Cara Membuat Website Tanpa Coding untuk Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-membuat-website-tanpa-coding-untuk-bisnis-dreambox

Bagaimana cara membuat website untuk bisnis?

Cara membuat website untuk bisnis, menjadi salah satu informasi yang dibutuhkan saat ini. Pasti semua pebisnis membutuhkan website dalam mengelola usahanya, sebab di zaman era modern ini, hampir semua orang mencari berbagai informasi melalui informasi.

Bahkan kita bisa berbelanja dengan adanya teknologi internet, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk saling menemukan antara penjual dengan pembeli melalui internet. Jangkauan tidak terbatas, membuat pebisnis bisa menemukan berbagai konsumen dari dalam dan luar negeri.

Maka dari itu kami sangat menyarankan anda, untuk menerapkan cara membuat website untuk bisnis yang akan kami berikan berikut ini. Jangan sia-siakan perkembangan teknologi saat ini, yang mampu meningkatkan kualitas bisnis Anda semakin baik lagi kedepannya.

Terlebih lagi kini persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat pengusaha seperti Anda jangan sampai tertinggal dengan pengusaha lain yang sudah lebih dulu memiliki situs. Saat ini situs perusahaan, sudah menjadi sebuah identitas bagi suatu brand agar lebih dikenal masyarakat.

Baca Juga: Ketahui 8 Penyebab Umum Server Website Down

Fungsi Website untuk Bisnis

Mungkin sebagian dari Anda sudah sering mendengar istilah website, biasanya kita hanya melihat website untuk mencari informasi tanpa ada konteks mencari keuntungan. Namun kini Anda bisa memanfaatkannya, untuk memperkenalkan brand dan mencari konsumen berpotensial.

1.  Menampilkan Produk yang Diperjualbelikan

Dengan mengetahui cara membuat website untuk bisnis, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk menampilkan produk yang akan diperjualbelikan. Karena zaman sekarang semuanya sudah serba canggih, ini banyak orang berbelanja lewat internet dan mencari produk yang diinginkan.

Manfaatkan kesempatan ini bagi pebisnis, dalam memperkenalkan produk lewat website yang dibuat semenarik mungkin. Paparkan berbagai informasi produk melalui situs, agar calon konsumen bisa mengenal brand Anda dengan lebih mudah.

2.  Menjaring Pelanggan secara Luas

Cara membuat website untuk bisnis juga bisa membawa manfaat bagi anda, yaitu menjaring konsumen secara luas. Seperti kita tahu, bahwa menemukan konsumen saat ini sebenarnya tidak sulit, sebab jangkauan internet tidak terjangkau membuat pemasaran bisa dilakukan lebih luas.

Anda bisa menggunakan tools pada website, yang dapat membantu penjual dan pembeli saling menemukan. Pengguna bisa menentukan kriteria konsumen seperti apa, yang sesuai dengan produk atau jasa yang pebisnis perjualkan, sehingga menemukan konsumen potensial.

3.  Profesional di Mata Calon Konsumen

Dengan mengetahui cara membuat website untuk bisnis, pebisnis juga akan terlihat profesional di mata calon konsumen. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah memberikan kepercayaan kepada anda, alhasil brand pebisnis bisa menarik lebih banyak konsumen.

Brand yang mendapat kepercayaan konsumen, akan lebih mudah bertemu dengan para calon konsumen lain. Karena biasanya calon konsumen akan meminta rekomendasi dari orang lain, jika mereka sedang mencari produk atau jasa, dan lebih mudah percaya jika pernah membelinya.

4.  Menghemat Biaya

Keuntungan lain adalah pebisnis dapat menghemat biaya, menggunakan situs sama saja seperti Anda sedang memasarkan produk. Sebab Pengguna bisa memasang iklan, atau membuat artikel seputar produk tersebut, alhasil akan lebih banyak calon konsumen yang tertarik.

Daripada memasarkan brand secara langsung yang akan menghabiskan banyak biaya, mulai dari memasang iklan di televisi atau billboard misalnya, kemudian belum lagi memberikan uji sampel. Anda bisa menghemat biaya, hanya dengan membuat website dan memasang iklan di internet.

5.  Efisien dalam Mengelola Bisnis

Manfaat lainnya apabila Anda mengetahui cara membuat website untuk bisnis adalah, situs memang dibuat seefisien mungkin untuk mengelola bisnis. Tidak hanya untuk memperkenalkan produk, namun Pengguna juga bisa menjadikannya sebagai situs berbelanja online.

Calon konsumen bisa langsung membeli produk yang diinginkan lewat situs pebisnis, dengan begitu mereka tidak perlu repot harus membelinya secara langsung. Nantinya produk akan dijumlahkan, dan konsumen bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Selain itu penjual akan dimudahkan, sebab Anda tidak perlu menghitung berapa sisa stok produk yang tersedia, karena produk akan berkurang secara otomatis, setiap terjadi transaksi pembelian.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat UI UX Website yang Baik

Cara Membuat Website tanpa Coding

Coding adalah program pengolahan kode pada komputer, proses ini berlangsung cukup rumit. Terlebih lagi tidak semua orang memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengolahnya, beberapa orang memanfaatkan coding dalam membuat website namun tidak dengan pengguna.

1.  Tentukan Jenis Website

Tanpa menggunakan coding, Anda juga bisa menerapkan cara membuat website untuk bisnis. Tidak perlu khawatir, tanpa melalui tahap yang sulit dan mudah untuk diikuti, Anda bisa membuat situs bisnis yang diinginkan, lalu memasang iklan untuk menemukan konsumen potensial disana.

Namun langkah pertama, pengguna perlu menentukan jenis website seperti apa yang dibutuhkan. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis situs, mulai dari online shop, personal blog, forum, news portal dan portofolio dengan pemanfaatan yang berbeda-beda.

2.  Memilih Platform Situs

Cara membuat website untuk bisnis berikutnya adalah, Anda juga perlu menentukan platform akan menjadi tempat bagi pebisnis dalam menyalurkan berbagai informasi di website. Saat ini cukup banyak platform situs populer, dan tentunya bisa pebisnis manfaatkan dengan mudah.

Tanpa pengetahuan akan coding sekalipun, Anda bisa menggunakannya, seperti WordPress, Wix, Blogger, Magento dan masih banyak lagi. Biasanya platform website ini dikenal sebagai CMS atau Content Management System, dan masing-masing memiliki berbagai fungsi plugin.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Membuat Website Sendiri

3.  Tentukan Web Hosting dan Nama Domain

Cara membuat website untuk bisnis selanjutnya yaitu, pebisnis perlu menentukan web hosting serta nama domain yang sesuai. Perlu diketahui domain adalah alamat url, biasanya berakhiran .com, dan menjadi alamat website pengguna nantinya.

Sedangkan hosting adalah ruang di dalam situs, yang disewa untuk menyimpan file oleh situs. Hosting dan domain merupakan dua hal penting yang wajib dimiliki oleh website, pastikan Anda memilih opsi yang tepat agar situs bisa maksimal dalam bekerja.

4.  Mengunduh WordPress

Jika sudah melewati tahap sebelumnya, maka Anda perlu mengunduh salah satu jenis website yang sebelumnya sudah dipilih. Seperti halnya Anda memilih WordPress, maka download web tersebut pada perangkat, dan nantinya pengguna hanya perlu mengikuti tahap berikutnya.

Mengikuti proses pengunduhan situs terbilang mudah, sebab saat ini berbagai CMS sudah dirancang menjadi lebih sederhana, agar semakin banyak orang tanpa keahlian coding juga bisa menggunakannya, sehingga pebisnis tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

5.  Mengoptimasi Settings Website

Langkah terakhir dalam mengikuti cara membuat website untuk bisnis yaitu, mengoptimasi pengaturan pada situs. Langkah ini terbilang sangat penting, dan jika tidak diikuti maka situs Anda menjadi kurang maksimal dalam mencari konsumen, serta menampilkan informasi produk.

Dalam mengoptimasi situs, Anda perlu mengatur desain di dalam web, membuat dan submit XML sitemap, mengubah struktur permalink, unduh plugin SEO, unduh plugin untuk backup data, konfigurasi dengan Google Analysis juga menghubungkan dengan Google Search Console.

Dengan mengikuti tahapan yang diberikan, maka merancang situs akan terasa lebih mudah dan Anda bisa memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin. Jangan sampai ketinggalan dengan perusahaan lain, yang sudah lebih dulu merancang situs bagi brand mereka.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengetahui Apa itu UX Designer?

Sebagai pebisnis handal, sudah pasti Anda perlu mengetahui cara membuat website untuk bisnis dan menerapkannya. Manfaatkan jangkauan internet, untuk menemukan berbagai konsumen. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms