...

6 Alasan Pentingnya Web Design Services untuk Perusahaan

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
alasan-pentingnya-web-design-services-dreambox

Web design services dapat meningkatkan loyal customer melalui Website Anda.

Ada sejumlah alasan mengapa web design services begitu diperlukan oleh perusahaan di zaman digital seperti sekarang. Mengingat website hampir menjadi keperluan primer bagi setiap perusahaan atau pemilik bisnis.  

Anda pasti tahu bahwa sekarang ini hampir segala sesuatu dilaksanakan menggunakan perangkat elektronik. Misalnya saja melakukan promosi, belanja online, belajar, bekerja, dan lain sebagainya.

Perusahaan yang menyediakan situs dengan penataan profesional akan mampu membangun kedekatan dengan calon konsumen dan pelanggan. Sehingga begitu penting untuk menerapkan desain web.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Situs dari Jasa Pembuatan website Terpercaya

Perbedaan Web Designer, Webmaster dan Web Developer

Tahukah Anda bahwa profesi web designer, webmaster dan web developer kerap tertukar? Banyak orang mengira semua profesi tersebut sama saja. Padahal, seluruhnya mempunyai peran masing-masing.

1. Web Designer

Web designer merupakan profesi yang bertugas membuat tampilan situs menjadi lebih menarik.  Contohnya saja dengan menambahkan efek ilustrasi, tipografi, layout, dan lain sebagainya. Sementara pendekatan yang diterapkan ialah user experience.

Tidak hanya wajib mempunyai kemampuan dalam bidang desain. Namun, juga perlu mengetahui bahasa pemrograman, misalnya saja HTML dan CSS. Dalam menghadirkan web design services, umumnya memakai software Photoshop.

2. Web Developer

Selanjutnya ada web developer, bertugas menciptakan dan mengembangkan situs menggunakan bahasa pemrograman. Umumnya bahasa pemrograman yang wajib dipelajari ialah JavaScript, PHP, ASP, Python, MySQL dan Java.

Bidang ini mewajibkan untuk menciptakan database dan mengelola server. Mungkin, hasil kerja kurang tampak. Sebab, lebih berhubungan dengan mencoba fitur situs dan memperbaiki jika terdapat bug.  

3. Webmaster

Terakhir ada webmaster, bertugas dalam bidang pemeliharaan website. Terkadang mendapat julukan web architect sampai project manager. Pada intinya bertugas mengelola situs agar berjalan secara stabil tanpa ada kendala.

Terkadang, profesi ini juga menuntut kemampuan berkaitan dengan SEO. Jadi, dapat dikatakan profesi ini perlu mempelajari coding, web design services, sampai marketing. Cukup kompleks apa yang menjadi tanggung jawab profesi ini. 

Umumnya, tools yang dipakai ialah Webmaster Tools. Tools tersebut mampu membantu memantau pergerakan situs pada mesin pencari dan laporan berkaitan dengan hal tersebut.

Baca Juga: Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Jasa Website Jakarta? Berikut 7 Alasannya!

Jenis Website Builder, Cara Mudah Buat Situs

Situs dapat diciptakan dengan memakai platform yang sesuai dengan kemampuan developer. Platform merupakan tempat untuk mengoperasikan software dalam mengembangkan sebuah situs. Salah satunya ialah platform website builder.

Website builder tergolong platform paling mudah dipakai. Sebab, tidak memerlukan pemrograman maupun web design services. Terbilang cocok dipakai oleh pemula. Ada begitu banyak kelebihan yang mampu ditawarkan. 

Anda dapat memperoleh paket lengkap yang berguna. Misalnya saja domain, hosting, sampai template. Anda hanya cukup melaksanakan perbaikan konten berdasarkan keinginan.

Anda juga bisa memperoleh layanan bantuan dari penyedia platform ini. Contoh website builder yang dapat Anda coba ialah Wix, Site Builder, Weebly dan MySCH. MySCH lebih difokuskan pada kebutuhan sekolah profesional.

Umumnya, operator sekolah yang mau menciptakan situs secara cepat, mudah dan profesional akan mengandalkan platform MySCH. Sebab, platform ini telah banyak dipakai oleh berbagai sekolah untuk menciptakan situs.

Mungkin dapat dikatakan bahwa platform ini seperti produk siap pakai. Bukan seperti paltform lain yang umumnya mengharuskan Anda untuk memulai seluruhnya dari nol. Melalui platform ini, Anda hanya perlu melakukan sedikit aktivitas.

Akan tetapi, tentu ada kekurangan dari sebuah platform. Platform ini terbilang mahal. Memang, Anda dapat menciptakan situs secara lebih cepat tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman maupun web design services.

7 Skill yang dibutuhkan dalam Web Design

Seorang yang bergelut dalam bidang design perlu memiliki sejumlah skill. Jadi bukan proses instan untuk mampu menciptakan situs menarik di mata pengunjung. Beberapa skill perlu dipelajari menggunakan tool khusus.

1. Visual Design

Skill pertama dalam menyediakan web design services ialah visual design. Visual design merupakan tampilan situs atau aplikasi yang mampu menaikkan user experience. Elemennya ialah efek ilustrasi, tipografi, layout, warna, dan usability.

2. User Experience (UX)

User Experience ialah proses menciptakan produk melalui perspektif pengguna. Melalui pemahaman terhadap UX, Anda dapat menciptakan situs yang diperlukan dan mudah dipakai oleh pengguna atau pengunjung.

3. HTML

Skill berikutnya dalam web design services ialah mengetahui tentang HTML. HTML adalah bahasa markup yang dipakai dalam struktur halaman situs maupun aplikasi. Elemen di dalamnya meliputi paragraf, link, gambar, video dan lain sebagainya.

4. CSS

Selain HTML, Anda wajib mempelajari CSS. CSS adalah bahasa pemrograman yang dipakai untuk mengelola semua tampilan situs. Sehingga akan menghadirkan tampilan menarik. Pengaturan dalam hal ini meliputi warna teks, jenis font, spasi, sampai background.

5. SEO

Sepertinya banyak orang mengira SEO tidak ada hubungannya dengan web design services. Namun sebenarnya, SEO cukup perlu dipelajari supaya mampu menyediakan situs yang user-friendly, link building, dan optimasi kecepatannya. 

6. Komunikasi

Komunikasi ini penting agar dapat berkolaborasi dengan klien atau rekan kerja, sehingga mampu menyelesaikan project dengan tepat waktu dan sesuai dengan keinginan klien.

7.Time Management

Seorang web designer harus mampu mengatur waktu secara baik agar mampu menyelesaikan project berdasarkan tenggat waktu yang telah disepakati. Skill ini dapat didukung dengan tools Trello, JIRA, Quire dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa Saja Tools dan Elemen Penting dalam Web Design?

Pentingnya Web Design Services untuk Perusahaan

Jasa web design sangat membantu perusahaan untuk mampu mengembangkan bisnis. Sebab, mampu membuat tampilan situs menjadi lebih menarik dan memikat calon konsumen. Situs tersebut mampu menjadi alat pemasaran efektif.

1. Kesan Bagus

Web design services penting bagi bisnis untuk menghadirkan kesan yang baik kepada pengunjung. Umumnya, hanya perlu waktu 20 detik bagi pengunjung untuk mendapatkan kesan dari sebuah situs.

Oleh sebab itu, penting untuk memberikan kesan pertama yang mendalam. Salah satu caranya dengan menyajikan skema warna yang menyenangkan ketika dilihat. Namun tampilan warnanya tidak terasa berlebihan.

2. Cara Komunikasi

Website merupakan media komunikasi antara perusahaan dengan calon konsumen. Jadi, designer akan menata tampilan situs agar pengunjung mampu mencari informasi yang diperlukan dengan mudah.

3. Pengunjung Setia

Tahukah Anda bahwa kebanyakan pengunjung situs enggan membaca konten terlalu panjang? Oleh sebab itu perlu menghadirkan konten ringkas dengan desain visual menarik. Jadi menambahkan gambar atau video relevan.

Gambar atau video akan membuat konten menjadi tampak lebih menarik. Sementara kalimat ringkas akan membuat pengunjung lebih cepat memahami informasi yang diperlukan.

4. Citra Positif

Tampilan situs yang ditata oleh web design services akan membantu memunculkan citra positif dari brand Anda. Sebab, apabila dibuat secara sembarangan akan menyebabkan pengunjung meremehkan kualitas brand Anda.

5. Menyenangkan Pelanggan

Seorang web designer akan mengatur situs agar mudah diakses oleh pengunjung. Misalnya mengenai posisi informasi kontak. Ketika informasi tersebut sulit ditemukan, maka pengunjung akan merasa frustasi.

Jadi, designer akan meletakkan informasi pada tempat strategis yang mudah ditemukan, sehingga pengunjung tidak akan keluar dari situs dengan rasa kecewa. Kenyamanan ini juga bisa menarik mereka menjadi pelanggan tetap.

6. Bertahan Lama

Desain yang bagus akan mampu bertahan lama. Jadi, pelanggan akan mengetahui ciri khas dari tampilan halaman website brand Anda. Cukup mirip dengan brand awareness.

Baca Juga: 4 Hal yang Mesti Dipahami untuk UX UI Designer Pemula

Situs merupakan wajah dari sebuah perusahaan. Jika tampilannya buruk, maka pengunjung juga akan berpikir bahwa brand terkait kualitasnya rendah. Maka, perusahaan membutuhkan web design services untuk bisa memikat calon konsumen. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms