5 Langkah Mudah Membuat Website Sendiri

Website

Masih bingung soal bagaimana cara membuat website sendiri?

Beberapa orang terkadang berpikir tentang cara membuat website itu tidak mudah. Dibutuhkan kemampuan teknis handal untuk membuatnya sendiri. Padahal sebenarnya sangat mudah. Tidak sampai 1 jam saja, Anda bisa membuatnya sendiri tanpa harus menguasai coding. Itu karena saat ini kemajuan teknologi sudah semakin berkembang. Hal tersebut memungkinkan siapa saja bisa membuatnya sendiri.

Bahkan tanpa harus memiliki pengetahuan teknis, siapa saja pasti bisa! Untuk itu bila Anda masih belum memahami bagaimana cara membuat website sendiri, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini lebih lanjut. Karena disinilah akan kami kupas tentang 5 langkah mudah menciptakan web sendiri. Mulai dari menentukan jenis web dan platformnya. Menentukan nama hosting dan domainnya. Kemudian menginstal wordpress dan menyesuaikan pengaturannya.

Baca Juga: Ketahui Bagaimana Proses Kerja Jasa Website Development

Tentukan Jenis Website

Langkah pertama untuk menciptakan sebuah web adalah tentukan dulu jenisnya. Karena dengan menentukannya, bisa lebih mudah mempersiapkan bayangan konsep yang akan dibangun. Ini akan membantu dalam memilih tema, hosting, domainnya.

Terlebih saat ini jenis web semakin banyak, sehingga Anda perlu memilih dulu jenisnya supaya lebih mudah menyusun konsep, isi kontennya, dan pengaturan tampilannya. Berikut adalah macam-macam web berdasarkan fungsinya, yaitu:

  1. Web toko online. Supaya lebih mudah dalam memahami cara membuat website dengan benar, kenali dulu jenisnya. Jenis ini ditujukan untuk menjual produk secara daring. Mulai dari produk digital, barang, jasa.
  2. Blog pribadi. Ini lebih fokus ke dalam update informasi. Itulah kenapa biasanya informasi terbarunya selalu ditampilkan di bagian atas untuk keperluan pribadi dan bisnis. Ini efektif membangun engagement lebih baik.
  3. Situs portofolio. Jenis ini diciptakan khusus untuk membangun identitas diri secara profesional. Dengan menunjukkan karya pada sebuah web membuat calon konsumen lebih mudah mengetahui kualitas dan keahlian Anda secara online.
  4. Situs berita. Bagi yang ingin mengetahui cara membuat website harus memahami jenis ini juga. Situs berita ini berisi artikel tentang news. Jadi cukup tampilkan informasi secara aktual dan kredibel saja.
  5. Web forum. Biasanya ini dijadikan sebagai wadah berbagi informasi untuk komunitas secara daring. Mulai dari komunitas teknologi, kuliner, otomotif, game, dll. Cocok sekali untuk pemilik komunitas dari berbagai wilayah sekaligus.

Jadi itu tadi adalah macam-macam web yang perlu diperhatikan saat ingin mempelajari cara membuat website lebih jauh. Setelah mengenal jenisnya, saatnya menentukan platformnya. Karena jenis platformnya yang dipilih ada banyak.

Baca Juga: 6 Alasan Pentingnya Web Design Services untuk Perusahaan Anda

Tentukan Platform Website

Saat ini menciptakan sebuah web lebih mudah tanpa harus menguasai coding sama sekali. Jadi tidak perlu memakai code CSS, PHP, dan HTML. Anda bisa memanfaatkan platform web yang tersedia sekarang. Salah satunya adalah memakai WordPress, sehingga Anda bisa membuatnya dengan mudah dan gratis tanpa harus menguasai bahasa pemrograman sekaligus. Cukup lakukan instalasi saja. Kemudian buat nama blog, deskripsi, pilih templatenya.

Cukup sampai disini artinya Anda sudah memahami langkah awal dari cara membuat website sendiri dengan mudah. Karena web sudah bisa diakses langsung secara online. Menariknya adalah meski gratis, hasilnya sempurna. Itulah kenapa tidak heran bila sudah banyak perusahaan besar membuat web menggunakan WordPress. Misalnya seperti Microsoft News Center, SONY Music, The New York Times Company, dan perusahaan the Walt Disney.

Setelah menentukan platformnya, saatnya untuk memilih hosting dan nama domainnya. Dalam hal ini nama domain sangat menentukan minat dan ketertarikan calon konsumen dalam mengenal produk Anda. Jadi pilih yang benar.

Tentukan Hosting Nama dan Domain

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat website dengan benar, sekarang saatnya mengeluarkan sedikit biaya untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna dan aman. Yaitu menentukan hosting dan domainnya.

  1. Menentukan hosting untuk web ini penting karena berperan dalam membantu proses penyimpanan semua file situs agar dapat diakses secara daring. Jadi semua file tersimpan ke dalam hosting dengan baik. Mulai tema, teks, plugin, kode HTML, media, dan draft kontennya. Setiap perubahan di dalam WordPress tersimpan ke dalam hosting. Jadi pilih layanan terbaik agar semua data aman. Berikut jenis layanannya:
  2. Shared Hosting, layanan ini sangat populer karena lebih mudah dan praktis. Selain itu biasanya di dalamnya sudah ada layanan support sekaligus. Itu artinya saat ada masalah, customer support siap membantu.
  3. Cloud Hosting, selain mudah digunakan, jenis ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Ini cocok sekali untuk mereka yang tidak memiliki keahlian dalam mengelola VPS namun butuh kapasitas besar.
  4. VPS Hosting, daya tampung lalu lintas jenis ini lebih baik dari yang lain. Namun bila memilih cara membuat website ini hanya cocok untuk mereka yang sudah ahli di bidang tersebut.
  5. Menentukan nama domain juga penting dalam pembuatan web jenis apa saja. Domain adalah alamat web. Jadi sangat berperan penting untuk memudahkan orang dalam mengakses web Anda pada browser mereka.

Dalam hal ini, domain tidak harus .com. Namun Anda dapat menggunakan ekstensi lain sesuai kebutuhan. Pastinya buat nama domain yang mudah diingat. Jangan ada tanda penghubung dan angka dalam pembuatannya.

Baca Juga: Ketahui Alasan dan Strategi Agar Peringkat Website Tidak Naik Turun di Google

Instal WordPress

Langkah selanjutnya soal cara membuat website adalah menginstal WordPress. Bila lupa mengaktifkan auto instal wp saat membeli hosting, bisa mencoba cara di bawah ini. Berikut ini adalah panduan menginstal wordpress:

  1. Login cPanel. Anda bisa langsung login melalui tautan yang disampaikan via email. Biasanya tautan tersebut adalah http://namadomainanda/cpanel. Selanjutnya buka softaculous installer yang terdapat pada logo wp secara langsung.
  2. Klik menu install now untuk segera menginstalnya. Anda bisa memilih nama domain pada kolom yang tersedia. Sementara di bagian kolom in directory bisa dikosongkan saja secara langsung.
  3. Saatnya mengisi detail web saat memulai cara membuat website ini. Sebaiknya isi nama web lengkap dengan deskripsinya di bagian site description dan name-nya. Kemudian tulis username serta passwordnya. Instalasi selesai.

Sesuaikan Pengaturan Web

Langkah terakhir Anda bisa melanjutkannya dengan menyesuaikan pengaturan web. Karena semua pengaturan instalasinya masih dasar, diperlukan beberapa perubahan agar hasilnya sempurna. Berikut cara mengubah pengaturan web dengan cara login:

  1. Jadi login dulu dan Anda akan melihat halaman dashboard saat mengisi username dan password. Dalam beranda admin saat mencoba cara membuat website ini sudah bisa mengatur tampilannya selain tema default.
  2. Untuk mengubah temanya, pilih appearance dan themes. Selanjutnya klik add new dan pilih tema yang diinginkan. Setelah itu, pilih activate untuk mengaktifkan pengaturan tampilan baru web Anda.
  3. Saatnya membuat dan mensubmit xml sitemap. Ini adalah daftar isi web yang isinya halaman yang dapat diakses search engine, sehingga informasi web dapat diakses secara terstruktur. Anda bisa memanfaatkan plugin.

Baca Juga: Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Jasa Website Jakarta? Berikut 7 Alasannya!

Jadi bila ingin hasil web yang lebih baik, saatnya menggunakan jasa SEO terbaik seperti kami. Karena setiap layanan SEO agency selalu memahami bagaimana cara membuat website paling efektif dan terbaik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.