan informatif, nantinya konsumen akan lebih mudah mengenali produk atau jasa anda, dengan menawarkan produk yang mereka butuhkan. Selain itu tunjukkan keunggulan produk Anda kepada mereka, dengan memberikan informasi tersebut, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan. Ada baiknya, pebisnis juga mengetahui keunggulan dan kekurangan dari kompetitor lain.

4. Ketahui Keinginan Konsumen

Mengetahui keinginan konsumen, tentu saja berguna agar Anda bisa terus mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan begitu, pebisnis bisa mendapatkan konsumen loyal, yang akan terus menggunakan produk Anda.

Dampak Positif Content Marketing pada Perusahaan

Tentu saja pemasaran konten memiliki dampak positif, karena hal tersebut yang membuat banyak perusahaan menggunakan strategi ini pada bisnis mereka.

1. Lebih Efektif

Pemasaran konten merupakan strategi marketing yang dinilai lebih elegan, jika dibandingkan dengan pemasaran melalui iklan yang terbilang cukup mengganggu dan banyak dihiraukan oleh audiens, selain itu pemasaran konten juga dianggap lebih menarik bagi target konsumen. Pada tipe pemasaran ini, pebisnis akan langsung to the point kepada konsumen, apa saja keunggulan dari produk serta memberikan penawaran dengan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

2. Membentuk Citra Merek

Penting bagi perusahaan dalam mendapatkan citra positif di mata pelanggan, dan pemasaran konten dapat memfasilitasi Anda dalam membentuk citra merek, serta mengetahui bagaimana reputasi merek tersebut.

3. Baik untuk Waktu Jangka Panjang

Pemasaran konten memang tidak langsung bekerja saat itu juga, namun dengan penerapan yang dilakukan secara strategis dan konsisten, maka pemasaran ini mampu berlangsung dalam waktu jangka panjang.

4. Mengendalikan Biaya Pemasaran

Konten marketing dinilai lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan pemasaran melalui media cetak dan televisi. Biaya pemasaran perusahaan akan lebih terkendali, dan bisa disalurkan pada biaya yang lebih penting.

4 Contoh Content Marketing

Terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan, dalam melakukan pemasaran konten. Karena tersedia berbagai media, tentu saja pebisnis akan lebih mudah dalam memilih platform yang sesuai dengan produk mereka.

1. Membuat Akun Youtube

Membuat akun Youtube, bisa mendatangkan berbagai ide kreatif untuk dijadikan sebagai konten. Menghadirkan video menarik dan berkualitas, memungkinkan banyak audiens menyaksikan video anda, alhasil meningkatkan brand awareness.

2. Berbagi Tips dan Tutorial lewat Blog

Contoh content marketing berikutnya adalah membuat tips atau tutorial pada blog, contoh ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian perusahaan. Anda tidak hanya dapat mengaplikasikannya pada blog, namun pebisnis juga dapat membagikannya melalui sosial media.

3. Memanfaatkan Social Media

Kehadiran sosial media akan sangat sayang untuk tidak Anda manfaatkan, ada berbagai pilihan menarik bagi Anda dalam membuat sebuah konten menarik disana. Seperti halnya Instagram, disana pebisnis bisa membuat konten dalam bentuk foto atau video dilengkapi caption.

Baca Juga: Ketahui Cara Membangun Personal Branding Terbaik yang dapat Anda Lakukan

Pemanfaatan content marketing memang sudah sering kita temui, maka dari itu Anda sebagai pebisnis, Anda harus segera mengaplikasikannya pada perusahaan anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.