Apa Saja Tools dan Elemen Penting dalam Web Design?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
apa-saja-tools-dan-elemen-penting-dalam-web-design-dreambox

7 Elemen ini membuat web design lebih menarik.

Web design semakin diperlukan sebab saat ini ada banyak sekali pihak yang menginginkan pembuatan situs. Umumnya perusahaan memerlukan situs untuk mempromosikan produk melalui strategi digital marketing.

Pada mulanya, situs web dibuat dengan tampilan sederhana. Sementara di zaman modern, telah terjadi banyak perubahan yang mana pengaturannya jauh lebih kompleks. Bahkan, tingkat estetika jauh lebih tinggi tanpa meninggalkan fungsionalitasnya.

Desain web menjangkau aplikasi web, aplikasi seluler, sampai desain antarmuka. Terlebih masyarakat di zaman sekarang menyukai kegiatan berselancar di dunia maya melalui smartphone bukan laptop.

Baca Juga: Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Jasa Website Jakarta? Berikut 7 Alasannya!

Web Design dalam Pembuatan Situs

Desain web merupakan apa yang membuat tampilan dan nuansa total ketika Anda memakai situs web. Termasuk aktivitas merencanakan dan membuat elemen dalam situs. Elemen ini misalnya struktur, tata letak, gambar, warna, font sampai grafik.

Sebab tergolong kompleks, cukup banyak komponen saling terhubung dan bekerja sama untuk menciptakan pengalaman final dari suatu web. Hal ini juga meliputi desain grafis, pengalaman pengguna, antarmuka hingga konten.

Beragam elemen tersebut nantinya akan mempengaruhi bagaimana sebuah situs tampak, terasa dan bekerja dalam perangkat. Perlu Ada tahu bahwa web design tidak sama dengan pengembangan web.

Ketika menciptakan sebuah situs, memang Anda akan memerlukan keduanya. Akan tetapi, pengembangan lebih berfokus pada pengkodean aktual yang menjadikan situs berfungsi. Jadi keduanya merupakan bidang berbeda namun bisa saling mendukung.

Pembuatan website sendiri memerlukan kreativitas tinggi. Sebab perlu mengelola dan memodifikasi situs. Website harus ditata secara rapi dan meninggalkan kesan cantik atau menarik bagi pengunjung.

Ragam Macam Website di Dunia

Apabila Anda tertarik dalam bidang web design, wajib sekali mengetahui jenis-jenis platform yang umum dipakai untuk membuat situs. Yakni tanpa CMS atau hard coded website dan memakai CMS. 

1. Hard Coded Website

Jenis pertama ialah hard coded website. Ketika memilih jenis ini, maka Anda perlu menciptakan sendiri seluruh komponen situs. Mulai dari desain tampilan, database, coding dalam penciptaan front end sampai halaman admin.

Seluruh coding komponen juga perlu diciptakan dengan mengandalkan software, misalnya Dreamweaver atau Text Editor. Lantas, teks terkait bisa diunggah ke situs. Terdapat sejumlah keuntungan apabila memakai hard coded dalam web design.

Keuntungan pertama ialah tidak memerlukan banyak maintenance. Tidak perlu khawatir mengenai masalah update. Karena, plugin yang diinstall tidak memerlukan pembaruan cepat. Permasalahan back up sendiri bisa dilakukan satu kali saja.

Permasalahan resource server juga tidak perlu dipikirkan. Sebab, Anda hanya perlu memakai sedikit. Alasannya karena tidak wajib menginstall server PHP dan MySQL. Sehingga situs mampu beroperasi dengan maksimal tanpa bantuan resource besar.

2. CMS

CMS ialah software yang membuat Anda mampu menambahkan maupun mengubah isi suatu situs. Sehingga akan membantu dalam pengelolaan situs atau website. Hal ini menguntungkan dari segi waktu dan dana.

Keuntungan lainnya ialah tidak memerlukan coding ketika hendak menambahkan komponen. Cukup menambahkan widget elemen dalam CMS. Ada cukup banyak template bisa dipilih berdasarkan keperluan Anda dalam web design.

Template ini bukan hanya dapat dipilih, namun juga diedit. Misalnya saja mengubah tata letak konten di dalamnya. Kemudian, ada banyak pilihan plugin, bisa langsung diinstall. Mulai dari plugin SEO, landing page, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Website Muncul di Halaman Pertama Google

7 Elemen di dalam Desain Web

Dalam menciptakan web design, diperlukan ide kreatif dan kemampuan penerapannya ke dalam situs dengan berpegang pada prinsip tertentu. Kemudian juga memerlukan elemen dasar yang akan membantu menampilkan konten dalam halaman situs.  

1. Tata Letak atau Layout

Elemen penting pertama ialah tata letak yang mengatur grafis, iklan dan teks. Dalam pembuatan situs, tata letak akan menghasilkan tampilan yang memudahkan orang lain saat mengakses informasi tertentu.

2. Warna

Elemen penting dalam web design berikutnya ialah warna. Pemilihan warna umumnya disesuaikan dengan tujuan dan klien yang menghendaki pembuatan situs. Warna akan menyesuaikan kepribadian atau brand sebuah bisnis.

3. Grafis

Grafis meliputi logo, foto, gambar maupun ikon yang menjadi pelengkap dalam desain situs. Supaya tampak ramah di mata pengunjung situs, penempatan grafis wajib dipikirkan secara matang.

4. Font

Pemakaian font cantik memang mampu meningkatkan web design. Akan tetapi, umumnya font tersebut sulit dibaca. Ketika berkaitan dengan hal penting, umumnya lebih memilih font aman yang mudah dibaca oleh semua kalangan. 

5. Konten SEO

Konten dan desain perlu menjalin kerja sama supaya mampu menyampaikan informasi menggunakan visual dan teks secara menarik. Teks dalam situs tentu harus relevan dengan kata kunci yang diketikkan pada mesin pencari.

6. Waktu Akses

Tahukah Anda bahwa lamanya proses pemuatan website kerap membuat pengunjung kecewa? Oleh sebab itu, perlu memikirkan waktu pemuatannya. Lebih dari 3 detik saja sudah berpotensi membuat pengunjung menyerah untuk melanjutkannya, lalu terjadilah bounce pada website Anda.

7. Ramah Smartphone

Elemen terakhir ialah ramah smartphone atau seluler. Jadi, laman web harus mudah diakses melalui smartphone. Halaman web yang mampu tampil secara cantik ketika diakses memakai smartphone akan lebih diminati oleh pengunjung.

Baca Juga: Ketahui Alasan dan Strategi Agar Peringkat Website Tidak Naik Turun di Google

5 Tools yang dapat digunakan

Mengetahui teori mengenai web design tidak cukup apabila tanpa dukungan tools  yang tepat. Tools ini dimanfaatkan dalam menciptakan desain mulai dari awal sampai website rilis.

1. WordPress

WordPress tergolong CMS yang mudah dipakai oleh pemula. Tools website ini menawarkan beragam tema yang dapat diinstall  dan diedit secara mudah. Anda dapat menyesuaikannya dengan keperluan.

2. Photoshop

Photoshop mampu menunjang kreativitas Anda dalam menciptakan web design. Adanya beragam opsi warna membuat Anda mampu menciptakan desain unik dan menarik. Ada pula beragam panel tools misanya drawing tool, layer mask, sistem grid dan lain sebagainya.

3. Sketch

Sketch menawarkan fitur UI library untuk menyimpan elemen-elemen desain yang telah diciptakan. Hal ini mampu mendukung pembuatan desain yang konsisten dari waktu ke waktu.

4. Dreamweaver

Dreamweaver adalah software yang menawarkan fitur Smart Code Hinting, Live View, dan lainnya sehingga memudahkan dalam memperoleh source code. Lantas, bisa diterapkan dalam penciptaan website HTML.

5. Invision Studio

Invision Studio menawarkan fitur prototyping untuk membantu berkolaborasi dengan tim lain, sehingga dapat bekerja sama dalam menciptakan desain terbaik. Sebab dapat bertukar komentar di dalamnya.

6. Tanggung Jawab dan Peranan Web Designer

Sebagai pembuat desain website, web designer mempunyai sejumlah peran dan tanggung jawab. Seorang web designer berperan dalam menciptakan layout secara visual melalui pengaplikasian ide kreatif dalam setiap elemen.

Termasuk memilih warna, menentukan jenis font, meletakkan gambar, dan lain sebagainya. Tata letaknya juga perlu dipertimbangkan supaya membentuk visual yang dikehendaki. Lantas, menjadikan layout visual ke dalam bentuk HTML dan CSS.

Fungsinya ialah supaya web sungguh mampu dijalankan. Jika tampilannya terasa hambar, maka perlu mempercantiknya. Apabila tampilannya berat, maka dapat memotong desain visual ke dalam sejumlah potongan gambar.

Tidak lupa melaksanakan validasi sehingga didapatkan kepastian atau kebenaran kode HTML yang telah dipakai. Sebelumnya, dalam pembuatan layout perlu memakai bentuk wireframe. Wireframe ini dapat memakai tools atau kertas.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Situs dari Jasa Pembuatan website Terpercaya

Pada zaman digital seperti saat ini keperluan media website semakin meningkat. Untuk mampu membuat situs, diperlukan beragam kemampuan, salah satunya berkaitan dengan  web design. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms