Berbagai Manfaat Website serta Elemen dan Komponen di Dalamnya

Website

Sudahkah Anda memahami berbagai komponen website?

Komponen website terdiri atas berbagai bagian, dengan fungsinya masing-masing. Akan sangat bermanfaat apabila Anda mengetahui informasi berikut ini, terlebih lagi jika Anda adalah seorang pebisnis yang ingin memanfaatkan situs untuk menarik pengunjung secara lebih luas.

Dalam mencari informasi, tentu saat ini kita hanya perlu mencarinya melalui internet. Biasanya berbagai informasi tersebut akan muncul pada website, sebagai pengguna, mungkin Anda sudah terbiasa menggunakan situs untuk berbagai kebutuhan, bahkan berbelanja sekalipun.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan manfaat dari sebuah situs, sebaiknya ketahui dengan baik apa saja komponen website dan berbagai elemen didalamnya. Jangan hanya menggunakannya saja, namun akan lebih baik jika Anda bisa mengambil manfaat dari media tersebut.

Baik untuk keperluan bisnis atau sekedar memberikan informasi, yang nantinya bisa bermanfaat bagi pengunjung situs Anda. Namun sebelum itu, kenali lebih jauh elemen serta komponen apa saja yang terkandung di dalam situs serta manfaat apa yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memilih Alamat Website

Website dan Manfaatnya

Di era digital seperti ini, memang rasanya akan kurang lengkap apabila Anda tidak menggunakan website sebagai media untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas. Hampir semua orang di dunia menggunakan internet, sehingga lebih mudah menjangkau setiap calon konsumen.

1. Personal Branding

Dalam memaksimalkan komponen website yang digunakan, perlu diketahui bahwa Anda akan merasakan bahwa perusahaan Anda mengalami peningkatan personal branding. Setiap pebisnis tentu memerlukan branding yang baik pada perusahaan, agar mampu menarik banyak klien.

Dalam membangun branding yang baik, tentu Anda juga perlu memperhatikan kualitas produk ditawarkan. Semuanya akan percuma apabila konten website sudah mendukung, namun nyatanya kualitas produk tidak sesuai dengan yang dibicarakan pada situs.

2. Memperkenalkan Produk atau Jasa

Manfaat paling penting Anda dapatkan yaitu, pebisnis mendapat kesempatan mengenalkan produk atau jasa yang dipasarkan. Biasanya perusahaan memanfaatkan pemasaran produk, yang dilakukan secara langsung melalui iklan atau selebaran.

Tentu akan sulit bagi pebisnis, untuk membuat konsumen mengenal produk baik secara langsung maupun tidak langsung. Maka dari itu pembuatan situs juga bisa menjadi media pemasaran, dan mampu memperkenalkan produk atau jasa dengan jangkauan lebih luas.

3. Sumber Informasi

Manfaat lainnya pada setiap komponen website adalah, menjadi sumber informasi atas brand yang Anda miliki. Kini calon konsumen maupun pelanggan, bisa mengetahui berbagai jenis jasa atau produk perusahaan, sejarah perusahaan hingga artikel melalui situs.

4. Traffic dan Keuntungan

Dengan memiliki website, maka Anda bisa meningkatkan traffic pengunjung lebih banyak. Hal ini dapat terjadi apabila Anda bisa mengoptimasi situs dengan baik, seperti optimasi SEO On Page dan SEO Off Page, agar meningkatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Ketahui 8 Penyebab Umum Server Website Down

Mengetahui Berbagai Komponen Website

Website terdiri dari berbagai komponen, yang setiap bagiannya memiliki manfaat tersendiri. Saat membuat situs, Anda akan mengetahuinya dimana letak setiap bagian di dalam website, serta kegunaan seperti apa yang akan berpengaruh bagi pengunjung situs Anda.

1. Domain

Dapat dikatakan jika domain merupakan alamat URL, tidak akan ada kesamaan nama domain meskipun alamat URL ini jumlahnya tidak terhitung. Ini menjadi salah satu keunikan dari domain, dimana setiap domain memiliki perbedaan dan keunikannya masing-masing.

Biasanya domain pada sebuah website mempresentasikan isi dari situs tersebut, apabila Anda membuat situs berkaitan dengan makanan, baik berupa artikel atau keperluan bisnis, maka bisa membuat domain dengan nama yang ada kaitannya dengan makanan atau brand.

2. Header

Komponen website lainnya adalah header, letaknya di bagian atas dan biasanya digunakan untuk meletakkan logo, judul situs, menu serta identitas utama dari sebuah situs. Biasanya pemilik website akan mendesain header mereka, agar terlihat menarik dan tidak monoton.

Header juga dapat dimanfaatkan untuk memuat informasi dasar website, sehingga pengunjung bisa mengetahuinya hanya melalui header saja. Header pada situs menjadi pengenalan utama yang mampu menarik pengunjung, apabila Anda bisa membuatnya lebih menarik.

3. Menu

Menu merupakan bagian dari website, memuat link ke halaman lain ketika diakses. Peran menu tentu sangat penting pada sebuah situs, karena akan mempermudah pengunjung dalam mendapatkan informasi lebih jelas, karena setiap bagian dipisah menjadi beberapa menu.

4. Body

Komponen website lainnya adalah body atau konten utama, letaknya berada di bagian tengah dan memuat berbagai informasi utama seputar konten yang ingin diangkat. Pastikan Anda bisa memuat topik menarik, dan nantinya bisa menarik pengunjung untuk mengetahuinya.

Bisa dikatakan jika body memuat berbagai konten ingin ditampilkan, Anda juga bisa memuat gambar atau video, sebagai efek visual agar pengunjung tidak merasa bosan.

5. Sidebar

Terletak di bagian samping website, memuat beberapa informasi tambahan berupa link dimana pengunjung dapat mengaksesnya. Memberi sidebar pada sebuah menu, bisa membuat audiens bisa lebih mengeksplorasi isi situs dan membuatnya menjadi lebih menarik.

6. Footer

Komponen website lainnya adalah footer, kebalikan dari header, dan footer berada di bawah website dan berguna sebagai informasi atas hak cipta pemilik situs serta tanggal situs tersebut dibuat, biasanya juga menyediakan link sosial media ataupun informasi seputar perusahaan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat UI UX Website yang Baik

Elemen Website

Dalam membangun sebuah situs, pengguna juga perlu mengetahui setiap elemen dari situs dan kegunaannya. Mungkin beberapa elemen di bawah ini sudah tidak asing lagi terdengar oleh Anda, oleh karena itu kami akan membahasnya bersama-sama.

1. Link

Selain komponen website terdapat juga elemen penting didalamnya, yaitu link yang berguna agar audiens bisa berpindah dari halaman satu ke halaman lainnya. Biasanya link mengandung tulisan yang berkaitan dengan web, link ini dapat diakses dalam bentuk tulisan atau gambar.

Link menjadi elemen utama, yang akan menghubungkan audiens dengan website Anda. Selain itu link juga digunakan dalam membuat menu, pastikan Anda membuat link yang ada kaitannya dengan situs agar pengunjung lebih mudah mengingatnya.

2. Form

Elemen lainnya adalah form, digunakan bagi audiens dalam menginput data ke dalam website. Dengan memasukkan form ke dalam situs, Anda dapat memanfaatkannya sebagai bagian dari pemasaran, dengan meminta data audiens seperti email dan nama lengkap.

Form biasanya berisi beberapa elemen seperti checkbox, dropdown field, textfield dan lainnya. Nantinya setiap audiens yang mengirim data melalui form, pemilik situs akan menerimanya.

3. Action Button

Adapun elemen lain pada situs yaitu action button, memiliki fungsi yang sama seperti menu pada komponen website. Hanya saja action button lebih mengarah kepada aksi, yang dilakukan oleh audiens karena menekan tombol tersebut. Seperti saat audiens sudah mengisi email dan password, maka terdapat action button berupa go atau continue untuk lanjut ke proses berikutnya.

4. Text

Elemen lainnya adalah text, menjadi salah satu elemen yang berperan penting karena digunakan untuk menulis judul, header, menu juga deskripsi konten. Dalam menggunakan elemen text, pastikan bahwa Anda memasukkan kata yang sesuai dengan apa yang diakses audiens.

Baca Juga: Cara Membuat Website Tanpa Coding untuk Bisnis Anda

Dalam membangun suatu hal baru, tentu saja kita perlu mengetahui informasi dasar akan hal tersebut. Sama halnya saat membuat situs, dimana Anda akan bertemu dengan berbagai elemen atau komponen website, yang masing-masing berperan penting. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.