Social Media Management: Pengertian & Manfaatnya untuk Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
social media management

Media sosial tak hanya sebagai platform untuk bersosialisasi dan bertukar informasi. Media sosial kini juga dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk mempromosikan produk dan membangun citra merek (branding). Oleh karena itu, Social Media Management (SMM) menjadi keahlian yang semakin dicari oleh perusahaan. 

SMM adalah proses mengelola dan mengoptimalkan keberadaan sebuah bisnis atau individu di platform-platform media sosial. Bagaimana penjelasan lengkap soal pengertian sosial management dan manfaatnya untuk bisnis? Simak penjelasannya melalui artikel berikut ini.

Pengertian Social Media Management

SSM merupakan proses mengelola interaksi dan konten di platform-platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya, dengan tujuan tertentu. Mulai dari memperkuat sebuah merek, mengelola reputasi secara online, hingga memperkenalkan usaha. 

Tidak hanya tentang pengertian social management, beberapa hal yang mencakup ruang lingkup SSM antara lain:

  1. Membuat dan mengelola profil media sosial. Seperti membuat akun, mengisi informasi profil, dan mendesain halaman yang menarik.
  2. Membuat dan menerbitkan konten. Misalnya membuat postingan teks, gambar, video, dan format konten lainnya yang menarik dan relevan dengan target audiens.
  3. Menjadwalkan postingan dengan menggunakan alat bantu untuk menjangkau audiens secara maksimal.
  4. Berinteraksi dengan audiens, seperti menanggapi komentar, pesan, dan pertanyaan dari pengikut.
  5. Melacak dan menganalisis data menggunakan alat bantu untuk mengetahui performa akun media sosial dan mengukur efektivitas strategi SMM.

Manfaat Social Media Management dalam suatu Bisnis

Terdapat banyak manfaat manajeman media sosial yang bisa didapatkan oleh bisnis. Berikut adalah manfaat social management tersebut:

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Dengan konsistensi dalam posting konten yang relevan dan menarik, manajemen media sosial membantu meningkatkan eksposur merek di antara audiens yang lebih luas. Hal ini memungkinkan bisnis untuk membangun kesadaran yang lebih kuat terhadap sebuah brand dan memperluas basis pelanggan potensial.

2. Meningkatkan Keterlibatan dan Interaksi

Apabila Anda menyediakan konten yang beragam dan menarik maka akan terbangun interaksi yang aktif dengan pengikut. Interaksi yang positif ini membangun hubungan yang lebih kuat antara merek dan konsumen, serta memperkuat loyalitas pelanggan.

Anda bisa membangun hubungan yang lebih kuat dengan merespon pertanyaan dan keluhan pelanggan dan membuat komunitas online supaya saling terhubung. Anda juga bisa memberikan penghargaan kepada pelanggan setia.

3. Memperluas Jangkauan

Jika biasanya bisnis Anda hanya di area tertentu, namun dengan menggunakan berbagai fitur seperti iklan terarah dan hashtag, SSM membantu bisnis untuk mencapai audiens yang lebih spesifik dan relevan. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan jumlah pengikut, serta memperluas jangkauan dan pengaruh merek.

Media sosial dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk memasarkan bisnis. Dengan menggunakan platform media sosial secara gratis atau dengan anggaran yang kecil, bisnis dapat menjangkau audiens yang besar dan meningkatkan kesadaran merek.

4. Meningkatkan Konversi Penjualan

Media sosial dapat digunakan untuk mendorong konversi penjualan dengan cara mempromosikan produk dan layanan melalui konten, menjalankan iklan hingga penawaran diskon dan promo. Semua hal ini bisa Anda lakukan melalui penerapan fungsi social management.

5. Memperkuat Reputasi Online

Reputasi online harus Anda bangun dengan baik untuk kelancaran bisnis Anda. Dengan memantau aktivitas dan tanggapan pengguna secara aktif, SSm memungkinkan bisnis untuk merespons dengan cepat terhadap umpan balik positif atau negatif. 

Pelayanan ini bisa membuat pelanggan memberikan ulasan positif kepada bisnis Anda. Sebab saat ini respon cepat adalah hal yang dibutuhkan pelanggan jika memerlukan sesuatu.

Cara Membangun Strategi Sosial Media

Strategi membangun sosial media yang efektif membutuhkan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Berikut adalah 5 langkah untuk membangun strategi Social Media yang efektif:

1. Menetapkan Tujuan

Langkah pertama adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan Social Media. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan prospek, atau meningkatkan penjualan? Pikirkan dengan baik tujuan tersebut untuk menentukan perencanaan dan social media management Anda ke depan.

2. Mengetahui Target Audiens

Memahami siapa target audiens Anda adalah kunci untuk mengembangkan konten yang relevan dan menarik. Lakukan riset untuk mengidentifikasi karakteristik demografis, preferensi, dan kebutuhan calon audiens Anda.

3. Memilih Platform yang Tepat

Tidak semua platform media sosial cocok untuk bisnis Anda. Pilih platform yang paling sesuai dengan audiens target Anda dan tujuan bisnis Anda. Anda bisa memulainya dengan riset terlebih dahulu terhadap pelanggan Anda.

4. Membuat Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas dan relevan adalah kunci untuk menarik perhatian pengguna sosial media. Buatlah konten yang menarik dan informatif yang akan menarik perhatian target audiens Anda. Gunakan berbagai format seperti gambar, video, dan teks untuk menjaga keragaman.

5. Mengukur dan Menyesuaikan

Pantau dan evaluasi kinerja konten Anda secara teratur menggunakan analisis data yang tersedia. Gunakan cara ini untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Social Media Management

Bagi banyak bisnis, menggunakan jasa SMM menjadi solusi yang tepat. Supaya Anda bisa fokus dalam pengembangan bisnis secara internal. Berikut adalah 3 keuntungan utama menggunakan jasa SMM

1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Mengelola media sosial secara efektif membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Apalagi jika Anda masih baru dalam pengelolaan sosial media. Maka proses yang dibutuhkan untuk mengatur media sosial akan lebih lama daripada yang berpengalaman. 

Dengan menggunakan jasa SMM, pengelolaan sosial media bisnis Anda jadi lebih cepat dan terukur. Anda dapat fokus pada aspek lain dari bisnis Anda.  Sementara tim SMM profesional menangani semua hal terkait media sosial Anda.

2. Meningkatkan Kinerja Media Sosial

Tim social media management profesional memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja media sosial Anda. Mereka dapat membantu Anda membuat konten yang menarik, menjangkau audiens yang tepat, dan meningkatkan engagement dengan pengikut Anda.

Anda bisa melakukan konsultasi sesuai dengan tujuan dari bisnis. Supaya tim dapat membuat konten yang tepat dan kinerja media sosial juga meningkat.

3. Mendapatkan Hasil yang Terukur

Tim SMM akan melacak dan menganalisis performa media sosial Anda untuk memastikan bahwa telah mencapai tujuan bisnis. Anda akan mendapatkan laporan berkala yang menunjukkan bagaimana strategi SMM Anda bekerja dan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkannya.

Bisa disimpulkan jika SSM adalah hal yang sangat Anda perlukan untuk kemajuan bisnis. Tujuannya untuk pengelolaan sosial media bisnis yang tepat guna dan baik. Manfaat yang bisa Anda dapatkan mulai dari membangun brand awareness hingga memperluas jangkauan pemasaran. 

Menggunakan jasa social media management atau manajemen media sosial seperti Dreambox, dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Tim yang berpengalaman akan bekerja sama dengan Anda untuk mengembangkan strategi SMM yang tepat untuk bisnis. 

Sudah banyak yang mempercayakan jasa ini ke Dreambox dan berhasil! Hubungi Dreambox hari ini dan intip laman jasa branding untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana tim dapat membantu Anda meningkatkan performa media sosial bisnis Anda.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms