...

Ketahui Bagaimana Proses Kerja Website Development

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
proses-kerja-jasa-website-development-dreambox

Seiring berjalannya waktu, saat ini peranan jasa website development semakin penting bagi sebuah perusahaan. Karena kehadiran web mampu membuat peluang bisnis semakin terbuka lebar dan bisa menjangkau pasar lebih luas.

Tentu saja ini sangat menarik sekali demi meningkatkan transaksi penjualan produk. Itulah kenapa layanannya menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan masyarakat. Bagaimana tidak? Bila hampir setiap pebisnis pasti selalu membutuhkannya.

Semua sektor lini usaha pasti butuh situs yang menarik, fungsional, dan rapi di mata konsumennya. Sehingga usahanya terlihat bisa dipercaya dan eksis di kelasnya. Maka dari itu penting memahami serba-serbinya.

Mulai dari pengertian, jenis, cara kerja, dan pentingnya layanan yang ditawarkan oleh jasa website development, sehingga Anda tahu seberapa pentingnya kehadiran mereka untuk membuka peluang bisnis. Jadi usaha semakin berkembang.

Baca Juga: Pentingnya Website Developer Jakarta Untuk Mengelola Website Anda

Pengertian Web Development

Pengembangan web merupakan proses untuk pemeliharaan sekaligus pembangunan sebuah situs. Umumnya cara kerja jasa pengembangan web ini berada di balik layar. Mereka bertugas menciptakan situs yang menarik dan kinerjanya cepat.

Biasanya proses pengerjaannya dilihat dari kebutuhan konsumen. Itu dilakukan supaya situsnya nanti bisa user friendly. Untuk prosesnya sendiri meliputi desain, konten, pembuatan skrip, persiapan server, dan juga pengaturan keamanan jaringan.

Jadi untuk pemahaman jasa website development lebih luas adalah sebuah layanan yang meliputi setiap pembaruan situs agar kinerjanya optimal dan sesuai kebutuhan pelanggan. Selain itu layanannya juga meliputi semua tindakan.

Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan supaya peringkat situsnya bagus dan masuk dalam search engine rankings. Untuk tugasnya sendiri tergantung dari spesialisasinya. Yaitu SEO dalam membuat berbagai jenis konten sebuah situs.

Beberapa hal penting yang dilakukan oleh jasa website development juga meliputi pembuatan kode halaman situs menggunakan editor teks, menciptakan web memakai dreamweaver, pembaruan blog, dll. Ini termasuk langkah bisnis penting.

Karena berperan penting dalam mempromosikan produk serta layanan kepada calon pelanggan supaya mudah mengenalnya, sehingga calon pembeli merasa cocok dengan usaha yang Anda jalankan saat ini. Setidaknya bisa bernilai lebih.

Itulah kenapa umumnya dalam praktiknya nanti dibuat supaya calon pelanggan merasa bahwa produk Anda lebih bagus dari kompetitor. Jadi jangan heran bila didalamnya bisa meliputi pemberitahuan soal kelebihan produk Anda.

Baca Juga: Apa Saja Tools dan Elemen Penting dalam Web Design?

Jenis Web Development

Setelah memahami seperti apa pengertiannya, saatnya mengenal jenis layanan yang ditawarkan oleh jasa website development, sehingga Anda tahu mana yang paling dibutuhkan. Berikut ini adalah macam-macam dari pengembangan web, yaitu:

1. Front End Development

Disini seorang developer bertugas untuk membangun UI untuk mencapai tujuan bisnis mereka dalam membuat situs. Jadi bagian ini ikut andil dalam merancang UX pada proyek mereka. Jadi punya latar belakang tentang UX itu sangat penting bagi front end developer. Hal tersebut efektif memberikan empati kepada pengguna. Itulah kenapa jenis yang satu ini cukup penting bagi pengusaha.

2. Back End Development

Bila jenis jasa website development front end itu dilihat saat melakukan kegiatan di sebuah situs. Namun back end justru kebalikannya. Karena aspeknya dilakukan saat tidak dilihat. Disini developer harus mengelola program, server, serta software situs supaya semua fiturnya berjalan dengan baik. Jadi developer disini bekerja dari sistem. Mulai dari sistem operasi, basis data, API, dan server.

3. Full Stack Development

Disini cara kerja developer berada di antara sisi front-end dan back-end situs. Mereka berharap bisa menciptakan situs, program software, apk mulai dari awal sampai akhir pembangunan. Istilah stack itu sendiri bisa diaplikasikan pada semua teknologi yang sedang dipegang dalam 1 situs yang sama. Misalnya seperti UI, server, dll. Jadi kinerja jenis jasa website development ini lengkap.

4. Pengembangan Mobile

Jenis ini hadir untuk menjawat kebutuhan konsumen yang gemar membuka apk dan situs via smartphone. Jadi tugas developer ini membangun apk user friendly untuk pengguna perangkat seluler.

Cara Kerja Web Development

Cara kerja seorang developer situs ini tidak mudah. Setiap jenisnya memiliki cara kerja yang tidak sama. Mulai dari bahasa, sumber daya, dan jenis situsnya. Berikut ini adalah cara kerjanya, yaitu:

1. Mengumpulkan informasi

Dalam tahapan ini digunakan untuk menentukan langkah-langkah berikutnya yang perlu dilakukan pada situsnya, sehingga bisa mengetahui seperti apa tujuan situs di masa yang akan datang ke depannya. Dalam hal ini, seorang developer perlu memahami tipe audiens seperti apa yang ingin dijangkau. Sehingga dari sinilah bisa menghasilkan strategi terbaik untuk pengembangan web untuk proyek pelanggan di masa mendatang.

2. Membuat rancangan pengembangan

Dalam tahapan ini, pembuatan data perlu dilakukan untuk menilai kualitas tampilan sebuah situs. Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh jasa website development untuk keperluan tersebut, yaitu:

  • Membuat sitemap untuk mendeskripsikan korelasi utama sebuah situs. Representasi sangat ini efektif membantu developer memahami fungsi dari pembuatan produk akhirnya, sehingga bisa mengetahui hubungan berbagai halaman pada sebuah situs. Jadi dari sinilah developer bisa mengetahui bahwa menemukan layanan informasi penting yang diperlukan web menjadi terasa mudah, sehingga ini efektif membuat jangkauan pasar lebih luas. Jadi produk website semakin dikenal.
  • Membentuk wireframe. Ini merupakan representasi UI secara visual. Namun didalamnya tidak meliputi elemen desain logo dan warna. Namun hanya sekedar penjelasan elemen pada halaman web. Jadi tidak bernilai seni.

3. Perancangan sebuah desain

Dalam tahapan ini, tampilan web mulai terlihat bentuknya. Jadi semua konten secara visual mulai terbentuk. Mulai dari foto, gambar, dan video pada bagian layout halaman web.

Baca Juga: 4 Hal yang Mesti Dipahami untuk UX UI Designer Pemula

Pentingnya Web Development

Setelah melihat penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peran jasa website development itu sangat penting sekali, sehingga bisa membuka peluang bisnis lebih baik. Berikut ini adalah pentingnya layanannya, yaitu:

  1. Layanannya efektif meningkatkan brand awareness sebuah jasa dan produk. Karena bisa memungkinkan produknya semakin dikenal luas lewat sebuah website. Disinilah calon konsumen semakin sadar dengan produk yang ditawarkan dengan baik.
  2. Efektif membuka peluang keterlibatan calon konsumen dengan perusahaan. Hadirnya jasa website development memungkinkan pelanggan lebih mudah melakukan komunikasi dengan pemilik bisnis dimana saja tanpa batas. Karena semuanya diakses secara daring.
  3. Hadirnya pengembangan web membuat konten situs lebih terkontrol dengan baik. Karena bagaimana konten itu disajikan pada sebuah web sangat berperan penting dalam menjalankan sebuah usaha. Sehingga bisa berbeda dari kompetitor.
  4. Membuat trafik pencarian pada mesin pencari semakin meningkat. Cukup ketik saja kata kuncinya pada kolom pencarian mesin pencari, maka produk/ jasa yang dibutuhkan langsung muncul. Karena lalu lintas web optimal.
  5. Anggaran iklan lebih hemat daripada media massa dan koran. Dengan memanfaatkan SEO web, maka hanya butuh persiapan konten berkualitas saja. Selain itu hanya butuh desain web responsif dan analisis pasar.

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Website Development Bisnis Anda

Jadi layanan pengembangan website itu berperan penting dalam mempromosikan produk kepada masyarakat. Maka dari itu bila ingin sukses melakukan branding, saatnya menggunakan jasa website development untuk membuat produk semakin dikenal. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms